7 Ide Souvenir Imlek Unik untuk Klien dan Rekan Bisnis

5 menit membaca

Tahun baru Imlek sudah semakin dekat, tepatnya jatuh pada hari Sabtu 10 Februari 2024. Perayaan tahun baru Imlek selalu disambut meriah dengan masyarakat.

Berbagai ornamen Imlek yang identik dengan warna merah dan kuning, kerap terlihat di berbagai sudut tempat. Banyaknya ornamen imlek di tempat-tempat umum, menandakan bahwa tahun baru Imlek sudah semakin dekat. 

Menyambut tahun baru Imlek tidak hanya dilakukan dengan memajang berbagai ornamen imlek, tetapi juga berbagi aneka souvenir dan aksesori yang bertemakan tahun baru China ini. Ada berbagai barang yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai souvenir Imlek. 

Buat Anda yang sedang mencari inspirasi souvenir, berikut tujuh ide souvenir Imlek unik untuk rekan bisnis. Namun sebelum itu, baca juga Sejarah Hampers Imlek dan Angpao yang Wajib Ada Saat Imlek. Yuk, disimak!

Ide Souvenir Imlek unik Untuk karyawan dan rekan bisnis

Memeriahkan momen Imlek dapat dilakukan dengan berbagi souvenir pada klien dan rekan bisnis (sumber: pexels)

Imlek atau tahun baru China sangat identik dengan ornamen-ornamen dan asksesori bernuansa  merah dan kuning. Warna merah dan kuning dianggap sebagai warna pembawa keberuntungan bagi masyarakat China. Oleh sebab itu, dekorasi Imlek sangat identik dengan warna merah dan kuning.

Memeriahkan suasana tahun baru Imlek dapat dilakukan dengan berbagi souvenir Imlek untuk klien dan rekan bisnis. Berikut beberapa ide souvenir yang bisa jadi inspirasi Anda.

1. Kalender Imlek

Pemberian kalender sebagai souvenir Imlek kepada klien dan rekan bisnis, dapat menjadi simbol toleransi keberagaman budaya. Masyarakat Indonesia tidak hanya menggunakan kalender penanggalan Masehi, tetapi juga kalender-kalender dari berbagai budaya lainnya, seperti China. 

Kalender Imlek umumnya dilengkapi dengan simbol-simbol China, seperti naga, angpao, jeruk mandarin, dan lain-lain yang menjadi simbol keberuntungan. Sehingga  secara tidak langsung souvenir ini memberikan pesan bahwa Anda mendoakan keberuntungan bagi bisnis mereka dalam setiap langkah.

2. Tumbler 

Tumbler menjadi salah satu souvenir terlaris saat ini, di mana masyarakat sudah mulai sadar untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai yang dapat menyebabkan penumpukan sampah. Pemberian souvenir tumbler dalam rangka menyambut hari raya Imlek, dapat dilakukan dengan kustomisasi tumbler bertemakan Imlek.

Baca juga:  20 Tips Tata Ruang Rumah Minimalis, Murah, dan Efektif Jadikan Rumah Elegan

Menambahkan elemen personalisasi, seperti nama perusahaan atau pesan khusus pada tumbler dapat meningkatkan sentuhan pribadi. Hal ini dapat membuat klien atau rekan bisnis Anda merasa dihargai.

3. Cangkir Teh

Salah satu tradisi yang identik dengan masyarakat Tionghoa adalah tradisi minum teh. Oleh sebab itu, pemberian souvenir berupa cangkir teh dapat menjadi souvenir Imlek yang menarik. Pemberian souvenir berupa cangkir teh dapat menjadi bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap klien atau rekan bisnis yang merayakan. 

Cangkir teh dengan desain Imlek yang elegan dan klasik dapat menambah nilai estetika. Simbol-simbol keberuntungan atau motif seni tradisional Imlek pada cangkir dapat memberikan kesan artistik yang unik.

4. Gantungan Kunci

Gantungan kunci menjadi souvenir Imlek yang praktis untuk diberikan. Dalam rangka memeriahkan tahun baru Imlek, Anda dapat mengkustom gantungan kunci dengan desain-desain bertemakan Imlek yang bernuansa merah ataupun kuning. 

Walau dengan desain bertemakan Imlek, souvenir gantungan kunci tetap perlu dipersonalisasi dengan penambahan nama perusahaan, alamat, ucapan, dan lain-lain. Adanya personalisasi menunjukkan bahwa perusahaan Anda turut berpartisipasi dalam menyambut tahun baru Imlek. 

5. Boneka

Souvenir Imlek berupa boneka juga tak jarang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk diberikan pada klien ataupun rekan bisnis. Dalam menyambut tahun baru Imlek, Anda dapat memilih boneka-boneka dengan karakter bertemakan Imlek, seperti naga ataupun macan. 

Boneka Imlek membawa unsur kelembutan dan kesenangan ke dalam hubungan bisnis. Memberikan boneka kepada klien atau rekan bisnis menunjukkan bahwa perusahaan Anda ingin menyebarkan kebahagiaan di tahun baru Imlek. 

6. Alat makan

Tahun baru Imlek identik dengan berbagai makanan lezat, termasuk tradisi menyantap mi saat tahun baru. Dalam hal ini alat makan menjadi souvenir Imlek yang fungsional dan bermanfaat untuk digunakan. Anda dapat membuat souvenir alat makan yang terdiri dari sepasang sendok dan garpu, ataupun sumpit stainless steel. 

Baca juga:  Custom Kalender 2024: Fungsi dan Jenis-Jenisnya untuk Kantor

Supaya souvenir terkesan lebih personal, Anda dapat melakukan personalisasi dengan penambahan logo, nama perusahaan, alamat, dan lain-lain pada cover atau wadah alat makan. 

7. Totebag

Totebag juga termasuk souvenir Imlek yang fungsional dan bermanfaat. Souvenir ini memiliki banyak manfaat sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Pemakaian totebag dalam berbelanja, juga dapat mengurangi penumpukan sampah plastik yang sulit terurai. Dalam suasana tahun baru Imlek, totebag dapat dikostumisasi dengan desain bertema Imlek.

Menambahkan elemen personalisasi, seperti nama perusahaan ataupun pesan khusus pada tote bag dapat meningkatkan nilai sentimental dan memberikan sentuhan pribadi kepada penerima souvenir.

Tips Membuat Souvenir untuk Perayaan Seasonal

Sesuaikan design souvenir dengan tema perayaan (sumber: pexels)

Untuk merayakan hari-hari penting atau seasonal, seperti Imlek, Natal, Idul Fitri, dan lain-lain beberapa kantor kerap membuat seasonal souvenir yang akan dibagikan pada klien atau rekan bisnis.

Selain untuk memeriahkan acara, adanya souvenir ini juga bertujuan untuk berbagi kebahagiaan pada orang yang merayakannya. Berikut ada beberapa tips memilih souvenir untuk perayaan seasonal. 

1. Utamakan Nilai Fungsionalitas

Mengutamakan nilai fungsionalitas adalah langkah yang tepat dalam perencanaan pembuatan souvenir. Souvenir yang mengutamakan nilai fungsionalitas akan lebih bermanfaat bagi para penerimanya.

Selain itu, souvenir yang memiliki nilai fungsionalitas tinggi cenderung dipertahankan dan digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Personalisasikan dengan Tulisan Khusus

Souvenir yang dibuat untuk perayaan seasonal, sebaiknya dipersonalisasi dengan tulisan khusus yang berkaitan dengan perayaan tersebut.

Pesan khusus dapat membuat souvenir terkesan lebih personal. Selain itu, adanya pesan khusus juga menandakan kepedulian perusahaan Anda terhadap klien dan rekan-rekan bisnis, sehingga relasi yang telah berjalan akan terus terjaga.

Baca juga:  Pengertian Bahan Blacu dan Manfaatnya di Kehidupan Sehari-Hari

3. Sesuaikan Design dengan Tema

Tema yang memudahkan penyampaian pesan yang jelas terkait dengan perayaan atau momen tertentu. Desain yang memadai dapat memudahkan penerimauntuk memahami tujuan atau pesan di balik souvenir tersebut.

Design yang sesuai dengan tema menunjukan bentuk penghormatan perusahaan Anda terhadap penerima souvenir tersebut.

4. Pesan Souvenir Jauh-Jauh Hari

Memesan souvenir dari jauh-jauh hari merupakan langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Souvenir yang sudah dipesan dari jauh-jauh hari dapat mengurangi risiko keterlambatan dalam pendistribusian souvenir.

Proses produksi memerlukan waktu yang tidak sebentar, sehingga memesan souvenir dari jauh-jauh hari adalah langkah yang bijak. Souvenir yang diberikan tepat waktu juga  menunjukan profesionalitas perusahaan Anda di mata klien dan rekan bisnis. 

5. Pastikan Kualitas Souvenir Sebelum Diberikan

Sebelum souvenir dibagikan, Anda perlu memastikan kualitas dari souvenir tersebut. Pastikan kondisi souvenir dalam keadaan baik, sampai ke tangan penerima. Jangan sampai Anda memberikan souvenir yang rusak kepada klien ataupun rekan bisnis Anda.

Souvenir dengan kualitas yang baik dapat meningkatkan citra baik perusahaan Anda di mata klien dan rekan bisnis. Perusahaan Anda akan dicap sebagai perusahaan yang loyal dan menghormati kenyamanan klien.

Itu dia tujuh ide souvenir imlek untuk rekan bisnis. Memeriahkan momen Imlek juga dapat dilakukan dengan cara berbagi souvenir bertemakan Imlek kepada klien dan rekan bisnis.

Langkah ini merupakan bentuk penghormatan terhadap masyarakat yang merayakannya. Imlek juga erat kaitannya dengan pemberian hampers, untuk itu jangan lewatkan pula artikel 10 Barang Wajib di Hampers Imlek yang Membawa Keberuntungan

Untuk Anda yang berencana membuat souvenir, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara Anda.

Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik. Layanan Lokasoka buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat