Ide Seru Lomba 17 Agustus di Kantor yang Heboh dan dijamin Anti Boring

6 menit membaca

Lomba 17 Agustus di kantor sudah seperti event tahunan yang wajib diadakan setiap tahunnya. Seluruh karyawan antusias menyambut momen ini, mulai dari persiapan hingga tibanya hari pelaksanaan. Adanya acara tahunan ini diharapkan seluruh karyawan dapat bergembira dan bersemangat dalam menyambut hari kemerdekaan. 

Biasanya menjelang hari kemerdekaan tiba, beberapa karyawan akan ditunjuk sebagai panitia acara. Panitia inilah yang nantinya akan mengatur jalannya acara, mulai dari persiapan hingga acara berakhir termasuk penentuan pemenang. 

Supaya acara semakin meriah, biasanya akan ada hadiah yang diperebutkan. Hadiah lomba 17an umumnya terdiri dari atas  hadiah hiburan, hingga hadiah utama (doorprize). Di sinilah ke kompakan dan semangat para karyawan akan diuji, demi memperebutkan hadiah besar.

Jika Anda berencana mengadakan lomba 17an, berikut sepuluh ide lomba 17 Agustus di kantor. Namun, sebelum itu simak juga informasi 12 Ide Hadiah 17an di komplek rumah untuk anak-anak hingga dewasa. Yuk, disimak!

Ide Lomba 17 Agustus di kantor yang Seru dan Heboh

Tarik tambang jadi salah satu lomba terpopuler di acara 17 Agustus setiap tahunnya (sumber: pexels)

Acara lomba 17 Agustus di kantor perlu disiapkan dengan baik, mulai dari konsep, tema hingga hadiah yang akan diberikan. Jika konsep acara tidak dipikirkan secara matang, acara jadi tidak teratur dan bisa berjalan boring. Oleh karena itu, penting untuk panitia acara memilih lomba-lomba yang seru dan meriah, supaya acara makin hidup. Berikut beberapa idenya.

1. Lomba Rebut Kursi Kosong

Untuk melakukan perlombaan ini, panitia harus menyiapkan tempat kosong yang cukup luas, untuk menaruh beberapa bangku di tengah. Bangku-bangku tersebut kemudian disusun melingkar, dan nantinya akan diambil sedikit demi sedikit. Dalam perlombaan ini juga dibutuhkan adanya musik, beserta penanggung jawabnya.

Petugas inilah yang nantinya akan mematikan dan menyalakan musik di tengah perlombaan. Aturan mainnya, peserta harus berkeliling memutari kursi, sampai musik berhenti. Begitu musik berhenti, peserta harus duduk di bangku yang tersedia. Jika ada peserta yang tidak kebagian bangku, maka ia harus mengakhiri permainan dan dinyatakan gugur. 

Baca juga:  10 Isi Seminar Kit Murah dan Berkesan untuk Acara Kantor Perusahaan

2. Lomba Mengetik Tulisan dengan Mata Tertutup

Lomba 17 Agustus di kantor yang satu ini dapat jadi opsi, apabila kantor Anda berencana untuk membuat lomba di dalam ruangan atau indoor. Peralatan yang dibutuhkan dalam lomba ini cukup sederhana, hanya perlu laptop dan penutup mata. Walau terkesan sederhana, namun lomba ini dapat menjadi ajang untuk mengasah keterampilan karyawan.

Tentukan sebuah tulisan yang harus diketik oleh peserta lomba. Sistem pemenang dari perlombaan ini adalah mengukur kecepatan dalam mengetik. Namun, peserta yang melakukan kesalahan dalam pengetikan, seperti typo dan lain-lain, akan mendapat pengurangan poin.

3. Lomba Meniup Balon

Walau terlihat sederhana, namun lomba 17 Agustus di kantor, yang satu  ini butuh ketenangan dan kecerdikan. Pada lomba ini,  tiap peserta akan diberi lima balon. Mereka harus meniup balon tersebut sebesar besarnya dan sebanyak banyaknya, selama waktu yang telah ditentukan.

Peserta dengan jumlah balon terbanyak dengan ukuran besar, ialah yang jadi pemenangnya. Adanya lomba ini secara tidak langsung dapat melatih kesabaran dan kehati-hatian peserta.

4. Lomba Pesan Berantai

Salah satu lomba 17 Agustus di kantor yang seru, tanpa harus keluar modal adalah lomba pesan berantai. Untuk menjalankan lomba ini, panitia harus membuat 3 atau lebih kelompok, yang terdiri dari beberapa anggota. Dalam lomba ini seorang panitia harus memberikan instruksi pesan, kepada anggota paling belakang di setiap kelompok.

Anggota paling belakang ini lah yang harus menyampaikan pesan sebaik mungkin, agar dapat diterima dengan baik hingga ke pemain terakhir. Nantinya pemain terakhir harus memperagakan atau menyebutkan pesan yang didapatkannya. Kelompok yang tebakannya benar, bahkan mendekati akan mendapatkan poin. 

5. Lomba Menghias Tumpeng Tercepat

Biasanya setiap 17 Agustus juga kerap diadakan lomba memasak. Namun, jika lomba ini diadakan di kantor, Anda dapat mengadakan lomba yang lebih sederhana seperti menghias tumpeng tercepat. Dalam lomba ini, panitia harus menyiapkan 3-4 tim yang terdiri atas beberapa orang. 

Sediakan satu tumpeng utama, sebagai contoh. Masing-masing kelompok, harus meniru sedetail mungkin dari tumpeng tersebut. Selain itu, peserta juga diberikan ketentuan waktu untuk menghias. Poin bisa didapat berdasarkan perhitungan waktu dan tingkat kemiripan. 

6. Lomba Melukis Wajah Bertema hari merdeka

Lomba 17 Agustus di kantor yang tak kalah seru adalah lomba melukis wajah   bertema hari kemerdekaan. Dalam lomba ini dibutuhkan juri sebagai tim penilainya. Selain itu, panitia juga perlu menyiapkan face painting sebagai alat lombanya.

Baca juga:  Tips Agar Karyawan Baru Gampang Adaptasi dan Hal Pertama yang Wajib Dilakukan Saat Bekerja

Berikan ketentuan waktu bagi peserta yang mengikuti lomba ini. Nantinya juri akan menilai karya terbaik dari beberapa peserta yang mengikuti lomba. Peserta yang gambarnya keluar atau tidak sesuai tema, akan mendapat pengurangan poin.

7. Lomba Sumpit Kelereng

Lomba 17 Agustus di kantor lainnya yang hanya memerlukan sedikit modal. Lomba sumpit karet mungkin sudah terdengar biasa saat 17an, namun lomba sumpit kelereng mungkin menjadi sesuatu yang lebih menantang. Permainan ini membutuhkan 3-4 orang dalam satu tim. 

Masing-masing orang bertanggung jawab untuk menjaga kelereng agar tidak jatuh dari sumpit. Jika kelereng jatuh, maka peserta harus mengulangnya dari awal. Tentukan waktu bagi peserta saat perlombaan dimulai. 

8. Lomba Makan Bakso Jumbo

Lomba 17an yang satu ini menjadi ide menarik bagi beberapa orang, terutama pecinta kuliner bakso. Saat ini, sudah banyak penjual bakso yang melakukan inovasi terhadap dagangannya, seperti membuat bakso berukuran jumbo. Supaya tidak terlalu memberatkan, lomba ini dapat dilakukan pertim dengan jumlah anggota 3 orang.

Dalam lomba ini, panitia perlu menyiapkan beberapa mangkok bakso jumbo untuk beberapa tim. Setiap tim wajib menghabiskan bakso dalam waktu yang telah ditentukan. Tim yang lebih dulu habis, dan lebih bersih mangkoknya, itulah yang akan menjadi pemenangnya.

9. Lomba Sambung Lagu Nasional

Merayakan hari kemerdekaan, rasanya kurang afdol kalau tidak mengadakan lomba bertema nasionalisme. Lomba sambung lagu nasional ini tidak hanya menjadi ajang merayakan hari kemerdekaan, tetapi juga menjadi pengingat lagu-lagu nasional.

Dalam lomba ini, peserta harus menebak judul lagu dari lirik yang diputar oleh panitia. Setelah menebak, peserta juga harus melanjutkan lirik selanjutnya. Dengan lomba ini, diharapkan masyarakat Indonesia bisa terus mengenang lagu-lagu nasional.

10. Lomba Tarik Tambang

Salah satu lomba 17an yang tidak boleh dilewatkan adalah lomba tarik tambang. Lomba ini membutuhkan 2 tim besar sebagai pesertanya. Masing-masing peserta memiliki tanggung jawab untuk menarik tali dari tim lawan. Tim yang berhasil menarik lawan, ialah pemenangnya.

Lomba tarik tambang dapat menjadi simbol perjuangan pahlawan nasional. Lomba ini membutuhkan kerja sama tim yang baik untuk memangkannya. Dengan lomba ini diharapkan kerja sama antar karyawan di kantor bisa semakin terjalin dengan baik. 

Ide Hadiah Lomba 17an di Kantor

Pembagian hadiah 17an menjadi sesi yang dinanti-nantikan oleh para peserta lomba (Sumber: Pexels)

Supaya peserta makin semangat dalam mengikuti perlombaan, biasanya panitia acara telah menyiapkan hadiah bagi para pemenang. Hadiah ini dapat berupa hadiah hiburan, hingga hadiah utama atau doorprize. Berikut lima ide hadiah lomba 17an di kantor yang bisa jadi inspirasi Anda.

Baca juga:  Mengapa Kaos Gathering Penting? Ketahui Manfaat dan Tips Desainnya Berikut Ini!

1. Hadiah Beras 30 Liter

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, memilih beras sebagai hadiah lomba 17an dapat menjadi ide yang menarik. Beras dapat dikategorikan sebagai hadiah hiburan. Supaya terlihat lebih menarik, panitia perlu mengemas hadiah ini dengan rapi dengan berbagai hiasan. 

2. Alat Masak

hadiah alat masak menjadi salah satu hadiah yang kerap ditunggu-tunggu. Di masa kini, pekerjaan memasak tidak hanya dilakukan oleh wanita saja, tetapi juga oleh pria. Oleh sebab itu, alat masak menjadi hadiah lomba 17an yang tidak hanya menarik, tetapi juga bermanfaat. Beberapa alat masak yang dapat dipilih sebagai hadiah, anatara lain set pisau dapur premium, pan anti lengket, air fryer, dan lain-lain. 

3. Coffee Maker

Sebagian besar pekerja di Indonesia, biasa mengawali hari dengan secangkir kopi. Oleh sebab itu, memberikan hadiah lomba 17an berupa mesin kopi dapat menjadi ide yang menarik. Menyeduh kopi asli, langsung dibuat dari tangan sendiri diharapkan dapat menjadi tambahan semangat bagi karyawan.

4. Sepeda Listrik

Saat ini, pemakaian sepeda listrik di kalangan masyarakat Indonesia sedang marak. Memberikan hadiah lomba 17an berupa sepeda listrik, dapat menjadi ide yang menarik, sekaligus solusi bagi pekerja untuk mobilisasi ke kantor dalam jarak dekat. Sepeda listrik juga menjadi ide yang menarik untuk mengurangi tingkat polusi udara.

5. Laptop

Laptop menjadi salah satu alat tempur yang selalu dibawa karyawan setiap harinya. Dengan laptop baru dengan spek yang baik, diharapkan dapat menjadi semangat bagi karyawan dalam bekerja. Laptop dapat dipilih atau dijadikan sebagai hadiah utama sebagai hadiah lomba 17an.

Itu dia sepuluh ide lomba 17 Agustus di kantor, beserta inspirasi hadiah lomba 17an nya. Lomba 17 Agustus tidak hanya menjadi formalitas ajang tahunan, tetapi juga dapat menjadi ajang meningkatkan keakraban dan kerja sama antar karyawan di kantor.

Simak artikel Lokasoka lainnya, Hias Meja Kantor Jadi Estetik dengan 10 Benda Berikut ini, Salah Satunya Jam Meja Cantik. Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah. 

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat