7 Tips Mudik Lebaran agar Perjalanan Aman dan Nyaman Bersama Keluarga

5 menit membaca
Tips mudik lebaran bersama keluarga sepanjang perjalanan

Menjelang Hari Raya Lebaran, masyarakat Indonesia biasanya melakukan mudik lebaran untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Namun, perlu diingat bahwa pandemi COVID-19 masih belum berakhir, sehingga harus tetap memperhatikan protokol kesehatan agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan, tips agar perjalanan lebih aman dan nyaman bersama keluarga, serta rekomendasi barang-barang kecil yang wajib dibawa ketika mudik lebaran.

Selain artikel ini, Anda juga dapat membaca tentang tips memilih baju untuk anak yang tepat agar nyaman dipakai di link berikut ini: Tips Memilih Baju Lebaran untuk Anak yang Nyaman dan Awet. Selain tips memilih baju lebaran, Anda juga akan disuguhkan beberapa parenting seperti alasan-alasan mengapa anak penting mendapatkan baju lebaran.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Persiapan uang dan dompet untuk kebutuhan di perjalanan mudik
Persiapan uang dan dompet untuk kebutuhan di perjalanan mudik

Penting untuk mempersiapkan dengan baik kebutuhan keluarga sebelum perjalanan mudik lebaran. Mulai dari dokumen penting, makanan dan minuman, kondisi kendaraan, dan sebagainya. Di bawah ini akan dijelaskan secara tuntas bagi Anda yang berencana mudik tahun ini.

1. Rencanakan Jadwal Mudik dengan Baik

Pastikan waktu keberangkatan dan kedatangan Anda sudah direncanakan dengan matang. Jangan sampai terlambat ke stasiun atau bandara karena bisa mengganggu perjalanan Anda bahkan membuat stres. Hal ini penting diperhatikan jika Anda mudik tidak menggunakan kendaraan pribadi.

2. Persiapkan Dokumen-Dokumen Penting

Pastikan dokumen-dokumen penting seperti KTP, SIM, STNK, dan tiket sudah dipersiapkan sebelum berangkat yang disimpan dalam passport cover. Pastikan juga bahwa dokumen tersebut masih berlaku dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal-hal ini akan meminimalisir kendala-kendala yang bisa ditimbulkan, contohnya adalah razia sewaktu-waktu oleh polisi.

Baca juga:  Agar Tidak Repot, Pilih Ukuran Koper Sesuai Kebutuhan Anda

3. Periksa Kendaraan

Jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil, pastikan kendaraan sudah dalam kondisi yang baik. Periksa rem, kaca, lampu, ban, dan bahan bakar sebelum berangkat. Jika Anda melakukan perjalanan dengan motor, pastikan juga kondisi motor dan helm sudah dalam keadaan baik. Pastikan Anda menyisihkan sebagian uang untuk pemeriksaan lebih lanjut di bengkel agar keamanan lebih meningkat.

4. Siapkan Uang Tunai dan ATM

Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk keperluan selama perjalanan. Sediakan juga kartu ATM untuk keperluan darurat. Uang tunai biasanya dibutuhkan untuk membayar parkir dan toilet umum, membeli benda-benda kecil yang tidak terduga, hingga memberikan sedekah kepada orang lain.

5. Siapkan Pakaian yang Tepat

Pilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca tempat tujuan. Jangan lupa membawa pakaian cadangan dan perlengkapan mandi jika diperlukan. Persiapkan jaket dan selimut untuk perjalanan malam hari, juga membawa topi favorit dan kacamata hitam ketika matahari terik.

6. Siapkan Bekal Makanan dan Minuman

Persiapkan bekal untuk perjalanan agar menghemat biaya
Persiapkan bekal untuk perjalanan agar menghemat biaya saat mudik lebaran

Persiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan. Jangan lupa membawa tumbler minum yang cukup dan hindari minuman beralkohol saat berkendara. Untuk lebih menghemat uang selama perjalanan, Anda dapat memasak makanan kering yang dapat bertahan beberapa hari dalam perjalanan agar Anda dan keluarga cukup membeli nasi dan minuman hangat di tempat makan terdekat.

7. Informasikan Kepada Keluarga dan Teman

Sampaikan kepada keluarga atau teman dekat bahwa Anda akan melakukan perjalanan mudik. Berikan informasi tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan, serta nomor kontak yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu. Hal ini jangan sampai terlewat karena sewaktu-waktu ada hal urgensi yang harus dilakukan.

Baca juga:  Ide Seragam Sekolah yang Mengikuti Tren: Kaos Polo dan Celana Jeans

Tips Mudik Lebaran agar Tetap Aman dan Nyaman Selama Perjalanan

Mengecek kesehatan sebelum perjalanan mudik
Mengecek kesehatan sebelum perjalanan mudik sangatlah penting

Selama perjalanan mudik lebaran, pasti tidak terluput dari rintangan yang ada. Mulai dari cuaca yang tidak menentu, kemacetan, anak-anak yang mungkin kurang nyaman berlama-lama di dalam kendaraan, serta resiko-resiko lainnya. Berikut ini adalah 7 tips mudik lebaran yang dapat membantu Anda tetap sehat dan aman selama perjalanan bersama keluarga. Salah satunya membawa multivitamin keluarga.

1. Persiapkan Diri dengan Baik

Mudik bukanlah hal yang mudah karena Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai ke kampung halaman. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan baik sebelum berangkat. Pastikan Anda sudah istirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, serta membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan.

2. Pilih Transportasi yang Aman dan Nyaman

Pilihlah transportasi yang aman dan nyaman untuk perjalanan mudik Anda. Jangan memilih transportasi yang terlalu padat karena dapat meningkatkan risiko penularan COVID-19. Selain itu, pastikan juga kendaraan yang Anda pilih sudah dalam kondisi yang baik dan memiliki fasilitas keselamatan yang memadai.

3. Gunakan Masker dan Bawa Hand Sanitizer

Penting untuk selalu menggunakan masker selama perjalanan mudik, terutama ketika Anda berada di tempat umum seperti stasiun atau terminal. Bawa juga hand sanitizer agar dapat membersihkan tangan kapan saja yang diperlukan, terutama sebelum dan setelah makan.

4. Cek Kondisi Kendaraan dan Kelengkapannya

Selalu cek kendaraan Anda sebelum bepergian jauh agar mesin awet di jalan
Selalu cek kendaraan Anda sebelum bepergian jauh agar mesin awet di jalan

Jika Anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk memeriksa kondisinya sebelum mudik. Pastikan semua peralatan kendaraan lengkap dan berfungsi dengan baik, seperti ban cadangan, dongkrak, obeng, dan sebagainya. Selain itu, pastikan juga bahan bakar kendaraan Anda cukup untuk perjalanan.

Baca juga:  Apa Itu Event? Simak Penjelasan Lengkap, Jenis, dan Manfaatnya Berikut Ini!

5. Cari Tahu Informasi Seputar Rekayasa Lalu Lintas

Pemerintah sering kali mengadakan rekayasa lalu lintas menjelang mudik. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu informasi seputar rekayasa lalu lintas sebelum berangkat. Ini dapat membantu Anda mengambil keputusan terbaik untuk moda transportasi mana yang paling tepat dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi sepanjang perjalanan.

6. Siapkan Biaya yang Cukup

Perjalanan mudik memerlukan biaya yang cukup, baik itu ke tempat yang jauh maupun dekat. Rencanakan pengeluaran selama perjalanan dengan cermat agar sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Mulai dari biaya transportasi, ongkos bensin untuk kendaraan pribadi, hingga makan dan jajan. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan dengan cermat apabila ingin berbagi rejeki dengan anak-anak kecil atau saudara-saudara saat Lebaran nanti.

7. Periksa ke Klinik Sebelum Mudik

Terakhir yang tidak kalah penting namun sering diabaikan adalah memeriksakan diri ke klinik sebelum mudik lebaran. Anda perlu mengetahui kondisi kesehatan Anda beserta keluarga, apakah siap untuk perjalanan jauh atau tidak. Misalnya Anda berencana untuk mudik dengan mengendarai mobil pribadi selama beberapa hari, Anda harus memastikan bahwa tubuh Anda dan keluarga siap. Namun jika hasil pemeriksaan adalah kurang fit, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan transportasi lain seperti kereta api atau pesawat.

Lokasoka merekomendasikan berbagai barang kecil yang perlu Anda beli sebelum mudik lebaran. Pertama adalah tumbler minuman dengan bahan stainless steel; kedua adalah alat makan dengan bahan yang tidak mudah rusak; ketiga adalah handuk kecil untuk membersihkan tubuh dan wajah, siapkan juga handuk khusus untuk membersihkan wadah; terakhir adalah kaos kaki. Kaos kaki penting untuk menghangatkan tubuh di malam hari dan juga untuk menyerap keringat.

Bagi Anda yang ingin memberikan berbagai barang kecil bagi karyawan sebelum mudik lebaran tidak perlu khawatir. Lokasoka menawarkan pelayanan terbaik, seperti kustomisasi budget serta logo perusahaan pada produk pesanan Anda. Anda bisa mendapatkan harga terbaik dengan barang berkualitas. Hubungi Admin Lokasoka melalui nomor WhatsApp di bawah ini dan berkonsultasilah dengan kami.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat