10 Alasan Mengapa Seminar Kit Penting Dalam Setiap Acara Seminar Perusahaan

5 menit membaca

Dalam sebuah seminar, tidak jarang perusahaan penyelenggara memberikan seminar kit. Namun, tahukah Anda mengapa seminar kit menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah acara seminar yang diadakan oleh perusahaan?

Pemberian paket seminar rupanya bukan sekadar “buah tangan” tanpa tujuan, tetapi justru memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat terpenting dari pemberian paket tersebut adalah menunjukkan tanda terima kasih dan apresiasi kepada para peserta seminar. Tidak hanya itu, seminar kit juga mampu mendukung strategi marketing dan branding perusahaan.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya seminar kit dalam acara seminar perusahaan, ada baiknya Anda memahami apa itu seminar kit. Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Seminar Kit?

Seminar merupakan sebuah kegiatan pertemuan yang membahas mengenai suatu topik tertentu dengan dipandu oleh seorang ahli sebagai pembicara dan moderator. Seminar ini bersifat akademis sehingga berbeda dengan rapat atau pertemuan biasa.

Pada umumnya, panitia pelaksana menyediakan seperangkat hadiah atau buah tangan bagi para peserta yang mengikuti seminar. Seperangkat hadiah atau buah tangan inilah yang disebut sebagai seminar kit. Pada intinya, seminar kit adalah souvenir atau barang-barang yang digabungkan dalam suatu paket atau kit dan dibagikan kepada peserta seminar.

Terdapat banyak sekali pilihan barang-barang yang dapat dijadikan sebagai buah tangan dalam acara seminar. Namun, Anda tidak perlu bingung. Bacalah artikel berikut ini: 10 Isi Seminar Kit Murah dan Berkesan untuk Acara Kantor Perusahaan. Anda akan menemukan rekomendasi isi seminar kit yang berkesan tapi tetap ramah di kantong. Selamat membaca!

Mengapa Seminar Kit Begitu Penting di Acara Seminar?

Pemberian seminar ini semakin marak dilakukan oleh setiap perusahaan yang mengadakan seminar karena diketahui memiliki manfaat yang sangat penting bagi perusahaan. Lantas, hal apa saja yang membuat hal tersebut penting dalam sebuah acara seminar? Berikut penjelasan selengkapnya!

Baca juga:  10 Isi Seminar Kit Murah dan Berkesan untuk Acara Kantor Perusahaan

1. Sebagai Souvenir dan Penghargaan Kepada Peserta

Dalam sebuah acara seminar, seminar kit merupakan tanda terima kasih serta ungkapan penghargaan atas kehadiran dan partisipasi para peserta seminar. Hal ini semakin krusial bila acara seminar tersebut adalah acara berbayar.

Dengan memberikan seminar kit, hubungan perusahaan Anda sebagai penyelenggara seminar akan semakin erat dengan peserta. Dengan begitu, peserta akan lebih terikat secara emosional dengan perusahaan Anda.

2. Menjadi Daya Tarik Acara

Sebagai penyelenggara, perusahaan Anda tentu berharap agar acara seminar yang Anda adakan menarik di mata publik. Salah satu cara untuk menarik antusiasme publik untuk berkenan mengikuti seminar perusahaan Anda adalah dengan menyiapkan paket seminar kit.

Dalam banyak kasus, pemberian paket khusus kerap menjadi alasan bagi para peserta untuk berpartisipasi pada sebuah acara atau event. Bagi mereka, pemberian paket semacam ini tentunya akan menambah nilai tambah untuk event itu sendiri.

3. Media Promosi Perusahaan

Seminar kit dapat dijadikan sebagai media promosi perusahaan

Tidak hanya mampu menjadi daya tarik acara, seminar kit pastinya juga bisa menjadi media promosi untuk produk atau layanan perusahaan Anda. Dalam paket yang dipersonalisasi tersebut, tentu terdapat informasi terkait organisasi atau perusahaan Anda sebagai penyelenggara acara, bukan? Untuk itu, manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin dengan memilih barang-barang dengan desain yang sesuai dan cocok untuk mendukung promosi.

Nantinya, jika barang dalam seminar kit Anda digunakan oleh penerimanya, logo atau informasi yang ada pada barang tersebut akan mengingatkan mereka pada perusahaan Anda. Inilah yang akan menjadi media promosi yang secara tidak langsung dapat memberikan keuntungan.

4. Menarik Perhatian Para Sponsorship

Tidak hanya perusahaan Anda sendiri, beberapa pihak lain juga ikut mendukung suatu acara seminar yang diadakan. Tidak jarang, panitia acara mencari sponsor untuk memperoleh dukungan pendanaan. Dukungan pendanaan ini tentu akan semakin menyukseskan acara yang Anda adakan, bukan?

Baca juga:  6 Alasan Pentingnya Personalisasi Seminar Kit untuk Nama Perusahaan

Perusahaan pemberi sponsor ini cenderung lebih tertarik untuk memasang logo atau identitas perusahaannya di paket seminar ketimbang di spanduk, baliho, ataupun pada background di ruang seminar. Bagi mereka, seminar kit menjadi media promosi yang cukup efektif. Alasan inilah yang membuat kehadiran seminar kit mampu menarik perhatian para sponsorship.

5. Menjadi Fasilitas Pendukung Acara

Alasan selanjutnya mengapa seminar kit menjadi hal penting dalam acara seminar perusahaan adalah dapat menjadi fasilitas pendukung acara. Fasilitas tambahan dalam paket yang diberikan ini dimaksudkan agar para peserta seminar dapat mengikuti seluruh rangkaian acara dengan maksimal dan efektif.

Tidak jarang, terdapat peserta yang kesulitan untuk mencatat materi seminar karena lupa atau tidak membawa alat tulis. Paket seminar kit yang berupa alat tulis tentu akan sangat membantu mereka.

6. Memudahkan Peserta

Dalam sebuah seminar, materi yang disampaikan terkadang cukup panjang dan membuat peserta kesulitan mengikuti atau mencatat materi tersebut dalam waktu singkat. Untuk memudahkan para peserta, seminar kit dapat dilengkapi handout materi seminar, rundown acara, dan keterangan-keterangan lain mengenai acara. Dengan begitu, peserta tidak lagi kesulitan mengikuti seluruh rangkaian acara seminar.

7. Memiliki Daya Guna

Dalam mempersiapkan paket seminar kit, hal penting yang harus dipertimbangkan dengan matang adalah kegunaannya. Barang-barang yang ada dalam paket tersebut harus dipastikan memiliki daya guna bagi penerimanya. Hal tersebut tentu saja agar barang-barang tersebut dapat digunakan pasca seminar dan tidak hanya menjadi pajangan yang dilupakan nantinya.

8. Menunjukkan Komitmen Perusahaan Terhadap Dampak Sosial

Souvenir berbahan dasar ramah lingkungan menunjukkan kepedulian perusahaan atas isu lingkungan

Lebih dari 65% konsumen berharap perusahaan lebih peka dan vokal dalam mendukung isu-isu sosial yang ada, seperti isu lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan sebagainya. Sayangnya, tidak sedikit perusahaan yang kesulitan dalam memperkenalkan misi dan kepedulian mereka atas berbagai isu tersebut secara langsung.

Baca juga:  15 Tips Sukses Gathering Kantor Agar Lebih Seru dan Berkesan

Melalui souvenir kit inilah kesempatan bagi perusahaan untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap isu sosial terbuka lebar. Dengan memilih barang-barang sebagai souvenir dengan baik, perusahaan akan mampu menunjukkan siapa mereka. Misalnya, seminar kit dari produk lokal yang mendukung kelestarian lingkungan atau mencerminkan dukungan terhadap pemberdayaan perempuan.

9. Upaya Branding yang Mudah Disebarluaskan

Buah tangan yang unik, menarik, dan bermanfaat akan mungkin memotivasi penerimanya untuk membagikan pengalam mereka menerima dan menggunakan produk melalui berbagai wadah, seperti ulasan di media sosial. Tidak hanya itu, di antara banyaknya peserta seminar, beberapa di antara bisa jadi memiliki pengaruh yang besar, misalnya influencer. Hal ini membuat adanya kemungkinan barang-barang pemberian perusahaan Anda muncul di unggahan media sosial mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas, bahkan menjadi viral.

Inilah sebabnya, souvenir kit perlu dipersiapkan semaksimal mungkin. Bila perlu menggaet kerja sama dengan influencer. Upaya branding semacam ini terkesan humanis, otentik, dan mudah disebarluaskan.

10. Meningkatkan Profesionalitas

Seminar kit yang dirancang dengan mempertimbangkan desain dan kualitas yang baik akan memunculkan kesan yang profesional dan citra positif terhadap acara seminar atau perusahaan penyelenggara acara tersebut. Para peserta akan menilai bahwa acara yang mereka ikuti tersebut merupakan acara yang berkualitas dan akan mempertimbangkan untuk mengikuti acara serupa di kesempatan yang akan datang.

Itulah berbagai alasan kenapa seminar kit begitu penting dalam sebuah acara seminar dan perlu direncanakan dengan baik agar memberikan manfaat yang optimal untuk para peserta. Anda dapat mengetahui cara mengoptimalisasi manfaatnya tersebut dalam artikel berikut ini: 7 Cara Mengoptimalkan Manfaat Seminar Kit dalam Workshop Perusahaan Anda. Dengan memahaminya, Anda tidak akan salah memilih souvenir terbaik untuk acara seminar perusahaan Anda. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat