15 Rekomendasi Seminar Kit untuk Berbagai Tema Seminar

6 menit membaca

Suksesnya suatu seminar yang diselenggarakan oleh organisasi maupun perusahaan, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain tema yang menarik dan rangkaian acara yang terorganisir dengan baik, ada beberapa faktor pendukung lain yang membuat seminar membekas di ingatan para peserta. Salah satu faktor tersebut adalah pemberian seminar kit yang menarik. 

Seminar kit merupakan kumpulan barang atau souvenir yang disatukan dimasukkan dalam sebuah wadah, yang kemudian diberikan pada saat acara seminar. Seminar kit pada umumnya bertujuan untuk memudahkan peserta dalam menerima materi seminar. Oleh sebab itu, biasanya seminar kit berisi pulpen ataupun note book. 

Tanpa disadari, secara tidak langsung seminar kit dapat memengaruhi kesuksesan suatu acara. Souvenir kit dengan desain yang menarik, berpotensi membuat peserta seminar selalu ingat dengan acara yang diikuti. Oleh sebab itu, pemberian seminar kit juga perlu memerhatikan nilai fungsionalitas dan estetika.

Buat Anda yang berencana membuat seminar kit, berikut lima belas rekomendasi seminar kit untuk berbagai tema seminar yang bisa jadi inspirasi. Sebelum itu, baca juga 7 Cara Mengoptimalkan Manfaat Seminar Kit dalam Workshop Perusahaan Anda untuk seminar kit yang bermanfaat. Selamat membaca!

Rekomendasi Seminar Kit Tema Leadership dan Pengembangan Diri

Pulpen eksklusif menjadi salah satu seminar kit yang cocok untuk tema leadership (sumber: freepik)

Seminar leadership dan pengembangan diri merupakan salah satu tema seminar yang banyak diselenggarakan. Dengan seminar ini diharapkan para peserta dapat membangun fondasi kepemimpinan yang kuat dan membentuk rasa percaya diri. 

Seminar leadership dan pengembangan diri, termasuk jenis seminar formal. Oleh sebab itu, pemilihan seminar kit pada tema ini bisa menggunakan desain yang cenderung elegan. Berikut lima rekomendasi seminar kit dengan tema seminar leadership dan pengembangan diri.

1. Buku Self Improvment

Salah satu souvenir yang relavan dengan seminar leadership dan pengembangan diri adalah buku self improvment. Buku dengan tema ini dapat berisi ringkasan artikel, kutipan inspiratif, dan tip tentang pengembangan diri. Peserta dapat menggunakan buku ini sebagai motivasi untuk pengembangan diri mereka. Buku ini dapat dipersonalisasi dengan penambahan elemen nama dan logi perusahan agar terkesan lebih personal.

2. Pulpen Eksklusif

Pulpen dengan desain eksklusif nan elegan juga menjadi salah satu isi seminar kit yang cocok dengan tema leadership. Pulpen dengan warna hitam berkilau tidak hanya memberikan kesan mewah, tetapi juga mencerminkan kekuatan, keberanian, dan eksklusivitas. Untuk memperkuat relavansi dengan seminar, pulpen dapat dipersonalisasi dengan penambahan quotes ataupun motto, nama, serta logo perusahaan. 

Baca juga:  Tips Memilih Tas Belanja Ramah Lingkungan yang Sesuai Kebutuhan Anda

3. Note Book

Selain pulpen, note book juga menjadi salah satu seminar kit yang cocok dengan tema leadership. Pulpen dan notebook merupakan kombinasi yang tepat untuk menjadi sebuah seminar kit yang lengkap. Notebook dapat digunakan peserta untuk merekam gagasan utama, tips kepemimpinan, dan wawasan inspiratif dari pembicara. Dengan cara ini, peserta dapat kembali merenung dan mengimplementasikan pelajaran yang didapat.

4. Pin

Pin atau lencana jug dapat menjadi souvenir dalam seminar kit leadership. Pin dengan desain yang relavan dapat mencerminkan kekuatan, keberanian, dan inspirasi kepemimpinan. Secara tidak langsung hal ini dapat menjadi penanda bahwa peserta telah siap menjadi seorang leader.

5. Kalender

Kalender bukan hanya sekadar alat penghitung waktu, tetapi juga menjadi alat untuk penanda hari hari penting. Seminar kit berupa kalender dapat bermanfaat untuk pengingat hari-hari yang akan dilakukan, sehingga momen-momen penting tidak ada yang terlewatkan. Personalisasi kalender dengan kesuksesan perusahaan yang telah diraih perusahaan Anda sebagai motivasi, ataupun kutipan inspiratif tentang kepemimpinan untuk setiap bulan.

Rekomendasi Seminar Kit Tema Pendidikan

Souvenir pendidikan

Notebook atau buku catatan menjadi salah satu benda terpenting dalam dunia pendidikan sebagai alat tulis menulis (sumber: pexels)

Seminar pendidikan merupakan ruang bagi pendidik dan praktisi pendidikan untuk berkolaborasi, bertukar pikiran. Sesi tanya jawab dan diskusi memungkinkan peserta untuk mendapatkan wawasan mendalam dan solusi untuk tantangan pendidikan yang sedang dihadapi.

Sama seperti tema-tema seminar lainnya, pada seminar pendidikan juga pada umumnya memberikan seminar kit sebagai penunjang  informasi yang didapatkan. Seminar kit pada tema ini umumnya berupa alat tulis kantor, ataupun benda benda yang kerap digunakan dalam kegiatan sehari-hari.  Berikut lima rekomendasi seminar kit dengan tema pendidikan.

1. Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu barang yang bisa dijadikan sebagai souvenir kit dalam seminar pendidikan. Souvenir ini sangat bermanfaat untuk menyimpan materi-materi penting yang didapatkan oleh peserta. Flashdisk ini juga dapat diisi dengan salinan materi presentasi dan slide yang dibahas pada seminar. Hal ini memungkinkan peserta untuk melihat kembali informasi selama seminar.

2. Notebook

Buku menjadi salah satu alat terpenting dalam dunia pendidikan. Memberikan buku catatan untuk seminar pendidikan tidak hanya memberikan peserta alat praktis untuk mencatat informasi, tetapi juga menjadi wadah untuk merangkum inspirasi dan menggali lebih dalam pengetahuan. Pilih atau desain buku catatan dengan cover atau desain khusus yang mencerminkan tema seminar. Hal ini memberikan sentuhan personal dan meningkatkan semangat peserta.

3. Highlighter

Memberikan highlighter sebagai seminar kit merupakan pilihan yang tepat untuk souvenir dalam seminar pendidikan. Benda ini dapat berguna untuk menandai hal-hal penting yang ada dalam sebuah catatan. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat highlighter jadi benda yang mudah dibawa kemana-mana. Personalisasi highlighter dengan nama seminar dan logo perusahaan, yang membuat benda ini menjadi kenangan-kenangan yang menarik.

Baca juga:  Manfaat Berbagi Souvenir Awal Tahun Pada Rekan Bisnis

4. Name Tag Eksklusif

Name tag dengan desain eksklusif dapat menjadi isi dari seminar kit yang menarik. Selain sebagai penanda identitas peserta pada saat seminar, souvenir ini memiliki manfaat jangka panjang. Desain name tag yang menarik, memungkinkan souvenir ini disimpan oleh para peserta dan digunakan kembali di suatu acara atau saat masuk ke dalam dunia kerja. Sertakan kutipan yang menginspirasi di belakang name tag, untuk  memberikan motivasi kepada peserta.

5. Tumbler

Tumbler merupakan salah satu isi seminar kit yang sangat bermanfaat. Souvenir ini digunakan sebagai tempat air minum saat bepergian. Pastikan tumbler yang Anda berikan adalah tumbler  berkualitas tinggi, sehingga dapat digunakan jangka panjang. Personalisasi tumbler dengan logo dan nama seminar, serta motto yang berkaitan dengan pendidikan. Hal ini bertujuan agar acara seminar terus diingat oleh para peserta setiap tumbler tersebut digunakan.

Rekomendasi Seminar Kit Tema Lingkungan

Souvenir lingkungan

Barang-barang eco friendly sangat cocok dijadikan sebagai seminar kit tema lingkungan (sumber: freepik)

Seminar lingkungan menjadi tempat untuk membangun kesadaran masyarakat dan mendorong aksi bersama demi kehidupan bumi yang lebih baik. Seminar ini bukan sekadar ajang pembicaraan, tetapi juga kampanye untuk mengajak masyarakat turut serta dalam pemeliharaan lingkungan. 

Untuk menarik minat peserta dan masyarakat lain, di seminar bertema lingkungan ini Anda dapat memberikan seminar kit berupa souvenir-souvenir ramah lingkungan. Dengan adanya seminar kit, masyarakat akan lebih semangat mengikuti seminar dan menjalankan kampanye lingkungan. Berikut rekomendasi seminar kit tema lingkungan yang bisa jadi inspirasi Anda.

1. Alat Makan Kayu

Dalam rangka pengurangan jejak karbon, penggunaan alat makan kayu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk seminar kit tema lingkungan. Selain ramah lingkungan, Alat makan kayu dapat memberikan sentuhan estetika alami yang cocok dengan tema lingkungan. Desainnya yang sederhana namun elegan cocok untuk dijadikan sebagai alat makan sehari-hari atau alat makan traveling. Personalisasi alat makan dengan logo perusahaan dan slogan  bertema jaga lingkungan.

2. Totebag

Tote bag adalah pilihan seminar kit yang sangat relevan dengan tema lingkungan. Selain memberikan peserta wadah untuk membawa pulang materi seminar, tote bag dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan keberlanjutan. Buat desain yang menarik dan netral, sehingga totebag bisa digunakan di banyak acara. Integrasikan logo dan tema seminar dengan desain tote bag. Hal tersebut bertujuan untuk mengingatkan peserta tentang kampanye menjaga lingkungan yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda.

Baca juga:  20 Tips Tata Ruang Rumah Minimalis, Murah, dan Efektif Jadikan Rumah Elegan

3. Sikat Gigi

Dalam seminar bertema lingkungan ini, Anda dapat mengenalkan pada peserta tentang barang sehari-hari yang ramah lingkungan seperti sikat gigi dari bambu. Dengan memilih sikat gigi yang dirancang untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan, bersama-sama kita dapat melakukan langkah kecil namun berarti dalam mendukung kehidupan bumi yang lebih baik. Pilih sikat gigi dengan desain ergonomis dan tahan lama. Sikat gigi yang tahan lama memerlukan penggantian lebih jarang, mengurangi jumlah sikat gigi yang dibuang setiap tahun.

4. Sedotan Stainless Steel

Salah satu langkah mengurangi sampah plastik adalah dengan mengganti sedotan plastik sekali pakai ke sedotan stainless steel. Jenis sedotan ini tahan terhadap korosi, patah, dan retak. Oleh sebab itu, peserta seminar dapat menggunakan sedotan ini berulang kali, sehingga mengurangi kebutuhan untuk sedotan plastik yang hanya digunakan sekali pakai. Sedotan stainless steel umumnya tersedia dengan warna-warna yang menarik, yang dapat menarik perhatian peserta untuk menggunakannya. 

5. Mug Traveling

Memberikan mug traveling sebagai isi dari seminar kit bertema lingkungan menjadi pilihan yang tepat. Dengan penggunaan mug traveling, secara tidak langsung peserta dapat mengurangi penggunaan gelas plastik sekali pakai ketika sedang bepergian atau makan di tempat umum. Mug traveling memiliki tutup, sehingga aman dibawa kemana-mana, tanpa takuut tumpah. Personalisasi mug dengan slogan bertema lingkungan dan nama seminar serta logo perusahaan, agar para peserta terus mengingat pemberian mug tersebut. 

Itu dia lima belas rekomendasi seminar kit untuk berbagai tema seminar yang bisa jadi inspirasi. Pentingnya seminar kit tidak hanya mementingkan nilai estetika, tetapi juga perlu mempertimbangkan relavansi dengan tema seminar. Dengan seminar kit yang relevan, Anda tidak hanya memberikan barang-barang yang fungsional, tetapi juga memperkuat pesan dan nilai-nilai yang ingin disampaikan.

Jika Anda tertarik untuk mencari ide souvenir marketing juga, Anda dapat mencari inspirasi melalui artikel 7 Ide Souvenir Marketing untuk Strategi Pemasaran. Selamat membaca! Bagi Anda yang ingin mencari souvenir akhir tahun, Lokasoka menawarkan layanan untuk membuat macam-macam souvenir sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Lokasoka buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB. Segera hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik 

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat