12 Ide Souvenir Kantor Kekinian untuk Karyawan dan Bedanya Souvenir dengan Merchandise

5 menit membaca
Aneka souvenir kantor kekinian dari Lokasoka bisa cepat jadi menjelang liburan
Aneka souvenir kantor kekinian dari Lokasoka bisa cepat jadi menjelang liburan

Saat ini sedang banyak yang mencari souvenir kantor kekinian. Hal ini dikarenakan fungsinya yang beragam. Tidak sedikit perusahaan yang ingin memberikan kenang-kenangan kepada karyawannya maupun bentuk apresiasi agar karyawan tersebut tetap termotivasi untuk bekerja dengan baik. Salah satunya Anda dapat memberikan kalender custom dengan desain yang unik.

Artikel ini akan membahas tentang 5 ide souvenir kantor yang bisa HRD perusahaan pilih. Mulai dari barang sederhana seperti gantungan kunci hingga barang yang mewah seperti plakat. Pembahasan akan dimulai dari definisi souvenir terlebih dahulu karena tidak sedikit orang yang masih belum bisa membedakan souvenir dan merchandise.

Apa Itu Souvenir Kantor?

Sebelum membahas lebih jauh apa itu souvenir kantor, perlu tahu dulu apa itu souvenir. Souvenir adalah barang yang dibeli atau didapatkan oleh orang-orang untuk mengingat suatu acara atau tempat yang mereka kunjungi. Barang-barang ini biasanya kecil dan dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan atau pengingat dari pengalaman tersebut. Souvenir dapat dibeli di toko-toko souvenir maupun didapatkan secara gratis, dan pada saat ini souvenir kantor kekinian menjadi tren tersendiri.

Apa itu souvenir kantor? Pasalnya, souvenir kantor adalah barang-barang yang secara khusus diberikan kepada karyawan dengan berbagai macam tujuan. Seperti gantungan kunci ketika ada acara gathering dan alat makan minum sebagai hadiah ketika buka puasa bersama. Bahkan souvenir kantor yang cukup mahal bisa diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerjanya, yaitu plakat dan pakaian.

Perbedaan Souvenir dan Merchandise

Souvenir dan merchandise dari head to toe bisa dipesan di Lokasoka
Souvenir dan merchandise dari head to toe bisa dipesan di Lokasoka

Souvenir dan merchandise adalah dua hal yang sering dikaitkan satu sama lain. Padahal souvenir dan merchandise memiliki sedikit perbedaan. Mulai dari fungsi hingga budget yang harus Anda keluarkan. Anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya yaitu Tips Memilih Souvenir Akhir Tahun Bagi Karyawan.

1. Fungsi

Souvenir dan merchandise merupakan dua hal yang seringkali menjadi pilihan sebagai kenang-kenangan atau hadiah dalam sebuah acara. Namun, kedua hal ini memiliki perbedaan dari segi fungsi yang dapat memengaruhi pemilihan dalam situasi tertentu. Souvenir lebih fokus pada pengingat atau kenangan dari sebuah peristiwa, sehingga seringkali memiliki nilai sentimental yang tinggi bagi penerimanya. Souvenir biasanya memiliki ciri khas dari tempat atau acara yang diwakili, seperti logo atau nama tempat atau acara tersebut. Misalnya, seminar yang diadakan perusahaan biasanya akan menyediakan souvenir kantor berupa mug berlogo atau payung berlogo.

Baca juga:  Mau Harga Souvenir Pernikahan yang Lebih Murah? Ikuti 8 Tips Berikut Ini!

Sedangkan, merchandise biasanya sebagai alat promosi atau branding dari sebuah produk atau brand. Merchandise biasanya dibuat dengan desain dan logo khas dari brand, sehingga lebih fokus pada mempromosikan dan memperkenalkan brand kepada masyarakat. Fungsi merchandise sebagai media pemasaran dan branding yang efektif, karena dapat menyebarluaskan brand melalui penggunaan oleh orang lain yang membelinya. Selain itu, merchandise juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi brand yang menjualnya, sehingga menjadi salah satu strategi bisnis yang cukup populer.

2. Wujud Barang

Dari segi perwujudan barang, souvenir dan merchandise tidak memilki perbedaan yang signifikan. Hal ini dikarenakan keduanya digunakan pada suatu acara dengan tujuan yang sedikit berbeda. Souvenir kantor umumnya memiliki perwujudan yang berkaitan erat dengan fungsi maupun manfaat bagi karyawan yang menerimanya. Sehingga tas ransel berlogo dapat dibagikan secara gratis oleh perusahaan ketika ada gathering bersama.

3. Budget

Souvenir dan merchandise adalah dua hal yang berbeda dalam segi harga. Souvenir biasanya dibagikan dalam jumlah besar pada acara tertentu sedangkan merchandise dijual secara terpisah dari event tersebut. Untuk souvenir kantor kekinian yang banyak dicari adalah souvenir kantor murah. Contohnya adalah alat tulis, jam meja, dan sebagainya.

Ide Souvenir Kantor Kekinian Untuk Karyawan Kantor

Payung dari Lokasoka yang bisa dikustom dengan berbagai bahan, ukuran, warna, logo, dan sebagainya
Payung dari Lokasoka yang bisa dikustom dengan berbagai bahan, ukuran, warna, logo, dan sebagainya

Souvenir kantor memang sangat penting dalam meningkatkan engagement dengan karyawan maupun klien bisnis yang datang ke acara perusahaan. Selain souvenir kantor, Anda juga bisa memberikan paket hampers custom yang disesuaikan dengan brand perusahaan. Berikut ini artikel yang membahas manfaat memberikan hampers di link berikut Manfaat Memberi Hampers Lebaran Kekinian Untuk Klien Bisnis.

Baca juga:  20 Ide Self Reward Khusus untuk Anda Para Pejuang Rupiah

1. Souvenir Elektronik

Ide souvenir kantor kekinian yang pertama adalah souvenir elektronik. Souvenir elektronik pada umumnya terdiri atas powerbank, flashdisk, mouse, speaker, headset, dan diffuser. Semua barang-barang memiliki manfaat bagi para karyawan untuk menunjang aktivitas bekerja maupun aktivitas sehari-hari.

2. Souvenir Tas

Kemudian souvenir tas seperti tas ransel, tas laptop, tas selempang, tas travel, pouch, dan lain-lain. Setiap jenis tas memiliki fungsinya masing-masing dan pastinya bermanfaat bagi karyawan untuk membawa barang-barang ketika bekerja.

3. Souvenir Alat Tulis

Ide souvenir kantor kekinian yang ketiga adalah souvenir alat tulis. Souvenir tas pada umumnya terdiri atas sticky notes, pulpen, highlighter, pensil, lain-lain. Souvenir acara kantor ini bisa diberikan sebagai Onboarding Kit ketika karyawan pertama kali bekerja di perusahaan. Hal ini akan memberikan kesan positif dari karyawan karena perusahaan benar-benar menyambut dirinya.

4. Souvenir Alat Makan dan Minum

Ide souvenir kantor kekinian yang keempat adalah souvenir alat makan dan minum. Souvenir ini terdiri atas tumbler, mug, mangkok, cangkir, lunch box, dan lain-lain. Perusahaan dapat membagikan secara gratis souvenir kantor ini ketika sedang mengadakan acara buka puasa bersama.

5. Souvenir Kalender

Seperti yang telah dijelaskan di atas, merchandise dan souvenir tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Barang-barang yang digunakan sebagai souvenir juga dapat digunakan sebagai merchandise unik. Ide souvenir kantor kekinian lainnya adalah payung, jam, handuk, laptop holder, phone holder, dan kipas. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai merchandise bisa dibaca pada link berikut ini.

6. Souvenir Payung

Payung sudah menjadi souvenir yang lumrah dalam dunia gifting. Hal ini berawal dari cuaca yang tidak menentu seperti di Indonesia. Baik keadaan hujan maupun kering, seseorang membutuhkan payung untuk melindungi tubuhnya. Selain itu, bahan-bahan payung cenderung mudah didapatkan dan cukup terjangkau.

Baca juga:  17 Bahan Seragam Ramah Lingkungan Beserta Keuntungannya

7. Souvenir Kaos

Souvenir kaos dapat digunakan dalam semua jenis event. Keunggulannya bukan hanya tentang bahan tetapi tulisan dan gambar yang dapat disematkan pada kaos tersebut. Orang yang mengenakan kaos dengan logo perusahaan Anda, secara tidak langsung sedang melakukan promosi kepada sekitarnya.

8. Souvenir Gantungan Kunci

Souvenir ini banyak ditemukan pada acara pernikahan, acara kampus, maupun acara khusus (misalnya event Jejepangan). Anda dapat mencetak gambar-gambar yang merepresentasikan acara tersebut, seperti nama pengantin, logo kampus, dan gambar anime. Sudah sangat banyak juga para pengrajin gantungan kunci yang tersebar dan harganya murah.

9. Souvenir Bath & Beauty

Souvenir bath & beauty misalnya sabun, sampo, sikat gigi, odol, parfum, lilin aromaterapi, dan sebagainya. Seperti tujuan souvenir pada umumnya, souvenir bath & beauty dapat digunakan dalam berbagai jenis acara. Tidak harus mahal, namun manfaatkanlah souvenir ini untuk memberikan kesan elegan dan profesional terhadap perusahaan Anda.

10. Souvenir Kayu

Apabila perusahaan Anda bergerak di bidang lingkungan maupun memiliki visi yang berkaitan dengan sustainability, Anda dapat memanfaatkan souvenir kayu. Pilih barang-barang sesuai budget Anda karena souvenir kayu tidaklah murah. Perhatikan perawatan serta pengemasannya agar souvenir lebih awet.

11. Souvenir Makanan

Tidak boleh ketinggalan souvenir makanan yang dapat diberikan saat acara formal dan semi-formal. Anda dapat memilih cookies, permen, coklat, dan sebagainya yang dikemas dengan desain unik. Anda dapat menyematkan nama perusahaan dan logo pada bungkusnya atau kartu ucapan terpisah agar bisa disimpan oleh penerima.

12. Souvenir Minuman

Last but not least, souvenir minuman yang dapat diseduh. Anda dapat memberikan botol minuman dari kaca jika mengadakan acara formal. Jika Acara non-formal, Anda dapat memberikan teh dengan aneka rasa unik kepada para tamu. Yang terpenting adalah menyesuaikan hadiah dengan konsep acara Anda agar manfaat dari gifting tersebut dapat tersampaikan.

Demikianlah ulasan mengenai 12 ide souvenir kantor kekinian, mulai dari barang-barang sederhana hingga barang yang cukup mewah. Jika perusahaan Anda termasuk perbankan, Anda dapat mendapatkan ide dalam artikel 7 Ide Souvenir Kantor untuk Bank Negara dan Bank Swasta. Selamat membaca!

Komentar ditutup.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat