5 Kemasan Souvenir Seminar yang Sederhana namun Terlihat Elegan

4 menit membaca

Souvenir yang baik tidak hanya dinilai dari barang apa yang diberikan, tetapi juga bagaimana cara pengemasannya. Supaya souvenir semakin menarik, Anda perlu memilih kemasan souvenir yang tepat. Kemasan souvenir dapat menentukan pandangan seseorang terhadap perusahaan Anda. Oleh karena itu, selain mempertimbangkan souvenir yang diberikan penting juga untuk menetukan kemasan yang digunakan.

Souvenir dalam acara seminar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merk suatu perusahaan atau brand. Oleh karena itu, dalam souvenir seminar biasanya terdapat identitas perusahaan, mulai dari nama sampai nomer telepon. Maka, untuk meningkatkan citra baik di mata peserta seminar, penyelenggara acara biasanya akan memberikan souvenir terbaiknya.

Berikut ini ada lima rekomendasi kemasan souvenir seminar yang bisa jadi inspirasi Anda. Namun, sebelum itu simak juga 13 Pilihan Hampers Lebaran di Lokasoka. Yuk, disimak.

Rekomendasi Kemasan Sederhana untuk Seminar

Selain mempertimbangkan souvenir yang diberikan, kemasan souvenir yang akan digunakan juga tak kalah penting. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Kotak Kardus Minimalis

Rekomendasi kemasan souvenir pertama adalah kotak kardus minimalis. Walau kemasan ini sudah sering digunakan, namun kemasan ini memberikan kesan elegan pada souvenir seminar Anda.

Kotak kardus bisa tampil lebih elegan apabila menggunakan warna-warna netral seperti putih, hitam, atau cokelat muda. Kemasan ini juga memiliki spaca yang cukup luas untuk penambahan logo atau identitas acara lainnya. Dengan begitu, tujuan branding perusahaan akan lebih mudah tercapai.

Baca juga:  8 Ide Hampers Natal 2023 yang Unik dan Menarik, Mulai dari paket makanan hingga peralatan spa

2. Pouch Kain Serut

Jika menurut Anda kemasan souvenir kardus kurang praktis, Anda bisa mempertimbangkan pouch kain serut sebagai opsi lainnya. Kini pouch kain serut menjadi salah satu pilihan kemasan yang sedang tren, karena praktis dan multifungsi. Umumnya pouch serut ini menggunakan bahanber kain blacu, kanvas, atau satin. 

Walau sederhana, namun pemilihan warna yang tepat bisa bikin souvenir seminar Anda terlihat lebih elegan. Pouch juga termasuk kemasan yang bermanfaat, karena bisa digunakan kembali untuk menyimpan barang-barang di luar souvenir yang diberikan.

 3. Kemasan Tabung Transparan

Jika isi sovenir seminar Anda tidak terlalu besar, maka kemasan tabung ini bisa jadi pilihan Anda. Kemasan tabung ini membuat souvenir di dalamnya tampak jelas. Dengan begitu, penerima souvenir bisa langsung fokus pada isi souvenir.

Tabung transparan biasanya dilengkapi dengan penutup berbahan logam atau kayu yang membuatnya terlihat lebih elegan. Kemasan souvenir ini jadi pilihan yang sangat cocok untuk souvenir kecil, seperti pena, flashdisk, ataupun tumbler.

4. Kemasan Kain Tile

Kain tile cukup sering digunakan sebagai kemasan souvenir. Kain ini biasanya dibuat dalam bentuk kantung serut, yang dilengkapi dengan pita. Dengan kemasan kain tile, souvenir seminar akan tampak jelas dari luar. Kemasan ini cocok dipilih apabila souvenir yang diberikan berukuran kecil, seperti gantungan kunci, lilin aromaterapi, dan lain-lain.

Jika souvenir seminar Anda sudah sangat menarik perhatian, Anda bisa memilih kain tile ini sebagai pilihanya. Sebab, kain tile termasuk kemasan sederhana yang mampu menampilkan souvenir di dalamnya secara lebih jelas. Dengan begitu, fokus penerima terhadap kemasan akan langsung teralihkan ke isi souvenir.

5. Tote Bag

Jika souvenir yang diberikan terdiri atas beberapa item, Anda bisa memilih kemasan tote bag sebagai solusinya. Anda bisa memilih jenis kain yang diinginkan, mulai dari canvas, blacu, sampai kain spundbond yang cukup populer. Dengan memilih totebag sebagai kemasan souvenir, Anda juga bisa langsung melakukan personalisasi di bagian depan tote bagnya.

Baca juga:  6 Tips Desain Booth Pameran yang Eye-Catching dan Bedanya Dengan Stand

Selain praktis dalam pengemasannya, kemasan yang satu ini juga sangat bermanfaat. Sebab nantinya tote bag dapat digunakan kembali oleh pemiliknya. Dengan memilih tote bag sebagai kemasan souvenir, secara tidak langsung Anda juga turut mengurangi pemakaian plastik sekali pakai.

Tips Memilih Kemasan Souvenir Seminar

Berikut beberapa tips memilih kemasan untuk souvenir seminar

1. Utamakan Kualitas

Meskipun sederhana, pastikan bahan kemasan yang dipilih berkualitas baik, sehingga souvenir tetap terlihat berkesan. Jangan sampai Anda hanya tergiur dengan harga murah tanpa mempertimbangkan kualitas bahan.

2. Sesuaikan dengan Tema Acara

Pilih kemasan yang sesuai dengan tema atau konsep seminar. Jika tema seminar berkaitan dengan lingkungan, kemasan pouch dan tote bag cocok jadi pilihan Anda. Sebab kedua kemasan tersebut termasuk produk pengganti kantong plastik sekali pakai.

Souvenir seminar

3. Pertimbangkan Nilai Tambah dari Kemasan

Tips lainnya adalah Anda bisa mempertimbangkan kemasan yang memberikan nilai tambah pada souvenir. Misalnya, supaya souvenir lebih terlihat elegan saat pandangan pertama, Anda bisa memilih kemasan kotak kardus sebagai pilihannya.

4. Sesuaikan dengan Isi Souvenir

Tips yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan kemasan dengan isi souvenir. Pastikan isi souvenir Anda fit dengan kemasan yang dipilih. Jangan sampai kemasan terlihat terlalu besar, bahkan sesak saat digunakan.

Itu dia lima rekomendasi kemasan souvenir seminar yang bisa jadi inspirasi Anda. Kemasan souvenir seminar yang sederhana tidak berarti harus terlihat biasa saja. Dengan sedikit pertimbangan dalam pemilihan bahan, warna, dan desain kemasan sederhana bisa terlihat elegan.

Simak juga artikel Lokasoka lainnya 15 Ide Baby Shower Penuh Makna. Jika Anda berencana membuat hadiah custom, Lokasoka dapat membantu Anda dalam pembuatan hadiah custom kualitas terbaik. Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, goodie bag dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah. 

Baca juga:  Bikin Acara Semakin Meriah Dengan 12 Ide Hadiah 17an di Komplek Rumah untuk Anak-anak Hingga Dewasa
Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat