5 Ide Souvenir Acara Amal dan Donasi Beserta Tips Memilihnya

5 menit membaca

Acara amal atau donasi merupakan salah satu cara luar biasa yang bisa dilakukan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu atau berkebutuhan khusus. Biasanya, acara tersebut berfokus pada penggalangan dana hingga pemberian bantuan.

Namun, tahukah Anda? Selain hal di atas, Anda juga dapat memberikan souvenir acara amal sebagai tanda terima kasih kepada para donatur atau peserta yang telah berpartisipasi. Nantinya, souvenir acara amal bukan hanya sekadar kenang-kenangan, tapi bisa menjadi simbol solidaritas dan pengingat atas tujuan mulia yang ingin dicapai.

Bingung mau memberikan souvenir apa di acara donasi? Berikut adalah rekomendasi beserta panduan dalam memilih souvenir acara donasi yang berkesan dan bermakna.

Rekomendasi Souvenir Acara Amal dan Donasi Paling Berkesan

1. Tumbler Stainless

Rekomendasi souvenir acara amal yang pertama adalah tumbler stainless. Souvenir yang satu ini dijamin sangat fungsional untuk digunakan di kegiatan sehari-hari. Terutama untuk mendukung gaya hidup sehat agar tidak dehidrasi.

Tidak hanya mendukung gaya hidup sehat, tumbler juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan karena mampu mengurangi penggunaan plastik untuk kemasan minuman.

2. Tote Bag Kain

Berbicara mengenai produk ramah lingkungan, tote bag kain juga termasuk salah satunya. Para penerima nantinya tidak perlu lagi menggunakan keresek atau plastik untuk membawa barang, khususnya ketika berbelanja.

Baca juga:  Anti Gagal, Ini 10 Inspirasi Souvenir Aqiqah Bermanfaat Ala Lokasoka

Selain itu, terdapat pula tote bag berbahan kain ramah lingkungan bila Anda benar-benar ingin membawa pesan eco-friendly dalam souvenir acara amal Anda. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan logo acara atau pesan khusus pada tas ini untuk membuatnya lebih personal dan bermakna.

3. Gelang atau Aksesoris Bertema

Gelang biasanya identik dengan ikatan atau solidaritas. Nah, dengan begitu, gelas bisa jadi salah satu pilihan souvenir acara donasi yang sempurna. Sejalan dengan tujuan acara amal, Anda bisa memberikan kenang-kenangan berupa gelang dengan bahan yang berkualitas, seperti kulit sintetis atau tali. Sebagai penanda, tambahkan pula sentuhan personal seperti pesan kecil atau logo acara sebagai liontin atau dapat pula dicantumkan dalam kemasannya.

4. Mug dengan Pesan Inspiratif

Ingin berikan pesan inspiratif tapi dengan cara yang kreatif dan unik? Cobalah untuk memberikan mug dengan desain menarik. Dengan bidang kosong yang luas di sisi luarnya, mug dapat menjadi souvenir yang sempurna untuk menuliskan pesan inspiratif bagi para penerima. Setiap kali penerima menggunakan mug tersebut, mereka akan menjadi termotivasi serta teringat akan acara amal yang mendukung misi yang baik.

5. Bahan Makanan Sehat

Acara amal atau donasi biasanya identik dengan pemberian bantuan tertentu. Salah satu yang paling populer adalah bahan makanan. Tidak hanya diberikan kepada para penerima donasi, Anda juga bisa memesan paket bahan makanan yang khusus untuk dijadikan sebagai souvenir acara donasi tersebut.

Di antara banyaknya bahan makanan yang ada, Anda bisa memilih bahan makanan sehat, seperti granola, kacang-kacangan, atau teh herbal. Hal ini dapat memberikan kesan positif kepada penerimanya karena sejalan dengan pesan kesehatan dan kesejahteraan.

Baca juga:  Bikin Seminar Tak Terlupakan dengan 15 Rekomendasi Seminar Kit Berbagai Tema

Ketahui ragam makanan sehat yang cocok digunakan sebagai hadiah khusus, termasuk souvenir dan hampers, dalam artikel berikut ini: 14 Ide Isi Hampers Sehat untuk Momen Tahun Baru. Selamat membaca!

Panduan Memilih Souvenir Acara Amal dan Donasi

1. Pilih dengan Budget yang Sesuai

Sesuaikan pilihan souvenir acara donasi dengan anggaran yang tersedia tanpa mengurangi kualitas atau nilai dari barang tersebut. Bila anggaran tidak terlalu besar, Anda dapat mencari barang-barang unik namun terjangkau sehingga Anda tetap bisa memberikan kesan positif tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun, adakah cara selain memilih barang yang terjangkau untuk anggaran yang minim?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam mendapatkan souvenir yang berkesan dan bermanfaat tanpa menguras budget: Mau Harga Souvenir Pernikahan yang Lebih Murah? Ikuti 8 Tips Berikut Ini! Selamat membaca!

2. Pertimbangkan Souvenir yang Bermanfaat

Jangan hanya mempertimbangkan aspek estetika, tetapi juga fungsinya! Hal ini karena souvenir yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari akan lebih dihargai oleh penerima. Beberapa contoh souvenir acara amal yang dapat dipertimbangkan adalah dompet kartu, mug, kalender, atau alat tulis.

Souvenir acara amal yang semacam ini sangat fungsional dan bisa didesain sesuai kebutuhan. Jadi, tidak perlu khawatir jika souvenir Anda akan kehilangan aspek estetikanya juga!

3. Sesuaikan dengan Tema Acara

Tips selanjutnya adalah kesesuain souvenir dengan tema acara amal atau donasi. Jangan sampai para penerima merasa bahwa souvenir tersebut terkesan tidak dipersiapkan dengan matang karena tidak sejalan dengan tema acara

Jika acara bertema pendidikan, mungkin Anda bisa memilih buku catatan yang dipersonalisasi. Jika acara terkait kesehatan, barang-barang seperti masker kain atau hand sanitizer dapat menjadi pilihan yang tepat untuk acara Anda.

Baca juga:  Kantor Anda Berencana Mengadakan Konser Musik? Simak 11 Inspirasi Merchandise Custom dari Lokasoka Ini

4. Utamakan Kualitas

Meski berfokus pada amal, bukan berarti Anda harus mengabaikan kualitas. Pilih souvenir yang berkualitas dan tahan lama agar dapat digunakan oleh penerima dalam jangka waktu lama. Selain itu, souvenir acara donasi yang berkualitas juga mencerminkan keseriusan acara dan apresiasi yang tulus kepada peserta atau donatur yang menerimanya.

5. Sertakan Pesan atau Logo Acara

Agar souvenir lebih bermakna, sertakan logo acara di dalamnya. Tidak hanya logo sebagai identitas, Anda juga bisa menambahkan kutipan motivasi atau informasi tentang tujuan dari acara amal tersebut. Selain memberikan kesan emosional, hal semacam ini juga akan menjadi pengingat bagi para penerima tentang misi acara amal yang tulus.


Dengan panduan ini, kini, Anda dapat memastikan bahwa souvenir acara amal yang Anda pilih bisa bermanfaat, bermakna, dan sesuai dengan tema serta tujuan acara. Perlu diingat bahwa memilih souvenir acara amal dan donasi tidak hanya soal memberikan hadiah, tetapi juga mencerminkan nilai dan misi dari acara tersebut.

Pada akhirnya, souvenir ini akan menjadi kenang-kenangan yang selalu mengingatkan penerima tentang kebaikan dan dukungan yang telah mereka berikan.

Bagi Anda yang tengah mempersiapkan souvenir acara amal atau donasi dan ingin memberikan kesan terbaik, jangan ragu untuk menerapkan tips di atas dan pesan segera di Lokasoka!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat