Apa Itu Corporate Gift dan Jenisnya Berdasarkan Penerima?

4 menit membaca

Faktor kesuksesan bisnis perusahaan salah satunya adalah kemampuan menjaga hubungan yang baik dengan berbagai pihak, misalnya karyawan, klien, maupun konsumen. Hubungan yang baik ini memiliki peran yang penting untuk membangun reputasi serta keberlangsungan perusahaan.

Terdapat berbagai macam upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengelola kedekatan dan relasi yang baik dengan pihak-pihak tersebut. Salah satu upaya yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan adalah pemberian corporate gift.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu corporate gift, jenis-jenisnya, hingga berbagai hal penting yang harus diperhatikan untuk mempersiapkan hadiah perusahaan tersebut. Simak penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Corporate Gift?

Corporate gift adalah hadiah yang diberikan atas nama perusahaan. Hadiah perusahaan ini tidak hanya diberikan untuk karyawan, melainkan juga untuk pihak-pihak lain yang memiliki peran penting bagi perusahaan, seperti partner, klien, konsumen, atau calon klien.

Pemberian hadiah khusus semacam ini semakin banyak dilakukan oleh perusahaan di momen-momen spesial untuk meningkatkan motivasi karyawan, menunjukkan apresiasi, hingga membangun relasi yang baik dengan klien.

Bentuknya dapat berupa hadiah fisik maupun digital yang dipersonalisasikan secara khusus dan menunjukkan identitas perusahaan. Artikel berikut ini: 7 Keuntungan Melakukan Personalisasi Souvenir Perusahaan Sebagai Strategi Branding akan membantu Anda mengetahui lebih dalam terkait pentingnya melakukan personalisasi souvenir perusahaan. Selamat membaca!

Jenis Corporate Gift Berdasarkan Penerimanya

Jenis corporate gift berdasarkan penerimanya (Sumber: freepik.com)

1. Untuk Prospek atau Calon Konsumen

Menurut data yang ada, sebanyak 80% konsumen mengatakan bahwa mereka lebih cenderung memilih untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang mampu menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi. Pengalaman tersebut salah satunya dilakukan dengan adanya pemberian hadiah khusus untuk mereka.

Baca juga:  8 Ide Hampers Lebaran beserta Tips untuk Memilihnya

Mengirimkan hadiah perusahaan khusus semacam ini merupakan cara ‘halus’ untuk membujuk calon konsumen untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti menyelesaikan proses pembelian, menggunakan layanan perusahaan, atau setidaknya mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan perusahaan Anda.

Anda dapat menentukan waktu dan momen yang paling tepat untuk memberikan hadiah khusus bagi prospek. Beberapa momen yang banyak dimanfaatkan misalnya momen tanggal kembar, akhir tahun, hingga perayaan hari raya.

2. Untuk Klien

Selain prospek atau calon konsumen, pihak lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah klien. Pemberian hadiah untuk klien mampu menunjukkan bahwa perusahaan Anda menghargai kerja sama yang selama ini telah terjalin dan mendorong mereka untuk melanjutkan hubungan jual beli dengan melakukan pembelian yang berulang terhadap produk atau layanan perusahaan Anda.

Sama seperti prospek atau calon konsumen, pemberian corporate gift demi mambangun hubungan emosional dengan klien juga memberikan dampak positif yang cukup signifikan terhadap bisnis perusahaan. Berdasarkan data dari sebuah studi ritel, konsumen yang memiliki hubungan emosional dengan suatu brand cenderung memiliki customer lifetime value yang lebih tinggi, yakni hingga mencapai 306%.

3. Untuk Karyawan

Dalam banyak kasus, awal keberhasilan dari sebuah bisnis adalah kesuksesan internal perusahaan. Hal tersebut tidak lain lain adalah adanya relasi yang positif dengan para karyawan, salah satunya adalah dengan mengadakan pemberian hadiah khusus pada momen-momen tertentu sesuai kebijakan. Akan lebih baik bila hadiah tersebut memiliki kualitas yang baik dan dipersonalisasikan sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa sebanyak 57% karyawan menyatakan bahwa menerima hadiah dari perusahaan membuat mereka merasa bahagia. Secara psikologis, kebahagiaan tersebut akan berdampak pada peningkatan produktivitas, kinerja, hingga kualitas hasil pekerjaan yang nantinya diberikan kepada prospek dan konsumen.

Baca juga:  15 Jenis Kartu Ucapan Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih

4. Untuk Program CSR

Program CSR (Corporate Social Responsibility) pada intinya merupakan upaya perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat atau lingkungan terkait melalui berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut dapat meliputi kegiatan sosial, pendidikan, lingkungan, pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, dan lain sebagainya.

Corporate gift untuk program CSR merupakan jenis hadiah yang diberikan secara khusus kepada pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan kesadaran dan menyukseskan program CSR yang dilakukan perusahaan. Pada dasarnya, hadiah jenis ini diberikan untuk membangun citra positif perusahaan sebagai entitas yang memiliki kepedulian tinggi terhadap berbagai isu di masyarakat dan lingkungan sekitar.

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam Merencanakan Corporate Gift?

1. Karakter dan Identitas Perusahaan

Corporate gift harus dipersiapkan dengan memperhatikan karakter dan identitas perusahaan Anda. Hal ini penting karena hadian semacam ini bukan sekadar hadiah perusahaan biasa, melainkan juga memiliki tujuan krusial bagi bisnis perusahaan.

Anda dapat merancangnya sedemikian rupa dengan menyesuaikannya dengan misi tertentu yang dimiliki oleh perusahaan Anda, misalnya serangkaian souvenir kantor eksklusif yang mencerminkan produktivitas kerja, barang-barang personalisasi yang melambangkan nilai perusahaan, atau benda-benda pilihan yang mampu memberikan dampak sosial dan mewakili citra positif perusahaan terhadap isu-isu penting di sekitar.

2. Daya Guna

Sama seperti hadiah pada umumnya, corporate gift sudah semestinya dipersiapkan dengan mempertimbangkan fungsionalitasnya. Fungsi tersebut tentu saja bergantung kepada siapa penerima hadiah tersebut nantinya. Jangan sampai Anda memberikan hadiah perusahaan dengan fungsi yang tidak sesuai dengan kebutuhan penerimanya.

Pada umumnya, hadiah untuk karyawan atau klien yang merupakan pekerja berupa peralatan kantor berupa alat tulis kantor. Namun, akan lebih baik bila hadiah yang akan Anda berikan tidak terkesan kaku atau membosankan. Pilihan hadiah unik tapi tetap bermanfaat akan memberikan kesan tersendiri di hati para penerima nantinya.

Baca juga:  7 Manfaat Seminar KIt untuk Membranding Nama Perusahaan

3. Tren di Masa Kini

Selan dari segi fungsi, hal lain yang perlu mendapat perhatian lebih adalah kesesuaian dengan tren di masa kini. Desain atau pengemasan yang ideal sebaiknya disesuaikan dengan tren. Dalam hal ini, tren yang dimaksud tidak selamanya tentang pop culture, tetapi disesuaikan dengan tren tentang topik yang sesuai dengan bidang bisnis perusahaan Anda.

Di antara banyak tren yang bermunculan, beberapa tren yang menarik untuk diaplikasikan pada hadiah perusahaan Anda adalah isu sosial, keberlanjutan lingkungan, bahkan pemberdayaan perempuan.

Anda dapat merancang serangkaian hadiah yang bersifat ramah lingkungan dengan desain kekinian atau membuat hadiah perusahaan eksklusif dengan merangkul komunitas sosial tertentu. Selain terkesan trendy dan relevan dengan isu masa kini, topik-topik tersebut tentunya mampu menciptakan citra yang baik di mata publik serta melambangkan misi perusahaan.

Demikian penjelasan lengkap terkait corporate gift sebagai hadiah perusahaan yang eksklusif dan jenisnya berdasarkan penerima. Meskipun masih sering dilihat sebagai hal sederhana, pemberian hadiah perusahaan nyatanya berdampak signifikan terhadap keberlangsungan bisnis perusahaan.

Untuk memudahkan Anda menentukan hadiah perusahaan yang penuh makna sekaligus kekinian, artikel berikut ini dapat menjadi referensi Anda: 15 Ide Produk Ramah Lingkungan untuk Bisnis dan Hadiah. Dalam artikel tersebut, Anda akan menemukan inspirasi hadiah perusahaan yang mengangkat isu lingkungan. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat