Mengenal Sejarah Souvenir yang Ada Sejak Zaman Kuno dari Eropa

3 menit membaca
Sejarah souvenir
Sejarah souvenir yang telah ada sejak zaman kuno di kalangan bangsawan Eropa (Sumber: freepik.com)

Pemberian souvenir telah menjadi budaya di berbagai belahan dunia sebagai simbol persahabatan, penghargaan, ucapan terima kasih, atau sekadar untuk mengenang suatu tempat. Namun, tahukah Anda bahwa tradisi pemberian souvenir ternyata tidak terjadi begitu saja?

Dikenal sebagai tradisi yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, mari simak penjelasan lengkap tentang pengertian dan sejarah souvenir dari zaman kuno hingga modern.

Selain memahami sejarah souvenir, Anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya tentang souvenir perusahaan di momen akhir tahun ini. Kami telah merangkum beberapa pilihan ide souvenir akhir tahun dalam artikel 15 Ide Souvenir Akhir Tahun Istimewa untuk Klien Bisnis. Selamat membaca dan temukan rekomendasi souvenir terbaik yang sesuai dengan perusahaan Anda!

Apa Itu Souvenir?

Souvenir adalah barang yang berukuran relatif kecil dengan harga terjangkau dan ditujukan sebagai hadiah, koleksi pribadi, atau sebagai kenang-kenangan.

Pada dasarnya, souvenir berasal dari Bahasa Perancis yaitu “souvenir” yang memiliki arti “untuk mengenang”. Sementara itu, dalam Bahasa Inggris, souvenir diartikan sebagai benda pengingat akan suatu hal tertentu, seperti orang atau tokoh, kejadian atau peristiwa, dan suatu tempat.

Di Indonesia sendiri, menurut Kamus Besar Bahas Indonesia, kata baku souvenir adalah suvenir yang berarti tanda mata, kenang-kenangan, dan cendera mata.

Sejarah Souvenir di Zaman Kuno

Jauh sebelum masuk ke Indonesia, tradisi pemberian souvenir ini sudah ada di daratan Eropa sejak ratusan tahun yang lalu. Pada masa itu, souvenir identik dengan pernikahan. Para bangsawan Eropa memberikan souvenir saat acara pernikahan kepada para tamu undangannya. Souvenir ini disebut sebagai bonbonniere.

Baca juga:  Ingin Memeriahkan Acara Perpisahan Sekolah? Ini 10 Ide Souvenir Perpisahan Sekolah Untuk Guru dan Teman

Bonbonniere merupakan sebuah kotak perhiasan kecil yang terbuat dari kristal, porselen, mutiara, ataupun batu-batu mulia lainnya. Bonbonniere biasanya diisi dengan gula batu atau permen halus yang sangat bernilai dan melambangkan kekayaan bangsa Eropa kuno. Tradisi ini kemudian dilakukan secara turun-temurun oleh sebagian besar bangsawan Eropa.

Pada saat itu, gula memang komoditas mahal dan hanya dapat dimiliki oleh orang-orang kaya. Setelah berabad-abad kemudian, harga gula menjadi turun. Pemberian bonbonniere pun mulai diikuti oleh masyarakat kelas menengah Eropa. Bonbonniere yang berisi gula digantikan dengan kacang almond.

Lambat laun, bonbonniere diganti lagi dengan confetti yang merupakan lima kacang almond berlapis gula. Lima kacang almond dalam confetti ini melambangkan lima aspek penting dalam kehidupan pernikahan, yakni kesehatan, kesejahteraan, kebahagiaan, kesuburan, serta panjang umur.

Pemberian Souvenir di Masa Modern

Tradisi pemberian souvenir pada masa kini telah mengalami banyak perkembangan (Sumber: unsplash.com)

Mada masa kini, tradisi pemberian souvenir telah mengalami inovasi dari sejarah souvenir di masa lampau dan menyebar ke berbagai daerah di seluruh dunia sebagai pelengkap utama dalam sebuah acara. Souvenir kini tidak hanya diberikan dalam bentuk makanan.

Berbagai jenis barang dengan bentuk yang unik menjadi pilihan souvenir pada masa kini. Pemberian souvenir biasanya tidak hanya mempertimbangkan makna di balik barang tersebut, tetapi juga fungsi dan daya tarik tersendiri yang menimbulkan kepuasan batin penerimanya.

Tidak hanya itu, pemberian souvenir kini juga tidak hanya terbatas pada acara pernikahan saja. Sebuah acara penting tanpa souvenir kini terasa kurang lengkap. Berbagai acara penting lainnya seperti, acara ulang tahun, kelulusan, acara perusahaan, rapat, hingga acara adat juga banyak dijadikan sebagai momen pemberian souvenir. Selain itu, tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan pemberian souvenir pada sebuah acara sebagai upaya promosi produk atau layanan perusahaannya.

Baca juga:  10 Tips Mempersiapkan Presentasi Seminar di Kantor untuk Meningkatkan Karir Anda

Lengkapi referensi Anda mengenai momen yang tepat dalam memberikan souvenir untuk kebutuhan perusahaan Anda melalui artikel 15 Momen Terbaik Bagi-Bagi Souvenir Kantor, Salah Satunya Travel Kit. Jangan sampai Anda membagikan souvenir kantor di momen yang kurang tepat. Selamat membaca!

Salah satu momen terbaik untuk memberikan souvenir perusahaan kepada klien, karyawan, teman, atau rekan kerja adalah akhir tahun. Jika Anda ingin mencari souvenir terbaik untuk hadiah akhir tahun, Lokasoka menawarkan layanan untuk membuat macam-macam souvenir sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Anda dapat langsung memesan produk souvenir berkualitas di Lokasoka atau mengunjungi Lokasoka setiap hari Senin hingga Jumat dengan jam operasional 08.00-17.00 WIB untuk melihat sampel barang maupun meminta untuk dikirimkan free sample. Segera hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info lainnya.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat