7 Rekomendasi Ukuran Kalender yang Ideal untuk Perusahaan

5 menit membaca
Beraneka ukuran kalender dari Lokasoka yang bisa dicustom sesuai kebutuhan perusahaan
Beraneka ukuran kalender dari Lokasoka yang bisa dicustom sesuai kebutuhan perusahaan (Sumber: Canva)

Beberapa bulan lagi, kita akan menyambut tahun baru. Banyak perusahaan yang mulai membutuhkan souvenir tahun baru seperti kalender. Namun ukuran kalender berbeda-beda tergantung kebutuhannya. Agar tidak salah mencetak kalender, ketahui terlebih dahulu apa saja ukuran yang umum di pasaran.

Ada dua jenis yang akan dibahas yaitu kalender dinding dan kalender meja. Secara tuntas akan dijelaskan berapa ukuran kalender hingga bahan pembuatannya. Jangan sampai budget perusahaan Anda terbuang sia-sia.

Bukan hanya tentang ukuran, Anda juga perlu mengetahui Simak! Fungsi Kalender Custom dan Jenis-Jenisnya untuk Keperluan Kantor sebagai bahan pertimbangkan. Gunakan kalender sebagai salah satu souvenir kantor yang bermanfaat. Selamat membaca!

Umumnya, kalender memiliki dua jenis berdasar cara peletakannya, yaitu kalender dinding dan kalender meja. Kedua kalender ini memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk kegiatan rumah, belajar, dan bekerja, kalender merupakan barang penting yang wajib ada sebagai pengingat dan penetapan jadwal ketika dirancang.

Kalender selain dari bentuknya yang beragam, juga memiliki variasi lain dari bahan, lembar, dan fungsinya yang tidak hanya menunjukkan tanggal dan hari-hari penting, tapi bisa dijadikan media promosi jasa perusahaan, politik, atau dikostum dengan menyematkan kata-kata bijak beserta doa di setiap harinya.

1. Kalender Dinding

Lokasoka menyediakan kalender dinding yang unik untuk kebutuhan souvenir akhir tahun
Lokasoka menyediakan kalender dinding yang unik untuk kebutuhan souvenir akhir tahun (Sumber: Pexels)

Kalender dinding memiliki beragam tipe seperti tipe binder atau tipe sobek. Tipe binder memiliki keunggulan mudah dibalikkan dan juga lebih berkesan rapi dan estetik, sementara tipe sobek cenderung simpel tapi sedikit menyulitkan karena diharuskan menyobek kertas kalender ketika pergantian bulan.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Kantor untuk Bank Negara dan Bank Swasta

Selain dari tipe gantungan, kalender dinding bisa dibedakan dari bahan dan ukuran. Kalender dinding biasa dicetak dari bahan-bahan kertas seperti HVS, art paper, atau duplex. Ketiga bahan ini mempunyai ketahanan dan harga yang berbeda ketika dicetak.

Selain dari bahan, pembahasan kali ini akan merangkum secara detail terkait ukuran kalender yang ideal untuk perusahaan.

Ukuran Kalender Dinding

Berikut diagram ukuran kalender dinding berdasar dimensi cm;

Jenis ukuran kalender dindingUkuran lebar x tinggi dalam cm
Paling kecil26 x 38 cm
Poster30 x 45 cm
A3 Plus31 x 48 cm
A2 Min38 x 53 cm
A2 Plus44 x 64 cm

Selain berdasar dimensi cm, ukuran kalender dinding dapat dibedakan berdasar jumlah halaman;

Jumlah halamanJumlah bulan yang ditampilkan
1 halaman12 bulan/halaman
3 halaman (catur wulan)4 bulan/halaman
6 halaman (dwi wulan)2 bulan/halaman
12 halaman1 bulan/halaman

Bentuk Kalender Dinding

Setelah mengetahui ukuran kalender berdasar dimensi cm dan jumlah halaman, kalender dinding juga bisa dilihat perbedaan penggunaannya dari bentuk kalender dinding tersebut.

Kalender dinding biasa: lebih tepat sebagai media promosi perusahaan pada kalayak awam karena ukurannya yang bisa dikostum sesuai kebutuhan dan berdasar hal tersebut kalender ini cocok dipasang di dinding rumah. Umumnya,  ukuran kalender dinding biasa berkisar antara A2 Min (38 x 53 cm) dan A2 Plus (44 x 64 cm).

Kalender magnetik: dengan fungsinya yang bisa diletakan pada benda logam, ukuran dari kalender magnetik relatif kecil, yaitu 26 x 38 cm. Tujuannya agar tidak begitu mengganggu dan mudah diletakan di mana saja, kalender jenis ini cocok kalau meja kerja sudah terlalu penuh dengan barang dan menghemat tempat.

Kalender poster: dengan ukurannya yang pas, kalender poster bisa dipasang di bagian manapun di kantor, bisa disamping pantry, atau pintu masuk ruang kerja karyawan. Dimensi 30 x 45 cm membuatnya mudah dilihat sehingga dapat menjadi pengingat tanggal-tanggal penting.

Baca juga:  15 Rekomendasi Kotak Pensil Bagus dan Terbaik untuk Anak Sekolah

2. Kalender Meja

Kalender meja ramah lingkungan menjadi salah satu kalender unik dari Lokasoka sebagai souvenir akhir tahun
Kalender meja ramah lingkungan menjadi salah satu kalender unik dari Lokasoka sebagai souvenir akhir tahun (Sumber: Pexels)

Berdasarkan bentuk dan ukuran, kalender meja lebih cocok dipakai secara personal karena lebih kecil, ditambah kalender meja bisa memberikan kesan simpel tapi tetap modern di meja kerja. Selain itu, banyak perusahaan yang lebih menggunakan kalender meja dibandingkan kalender dinding sebagai media promosi karena elegansinya, berbanding juga dengan harga percetakanya yang jauh lebih mahal.

Ada dua jenis bahan yang sering dipakai untuk mencetak kalender meja, yaitu art paper dan art carton. Tapi, art carton lebih banyak digunakan karena ketahanan, ketebalan dan kesan elegan nan mahal yang dihasilkan dari kertas jenis ini.

Berikut rangkuman ukuran kalender meja yang bisa dipertimbangkan untuk pemakaian di perusahaan.

Ukuran Kalender Dinding

Berikut diagram ukura  kalender meja berdasar dimensi cm;

Jenis ukuran kalender mejaUkuran lebar x tinggi dalam cm
Ukuran landscape (model tidur)15 x 21 cm
Ukuran potrait (model berdiri)21 x 15 cm

Selain berdasar dimensi cm, ukuran kalender meja dapat dibedakan berdasar jumlah halaman;

Jumlah halamanJumlah bulan yang ditampilkan
 4 halaman1 cover dan 4 bulan/halaman
7 halaman1 cover dan 2 bulan/halaman
13 halaman1 cover dan 1 bulan/halaman

Bentuk Kalender Meja

Berbeda dengan kalender dinding, kalender meja hanya memiliki dua ukuran, yaitu model tidur dan model berdiri. Masing-masing model dan ukuran kalender memiliki ciri tersendiri untuk menghasilkan gambaran, kedua ukuran kalender meja ini dapat digambarkan sebagai berikut.

Model ukuran kalender lanscape: memiliki ciri khas bentuk melebar ke samping dalam dimensi 15 x 21 cm atau dapat dikostum menjadi 17 x 23 cm. Ukuran kalender meja ini memberikan gambaran lebih luas dan lebar ketika dipandang sehingga bisa dilihat dari jarak cukup jauh, dari kesan tersebut, kalender meja model tidur akan sangat cocok ditempatkan di meja rapat.

Baca juga:  15 Produk Toko Olahraga yang Laris Manis dan Banyak Disukai

Model ukuran kalener potrait: dengan tampilan memanjang ke atas, ukuran kalender potrait memberikan kesan ramping dan minimalis tanpa memakan banyak ruang sehingga tepat ditaruh di meja kerja personal, baik meja karyawan, apalagi meja direktur. Berdimensi 21 x 15 cm, ukuran kalender ini juga dapat dikostum menjadi 24 x 17 cm.

Kalender sebagai Souvenir Tahun Baru

Lokasoka mengemas kalender unik sebagai hadiah akhir tahun bagi siapa saja
Lokasoka mengemas kalender unik sebagai hadiah akhir tahun bagi siapa saja (Sumber: Pexels)

Kalender sangat umum dibagikan secara gratis kepada para karyawan ketika menyambut tahun baru. Kalender akan selalu terpakai sepanjang tahun, karena itu desain kalender pun perlu diperhatikan. Desain kalender unik yang menghias meja kerja dapat meningkatkan semangat kerja para karyawan secara tidak langsung.

Bukan hanya kalender, perusahaan juga bisa membagikan souvenir tahun baru lainnya berupa barang-barang elektronik. Salah satu barang elektronik yang akan sering dipakai oleh karyawan adalah power bank. Ketika Anda membagikan barang ini, jangan lupa untuk mencetak logo dan nama perusahaan Anda. Hal ini dapat menjadi barang promosi yang fungsional.

Lengkapi referensi Anda mengenai souvenir lainnya melalui artikel 13 Hal Penting Sebelum Cetak Kalender Custom di Percetakan yang Harus Diperhatikan. Jangan sembarangan ketika ingin mencetak kalender ya dan harus memperhatikan reputasi dari percetakan tersebut. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat