Mengenal Sejarah Payung Lipat Favorit dari Tiongkok

5 menit membaca
payung-lipat-lokasoka
Mengenal sejarah payung lipat, salah satu jenis travel kit favorit

Payung, benda yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki sejarah yang menarik untuk kita kenali. Payung yang kita kenal saat ini terbuat dari rangka logam dengan penutup berbahan plastik. Pegangan payung umumnya terbuat dari kayu agar lebih ringan bagi penggunanya.

Menilik arti kata payung, kita tahu bahwa payung adalah sebuah benda pegangan yang digunakan untuk melindungi kita dari guyuran hujan. Payung juga berfungsi untuk menciptakan bayangan dan mencegah terpaparnya orang dari sinar matahari. Payung yang digunakan untuk menahan cahaya matahari disebut parasol. Pernahkah terlintas dalam pikiran Anda bagaimana awal mula payung tercipta dan dari mana asalnya?

Selain mengenal sejarah payung lipat, Anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya yaitu koper custom kebutuhan perjalanan bisnis maupun jalan-jalan bersama keluarga. Faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih koper custom yaitu ukuran, keamanan, desain, dan kemudahan pengguna dalam menggunakannya. Yuk simak dahulu artikel mengenai payung lipat berikut ini!

Sejarah Singkat Payung

Sejarah payung lipat dimulai dari negeri tirai bambu atau Tiongkok
Sejarah payung lipat dimulai dari negeri tirai bambu atau Tiongkok

Berdasarkan beberapa sumber yang ada, sejarah payung sudah ada sejak 3500 tahun yang lalu, namun ada juga yang menyebutkan 4000 tahun yang lalu. Namun, dari berbagai catatan sejarah yang ada, terdapat konsensus bahwa payung berasal dari Tiongkok.

Tidak tanpa alasan, bukti-bukti ini terlihat dari karya seni dan artefak kuno yang ditemukan di Mesir, Syria, Yunani, dan Tiongkok. Orang pertama yang menciptakan payung adalah seorang tokoh bernama Lu Ban.

Lu Ban merupakan Bapak Pertukangan di Tiongkok. Namun, Lu Ban bukanlah seorang tukang kayu biasa, ia juga seorang insinyur, filsuf, penemu, ahli militer, negarawan, dan santo pelindung pembangunan di Tiongkok.

Lu Ban memiliki istri yang sangat perhatian dan peduli terhadap suaminya. Istri Lu Ban bernama Yun. Dari sinilah kisah romantis dimulai, dengan terciptanya payung berkat kecintaan sang suami terhadap istrinya, pasangan suami istri ini berasal dari Tiongkok.

Baca juga:  15 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Sedang Trend

Sebagai istri yang perhatian, Yun setiap hari mengantarkan makanan untuk suaminya yang sedang bekerja di luar rumah. Kisah ini sangat menyentuh hati karena Yun selalu setia mengantar makanan untuk suaminya dalam cuaca panas maupun hujan.

Melihat istrinya basah kuyup terkena hujan saat mengantarkan makanan, sebagai suami yang penuh perhatian, Lu Ban merasa tidak tega melihat istrinya kebasahan. Dengan kecerdasannya, tercetuslah ide untuk membuat paviliun sepanjang jalan agar Yun tidak kebasahan lagi. Namun, Lu Ban merasa cara seperti itu kurang praktis.

Suatu hari, Lu Ban melihat sekelompok anak-anak berjalan dalam hujan. Mereka menggunakan daun bunga teratai sebagai pelindung dari air hujan yang deras. Melihat pemandangan itu, Lu Ban terinspirasi untuk menciptakan alat.

3 Fungsi Utama Payung

payung-lokasoka
Payung jualan menjadi kebutuhan bagi para pedagang untuk para pelanggan bersantai

Payung adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh banyak orang untuk melindungi diri dari sinar matahari atau hujan. Selain itu, payung juga memiliki beberapa fungsi lain yang membuatnya menjadi aksesori yang multifungsi. Dalam artikel ini, kita akan membahas tiga fungsi utama payung, salah satunya adalah payung jualan.

1. Pelindung dari Cuaca Panas Maupun Hujan

Fungsi utama payung adalah melindungi penggunanya dari cuaca eksternal yang tidak menyenangkan, seperti sinar matahari yang terik atau hujan yang deras. Dengan payung, kita dapat menjaga tubuh kita tetap kering saat hujan turun atau melindungi diri dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Bagi mereka yang tinggal di daerah dengan iklim yang tidak menentu, payung adalah alat yang penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan.

2. Aksesori Mode

Selain sebagai alat pelindung, payung juga sering digunakan sebagai aksesori mode. Desain dan warna-warni yang beragam membuat payung menjadi elemen fashion yang menarik. Banyak orang memilih payung yang sesuai dengan gaya pribadi mereka untuk menambahkan sentuhan kreatif pada penampilan mereka. Payung dengan pola bunga, motif klasik, atau bahkan desain yang unik dan lucu dapat menjadi aksesori yang menarik perhatian di tengah keramaian.

Baca juga:  12 Ide Souvenir Kantor Kekinian untuk Karyawan dan Bedanya Souvenir dengan Merchandise

3. Media Promosi

Salah satu fungsi lain yang menarik dari payung adalah sebagai alat promosi atau payung jualan. Payung jualan sering digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Logo, slogan, atau informasi penting lainnya dapat dicetak di permukaan payung untuk meningkatkan brand awareness dan mencapai audiens yang lebih luas. Payung jualan yang menarik dan berkualitas juga dapat memberikan kesan positif kepada pelanggan potensial dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek atau perusahaan.

Payung jualan juga memiliki keunggulan dalam hal daya tahan dan kualitas. Bahan payung yang kuat dan tahan lama dapat memberikan perlindungan yang baik dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, payung jualan biasanya didesain dengan bingkai yang kokoh dan tahan angin, sehingga dapat digunakan dalam kondisi cuaca yang buruk sekalipun.

Dalam kesimpulannya, payung memiliki tiga fungsi utama yang penting. Selain melindungi penggunanya dari cuaca eksternal yang tidak menyenangkan, payung juga menjadi aksesori mode yang menarik dan alat promosi yang efektif, seperti payung jualan. Kehadiran payung dalam kehidupan sehari-hari telah membuktikan betapa bergunanya alat ini dalam berbagai situasi, baik dalam menjaga kesehatan, meningkatkan penampilan, maupun mempromosikan bisnis.

3 Tips dalam Memilih Payung Lipat yang Bagus dan Awet

Tips dalam memilih payung lipat yang bagus dan awet, juga sesuai kebutuhan
Tips dalam memilih payung lipat yang bagus dan awet, juga sesuai kebutuhan

Pada saat hujan atau terik matahari yang menyengat, payung lipat menjadi salah satu perlengkapan penting yang dapat melindungi kita dari cuaca yang tidak menyenangkan. Namun, tidak semua payung lipat memiliki kualitas yang sama. Untuk memastikan Anda mendapatkan payung lipat yang bagus dan awet, berikut ini adalah 3 tips dalam memilih payung lipat yang tepat:

1. Pilihlah Bahan yang Berkualitas

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih payung lipat adalah bahan yang digunakan. Pastikan payung lipat terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, seperti serat polyester atau nylon yang tahan air dan tahan angin. Bahan-bahan tersebut memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca ekstrem dan mencegah air hujan masuk ke dalam payung. Selain itu, pastikan bingkai payung terbuat dari bahan yang kokoh, seperti logam atau serat yang kuat agar payung dapat bertahan lama.

Baca juga:  7 Tips Memilih Koper Mudik yang Awet dan Tahan Lama

2. Perhatikan Ukuran dan Portabilitas

Ukuran dan portabilitas payung lipat juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah payung lipat dengan ukuran yang cukup besar untuk memberikan perlindungan yang memadai, tetapi tetap mudah dilipat dan dibawa. Payung lipat yang ringan dan kompak akan memudahkan Anda membawanya di tas atau saku ketika tidak digunakan. Selain itu, pastikan payung lipat dilengkapi dengan sarung atau kantong penyimpanan yang kuat dan tahan lama, sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpannya setelah digunakan.

3. Periksa Fungsi dan Keamanan

Pastikan payung lipat memiliki fitur dan mekanisme yang fungsional dan aman. Perhatikan sistem lipatnya, pastikan mudah dilipat dan diluruskan tanpa kesulitan. Selain itu, perhatikan pegangan payung, pastikan nyaman digenggam dan tidak licin saat basah. Pilihlah payung lipat dengan pegangan yang ergonomis dan tahan lama, seperti pegangan berbahan karet atau plastik yang kokoh. Selain itu, pastikan payung lipat memiliki sistem pengaman yang baik, seperti kait pengunci atau pegas yang kuat, agar payung tidak secara tiba-tiba terbuka atau terlipat kembali saat digunakan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat memilih payung lipat yang bagus dan awet. Payung lipat yang berkualitas akan melindungi Anda dari hujan dan sinar matahari, sambil memberikan kenyamanan dan kepraktisan dalam penggunaannya. Ingatlah untuk mempertimbangkan bahan, ukuran, portabilitas, serta fungsi dan keamanan saat memilih payung lipat. Dengan perhatian yang baik dalam memilih, payung lipat Anda akan menjadi teman setia dalam menghadapi cuaca yang berubah-ubah.

Lokasoka menawarkan pelayanan untuk membuat macam-macam souvenir, merchandise, dan hadiah lainnya termasuk berbagai jenis payung sesuai kebutuhan, salah satunya payung lipat. Pelayanan yang kami berikan berupa desain logo yang didesain secara eksklusif oleh Tim Kreatif Lokasoka sebanyak dua kali dan konsultasi mengenai budget maupun memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan keinginan klien. Juga ada promo corporate gifting bagi Anda yang ingin memesan koper bisnis untuk bisnis. Hubungi Admin Lokasoka sekarang melalui nomor WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan penawaran menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat