15 Tips Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula

5 menit membaca
Lokasoka menyediakan usaha percetakan bagi Anda yang ingin custom logo di pakaian, tas, dan produk lainnya
Lokasoka menyediakan usaha percetakan bagi Anda yang ingin custom logo di pakaian, tas, dan produk lainnya (Sumber: Canva)

Setahun lagi kita akan merayakan tahun politik, di mana pada tahun 2024 akan diadakannya pemilihan presiden. Maka permintaan untuk membuat spanduk berbagai ukuran, selebaran berbentuk leaflet atau brosur, atau juga bendera partai sablonan akan semakin pesat untuk memeriahkan dan juga sebagai media ajang promosi setiap kandidat.

Menghadapi tahun politik yang akan datang bisa Anda manfaatkan dengan membuka usaha percetakan berbasis online. Selain itu, Anda bisa membuat spanduk untuk para pembuka usaha pemula dan juga pamflet promosi selepas tahun politik berakhir.

Selain produk seperti spanduk, pamflet, dan brosur. Usaha percetakan juga bisa menjadi wadah untuk membuat berbagai macam barang lainnya. Salah satu artikel berikut akan menjelaskan salah satu unsur penting usaha percetakan, di link berikut: 10 Alasan Kalender Meja dan Kalender Cetak Masih Dibutuhkan Daripada Kalender Digital dengan masih tersedianya kalender cetak diharapkan mampu mendorong usaha percetakan semakin berkembang.

Apa itu Jasa Percetakan?

Tapi, sebelum Anda memulai usaha percetakan, ada baiknya Anda mempelajari dulu apa itu jasa percetakan? Jasa percetakan merupakan media penyediaan transfer desain dari media digital ke media cetak dengan memakai sebuah mesin khusus percetakan atau yang biasa disebut printer. Printer dari jasa percetakan tentu berbeda tergantung dari usaha percetakan apa yang dijalankan.

Apa Saja Jenis Percetakan?

Tidak perlu khawatir untuk cetak printing, karena Lokasoka menyediakan kemudahan bagi para pelanggan
Tidak perlu khawatir untuk cetak printing, karena Lokasoka menyediakan kemudahan bagi para pelanggan (Sumber: Pexels)

Berikut Lokasoka telah merangkum jenis percetakan yang mempunyai prospek cerah di masa depan untuk pemula.

1. Percetakan Sablon

Sablon adalah gaya percetakan yang biasa dipakai untuk kaos pesanan untuk berbagai macam keperluan, seperti seragam sekolah, seragam kerja, baju olahraga, dan sebagainya. Dengan menggunakan tinta, palet, dan raket yang disapukan ke atas kain sebagai teknik percetakan, sablon lebih biasa menggunakan tenaga manusia, tapi tetap ada penggunaan mesin yang dikhususkan untuk mencetak lebih dari empat warna.

Baca juga:  7 Keuntungan Melakukan Personalisasi Souvenir Perusahaan Sebagai Strategi Branding

2. Percetakan Rotogravure

Rotogravure adalah teknik percetakan untuk mencetak kemasan plastik dan karton dengan merek dan desain yang sudah dipesan pelanggan. Alat rotogravure yang berbentuk roll atau gulungan bisa mencetak desain dalam jumlah cukup besar.

3. Percetakan Digital

Anda memiliki produk pesanan seperti mug alumni, kartu nama sebuah perusahaan besar, undangan pernikahan teman, atau tumbler? Semua produk tersebut bisa dicetak dengan percetakan digital, dengan percetakan ini mencetak produk menjadi lebih cepat dengan adanya bantuan teknologi, percetakan digital pun dapat memberikan beberapa kemudahan seperti penggantian desain dan memberikan warna yang lebih cerah.

4. Percetakan 3D

Selama masa tersebarnya virus Corona kemarin, banyak perusahaan percetakan membuat inovasi baru dengan mengembangkan percetakan 3D untuk membuat berbagai macam masker. Sebenarnya percetakan 3D sudah muncul pada pertengahan tahun 1990-an, dengan menggunakan light-curing dan laminasi kertas, perangkat prototyping ini kerjanya hampir sama dengan printer biasa, hanya saja bahan untuk mencetakknya berbentuk cair atau bubuk yang ditumpahkan lapis demi lapis sampai membentuk objek fisik yang sudah didesain.

5. Percetakan Fleksografi

Setelah rotogravure, membuka usaha percetakan dengan teknik fleksonografi terbilang menjanjikan. Dengan bentuk roll ini percetakan fleksografi dapat memuat banyak cetakan dengan minim tinta, seperti untuk mencetak koran, stiker, dan kardus.

6. Percetakan Offset

Bagi Anda yang mau membuka bisnis dengan keunggulan mencetak banyak, percetakan offset bisa menjadi pilihan awal. Meski hanya mampu memproduksi berbahan dasar kertas seperti buku, kartu undangan, dan brosur, keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah kemampuannya memproduksi kuantitas produk sampai ribuan eksemplar dan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding percetakan digital.

7. Printing Sublim

Memulai usaha percetakan bisa juga dengan percetakan sublim, tapi apa itu percetakan sublim? Sebenarnya percetakan sublim tidak jauh beda dengan mesin printing pada umunya, hanya saja printing sublime tidak digunakan untuk mencetak kertas alih-alih untuk media lainnya seperti mug atau kaos, caranya yaitu mencetak desain pada kertas sublim secara terbalik kemudian dipanaskan setelah sebelumnya ditempelkan pada media kostum yang dipesan.

Baca juga:  15 Rekomendasi Onboarding Kit yang Cocok Untuk Milenial dan Gen Z di Tahun 2024

3 Keunggulan Usaha Percetakan Online

Pilih Lokasoka sebagai tempat custom terbaik Anda yang memberikan pelayanan eksklusif dan safe payment
Pilih Lokasoka sebagai tempat custom terbaik Anda yang memberikan pelayanan eksklusif dan safe payment (Sumber: Pexels)

Setelah membaca penjelasan jenis-jenis percetakan, Anda tentu mulai tertarik untuk memulai bisnis ini, bukan? Berikut adalah tiga keunggulan yang bisa Anda temukan ketika membuka usaha percetakan online.

1. Proses Cepat, Termonitori, dan Mudah

Usaha percetakan berbasis online tentu memberi keunggulan dari prosesnya yang cepat tanpa perlu membuat pelanggan Anda menunggu berlama-lama di lokasi. Anda sebagai pejalan pun Anda bisa bekerja lebih efisien karena bisa dimonitori dengan bantuan teknologi, Anda juga bisa menghemat waktu Anda.

2. Tidak Perlu Lelah Promosi ke Perorangan

Media Online menjadi sarana efisien agar Anda bisa dengan mudah mempromosikan usaha percetakan Anda. Dengan membuat website menarik, Anda dapat menarik perhatian pelanggan agar memakai jasa usaha percetakan Anda.

3. Memantau Secara Real-Time

Terkoneksi dengan dunia digital bisa memudahkan peluang bisnis usaha percetakan Anda secara real-time tanpa perlu susah-susah diubah secara manual. Anda pun bisa memantau harga pesaing Anda dan membuat strategi pemancing yang lebih baik.

5 Tips Memulai Usaha Percetakan Online Bagi Pemula

Online printing menjadi usaha yang Lokasoka sediakan secara gratis dan pelanggan bisa mendapat free sample
Online printing menjadi usaha yang Lokasoka sediakan secara gratis dan pelanggan bisa mendapat free sample (Sumber: Pexels)

Agar Anda semakin diuntungkan dalam berbisnis percetakan, ada baiknya Anda mengikuti tips-tips berikut ini agar bisa menjadi acuan Anda dalam usaha percetakan Anda.

1. Rincian Modal yang Dimiliki

Modal adalah unsur paling dasar dalam memulai bisnis apapun, termasuk usaha percetakan. Sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha percetakan jenis apapun, ada baiknya memeriksa modal Anda dan perkirakan dengan bisnis percetakan yang sesuai.

Baca juga:  16 Tips Memilih Baju Lebaran untuk Anak yang Nyaman dan Awet Digunakan

2. Buatlah Rencana Bisnis yang Strategis

Setelah menjumlahkan modal yang Anda miliki, kini waktunya Anda untuk membuat perencanaan yang strategis. Rencana itu bisa meliputi penyewaan ruko percetakan, mesin-mesin cetak dari jenis percetakan mana yang ingin Anda pakai sebagai awal usaha percetakan Anda, pembuatan website, cara promosi efektif dan harga pasar.

3. Memahami Proses Kerja dan Produksi Mesin Percetakan

Ketika melakukan perencanaan, Anda tentu sudah menetapkan jenis percetakan mana yang bisa Anda pilih sebagai langkah awal usaha percetakan, tapi diharapkan sebelum membeli mesinnya, ada baiknya Anda memahami bagaimana proses kerja dan produksi dari mesin-mesin tersebut. Dengan mengetahui cara kerja dan proses produksi dapat menghindarkan pengeluaran berlebih ketika Anda tidak bisa mengoperasikannya.

 4. Tentukan Fokus Usaha Percetakan

Kemahiran Anda tentu menjadi kunci utama menetapkan fokus usaha percetakan ini, dengan ini Anda tentu dapat membawa bisnis  Anda lebih terarah dan tidak membuat bingung pekerja Anda. Selain itu, kefokusan dapat membawa visi misi perusahaan percetakan tidak melenceng dari tujuan Anda ketika memulainya.

5. Ramah Kepada Pelanggan, Selalu Sajikan Pelayanan Terbaik

Hal terpenting setelah bisnis Anda mulai berjalan tentu saja menyamankan pelanggan dengan pelayana maksimal dan profesional, pelayanan terbaik yang Anda berikan bisa memberi rasa aman dan percaya bagi pelanggan. Usaha percetakan Anda pun bisa menjadi bisnis menjanjikan dengan adanya pelanggan tetap yang dapat mempromosikan usaha Anda ke teman atau kerabat mereka.

Demikianlah artikel tips-tips untuk memulai usaha percetakan yang penting diketahui. Lengkapi pengetahuan Anda tentang percetakan lainnya melalui artikel berikut: 13 Hal Penting Sebelum Cetak Kalender Custom di Percetakan yang Harus Diperhatikan. Selamat membaca!

Anda dapat mengunjungi Lokasoka setiap hari Senin hingga Jumat dengan jam operasional 08.00-17.00 WIB untuk melihat sampel barang maupun meminta untuk dikirimkan free sample. Kantor Lokasoka di daerah Bukit Duri Tanjakan, Tebet, Jakarta Selatan. Buru dari Lokasoka untuk mendapatkan harga terbaik serta produk berkualitas karya lokal di link berikut ini. Segera hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info lainnya.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat