20 Tips Tata Ruang Rumah Minimalis, Murah, dan Efektif Jadikan Rumah Elegan

5 menit membaca
Lokasoka menyediakan produk-produk fungsional dan estetik untuk menghiasi rumah baru Anda
Lokasoka menyediakan produk-produk fungsional dan estetik untuk menghiasi rumah baru Anda

Memiliki rumah minimalis tentu menjadi pilihan hemat kantong bagi pasangan muda. Selain itu, keuntungan dari rumah minimalis tidak membuang biaya perawatan terlalu besar. Hal ini dikarenakan ide dasar dari desainnya yang berbunyi: lebih sedikit ruang dan barang dapat memberi ruang untuk hal-hal yang lebih penting.

Rumah minimalis sudah mulai menjadi tren sejak awal abad ke-20 yang terinspirasi dari gaya hidup masyarakat Jepang pada zaman Edo. Pasca Perang Dunia I, seorang arsitek Van der Rohe menjadi salah satu arsitek terkemuka pertama yang menggunakan prinsip-prinsip gaya hidup sederhana masyarakat Jepang. Hingga berkembang pada tahun 2023, salah satu gaya rumah ini menjadi favorit banyak orang!

Selain menata ruang rumah minimalis Anda, mendekorasi pun menjadi salah satu elemen penting untuk menambah kenyamanan Anda. Pada link berikut: 20 Cara Dekor Rumah Minimal yang Mudah dan Murah. Lokasoka menghadirkan tips-tips dekorasi kece agar semakin mempercantik hunian Anda. Selain itu ada 10 rekomendasi produk wajib untuk menghias rumah Anda.

Apa Itu Tata Ruang Rumah Minimalis?

Tata ruang rumah minimalis adalah usaha untuk meminimalisir penyempitan akibat terlalu banyaknya barang di ruangan rumah Anda. Dengan menata letak barang-barang di suatu ruangan, Anda bisa menghindari kemungkinannya penumpukan debu dan tempat berdiamnya nyamuk. Belum lagi rumah minimalis yang terkesan sempit dan kecil perlu pengoptimalan kegunaan setiap barang yang ada agar tidak menghamburkan pengeluaran untuk barang yang tidak perlu.

5 Keuntungan Beli Rumah Minimalis

Tata ruangan Anda dengan produk-produk ramah lingkungan dari Lokasoka, dapatkan promo menarik sekarang juga
Tata ruangan Anda dengan produk-produk ramah lingkungan dari Lokasoka, dapatkan promo menarik sekarang juga (Sumber: Pexels)

1. Harga Lebih Terjangkau

Dengan bentuknya yang mungil, rumah minimalis tentu akan  lebih mudah dibangun dan tidak memerlukan terlalu banyak bahan baku. Harga penjualan di pasaran juga cocok untuk pasangan muda yang baru menikah.

2. Hemat Biaya Perawatan

Setelah tidak memerlukan banyak bahan baku, keuntungan lainnya adalah kemudahan perawatan. Kecilnya bentuk bangunan tidak akan mengakibatkan pembengkakkan biaya ketika beberapa bagian rumah Anda rusak.

Baca juga:  16 Tips Memilih Baju Lebaran untuk Anak yang Nyaman dan Awet Digunakan

3. Kesederhanaan yang Menyamankan

Lelah dengan rutinitas harian di kantor yang itu-itu saja? Sumpek melihat barang-barang yang tidak sepenuhnya diperlukan di rumah Anda? Sudah saatnya Anda mengganti hunian dengan rumah minimalis. Ukurannya yang kecil dapat menghasilkan kesederhanaan dan merelaksasikan pikiran dari perasaan hedonistik yang biasanya terbawa ketika Anda memiliki hunian besar.

4. Semakin Sedikit, Semakin Baik

Sesuai dengan nilai ide dasar dari desain yang semakin sedikit semakin mengisi ruang dengan barang penting. Keuntungan rumah minimalis bisa menghindarkan Anda dari rasa stres akibat keinginan membeli barang berlebih atau rasa kosong dari ruangan yang terlalu luas.

5. Mendekatkan Setiap Anggota Keluarga

Jarak antar ruang yang tidak terlalu jauh dapat memberikan Anda keswmpatan untuk semakin dekat dengan setiap anggota keluarga. Kemudahan untuk berpapasan setiap hari dapat mendorong Anda untuk saling menyapa dan bercakap-cakap kengenai hari yang sudah Anda dan anggota keluarga Anda lalui.

10 Tips Tata Ruang Rumah Minimal yang Murah dan Efektif

Rumah tampak lebih sejuk dan asri dengan furnitur dari Lokasoka yang menggunakan prinsip ramah lingkungan
Rumah tampak lebih sejuk dan asri dengan furnitur dari Lokasoka yang menggunakan prinsip ramah lingkungan (Sumber: Pexels)

1. Menggunakan furnitur berbahan dasar eco-friendly

Penggunaan furnitur berbahan dasar ramah tentu adalah pilihan paling perlu ketika Anda memiliki rumah minimalis. Selain tidak membuat sesak, bahan eco-friendly tidak akan menimbulkan bahaya penyakit.

2. Hindari penggunaan barang tidak perlu

Karena rumah Anda minimalis, maka akan sangat penting untuk tidak mengisinya dengan terlalu banyak barang yang hisa membuat sesak ruangan. Menghindari barang tak perlu juga dapat meninimalisir penumpukan debu yang bisa menimbulkan sesak napas.

3. Pilihlah barang-barang dengan bentuk sederhana

Barang yang sederhana akan membawa kesan efisiensi yang tepat untuk rumah minimalis Anda. Juga tidak akan membuatnya terlihat norak, apalagi memaksa.

4. Hindari hiasan rumah yang memakan tempat berlebih

Menghias rumah tentu sangat penting agar rumah tidak terkesan hambar dan tidak bernyawa. Hanya saja untuk rumah minimalis, sedapat mungkin untuk tidak menggunakan hiasan berlebih atau bahkan memakan tempat agar ruangan tetap terasa lega dan tidak sumpek.

Baca juga:  20 Inspirasi Memilih Kado Natal untuk Keluarga dan Sahabat, Simpel Namun Berkesan

5. Gunakan tanaman palsu

Tanaman kertas atau plastik tentu tidak akan memerlukan tempat khusus untuk disimpan. Dengan tanaman palsu, ruangan masih bisa dibikin segar dengan menempelkannya di dinding atau menggantungnya di langit-langit.

6. Tempatkan furnitur lipat di beberapa sudut ruangan

Kursi lipat, meja lipat, kasur lipat, atau lemari lipat dinding tentu bisa menjadi alternatif ketika ruangan rumah Anda sudah ditata letak sedemikian rupa. Dengan tersedianya furnitur lipat tentu akan meminimalisir penggunaan lahan di ruangan.

7. Jangan buang barang bekas, ubah jadi alat kebutuhan rumah tangga

Memiliki barang bekas tak terpakai dan menumpuk di satu sudut rumah tentu akan membawa masalah seperti tempat berdiamnya nyamuk atau bahkan menjadi sarang tikus. Ubahlah barang bekas Anda menjadi furnitur cantik dan sederhana, selain mengurangi limbah juga bisa mengurangi pengeluaran.

8. Jangan tempatkan semua furnitur di seluruh bagian ruang

Rumah minimalis tentu saja memiliki kendala di tata ruang yang baik, salah satu tips dari Lokasoka adalah jangan menebarkan segala macam furnitur di seluruh ruang. Ini menghindari penyempitan ruang yang bisa saja menghalangi jalan.

9. Gunakan lemari dan laci lipat dinding

Lemari pakaian selalu jadi masalah utama ruangan minimalis. Tapi kini pengusaha sudah membuat inovasi dengan menciptakan lemari dan laci lipat yang langsung terhubung dengan dinding, sehingga tidak akan memakan lahan berlebih dalam ruangan.

10. Lipat pakaian dalam gulungan kecil

Selain lemari, pakaian yang tidak dilipat dengan rapi bisa menimbulkan masalah dalam tata ruang rumah. Setelah penggunaan lemari dan laci lipat dinding, maka Anda perlu dengan cermat melipat pakaian Anda dalam gulungan agar terhindar dari penumpukan.

5 Peralatan Rumah Tangga Wajib Jadikan Rumah Elegan

Dapatkan aneka pakaian dan tas dari Lokasoka untuk menghiasi rumah minimalis Anda
Dapatkan aneka pakaian dan tas dari Lokasoka untuk menghiasi rumah minimalis Anda (Sumber: Pexels)

Setelah penata letakan rumah sempurna, maka Anda pun wajib memiliki beberapa barang agar semakin menunjang gaya dalam rumah minimalis Anda. Simak berbagai rekomendasi berikut ini!

Baca juga:  10 Ide Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan dan Ramah di Kantong

1. Peralatan memasak

Ibu-ibu pasti setuju kalau dapur memiliki peralatan cantik agar mereka semakin semangat kala memasak. Selain alat masak, peralatan makannya pun tidak boleh kalah, tumbler dan lunch box unik serta lucu akan membuat suasana dapur semakin mengasyikkan.

2. Perlengkapan belajar

Sediakan perlengkapan belajar anak Anda dengan bentuk minimalis seperti meja dan kursi lupat dinding. Pakai juga rak dinding agar memudahkan anak ketika menyimpan buku dan alat tulis mereka.

3. Perlengkapan elektronik

Rumah minimalis kadang selalu meminimalisir penempatan stop kontak terlalu banyak, sediakanlah power bank sebagai cadangan ketika peletakan stop kontak Anda tidak mendukung. Jangan lupa juga dengan penyimpanan data flashdisk agar data Anda aman ketika gadget Anda rusak dan gunakan headset di kala Anda hendak mendengarkan musik, atau mau yang lebih menggelegar bisa pakai speaker portable bluetooth.

4. Aneka tas favorit

Hiasi keseharian Anda dengan variasi tas favorit yang tersedia di Lokasoka. Beragam macam tas seperti ransel, selempang, pouch hingga goodie bag tersedia lengkap dengan berbagai tema pilihan.

5. Aneka Pakaian Sesuai Acara

Tetap tampil stylish dengan pakaian pilihan selera Anda. Tema-tema tertentu bisa menampilkan kesan berbeda kepada Anda, jika Anda memiliki selera casual maka kaos dan jaket bisa menjadi pilihan tepat, atau sediakan topi dan rompi ketika berada di acara formal, bisa juga kenakan kemeja di kala Anda tidak mau tampil ribet tapi tetap fashionable.

Demikianlah artikel tentang tips tata ruang rumah minimalis agar rumah terasa lebih elegan. Karena sebentar lagi akan menyambut Hari Raya Natal, Lokasoka menyarakan untuk membaca artikel ini: 15 Hiasan Natal dan Pohon Natal Sederhana namun Mewah yang Penting Ada di Rumah. Hiasi rumah Anda dengan vas bunga Natal, lilin aromaterapi, hingga pohon Natal yang menempel di tembok sebagai alternatif.

Anda dapat mengunjungi Lokasoka setiap hari Senin hingga Jumat dengan jam operasional 08.00-17.00 WIB untuk melihat sampel barang maupun meminta untuk dikirimkan free sample. Kantor Lokasoka di daerah Bukit Duri Tanjakan, Tebet, Jakarta Selatan. Buru dari Lokasoka untuk mendapatkan harga terbaik serta produk berkualitas karya lokal di link berikut ini. Segera hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info lainnya

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat