5 Perbedaan Seminar dan Webinar yang Perlu Diketahui

5 menit membaca

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, banyak aspek kehidupan yang mengalami perubahan signifikan, termasuk cara manusia bekerja, belajar, hingga berinteraksi. 

Salah satu perubahan terbesar adalah peralihan berbagai kegiatan ke sektor digital, seperti kegiatan belajar mengajar, berbelanja, bahkan hingga ke acara seminar.

Sejatinya, seminar adalah sebuah acara yang turut mengundang seorang ahli sebagai pembicara dan dihadiri oleh banyak peserta yang berkumpul di suatu ruangan. Biasanya dalam seminar, peserta dapat berinteraksi langsung dengan pembicara, tanpa terhalang ruang maupun waktu. 

Sayangnya, pandemi COVID-19 membuat interaksi manusia terbatas. Hal ini juga berdampak pada acara seminar yang terpaksa harus dilakukan secara online. Meski dilakukan secara online, namun hal ini tidak mengurangi efisiensi acara seminar yang dilakukan secara offline.

Seminar yang dilakukan secara online, disebut juga webinar. Webinar biasa diadakan melalui platform online, seperti zoom, microsoft teams, dan lain-lain. Lantas, apakah ada perbedaan seminar dan webinar? berikut penjelasannya. Namun, sebelum itu simak juga 6 Alasan Pentingnya Seminar Kit untuk Nama Perusahaan. Yuk, disimak!

Perbedaan Seminar dan Webinar yang Perlu Diketahui

Salah satu perbedaan seminar dan webinar terdapat pada lokasi acara penyelenggaraannya (sumber: Pexels)

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin canggih. Kecanggihan tersebut membuat berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, dapat dilakukan secara daring dan jarak jauh. Adanya webinar menjadi salah satu bukti nyata dari kecanggihan teknologi saat ini. Berikut informasi mengenai perbedaan seminar dan webinar yang perlu diketahui. 

1. Lokasi Acara

Salah  satu hal utama dalam perbedaan seminar dan webinar adalah lokasi acara. Seminar adalah suatu acara yang biasa diadakan di aula, gedung pertemuan, ataupun ball rom. Sedangkan, webinar merupakan acara seminar yang dilakukan secara daring, melalui sebuah web maupun platform online. 

Baca juga:  Pilih Tas Sepatu Murah dan Terbaik, Pertimbangkan 10 Hal Berikut Ini

Kapasitas peserta dalam seminar offline cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan webinar. Hal ini disebabkan karena ruang pertemuan, atau gedung konferensi memiliki jumlah kursi dan ruang yang terbatas. Sedangkan kapasitas peserta dalam platform online cenderung lebih besar, selama peserta terhubung dengan internet.

2. Aksesibilitas dalam Acara

Aksesibilitas acara seminar langsung dan webinar memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Biasanya acara seminar langsung dihadiri oleh peserta-peserta yang berada pada wilayah yang sama dengan lokasi seminar diselenggarakan. Hal ini menunjukkan bahwa seminar langsung masih menjadi kendala bagi peserta yang ingin hadir, namun jauh dari lokasi acara diselenggarakan.

Sedangkan webinar dapat dihadiri oleh peserta dari berbagai lokasi, selama masih terhubung dengan akses internet. Hal ini menjadi salah satu kemudahan yang dapat berpengaruh pada peningkatan jumlah audiens atau peserta dalam acara seminar.

3. Biaya

Perbedaan seminar dan webinar lainnya, berasal dari faktor biaya yang dikeluarkan. Harga tiket seminar langsung cenderung lebih mahal dibadingnkan webinar, karena melibatkan berbagai biaya seperti sewa tempat, penyediaan katering, transportasi, dan akomodasi untuk pengisi acara. Selain itu, biaya untuk perlengkapan teknis seperti sistem suara, proyektor, dan dekorasi juga harus diperhitungkan. 

Di sisi lain, webinar jauh lebih hemat biaya, karena tidak memerlukan tempat fisik dan biaya terkait perjalanan. Pengeluaran utama untuk webinar biasanya meliputi lisensi platform digital dan dukungan teknis, yang cenderung lebih murah. Penghematan biaya ini sering kali memungkinkan penyelenggara untuk menawarkan biaya registrasi yang lebih rendah atau bahkan menggratiskan akses acara. 

4. Durasi dan Fleksibilitas Waktu

Perbedaan seminar dan webinar lainnya terdapat pada durasi acara dan fleksibilitas waktu. Walaupun seminar dan webinar sama-sama memiliki durasi waktu, namun webinar cenderung memiliki fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan seminar langsung. Hal ini terjadi karena webinar yang dilaksanakan secara online dapat direkam dan diakses kembali oleh peserta setelah acara selesai.

Baca juga:  5 Persiapan untuk Perayaan Tahun Baru Imlek di Kantor

Hal tersebut dapat memudahkan peserta untuk mengulang materi yang terlewat sesuai kenyamanan. Sedangkan beberapa penyelenggara acara seminar langsung, tidak mengizinkan peserta untuk merekam, demi kenyamanan bersama dengan peserta lain. 

5. Kemudahan Berinteraksi

Perbedaan seminar dan webinar lainnya yang sifgnifikan terdapat pada kemudahan berinteraksi. Acara seminar langsung tentu lebih memudahkan peserta dalam berinteraksi dengan pengisi acara seminar. Dalam hal ini peserta dapat bertanya langsung, tanpa ada halangan tempat dan waktu. 

Webinar juga memberikan kesempatan peserta untuk berinteraksi langsung dengan pengisi acara. Sayangnya, jaringan internet setiap peserta berbeda-beda, sehingga terkadang peserta terkendala saat sesi tanya jawab berlangsung. Selain itu, peserta webinar juga tidak dapat memprediksi ataupun melihat langsung peserta lain yang juga ingin bertanya pada sesi tanya jawab, sehingga kerap terjadi bentrok suara. 

7 Rekomendasi Suvenir Seminar Lucu yang Masuk ke Semua Tema Acara

Suvenir seminar lucu yang dapat Anda berikan pada peserta, salah satunya adalah note book custom (sumber: Pexels)

Sebagai kenang-kenangan pada peserta, biasanya panitia acara akan memberikan suvenir di akhir sesi acara ataupun saat peserta datang. Adanya suvenir kerap kali membuat peserta lebih semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir. Berikut ini ada tujuh rekomendasi suvenir seminar lucu yang masuk ke semua tema acara.

1. Gantungan Kunci Karakter

Gantungan kunci merupakan pilihan yang praktis untuk digunakan sebagai suvenir seminar lucu.  Walau terkesan sederhana, namun gantungan kunci karakter dengan desain yang menarik mampu menarik minat peserta. Selain praktiks, gantungan kunci juga termasuk suvenir yang murah dari segi harga, sehingga cocok dipilih saat Anda harus menekan anggaran acara.

2. Sticker Set

Sticker set bisa menjadi pilihan suvenir yang lucu untuk seminar. Dengan beragam desain yang bisa disesuaikan dengan tema acara, sticker set menawarkan daya tarik visual yang tinggi dan kegunaan praktis. Peserta seminar dapat menggunakan stiker-stiker ini untuk menghias laptop, buku catatan, ponsel, atau barang-barang pribadi lainnya sehingga setiap kali mereka melihat atau menggunakan stiker tersebut, peserta akan teringat kembali pada seminar yang diikuti.

Baca juga:  15 Rekomendasi Kotak Pensil Bagus dan Terbaik untuk Anak Sekolah

3. Tumbler Custom

Tumbler custom bisa menjadi pilihan suvenir seminar yang lucu dan fungsional. Tumbler dengan desain yang dipersonalisasi sesuai dengan tema acara seminar tidak hanya menarik secara visua,l tetapi juga sangat berguna dalam keseharian. Peserta seminar dapat menggunakan tumbler ini untuk menyimpan minuman dan digunakan saat bepergian. Selain itu, tumbler juga mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

4. Note Book Lengkap dengan Penanda

Notebook lengkap dengan penanda dapat menjadi pilihan suvenir seminar yang lucu dan praktis. Notebook bisa didesain dengan sampul yang menarik dan sesuai dengan tema acara, yang membuatnya menjadi tidak hanya berguna, tetapi juga estetis. Penanda atau pembatas halaman yang kreatif dan lucu, seperti bentuk karakter kartun, hewan, atau ikon-ikon kecil, dapat menambah daya tarik visual dan fungsionalitas notebook. Peserta seminar dapat menggunakan notebook ini untuk mencatat ide-ide penting, membuat to-do list, atau mencatat poin-poin dari seminar.

5. Payung

Payung juga merupakan suvenir seminar yang memiliki manfaat besar. Payung dapat dipersonalisasi dengan logo acara atau tema seminar, yang dapat menjadi identitas pada suvenir. Cuaca yang kerap kali tidak dapat diprediksi, membuat payung sangat bermanfaat bagi peserta acara jika saat dalam perjalanan pulang dari tempat acara cuaca tiba-tiba hujan.

Itu dia informasi mengenai perbedaan seminar dan webinar yang perlu Anda ketahui. Baik seminar maupun webinar sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Sebagai peserta, Anda dapat menyesuaikan acara yang ingin didatangi sesuai kebutuhan dan kemudahan akses. 

Simak juga artikel Lokasoka lainnya 15 Rekomedasi Seminar Kit Berbagai Tema.Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah. 

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat