souvenir karyawan

15 Ide Souvenir Karyawan untuk Simbol Apresiasi Perusahaan

5 menit membaca

Memberikan apresiasi pada karyawan yang berkontribusi dalam kemajuan perusahaan merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan iklim positif dalam tempat kerja. Apresiasi tidak hanya diberikan dalam bentuk ucapan selamat ataupun piagam, melainkan juga dapat dilakukan dengan pemberian souvenir karyawan. 

Souvenir karyawan merupakan simbol apresiasi perusahaan terhadap loyalitas dan kinerja para karyawan. Apresiasi berupa souvenir berpotensi meningkatkan semangat kerja, sebab para karyawan merasa dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan.

Ada banyak jenis souvenir yang bisa Anda pilih sebagai hadiah karyawan. Namun sebelum itu, Anda juga dapat membaca artikel 15 Ide Souvenir Kantor Eksklusif, Inspiratif, dan masih jarang di Indonesia. Berikut lima belas ide souvenir karyawan sebagai simbol apresiasi. Yuk, disimak!

Souvenir Alat Tulis Eksklusif

Souvenir berupa pulpen eksklusif menambah kesan elegan pada souvenir karyawan (sumber freepik)

Salah satu barang yang kerap dijadikan sebagai souvenir kantor, salah satunya adalah alat tulis. Hal ini dikarenakan alat tulis sangat berguna untuk menunjang pekerjaan sehari-hari seperti surat menyurat, penulisan dokumen, dan lain-lain.

Alat tulis eksklusif sebagai souvenir  merupakan hadiah karyawan yang istimewa. Dengan memberikan alat tulis eksklusif, para karyawan yang mendapat apresiasi akan merasa dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan. Berikut beberapa rekomendasi alat tulis eksklusif yang bisa jadi inspirasi Anda.

1. Pulpen Eksklusif

Souvenir karyawan berupa Pulpen eksklusif menawarkan sentuhan elegan yang dapat meningkatkan citra perusahaan di mata karyawan. Ketika menerimanya, karyawan akan merasa dihargai, sebab souvenir tersebut tidak hanya memiliki nilai fungsional tetapi juga memiliki nilai estetika.

2. Note Book

Kualitas menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan saat memberi souvenir karyawan. Notebook eksklusif umumnya terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti kulit sintetis atau kulit asli. Bahan-bahan tersebut tidak hanya memberikan kemewahan, namun juga memiliki kualitas tahan lama.

3. Highlighter

Pemberian Highlighter sebagai souvenir karyawan bisa menjadi cara unik untuk mendorong kreativitas di tempat kerja, yang mampu menciptakan ide-ide segar. Highlighter memberikan nilai tambah souvenir, karena tidak hanya berfungsi sebagai alat tulis, tetapi juga sebagai alat untuk menggali kreativitas.

Baca juga:  Anti Bosan, Ini 8 Inspirasi Dekorasi Meja Kerja Untuk Tingkatkan Produktivitas Anda

4. Cutter

Alat tulis kantor lainnya yang bisa dipilih sebagai souvenir karyawan adalah cutter. Alat pemotong ini merupakan benda yang multifungsi dan dapat digunakan di banyak kondisi. Pilih cutter dengan desain ergonomis yang memberikan kenyamanan, sehingga pemakaian cutter menjadi menjadi lebih aman untuk karyawan.

5. Kalkulator

Kalkulator adalah alat yang fungsional di setiap perhitungan. Memberikan kalkulator kepada karyawan menunjukkan bahwa perusahaan ingin mempermudah pekerjaan karyawannya. Personalisasi kalkulator dengan motivasi atau logo perusahaan dapat menambahkan sentuhan pribadi pada souvenir.

SOUVENIR BARANG KEBUTUHAN SEHARI-HARI

Tote bag ataupun pouch kain merupakan barang kebutuhan sehari-hari yang bisa dijadikan sebagai souvenir karyawan (sumber: pexels)

Memberikan barang kebutuhan sehari-hari sebagai souvenir karyawan tidak hanya memastikan kegunaan yang langsung, tetapi juga menunjukkan perhatian perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan. Dengan begitu, souvenir tidak hanya menjadi pajangan, melainkan dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. 

Ada banyak barang fungsional yang dapat jadi ide Anda untuk memberikan souvenir kepada kepada karyawan. Berikut rekomendasi souvenir barang kebutuhan sehari hari

1. Tumbler

Tumbler bisa menjadi pilihan souvenir yang bermanfaat bagi karyawan. Souvenir ini dapat digunakan sehari-hari, bukan hanya sekadar pajangan. Secara tidak langsung, souvenir berupa tumbler mengkampanyekan  kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.

2. Tote bag

Selain tumbler, totebag juga menjadi souvenir karyawan yang ramah lingkungan dan fungsional. Pilih tote bag yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti kanvas atau bahan serat yang tahan air. Hal ini guna memastikan tote bag dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Payung

Souvenir payung termasuk souvenir yang bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari. Benda multifungsi ini dapat melindungi karyawan dari panas ataupun hujan. Selain diberikan sebagai souvenir karyawan, payung juga bisa jadi aset kantor. Payung yang dipersonalisasi dengan identitas perusahaan, berpotensi meningkatkan kesadaran merek masyarakat ketika payung tersebut digunakan.

Baca juga:  13 Ide Hadiah Natal Virtual yang Unik dan Harganya Murah

4. Powerbank

Powerbank merupakan alat elektronik yang sangat bermanfaat untuk menunjang produktivitas sehari-hari. Memberikan souvenir karyawan berupa powerbank, menunjukkan bukti kepedulian perusahaan terhadap produktivitas karyawannya. Powerbank yang didesain dengan tampilan mewah tak hanya menjadi barang yang fungsionalis, tetapi juga memiliki nilai estetika. 

5. Kipas Tangan Elektrik

Barang sehari-hari lainnya yang dapat Anda pilih sebagai souvenir perusahaan adalah kipas tangan elektrik. Souvenir karyawan berupa kipas tangan elektrik sangat berguna dalam kebutuhan sehari-hari untuk mengurangi panas, yang berpotensi mengganggu produktivitas. Kipas yang dipersonalisasi dengan identitas perusahaan, secara tidak langsung dapat meningkatkan brand awarness perusahaan ketika kipas tersebut digunakan oleh orang lain di luar karyawan Anda. 

Souvenir Barang-Barang Eco Friendly

Souvenir eco friendly menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan (sumber: freepik)

Selain mementingkan nilai estetika, pemilihan souvenir karyawan juga perlu mempertimbangkan beberapa aspek, seperti fungsional dan dampak dari souvenir itu sendiri. Memilih souvenir berupa barang-barang eco friendly, menununjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap lingkungan. 

Barang-barang eco friendly tidak hanya memiliki nilai fungsional, tetapi juga memiliki nilai estetika dan ramah lingkungan. Berikut barang-barang eco friendly yang bisa jadi ide souvenir Anda.

1. Travel mug

Selain tumbler, Anda juga dapat memilih travel mug sebagai ide souvenir karyawan. Pemberian souvenir berupa travel mug memungkinkan karyawan untuk membawanya bepergian, seperti ke cafe ataupun saat traveling. Souvenir berupa travel mug dapat meminimalisir  sampah plastik bekas minuman, yang sulit terurai. 

2. Tempat Pensil Berbahan Kayu

Memilih kotak pensil berbahan kayu sebagai souvenir  karyawan tidak hanya menciptakan nilai estetika, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan. Desainnya yang sederhana dan alami dapat memberikan sentuhan elegan pada meja kerja karyawan.

3. Tas Belanja

Tas belanja ramah lingkungan adalah pilihan souvenir yang tidak hanya praktis, tetapi juga mendukung gaya hidup berkelanjutan. Pilih tas belanja yang dapat dilipat menjadi kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Hal ini memberikan kemudahan pada karyawan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Marketing untuk Strategi Pemasaran

4. Alat Makan Kayu

Kayu adalah bahan yang tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, souvenir karyawan berupa alat makan kayu dapat menjadi souvenir yang memberikan manfaat jangka panjang. Selain memiliki nilai estetika, souvenir berupa alat makan merupakan upaya mengurangi penggunaan alat makan sekali pakai. 

5. Lilin Aromaterapi

Souvenir ramah lingkungan lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan souvenir karyawan adalah lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi dengan aroma yang menenangkan seperti lavender, eucalyptus, atau chamomile dapat membantu menciptakan suasana relaksasi di tempat kerja. Souvenir ini tak hanya memberikan nilai estetika, tetapi bantu menciptakan ketenangan di tempat kerja. 

Itu dia lima belas souvenir karyawan sebagai simbol apresiasi. Dalam perjalanan panjang suatu perusahaan, tak ada yang lebih berharga daripada ungkapan apresiasi. Souvenir karyawan adalah bukti nyata bahwa perusahaan menghargai setiap langkah, usaha, dan dedikasi karyawan. 
Dari tas belanja ramah lingkungan hingga alat makan kayu yang elegan, setiap item adalah simbol keberlanjutan dan perhatian perusahaan terhadap lingkungan. Menjelang akhir tahun, Anda juga dapat mencari inspirasi souvenir akhir tahun melalui artikel 15 Ide Souvenir Natal yang Unik dan Menarik Sebagai Hadiah. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat