8 Inspirasi Bentuk Kalender 2025 yang Menarik dengan Fungsi yang Berbeda

4 menit membaca

Persiapan menjelang akhir tahun yang tak boleh Anda lewatkan, salah satunya adalah membuat kalender custom. Souvenir kalender bisa jadi simbolis semangat perusahaan untuk mengusung tahun baru yang lebih baik. 

Desain dan bentuk kalender yang berkesan, dapat meningkatkan citra positif perusahaan dimata client. Oleh sebab itu, melakukan kustomisasi kalender dengan desain menarik yang Anda buat sendiri bisa jadi pilihan yang tepat untuk souvenir kantor. 

Kalender custom biasanya memuat nama, logo, dan identitas perusahaan lainnya. Hal ini guna meningkatkan exposure dan visibilitas perusahaan di masyarakat luas. Dengan identitas yang jelas, secara tidak langsung hal ini dapat menjadi alat branding yang efektif.

Berikut ini ada delapan inspirasi bentuk kalender, yang bisa jadi ide Anda untuk membuat kalender di tahun 2025. Namun, sebelum itu simak juga Fungsi Kalender Custom dan Jenis-Jenisnya untuk Keperluan Kantor. Yuk, disimak!

1. Kalender Meja

Desain kalender meja dari kayu dapat dipesan di Lokasoka sebagai souvenir eksklusif bagi mitra bisnis

Bentuk kalender yang pertama adalah kalender meja. Kalender meja adalah kalender yang dirancang untuk ditempatkan di atas meja, termasuk meja kerja. Kalender meja berukuran kecil dan memiliki berbagai macam desain, mulai dari desain balok kayu, kalender dengan spiral, hingga model pop-up. 

Kalender meja yang berukuran kecil ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pengingat waktu, tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang dapat memperindah tampilan meja kerja.

2. Kalender Dinding

Kalender dinding adalah salah satu bentuk kalender yang paling umum.  Biasanya ukuran kalender dinding lebih besar dibandingkan dengan kalender meja. Hal ini dikarenakan kalender dinding akan diletakkan di sudut-sudut ruangan, yang dapat terlihat jelas oleh banyak orang. 

Baca juga:  Tukar Kado Tidak Perlu Mahal, Intip 10 Ide Berkesan Berikut Ini

Kalender dinding juga memiliki beberapa tipe atau desain, seperti kalender dinding kertas, kalender dinding dengan spiral, kalender karton, hingga kalender sobek. Selain menampilkan tanggal, kalender dinding biasanya juga memuat memo ataupun to do list.

dan ditempelkan di dinding. Kalender ini sering digunakan untuk melihat tanggal dan menyimpan catatan penting. Desain kalender dinding dapat bervariasi mulai dari yang sederhana hingga yang artistik.

3. Kalender Saku

Kalender saku adalah kalender yang dirancang dalam bentuk yang kecil dan ringkas, sehingga mudah dibawa di saku atau tas. Biasanya kalender jenis ini terdiri dari lembaran-lembaran kecil yang menunjukkan bulan dan tanggal. Kalender saku sangat praktis bagi mereka yang ingin selalu mengetahui tanggal tanpa perlu membawa kalender yang besar.

4. Kalender Buku Catatan

Kalender buku catatan menjadi ide souvenir kantor yang menarik. Jenis kalender ini merupakan inovasi praktis yang menggabungkan fungsi kalender dengan buku catatan dalam satu produk. Desain yang efisien memungkinkan pengguna untuk melihat langsung tanggal-tanggal penting saat menulis catatan penting di agenda.

Kalender buku catatan sangat cocok digunakan oleh pekerja maupun pelajar yang membutuhkan alat tulis serbaguna. Selain itu, produk ini juga dapat dijadikan sebagai media branding perusahaan yang inovatif. 

5. Kalender Pentagon

Kalender pentagon adalah bentuk kalender yang memiliki lima sisi seperti bentuk segi lima. Setiap sisi mewakili satu bulan dalam setahun. Biasanya kalender pentagon ini dapat diletakkan di meja atau digantung di dinding, sehingga pengguna dapat melihat tanggal-tanggal penting dengan mudah.

6. Kalender Poster

Kalender poster biasa digunakan sebagai media branding ataupun promosi perusahaan

Kalender poster termasuk dalam jenis kalender dinding. Ciri khas dari kalender poster, yakni hanya memiliki satu halaman yang memuat semua tanggalan dan catatan-catatan penting. Karena hanya selembar, kalender jenis ini umumnya memilih bahan kertas yang cenderung kuat dan tahan air. 

Baca juga:  15 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Timeless

Kalender poster umumnya digunakan sebagai media promosi ataupun kampanye. Sehingga desain kalender ini biasanya dirancang mencolok untuk menarik perhatian. Kalender poster sering menampilkan visual yang besar, warna-warna yang kuat, serta pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan atau lembaga. 

7. Kalender Magnet

Kalender magnet adalah jenis kalender yang dirancang dengan lapisan magnet di bagian belakangnya, sehingga bisa menempel pada permukaan logam seperti pintu lemari es, papan tulis magnetik, atau kabinet logam. Kalender ini sering dipilih sebagai alat promosi karena fungsionalitasnya yang tinggi dan kemudahan dalam penggunaannya. 

Dengan desain yang fleksibel, kalender magnet bisa menampilkan logo, informasi kontak, serta pesan branding lainnya, menjadikannya alat pemasaran yang efektif dan praktis. Kalender ini juga sering diminati karena tidak hanya berguna sebagai pengingat tanggal, tetapi juga sebagai aksesori dekoratif yang dapat dilihat setiap hari di rumah atau kantor.

8. Kalender Digital

Kalender digital menjadi salah satu bentuk kalender dengan efisiensi tinggi (sumber: pexels)

Kalender digital adalah alat manajemen waktu yang tersedia dalam format elektronik dan dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan komputer. Kalender ini menawarkan fleksibilitas tinggi karena memungkinkan pengguna untuk menambahkan, mengedit, dan menghapus jadwal secara real-time, serta sinkronisasi antar perangkat. 

Dengan fitur pengingat, notifikasi, dan kemampuan untuk berbagi kalender dengan orang lain, kalender digital sangat ideal bagi individu maupun tim yang membutuhkan koordinasi dan pengelolaan waktu yang efisien. Selain itu, kalender digital sering dilengkapi dengan integrasi ke berbagai aplikasi produktivitas lainnya, membuatnya menjadi alat yang sangat berguna untuk manajemen waktu dan tugas dalam kehidupan sehari-hari maupun profesional.

Itu dia delapan inspirasi bentuk kalender, yang bisa jadi ide Anda untuk membuat kalender di tahun 2025. Dengan berbagai pilihan bentuk dan desain yang kreatif, Anda bisa memilih kalender yang tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga sebagai elemen dekoratif atau alat promosi yang efektif.

Baca juga:  7 Cara Seru Merayakan Imlek di Kantor

Jika Anda berencana membuat kalender custom, Lokasoka dapat membantu Anda dalam pembuatan kalender custom kualitas terbaik. Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, goodie bag dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat