Onboarding Kit: Pengertian dan Alasan Pentingnya Bagi Perusahaan

5 menit membaca

Apakah Anda tengah mempertimbangkan pemberian onboarding kit bagi karyawan yang baru bergabung di perusahaan Anda? Bergabung dengan sebuah perusahaan yang baru tentu menciptakan tantangan tersendiri bagi karyawan baru. Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan memerlukan penyesuaian, seperti tanggung jawab, etika kerja, dan budaya kerja perusahaan secara keseluruhan.

Itulah sebabnya, program onboarding menjadi sangat penting dan perlu dirancang sedemikian rupa. Masa pengenalan karyawan dalam program onboarding ini dapat dilangsungkan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Pada masa ini, karyawan baru akan menjalani transisi dan adaptasi hingga sukses terintegrasi ke perusahaan.

Jika karyawan baru merasa puas dengan proses onboarding di perusahaan Anda, maka akan meninggalkan kesan yang baik tang erat kaitannya dengan tingginya rasa kepemilikan, kesetiaan, dan kebanggaan menjadi bagian dari perusahaan. Dalam artikel ini, Anda akan melihat lebih dekat tentang onboarding kit sebagai salah satu keperluan penting demi menyukseskan proses onboarding bagi karyawan baru!

Apa Itu Onboarding Kit?

Sebelum mengetahui apa itu onboarding kit, penting untuk memahami apa itu onboarding terlebih dahulu. Secara sederhana, onboarding adalah proses “menyambut” karyawan baru agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan.

Melalui program ini, karyawan baru akan diperkenalkan dengan tempat kerja, budaya perusahaan, jenis pekerjaan yang dilakukan, serta cara berkomunikasi dengan sesama rekan di perusahaan, terutama mereka yang terlibat dalam proyek yang sama. Pada intinya, onboarding adalah sebuah program yang bertujuan membantu karyawan baru menyesuaikan diri dengan tempat kerja.

Untuk mendukung proses onboarding ini dibutuhkan onboarding kit. Pada dasarnya, onboarding kit merupakan sekumpulan dokumen atau barang yang dapat membantu anggota tim atau karyawan baru untuk mempelajari lebih lanjut tentang peran dan bagaimana perusahaan beroperasi. Onboarding kit biasanya diberikan kepada karyawan baru di masa awal mereka bergabung dengan perusahaan.

Mengapa Onboarding Kit Penting Untuk Perusahaan?

Terdapat berbagai manfaat yang didapatkan dari pemberian onboarding kit untuk karyawan baru (Sumber: freepik.com)

1. Menciptakan kesan pertama yang positif

Onboarding kit mampu memberikan kesan pertama yang positif kepada karyawan yang baru bergabung dengan perusahaan Anda. Melalui penyediaan informasi, materi, dan barang-barang berkualitas tinggi yang dirancang dengan baik dan sesuai kebutuhan, perusahaan menunjukkan komitmennya untuk memberikan pengalaman kerja yang memuaskan. Melalui penyediaan sumber daya yang terstruktur dan informatif, perusahaan juga memfasilitasi karyawan baru untuk lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja dan tugas-tugas yang dihadapi.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Imlek Unik untuk Klien dan Rekan Bisnis

Tidak hanya itu, pengalaman onboarding yang positif juga membantu memperkuat citra positif perusahaan di mata karyawan baru. Mereka merasa dihargai dan didukung sejak awal, yang dapat meningkatkan rasa percaya dan loyalitas terhadap merek perusahaan serta memperpanjang retensi karyawan dalam jangka panjang.

2. Membantu proses adaptasi dan pengenalan tanggung jawab

Proses onboarding merupakan strategi penting bagi para pekerja baru agar dapat menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang berlaku di perusahaan. Selain itu, proses ini juga mencakup kesempatan bagi HRD untuk memfasilitasi interaksi antara karyawan baru dengan rekan kerja lainnya.

Perusahaan Anda harus memastikan tersedianya sarana komunikasi yang efektif antara karyawan baru dan lama juga sehingga secara tidak langsung akan mendukung kelancaran aktivitas perusahaan. Dengan memberikan panduan yang jelas dalam onboarding kit mengenai ekspektasi perusahaan, karyawan baru dapat beradaptasi dengan lebih baik dan siap menjalankan tugas mereka.

Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi kebingungan dan meningkatkan pemahaman mereka dalam bekerja. Dengan demikian, pemberian hadiah di masa awal bekerja tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan perusahaan kepada karyawan baru, tetapi juga sebagai instrumen penting dalam membangun fondasi yang kuat bagi kesuksesan mereka di tempat kerja.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara terbaik untuk mendukung proses adaptasi karyawan baru di perusahaan Anda, bacalah artikel berikut ini: Tips Agar Karyawan Baru Gampang Adaptasi dan Hal Pertama yang Wajib Dilakukan Saat Bekerja. Anda akan melihat lebih dalam tentang tips beserta hal wajib untuk dilakukan untuk mendukung adaptasi karyawan baru. Selamat membaca!

3. Meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan

Onboarding kit memiliki potensi untuk meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan. Berdasarkan survei, satu dari sepuluh karyawan baru memilih untuk meninggalkan perusahaan karena pengalaman onboarding yang kurang memuaskan. Selain itu, 37% karyawan mengindikasikan bahwa manajemen seringkali tidak memberikan dukungan yang cukup selama periode awal ini.

Baca juga:  Mau Harga Souvenir Pernikahan yang Lebih Murah? Ikuti 8 Tips Berikut Ini!

Di samping itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa 87% karyawan yang merasa nyaman dalam lingkungan kerjanya akan berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan untuk berhenti. Hal ini menandakan bahwa perusahaan yang berhasil memberikan pengalaman onboarding yang baik memiliki tingkat retensi karyawan yang hingga lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memprioritaskan pengalaman serupa.

Dengan demikian, investasi dalam pengembangan onboarding kit tidak hanya berdampak pada kesuksesan awal karyawan baru, tetapi juga pada kesetiaan jangka panjang mereka terhadap perusahaan.

4. Mendukung kepercayaan diri pekerja

Peran penting dari onboarding kit yang selanjutnya adalah meningkatkan kepercayaan diri para pekerja. Dengan menyajikan informasi yang lengkap dan materi yang relevan, kit tersebut membantu pekerja baru merasa lebih siap menghadapi tugas-tugas yang dihadapinya di lingkungan kerja baru.

Selain itu, kit tersebut juga dapat memberikan panduan yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka, sehingga membantu meningkatkan keyakinan mereka dalam menjalankan tanggung jawab mereka dengan lebih percaya diri. Dengan demikian, onboarding kit tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan perusahaan kepada karyawan baru, tetapi juga sebagai sumber daya yang penting dalam membangun rasa percaya diri yang kuat bagi mereka di tempat kerja.

5. Menunjang produktivitas

Pegawai baru umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya enam hingga satu tahun, untuk mencapai tingkat produktivitas maksimal. Faktor ini disebabkan oleh proses penyesuaian yang memakan waktu bagi karyawan baru. Oleh karena itu, penting bagi HRD untuk memberikan arahan yang tepat kepada karyawan baru guna mempercepat proses adaptasi mereka.

Melalui proses onboarding yang optimal, produktivitas perusahaan dapat meningkat hingga lebih dari 70%. Dalam proses ini, HRD memiliki peran penting dalam menjelaskan tujuan yang telah ditetapkan dan memantau perkembangan adaptasi karyawan baru. Dengan menyediakan informasi yang terstruktur dan jelas, onboarding kit membantu karyawan baru menjadi lebih produktif dengan lebih cepat. Penting juga untuk memastikan bahwa karyawan baru memahami dengan baik apa yang diharapkan dari posisi yang mereka tempati.

Sebagai contoh, alat tulis dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait alat tulis dan upaya untuk memaksimalkan produktivitas karyawan: 7 Manfaat Alat Tulis Aesthetic Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan. Selamat membaca!

Baca juga:  25 Inspirasi Model Baju Anak Perempuan dan Laki-laki yang Bagus

6. Memudahkan proses rekrutmen selanjutnya

Onboarding kit mempermudah proses rekrutmen selanjutnya dengan mempersiapkan strategi bagi HRD untuk memberikan pengalaman orientasi yang luar biasa kepada pegawai baru. Selain membantu perusahaan mempertahankan bakat terbaik, pengalaman positif ini juga mendorong pekerja untuk merekomendasikan individu berbakat lainnya untuk bergabung dengan perusahaan.

Dengan demikian, onboarding kit tidak hanya menjadi alat efektif, cepat, dan ekonomis untuk mempromosikan citra perusahaan, tetapi juga memudahkan HRD dalam pencarian dan penarikan kandidat baru yang sesuai untuk mengisi posisi-posisi yang diperlukan.

7. Membantu tercapainya visi dan misi perusahaan

Onboarding kit berperan penting dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan dengan mengintegrasikan penjelasan mengenai visi dan misi perusahaan Anda dalam programnya. Pemaparan yang jelas tentang visi dan misi tersebut membantu karyawan baru memahami tujuan utama perusahaan.

Dengan pemahaman yang kuat tentang tujuan tersebut, karyawan baru akan merasa lebih termotivasi untuk berkontribusi dalam perkembangan bisnis perusahaan dan berperan aktif dalam mencapai visi dan misi tersebut. Selain itu, kehadiran onboarding kit juga memastikan bahwa pesan-pesan terkait visi dan misi perusahaan disampaikan secara konsisten kepada setiap anggota tim baru, yang pada gilirannya memperkuat keselarasan dan komitmen organisasional perusahaan Anda.

8. Mendukung branding perusahaan

Onboarding kit mampu memberikan kesempatan untuk mencerminkan elemen visual dan pesan merek perusahaan secara konsisten sehingga berperan penting dalam mendukung branding perusahaan. Dengan memastikan bahwa branding perusahaan terintegrasi secara konsisten dalam onboarding kit, perusahaan dapat mengomunikasikan identitas mereknya dengan jelas dan kuat kepada karyawan baru.

Hal ini tidak hanya membantu memperkuat citra merek perusahaan di antara anggota tim yang beragam, tetapi juga menciptakan pengalaman yang konsisten dan berkesan bagi karyawan baru. Pada akhirnya, hal ini dapat meningkatkan rasa kebanggaan dan loyalitas terhadap merek perusahaan tersebut.

Itu dia beberapa alasan kuat mengapa onboarding kit penting untuk diberikan kepada karyawan baru. Apakah Anda berniat mempersembahkan kit tersebut untuk karyawan baru di perusahaan Anda? Lokasoka siap membantu Anda.

Di Lokasoka, onboarding kit perusahaan Anda tidak hanya berisi barang-barang spesial yang dapat dipersonalisasi, tetapi juga turut berkontribusi dalam mendukung pengrajin lokal yang ada di Indonesia.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat