7 Cara Seru Merayakan Imlek di Kantor

5 menit membaca

Perayaan Imlek atau tahun baru China adalah salah satu perayaan paling meriah di berbagai penjuru dunia. Perayaan ini diperingati pada waktu yang berbeda setiap tahunnya berdasarkan kalender lunar.

Jika ditelusuri lebih dalam, makna Imlek bukan hanya sekadar pergantian tahun, tetapi juga momen untuk menjalankan kekayaan tradisi dan kebudayaan Tionghoa kuno.

Perayaan Imlek, terutama di Indonesia selalu disambut meriah setiap tahunnya. Menjelang tibanya hari raya Imlek, banyak tempat-tempat yang dihiasi dengan berbagai ornamen Imlek bernuansa merah dan kuning.

Dalam perayaan Imlek, ada berbagai tradisi yang umum dilakukan oleh masyarakat, salah satunya adalah makan bersama.

Berbagai tradisi yang dilakukan tersebut, tentunya memiliki makna mendalam bagi setiap orang. Imlek juga menjadi salah satu momen berbagi kebahagiaan yang dinanti-nantikan oleh masyarakat setiap tahunnya. 

Kebahagiaan momen Imlek dapat dirasakan oleh semua orang, termasuk orang  dengan latar budaya yang berbeda. Sebab, momen Imlek tidak hanya dapat dirayakan bersama keluarga, tetapi juga bisa dirayakan bersama teman-teman kantor.

Berikut Tujuh Cara Seru Merayakan Imlek di kantor. Namun sebelumnya, simak juga artikel 10 Ide Hampers Imlek Kekinian, Unik, dan Anti Mainstream. Yuk, disimak!

7 Cara Seru Merayakan Imlek di Kantor

Keseruan Imlek di kantor dapat dilakukan dengan berbagi hampers kepada karyawan dan rekan-rekan (sumber: pexels) (link gdrive)

Imlek merupakan momen pergantian tahun yang harus disambut dengan suka cita. Di tahun yang baru ini, diharapkan segala harapan dan cita-cita dapat terkabul.

Keseruan perayaan Imlek dapat dilakukan dengan siapa saja, termasuk dengan rekan-rekan kerja. Berikut tujuh cara seru merayakan Imlek di kantor. 

1. Tukeran Angpao

Cara seru merayakan Imlek di kantor, dapat dilakukan dengan berbagi angpao. Angpao merupakan amplop berisi uang, yang sangat identik dengan perayaan Imlek. Tradisi berbagi angpao menjadi salah satu momen yang sangat dinanti-nantikan pada momen Imlek.

Biasanya, angpao diberikan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Namun, tidak menutup kemungkinan tradisi ini juga dilakukan oleh orang dewasa yang sudah bekerja.

Bagikan angpao kosong kepada semua karyawan. Kemudian setiap orang harus mengisi amplop tersebut dengan sejumlah uang yang rentang nominalnya sudah disepakati bersama. Lakukan sebuah mini games untuk memutar amplop tersebut. 

Baca juga:  6 Ragam Produk Onboarding Kit dari Lokasoka: Apa Pilihan Terbaik Anda?

2. Menggunakan Pakaian Khas China Ke Kantor

Cara seru lain untuk merayakan Imlek di kantor adalah dengan mengenakan baju atau kostum khas China selama satu hari.

Mintalah para karyawan atau rekan-rekan Anda untuk mengenakan pakaian khas China ke kantor, seperti baju cheongsam untuk wanita. 

Momen ini dapat membangun suasana kerja jadi lebih meriah dan santai. Untuk menambah keseruannya, Anda bisa mengadakan challenge foto terbaik dengan baju-baju tersebut. 

3. Memasang Berbagai Ornamen Imlek

Membangun suasana Imlek di kantor juga dapat dilakukan dengan cara memasang berbagai ornamen yang identik dengan tahun baru Imlek.

Ornamen atau hiasan-hiasan yang didominasi oleh warna merah tersebut membuat ruangan  kantor jadi lebih hidup dan berwarna.

Warna merah dalam budaya China, dipercaya dapat membawa keberuntungan, kebahagiaan, dan kelimpahan. Memasang berbagai ornamen berwarna merah di kantor, diharapkan dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi para penghuninnya. 

4. Membuat Souvenir Bertema Imlek untuk Klien dan Karyawan

Perayaan Imlek menjadi salah satu waktu yang tepat untuk mempererat hubungan di antara klien dan karyawan di kantor Anda. Memberikan souvenir bertema Imlek dapat menjadi cara yang bermakna untuk merayakan keberagaman budaya di Indonesia. 

Ada banyak barang yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai souvenir kantor, antara lain tumbler, kalender, alat makan, dan lain-lain.

Souvenir yang dipersonalisasi dengan pesan tertentu, dapat menjadi simbolis rasa hormat terhadap orang yang merayakannya. 

5. Tukar Hampers

Cara seru lain untuk merayakan Imlek di kantor adalah dengan mengadakan tradisi tukar hampers. Berbagi hadiah di momen spesial merupakan hal yang membahagiakan.

Oleh sebab itu, mengadakan acara tukar hampers di kantor menjadi momen yang pas untuk berbagi kebahagaiaan kepada semua orang.

Hampers berisi barang-barang bertema Imlek dapat memeriahkan suasana Imlek di kantor. Ada banyak barang-barang yang bisa dipilih sebagai hadiah hampers, antara lain kalender, aneka makanan, tumbler, dan lain-lain yang relavam dengan perayaan Imlek.

Baca juga:  15 Ide Souvenir Natal yang Unik dan Menarik sebagai Hadiah

6. Makan Bersama Seluruh Karyawan

Momen Imlek identik dengan tradisi makan bersama. Oleh karena itu, mengadakan makan bersama dengan seluruh karyawan kantor, dapat menjadi momen seru dalam merayakan tahun baru Imlek di kantor. Salah satu makanan yang biasa disantap bersama saat momen Imlek adalah mie. 

Mie memiliki makna simbolis dalam budaya Tionghoa. Panjangnya mie melambangkan umur yang panjang, sementara bentuknya yang melingkar melambangkan keluarga yang  harmonis. Oleh sebab itu,  menyantap mie pada momen Imlek tidak hanya menjadi tradisi kuliner, tetapi juga sebuah simbol kebahagiaan dan keberuntungan.

7. Bermain Mini Games

Bermain mini games menjadi pilihan menarik karena dapat melibatkan semua karyawan kantor, dari yang muda hingga yang tua. Ada banyak mini games yang berkaitan dengan tema Imlek, antara lain permainan teka-teki  atau permainan papan dengan desain bertemakan Imlek. 

Selain  permainan papan, games lain yang bisa dilakukan bersama sama dengan karyawan kantor, misalnya lomba makan bakpao.

Adanya mini games membuat suasana kantor jadi lebih meriah pada hari raya Imlek. Dengan begitu, kebahagiaan Imlek dapat dirasakan oleh seluruh karyawan walaupun dengan latar budaya yang berbeda. 

5 Ide Permainan dan Aktivitas Team Building Seru di Kantor

Lomba makan mie dapat menjadi salah satu ide lomba dalam perayaan Imlek (sumber: Pexels)

Momen Imlek dapat menjadi waktu yang tepat untuk mempererat hubungan di tempat kerja dan membangun kebersamaan antar rekan-rekan tim.

Aktivitas team building yang seru dengan bertemakan Imlek dapat menciptakan suasana yang hangat dan penuh kegembiraan di kantor. Berikut beberapa ide permainan dan aktivitas team building yang dapat Anda terapkan untuk merayakan Imlek di tempat  kerja.

1. Lomba Makan Mie

Tradisi makan mie sangat identik dengan perayaan tahun baru Imlek. Oleh sebab itu, mengadakan lomba makan mie di kantor dapat menjadi salah satu cara menarik untuk merayakan tahun baru Imlek.

Mie dipercaya sebagai simbol panjang umur oleh masyarakat Tionghoa. Maka dari itu, saat melakukan tradisi makan mie, mie diangkat setinghi mungkin dan usahakan  tidak terputus. 

Baca juga:  Simak 10 Toiletries Kit! Barang Wajib Traveller Saat Perjalanan

2. Lomba Menggambar Kaligrafi

Salah satu lomba seru yang bisa dilakukan dalam rangka tahun baru Imlek adalah lomba menggambar kaligrafi China. Ajak anggota tim untuk berpartisipasi dalam lomba menggambar kaligrafi.

Pilih kata-kata atau frasa China yang memiliki makna positif. Keindahan kaligrafi yang dihasilkan dapat dipajang di kantor sebagai bagian dari dekorasi Imlek.

3. Lomba Kostum Terbaik

Agar suasana kantor terlihat lebih meriah dan tidak monoton, Anda dapat meminta karyawan untuk mengenakan pakaian khas Imlek. Lomba ini tidak sekadar untuk dapat hadiah, tetapi juga melatih kekompakan karyawan di kantor.

Tentukan juri dalam perlombaan ini. Karyawan dengan kostum terbaik, berhak mendapat hadiah berupa angpao, souvenir imlek, ataupun hampers. 

4. Permainan Adu Ketangkasan dengan Sumpit

Salah satu cara kreatif untuk merayakan keseruan Imlek adalah dengan mengadakan permainan adu ketangkasan menggunakan sumpit.

Aktivitas ini tidak hanya memacu ketangkasan individu tetapi juga menciptakan atmosfer yang ceria dan penuh semangat Imlek di kantor. 

5. Lomba Teka Teki Imlek

Momen Imlek adalah waktu yang tepat untuk menyatukan orang-orang dalam semangat kebersamaan dan kegembiraan. Salah satu cara menyenangkan untuk merayakan perayaan ini di kantor adalah dengan mengadakan lomba teka-teki Imlek.

Lomba ini tidak hanya seru, tetapi juga dapat menambah pengetahuan tentang budaya yang mungkin belum diketahui. 

Itu dia tujuh cara seru merayakan Imlek di Kantor. Perayaan Imlek merupakan momen pergantian tahun yang perlu disambut dengan suka cita.

Di tahun yang baru, diharapkan segala keinginan dan cita cita dapat terkabul. Momen Imlek tidak hanya dirayakan bersama keluarga, tetapi juga dapat dirayakan bersama kerabat dan teman teman kantor. 

Jika Anda tertarik untuk membuat tumbler kustom dan hampers, Anda dapat memesannya melalui Lokasoka. Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara Anda.

Jika berminat, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik. Jangan lewatkan pula artikel Pesan Hampers Dan Souvenir di Lokasoka Bisa Dapet 5K Pelayanan Terbaik

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat