Fungsi souvenir karyawan

7 Fungsi Souvenir Karyawan dan Momen tepat Membagikannya

4 menit membaca

Karyawan merupakan aset berharga bagi setiap perusahaan. Tanpa karyawan, perusahaan tidak akan bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh sebab itu, setiap perusahaan wajib menjamin kesejahteraan karyawannya agar misi perusahaan dapat terealisasikan dengan baik. 

Salah satu cara mensejahterakan karyawan adalah dengan memberikan hadiah karyawan atau apresiasi.. Apresiasi tidak hanya dilakukan dengan memberi pujian atau ucapan selamat, melainkan juga dapat dilakukan dengan cara pemberian souvenir kantor.

Souvenir karyawan dapat menjadi simbol apresiasi bagi karyawan yang telah berdedikasi tinggi terhadap perusahaan. Apresiasi diberikan secara adil, termasuk kepada karyawan yang akan pensiun. Ide hadiah apresiasi untuk karyawan yang akan pensiun dapat Anda temukan di artikel Hadiah Berkesan Buat Karyawan Pensiun Apa Saja?. Selamat membaca!

FUNGSI SOUVENIR KARYAWAN

Souvenir karyawan dapat berfungsi untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja
(sumber: freepik)

Selain pengalaman kerja, karyawan yang bergabung dengan sebuah perusahaan juga  membawa potongan kecil perusahaan yang diwujudkan dalam bentuk souvenir. Setiap detail dalam souvenir, mulai dari logo hingga motto dapat menjadi kenangan dari perjalanan panjang yang telah dilalui karyawan. 

Walau keberadaannya kurang dihiraukan, namun sejatinya souvenir karyawan memiliki beberapa fungsi penting dengan makna mendalam bagi karyawan. Berikut tujuh fungsi dari souvenir karyawan.

1. Simbol Apresiasi Perusahaan

Souvenir karyawan dapat menjadi simbol apresiasi perusahaan kepada karyawan. Pemberian souvenir merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan atas pencapaian dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Adanya souvenir sebagai simbol apresiasi dapat memacu semangat karyawan untuk bekerja lebih giat. Para karyawan akan merasa kontribusi mereka dihargai oleh perusahaan, sehingga mereka tidak segan-segan meningkatkan loyalitasnya.

2. Mempererat Hubungan Karyawan dengan Perusahaan

Souvenir dapat menyimpan kenangan dan emosi positif terkait perusahaan. Setiap kali karyawan melihat atau menggunakan souvenir tesebut, mereka akan ingat pada momen-momen bersama dan memupuk hubungan emosional yang kuat.

Baca juga:  Wajib dibawa! 10 Travel kit penting yang harus kamu punya

Dalam rangka mempererat hubungan antara perusahaan dan karyawan,  pemberian souvenir karyawan menjadi langkah kecil yang dapat membawa dampak besar. Souvenir bukan hanya sebagai benda, melainkan sebagai pembawa pesan bahwa setiap karyawan memiliki peran penting dalam kemajuan perusahaan.

3. Membangun Identitas Perusahaan

Saat karyawan membawa souvenir di luar lingkungan kerja, secara tidak langsung hal tersebut menjadi ajang memperkenalkan perusahaan kepada dunia luar.

Souvenir karyawan juga dapat menunjukkan loyalitas perusahaan kepada karyawannya. Memberikan apresiasi berupa souvenir, menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan para karyawannya. 

4. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Memberikan souvenir sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan, dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan. Pemberian souvenir karyawan membuat karyawan merasa dihargai, sehingga mereka tidak segan memberikan loyalitasnya pada perusahaan. 

Perusahaan dengan lingkungan kerja yang positif memacu karyawan untuk terus meningkatkan kualitas kerjanya. Mereka akan berusaha membantu perusahaan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. 

5. Meningkatkan Brand Awarness Perusahaan

Souvenir karyawan berupa barang sehari-hari, seperti tumbler atau USB drive, memberikan peluang untuk promosi perusahaan. Setiap kali souvenir digunakan, hal  itu menciptakan kesempatan untuk membangun kesadaran merek.

Souvenir yang unik berpotensi tampil di media sosial. Saat karyawan membagikan foto souvenir mereka di platform media sosial, hal ini dapat menciptakan efek viral yang dapat memperluas jangkauan perusahaan secara online.

6. Memupuk Rasa Kepemilikan

Souvenir karyawan juga dapat memupuk rasa kepemilikan. Para karyawan yang mendapatkan souvenir akan merasa jadi bagian dari sebuah komunitas yang besar.  Karyawan akan merasa menjadi bagian dari perjalanan panjang kesuksesan perusahaan.

Souvenir karyawan yang seragam, seperti kaos ataupun topi dapat menciptakan rasa kebersamaan di antara karyawan. Saat mengenakan souvenir tersebut, akan timbul ikatan emosional yang memperkuat hubungan antar anggota tim.

Baca juga:  Ingin Memeriahkan Acara Perpisahan Sekolah? Ini 10 Ide Souvenir Perpisahan Sekolah Untuk Guru dan Teman

7. Menciptakan Lingkungan kerja yang positif

Fungsi souvenir karyawan lainnya adalah dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif.  Pemberian souvenir berkulitas tinggi, karyawan akan merasa dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan. 

Saat merasa dihargai, karyawan akan senantiasa memberikan kinerja terbaiknya pada perusahaan. Dengan begitu pekerjaan akan berjalan lancar, sehingga tujuan perusahaan semakin cepat terwujud. 

MOMEN YANG TEPAT UNTUK BERBAGI SOUVENIR KARYAWAN

Pemberian souvenir karyawan dapat dilakukan di momen penting, seperti Aniversary perusahaan (sumber: freepik)

Pemberian souvenir  karyawan umumnya dilakukan di momen-momen penting, seperti perayaan  ulang tahun perusahaan. Dengan adanya pemberian souvenir, momen penting akan semakin berarti dan terkenang oleh para karyawan. Jika perusahaan Anda berencana untuk berbagi souvenir karyawan, berikut momen yang tepat untuk membagikannya. 

1. Aniversary Perusahaan

Perayaan ulang tahun perusahaan menjadi momen yang ideal untuk memberikan souvenir karyawan. Pada momen ini perusahaan tidak hanya merayakan kesuksesannya, tetapi juga memberi apresiasi pada dedikasi karyawan yang turut membantu perusahaan.

Pemberian souvenir membuat perayaan menjadi bermakna tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga para karyawan yang terlibat dalam acara. Karyawan merasa kontribusinya terhadap kesuksesan perusahaan diapresiasi.

2. Hari Raya Keagamaan

Perayaan hari raya keagaamaan menjadi waktu yang pas untuk memberikan apresiasi kepada karyawan. Souvenir dengan tema hari raya dapat menciptakan atmosfer yang ceria dan memberikan sentuhan kehangatan kepada seluruh tim.

Hari raya keagamaan  menjadi waktu yang penuh kasih sayang dan saling berbagi. Souvenir karyawan yang diberikan pada momen ini mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan yang mendasari keberagaman di tempat kerja.

3. Momen Akhir Tahun

Akhir tahun menjadi waktu yang ideal untuk menghargai kontribusi dan kerja keras karyawan sepanjang tahun. Souvenir karyawan menjadi simbol penghargaan dan terima kasih dari perusahaan terhadap dedikasi mereka.

Baca juga:  Onboarding Kit: Pengertian dan Alasan Pentingnya Bagi Perusahaan

Pemberian souvenir di momen akhir tahun bukan hanya tentang pemberian barang fisik, tetapi juga menciptakan momen kebersamaan dan merayakan keberhasilan bersama. 

4. Promosi atau Kenaikan Pangkat

Perayaan promosi atau kenaikan pangkat menjadi momen yang pas untuk memberikan apresiasi berupa souvenir karyawan. Dengan begitu, kebahagiaan bisa dirasakan oleh seluruh karyawan. 

Pemberian souvenir apresiasi dapat menjadi motivasi karyawan untuk terus meningkatkan kinerjanya. Jika kinerjanya semakin baik, maka karyawan tersebut berpotensi untuk mendapatkan kenaikan pangkat.

5. Gathering Perusahaan

Souvenir yang diberikan pada saat gathering dapat menciptakan atmosfer positif yang mengangkat semangat karyawan. Karyawan yang mendapat souvenir berpotensi meningkatkan produktivitas kerjanya. 

Souvenir juga menjadi kenang-kenangan dari acara gathering. Setiap kali karyawan melihat souvenir tersebut, mereka akan ingan dengan momen-momen menyenangkan dan kolaboratif selama acara.

Souvenir karyawan menjadi jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan karyawan. Walaupun sederhana, souvenir dapat berfungsi untuk menciptakan kenangan indah dan meningkatkan semangat kolaborasi. 

Setiap souvenir memiliki makna mendalam, seperti simbol penghargaan, rasa kepemilikan, atau pun dorongan untuk meningkatkan kinerja. 
Selain souvenir karyawan, Anda juga bisa memahami manfaat souvenir untuk kebutuhan profesional melalui artikel 7 Manfaat Souvenir Akhir Tahun Bagi Kebutuhan Profesional berikut. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat