Produk Ramah Lingkungan dari Limbah Sawit: Manfaat, Contoh Produk, dan Tempat Memesan

5 menit membaca
Salah satu produk ramah lingkungan dari Lokasoka diproduksi menjadi pouch dan tas berkualitas
Salah satu produk ramah lingkungan dari Lokasoka diproduksi menjadi pouch dan tas berkualitas

Produk ramah lingkungan merupakan barang-barang yang komponen utama maupun komponen pelengkapnya terbuat dari bahan dari alam. Salah satu contohnya adalah limbah sawit yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan produk ramah lingkungan. Artikel ini akan membahas mulai dari definisi, manfaat, contoh produk, hingga tempat memesan barang-barang eco-friendly.

Perusahaan dengan visi dan misi mengenai keberlanjutan akan turut memakai produk ramah lingkungan maupun hasil dari masyarakat adat. Anda yang masih bingung ingin memesan souvenir, hadiah, maupun merchandise tertentu, bisa membaca artikel berikut: Ide Produk Ramah Lingkungan untuk Bisnis dan Hadiah. Mulai dari alat makan dan minum hingga produk unik dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

Sebelum masuk ke dalam bagian utama, apa itu limbah sawit? Limbah sawit adalah produk samping yang dihasilkan dari proses pengolahan tandan buah kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit dan inti sawit. Limbah ini dapat berupa padatan terendap, lumpur, atau air limbah yang mengandung senyawa organik, nutrien, dan senyawa kimia. Simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Produk dari Limbah Sawit

Salah satu manfaat memesan produk eco-friendly dari Lokasoka adalah menjaga alam dan mendukung kemajuan UMKM lokal

Dengan menggunakan produk ramah lingkungan dari limbah sawit, Anda turut mendukung pelestarian lingkungan. Dorong karyawan Anda maupun mitra bisnis untuk sama-sama menjaga alam dengan memberikan souvenir kantor maupun hadiah berupa produk dari limbah. Anda juga dapat mencari tahu apakah ada kalender ramah lingkungan melalui link berikut ini.

1. Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Dalam industri kelapa sawit, limbah organik dan padatan terendap merupakan dua komponen utama yang dihasilkan. Melalui proses yang tepat, limbah organik ini dapat diubah menjadi bioenergi dalam bentuk bahan bakar biomassa. Bioenergi ini dapat menggantikan penggunaan bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi gas rumah kaca. Dengan mengoptimalkan limbah sawit sebagai sumber energi terbarukan, kita dapat mengurangi dampak negatif terhadap perubahan iklim.

Baca juga:  Bagikan Corporate Gift di 7 Momen Ini Untuk Meraih Manfaat yang Optimal!

2. Pengurangan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Salah satu manfaat utama dari produk ramah lingkungan dari limbah sawit adalah pengurangan pemanfaatan sumber daya alam yang terbatas. Contohnya adalah penggunaan serat kelapa sawit untuk menghasilkan bahan bangunan ramah lingkungan seperti papan partikel, papan serat, atau bahan isolasi. Dengan memanfaatkan limbah sawit sebagai bahan baku, kita dapat mengurangi penebangan pohon yang berlebihan dan menjaga keberlanjutan hutan.

3. Peningkatan Kualitas Tanah dan Air

Limbah organik seperti tandan kosong dan serat juga dapat diolah menjadi kompos yang kaya akan nutrisi. Kompos ini dapat digunakan sebagai pupuk organik yang membantu meningkatkan kesuburan tanah. Dengan penggunaan kompos, penggunaan pupuk kimia dapat dikurangi, sehingga mengurangi dampak pencemaran air dan menjaga kualitas tanah yang lebih baik.

Contoh Produk

Lokasoka sediakan helm sawit yang bekerja sama dengan IPB University, produk ramah lingkungan yang unik!
Lokasoka sediakan helm sawit yang bekerja sama dengan IPB University, produk ramah lingkungan yang unik! (Sumber: Instagram @helmsawit)

Ada banyak contoh produk yang terbuat dari limbah sawit, yang terkenal salah satunya biofuel. Biofuel dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang asapnya lebih aman dibandingkan bensin pada umumnya. Bukan hanya itu ada barang jadi yang siap dipakai contohnya adalah pouch unik. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Biofuel

Limbah padatan seperti tandan kosong, serat, cangkang, dan abu dapat diolah menjadi bahan bakar biomassa untuk menghasilkan biofuel. Biofuel ini dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Bukan hanya itu, ada juga alat elektronik yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.

2. Papan Serat

Serat kelapa sawit dapat dijadikan bahan baku untuk menghasilkan papan serat yang digunakan dalam industri konstruksi. Papan serat ini memiliki kekuatan yang baik dan dapat digunakan sebagai pengganti kayu, mengurangi penebangan pohon yang berlebihan. Papan serat tersebut juga bisa dimanfaat sebagai bahan baku buku notes daur ulang.

Baca juga:  Anti Bosan, Ini 8 Inspirasi Dekorasi Meja Kerja Untuk Tingkatkan Produktivitas Anda

3. Pupuk Organik

Limbah organik seperti tandan kosong dan serat dapat diolah menjadi kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk organik. Pupuk organik ini membantu meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi penggunaan pupuk kimia. Salah satu inovasi produk eco-friendly lainnya adalah serat bambu yang dijadikan salah satu bahan pakaian.

4. Pouch dan Tas

Serat kelapa sawit juga dapat dijadikan bahan baku untuk memproduksi pouch dan tas. Serat tersebut diolah menjadi bahan tekstil yang kuat dan tahan lama, sehingga cocok digunakan untuk membuat produk-produk seperti pouch dan tas ramah lingkungan. Penggunaan serat kelapa sawit sebagai pengganti bahan sintetis atau kulit hewan membantu mengurangi penggunaan bahan-bahan yang berpotensi merusak lingkungan.

5. Helm Sawit

Inovasi terbaru dalam pengolahan limbah sawit menghasilkan produk helm yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan bahan dasar dari limbah sawit yang diolah menjadi serat kuat, helm sawit dapat menjadi alternatif yang lebih berkelanjutan daripada helm konvensional yang terbuat dari bahan sintetis. Produk ini memiliki sifat yang tahan terhadap benturan dan memberikan perlindungan yang optimal, sambil juga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Tempat Memesan di Lokasoka

Lokasoka menjadi salah satu tempat memesan produk eco-friendly sebagai souvenir kantor

Lokasoka merupakan platform custom gifting yang menyediakan 3 jenis produk unggulan. Pertama yaitu produk lokal yang dibuat oleh pengrajin dari berbagai daerah di Indonesia. Kedua yaitu produk yang dibuat masyarakat adat guna mendukung perkembangan dan keberlangsungan hidup mereka. Ketiga yaitu produk ramah lingkungan yang terdiri atas produk dari limbah sawit dan produk dari limbah kain pabrik.

Anda yang mencari tempat produksi souvenir kantor yang eco-friendly dapat langsung datang ke Lokasoka atau menghubungi admin. Dengan memesan produk ramah lingkungan, Anda dapat turut menjaga lingkungan alam. Tren dari penggunaan produk eco-friendly pun akhir-akhir ini semakin meningkat karena banyak orang yang mulai menyadari manfaatnya.

Baca juga:  5 Starter Kit Pameran yang Wajib Dipersiapkan untuk Kesuksesan Acara

Produk ramah lingkungan yang tersedia di Lokasoka saat ini ada tiga yang paling banyak disukai. Pertama, pouch dari bahan limbah sawit. Kedua, tas dari bahan limbah kain pabrik. Ketiga, helm dengan isian yang dicampur dengan limbah sawit. Lokasoka bekerja sama dengan IPB University maupun platform lainnya yang sejalan untuk mengembangkan produk ramah lingkungan tersebut.

Demikianlah artikel tentang salah satu produk ramah lingkungan yang terbuat dari limbah sawit. Anda dapat langsung memesan produk pakaian, tas, alat makan, dan alat tulis menarik lainnya di Lokasoka. Anda juga dapat mengunjungi Lokasoka setiap hari Senin hingga Jumat dengan jam operasional 08.00-17.00 WIB untuk melihat sampel barang maupun meminta untuk dikirimkan free sample. Buru dari Lokasoka untuk mendapatkan harga terbaik serta produk berkualitas karya lokal di link berikut ini. Segera hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info lainnya.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat