7 Tips Kegiatan Lebaran di Kantor Agar Berkesan dan Menyenangkan

5 menit membaca

Perayaan lebaran menandakan momen di mana tuan rumah mengundang orang-orang terdekat untuk berkunjung ke rumahnya, mulai dari anggota keluarga, kerabat, teman, hingga tetangga, dengan tujuan mempererat hubungan sosial melalui percakapan santai dan bersantap bersama. Meskipun sering dianggap sebagai momen yang bersifat personal, tradisi ini juga dapat diadopsi di lingkungan kantor sebagai sarana bagi rekan kerja, terutama mereka yang merantau dan terpisah dari keluarga untuk saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik.

Tradisi silaturahmi lebaran di kantor dapat beragam bentuknya, mulai dari acara santap bersama, sesi tukar hadiah, hingga pertemuan informal untuk berbincang-bincang. Beberapa tips untuk menyelenggarakan kegiatan Lebaran di kantor dapat Anda simak selengkapnya di bawah ini!

Tips Kegiatan Lebaran di Kantor

1. Tentukan dresscode untuk karyawan dan tamu undangan

Dress code untuk acara Lebaran di kantor dan tamu undangannya dapat disesuaikan dengan suasana yang diinginkan, baik itu formal, semi-formal, atau casual. Jika ingin memunculkan kesan formal, para karyawan diharapkan mengenakan pakaian yang memancarkan kesan sopan dan profesional. Opsi formal seperti setelan jas atau blazer dengan celana panjang atau rok panjang untuk wanita, dan kemeja dengan dasi untuk pria, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda menginginkan terciptanya suasana yang lebih santai, dress code semi-formal atau bahkan kasual dapat diterapkan. Pastikan untuk memberikan panduan yang jelas kepada semua peserta agar mereka dapat tampil sesuai dengan harapan dan menciptakan suasana yang nyaman selama acara.

2. Jadikan kantor tampak bersih dan rapi

Pastikan kantor terlihat teratur dan bersih menjadi saran penting lainnya untuk menyelenggarakan acara Lebaran di kantor. Meskipun terdengar sepele, menjaga kebersihan dan keteraturan kantor atau tempat acara merupakan faktor krusial dalam menjamin kelancaran acara Lebaran di kantor. Aspek ini tidak boleh diabaikan, karena dapat memengaruhi kenyamanan para karyawan saat berada dalam suasana berkumpul.

3. Suguhkan makanan khas Lebaran

Berbagai pilihan makanan khas lebaran dapat disajikan di acara lebaran kantor Anda (Sumber: freepik.com)

Menyajikan hidangan khas Lebaran menjadi salah satu tips utama dalam menyelenggarakan acara Lebaran di kantor. Hal ini bertujuan untuk meramaikan suasana acara dan menghormati momen spesial yang datang sekali dalam setahun ini.

Baca juga:  Ini Dia 8 Perlengkapan Outing Kantor yang Wajib Ada untuk Kegiatan PromosiĀ 

Tak perlu hidangan yang mewah, cukup sajikan hidangan-hidangan sederhana namun lezat dan menciptakan suasana lebaran untuk menambah kegembiraan acara. Meski demikian, jika memungkinkan secara finansial, tidak ada salahnya untuk menyajikan lebih dari satu jenis hidangan untuk menambah variasi dan kepuasan bagi para tamu.

4. Buat acara atau permainan seru

Salah satu tips lain dalam menyelenggarakan acara Lebaran adalah mengadakan acara atau permainan yang menghibur. Dengan cara ini, Anda dapat menambahkan keceriaan pada acara open house dan mencegah tamu-tamu dari merasa bosan.

Sebagai contoh, Anda dapat menyiapkan permainan kuis atau pertukaran cerita lucu antar karyawan. Selain itu, permainan papan atau kartu seperti UNO dan Monopoli juga cocok untuk dimainkan saat waktu senggang. Dengan demikian, suasana hangat dan silaturahmi akan lebih terasa, dan para tamu akan merasa lebih nyaman selama berkunjung.

5. Mengadakan sesi tukar hadiah

Mengadakan sesi pertukaran hadiah merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk diselenggarakan dalam acara Lebaran di kantor. Dalam sesi ini, setiap peserta akan memberikan hadiah kepada orang lain secara acak atau dengan aturan tertentu, sehingga semua orang memiliki kesempatan untuk menerima hadiah dari rekan kerja mereka. Hal ini tidak hanya menambah kesenangan dalam acara, tetapi juga memperkuat hubungan antar sesama karyawan.

Pastikan untuk menetapkan aturan yang jelas untuk pertukaran hadiah serta menyesuaikan anggaran dengan kebutuhan acara dan preferensi karyawan.

Anda dapat mempersiapkan hadiah dalam bentuk hampers lebaran. Berikut adalah artikel yang menjelaskan rekomendasi hampers lebaran untuk keluarga dan kerabat Anda: 7 Hampers Lebaran Favorit 2024 yang Bisa Jadi Inspirasi. Selamat membaca!

6. Sediakan ruangan khusus anak kecil

Terkadang, balita atau anak-anak kecil yang hadir bersama karyawan dapat menjadi rewel atau merasa tidak nyaman selama acara berlangsung. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menyiapkan ruang khusus yang dapat digunakan oleh anak-anak kecil dan orang tua mereka.

Baca juga:  Berniat Beri Kenang-Kenangan Untuk Teman? Ini Dia 12 Ide Kreatif dan Berkesan

Ruangan ini dapat dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat anak-anak merasa nyaman, seperti mainan sesuai dengan usia mereka, sofa atau tikar dengan bantal untuk istirahat, serta camilan sehat. Dengan adanya ruang khusus ini, anak-anak dapat bermain dengan nyaman dan para orang tua tidak perlu khawatir meninggalkan mereka saat menikmati acara.

7. Pasang berbagai dekorasi lebaran di kantor

Memasang berbagai dekorasi Lebaran di kantor adalah langkah penting untuk menambah semarak suasana perayaan dan menciptakan atmosfer yang penuh keceriaan. Letakkan hiasan-hiasan ini di area-area strategis di kantor seperti ruang tunggu, meja resepsionis, atau ruang kerja bersama untuk memberikan suasana meriah dan berbagi kegembiraan Lebaran kepada seluruh karyawan dan pengunjung kantor. Dengan demikian, kantor akan menjadi lebih berseri dan memberikan nuansa hangat dan ramah kepada semua yang datang merayakan bersama.

Ide Dekorasi Lebaran di Kantor

1. Banner atau garland

Salah satu dekorasi acara lebaran di kantor adalah banner atau garland bertema lebaran (Sumber: google.com)

Di kantor, Anda dapat menggantung banner atau garland dengan tulisan “Selamat Idul Fitri” atau ucapan bertema serupa sebagai bagian dari dekorasi Lebaran. Banner atau garland ini dapat ditempatkan di area-area yang mudah terlihat oleh semua karyawan dan pengunjung, seperti di pintu masuk, ruang tunggu, atau di ruang pertemuan utama.

2. Balon foil

Balon juga merupakan pilihan hiasan yang ceria dan memeriahkan suasana Lebaran di kantor! Ada banyak variasi bentuk, warna, dan ukuran balon yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan balon berbentuk huruf dan merangkainya menjadi ucapan selamat Lebaran, memberikan sentuhan kreatif yang menyenangkan.

3. Anyaman ketupat

Lebaran atau Idul Fitri seringkali diidentikkan dengan ketupat. Namun, menggunakan daun selongsong ketupat asli untuk dekorasi bisa menjadi masalah karena warnanya tidak bertahan lama. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat ketupat dari anyaman pita. Untuk menambah kesan semarak, gunakan pita warna-warni saat membuat anyaman ketupat.

Baca juga:  15 Isian Parsel Natal Unik dan Menarik Diberikan Bagi Rekan Bisnis

Dengan menggunakan hiasan ketupat yang terbuat dari pita, dekorasi Lebaran di kantor Anda akan semakin menarik dan berwarna-warni!

4. Lentera fanoos

Lentera fanoos dapat dijadikan sebagai hiasan di meja (Sumber: google.com)

Sering lihat hiasan lentera kecil yang cantik? Lentera ini disebut lentera fanoos yang berasal dari Mesir dan memiliki sejarah yang menarik. Konon, orang Mesir menggunakan lentera ini untuk merayakan kedatangan Khalifah Al-Muizz Lideenillah sepanjang bulan Ramadhan.

Anda dapat menggantung lentera fanoos sebagai hiasan atau meletakkannya di atas meja. Selain itu, lentera ini juga dapat digunakan sebagai tambahan penerangan di dalam ruangan, memberikan sentuhan unik pada dekorasi.

5. Origami kertas

Kertas origami adalah salah satu pilihan hiasan Lebaran yang sederhana namun tetap menawan, yang dapat menambah keceriaan suasana Idul Fitri. Hiasan origami yang Anda buat tidak perlu rumit. Cukup lipat-lipat kertas origami hingga membentuk kipas, lalu tempelkan ke sebuah tali sebelum digantungkan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggabungkan dua kertas origami berbentuk kipas menjadi lingkaran. Untuk menambah variasi, Anda bisa menggunakan kertas dengan berbagai warna seperti hijau, emas, hitam, dan putih agar dekorasi terlihat lebih hidup dan menarik.

6. Poster atau lukisan

Demi menambah kesemarakkan perayaan di tempat kerja, Anda dapat menghias kantor Anda dengan poster atau lukisan bertema Idul Fitri! Misalnya, poster dengan tulisan kaligrafi indah, gambar Ka’bah yang khas, atau kutipan-kutipan Islami yang menginspirasi.

Pilihlah poster yang berwarna-warni untuk memberikan sentuhan keceriaan dan meriahkan suasana Lebaran di kantor Anda. Dengan memajang poster atau lukisan bertema Idul Fitri, dijamin kantor Anda akan terasa lebih hidup dan penuh semangat untuk merayakan hari kemenangan tersebut!

Nah, itulah beberapa tips menyelenggarakan acara tersebut supaya lebih meriah. Bagaimana? Apakah Anda akan mengadakan kegiatan Lebaran tahun ini di kantor?

Pastikan untuk mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan karyawan serta suasana kantor secara keseluruhan dalam merencanakan acara tersebut. Semoga acara Lebaran di kantor Anda sukses dan mampu mempererat hubungan antar karyawan!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat