6 Alasan Pentingnya Personalisasi Seminar Kit untuk Nama Perusahaan

5 menit membaca

Personalisasi merupakan proses pendekatan yang melibatkan individu dengan individu, maupun lembaga dengan individu. Selain melakukan proses pendekatan, tujuan dari personalisasi sendiri, yakni memberikan tanda khusus sebagai pengingat akan suatu nama ataupun merek. Personalisasi kerap digunakan oleh beberapa perusahaan untuk membuat souvenir ataupun seminar kit dalam suatu acara. 

Sesuai dengan tujuan utama personalisasi suatu produk, personalisasi seminar kit juga merupakan langkah untuk melakukan pendekatan kepada peserta seminar. Dengan pemberian seminar kit diharapkan peserta tidak lupa dengan penyelenggara acara yang dihadiri. Oleh sebab itu, perusahaan memerlukan personalisasi seminar kit dalam proses pendekatannya.

Seminar kit merupakan berbagai macam souvenir yang umumnya dibagikan kepada peserta sebelum acara seminar di mulai. Contoh seminar kit, antara lain notebook, tumblr, pulpen, personalisasi tas seminar kit, flashdisk, dan lain-lain.

Personalisasi semiar kit berpotensi meningkatkan brand awarness pada peserta seminar. Jika suatu waktu peserta seminar membutuhkan bantuan dari perusahaan Anda, maka ada kemungkinan ia akan menghubungi perusahaan Anda. 

Untuk mengetahui manfaat dari personalisasi seminar kit, berikut tujuh keutamaan melakukan personalisasi seminar kit. Ketahui pula pentingnya personalisasi souvenir dalam artikel 7 Keuntungan Melakukan Personalisasi Souvenir Perusahaan Sebagai Strategi Branding. Yuk, disimak!

6 Keuntungan Personalisasi Seminar Kit

Personalisasi seminar kit dapat meningkatkan kesan profesionalisme perusahaan (sumber: freepik)

Salah satu tujuan utama dari personalisasi seminar kit adalah meningkatkan brand awarness perusahaan pada peserta seminar. Personalisasi tidak hanya memberikan keuntungan pada penyelanggara, melainkan juga pada peserta seminar. Dengan melakukan personalisasi, peserta akan dengan mudah menemukan nama dan alamat perusahaan, jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Untuk selengkapnya, berikut enam keuntungan personalisasi seminar kit. 

1. Meningkatkan Citra Positif Perusahaan

Isi dari seminar kit dapat memengaruhi respon peserta seminar. Pemberian barang yang berkualitas dan fungsional, dapat menimbulkan respon positif dari peserta seminar. Jika peserta seminar memberikan respon positif, maka hal ini berpotensi bahwa perusahaan penyelenggara seminar akan terus diingat. 

Baca juga:  Mengapa Kaos Gathering Penting? Ketahui Manfaat dan Tips Desainnya Berikut Ini!

Dalam hal ini personalisasi seminar kit bertujuan untuk memperkuat ingatan peserta seminar terhadap penyelenggara. Oleh sebab itu, dalam melakukan personalisasi seminar kit perlu memasukkan identitas-identitas penting seperti alamat dan nomer perusahaan.

2. Sarana Promosi yang Efektif

Seminar kit dapat menjadi daya tarik untuk peserta seminar. Adanya seminar kit dapat menjadi penunjang peserta dalam menerima materi. Dengan melakukan personalisasi seminar kit, hal ini dapat menjadi media untuk meningkatkan kesadaran merek. 

Peserta ataupun orang lain yang melihat barang-barang seminar kit tersebut, dapat mengingat dan mengenali perusahaan Anda sebagai penyelenggara seminar. Sehingga secara tidak langsung, personalisasi seminar kit dapat memperluas jangkauan perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak klien.

3. Meningkatkan Kesan Profesionalisme

Personalisasi dapat meningkatkan kesan profesionalisme penyelenggara atau perusahaan. Secara tidak langsung, seminar kit juga menunjukkan bahwa perusahaan atau penyelenggara acara memberikan perhatian khusus terhadap detail dan kebutuhan peserta selama seminar berlangsung. 

Dengan memasukkan elemen branding perusahaan ke dalam seminar kit, seperti logo dan motto perusahaan, personalisasi menciptakan kesan bahwa acara dijalankan oleh organisasi yang terkelola dengan baik.

4. Meningkatkan Daya Tarik Peserta Seminar

Seminar kit dapat meningkatkan daya tarik peserta seminar. Peserta seminar umumnya cenderung lebih tertarik pada acara yang menawarkan souvenir seperti seperti seminar kit, dibandingkan dengan acara yang hanya memberikan materi. 

Seminar kit yang didapat oleh peserta dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan seminar. Dengan adanya personalisasi perusahaan Anda berpotensi untuk terus diingat oleh peserta, ketika peserta tersebut melihat kembali souvenir yang diberikan. 

5. Pengingat Pengalaman Seminar yang Positif

Seminar kit dapat menambah kesan positif pada seminar yang sudah berjalan lancar. Acara yang berjalan mulus tanpa hambatan, dapat menjadi pengalaman positif bagi para peserta seminar. Dengan begitu, perusahaan Anda akan dikenang sebagai perusahaan yang profesional dalam menyelenggarakan acara.

Baca juga:  Inilah Tips Memilih Koper yang Tepat untuk Anda First Time Traveler

Kesan positif pada seminar dapat diperkuat dengan adanya seminar kit. Memberikan  seminar kit berupa barang-barang eksklusif  pada peserta dapat menciptakan kenangan seminar yang tak terlupakan. Oleh sebab itu, agar kesan positif selalu tertanam perusahaan Anda perlu melakukan personalisasi pada barang-barangnya, seperti nama, logo, dan nomer telefon perusahaan. 

6. Menjadi Pembeda dengan Penyelenggara atau Perusahaan Lain

Beberapa perusahaan terkadang memiliki desain seminar kit, yang mirip dengan perusahaan atau penyelenggara lain. Dalam kasus ini, personalisasi seminar kit sangat diperlukan agar seminar kit perusahaan Anda memiliki perbedaan dengan perusahaan lain.

Personalisasi dapat memudahkan peserta ataupun penerima seminar kit mengenali perusahaan Anda. Dengan begitu, perusahaan Anda berpotensi untuk terus diingat oleh peserta seminar.

Tips Memilih Desain Seminar Kit

Pemilihan desain seminar kit disarankan menggunakan desain yang simple namun fungsional (sumber: freepik)

Pemilihan desain dalam membuat seminar kit sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan agar souvenir atau barang yang diberikan dalam seminar kit dapat diterima dan berfungsi dengan baik oleh semua orang. Oleh sebab itu pemilihan desain, mulai dari penyesuaian warna, bentuk, hingga penyesuaian identitas perusahaan perlu diperhatikan dengan baik. Berikut beberapa tips memilih desain seminar kit.

1. Pilih Desain Barang yang Simple, namun Fungsional

Desain yang simple dan sederhana untuk seminar kit seperti notebook dan pulpen dinilai lebih penting, dibandingkan dengan desain yang bernilai estetika tinggi. Hal ini dikarenakan nilai fungsionalitas pada seminar kit lebih dibutuhkan dibutuhkan dibandingkan nilai estetika.

2. Pilih Desain yang Mengambarkan Ciri Khas atau Motto Perusahaan

Selain melakukan personalisasi seminar kit dengan penambahan identitas, pemilihan desain juga berpengaruh dalam mencerminkan karakter perusahaan. Dengan memilih elemen desain yang konsisten dengan logo, warna, dan gaya visual perusahaan, Anda dapat memberikan kesan yang profesional pada peserta seminar. 

Baca juga:  Bikin Acara Semakin Meriah Dengan 12 Ide Hadiah 17an di Komplek Rumah untuk Anak-anak Hingga Dewasa

3. Hindari Desain dengan Warna yang Mencolok

Dalam rangka membangun citra perusahaan melalui personalisasi seminar kit, sebaiknya Anda perlu menghindari desain souvenir dengan warna yang terlalu mencolok. Desain souvenir dengan warna yang mencolok membuat benda tersebut kurang indah dipandang mata, sehingga berpotensi benda tersebut tidak digunakan kembali. Oleh sebab itu, agar benda bisa berfungsi dengan baik dalam waktu yang cukup panjang usahakan memilih desain dengan warna-warna netral yang dapat diterima semua orang.

4. Sesuaikan dengan Tema Seminar

Selain melakukan personalisasi seminar kit, memilih desain yang sesuai dengan tema seminar juga membantu peserta untuk lebih mengenal perusahaan Anda. Sebelum itu, sesuaikan pula desain dengan audiens seminar, mulai dari gaya souvenir, warna, ataupun elemen visual lainnya. 

5. Konsistensi dalam Pemilihan Desain

Seminar kit umumnya terdiri atas beberapa souvenir di dalamnya. Konsistensi dalam desain, seperti warna, font, dan gaya grafis, dapat memberikan kesan keseragaman visual pada seminar kit. Konsistensi dalam komponen personalisasi seminar kit, seperti nama perusahaan, logo, alamat, dan nomer telepon juga perlu diperhatikan. 

Itu dia enam alasan pentingnya personalisasi seminar kit. Personalisasi seminar kit sangat diperlukan untuk identitas perusahaan, yang dapat membedakannya dengan perusahaan lain. Dengan personalisasi seminar kit, secara tidak langsung Anda juga melakukan promosi untuk menjangkau calon klien yang lebih banyak.

Anda dapat membaca artikel 10 Keunggulan Pensil Kayu Custom Sebagai Seminar Kit untuk Perusahaan untuk inspirasi benda seminar kit, perusahaan Anda. Selamat membaca! Bagi Anda yang ingin mencari souvenir akhir tahun, Lokasoka menawarkan layanan untuk membuat berbagai jenis souvenir sesuai kebutuhan Anda. Lokasoka buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat