15 Rekomendasi Onboarding Kit yang Cocok Untuk Milenial dan Gen Z di Tahun 2024

7 menit membaca

Kesempatan terbaik bagi sebuah perusahaan untuk memberikan kesan positif bagi karyawan baru dimulai dari proses pengenalan atau onboarding. Hal ini juga didukung oleh seorang ahli Sumber Daya Manusia yang dikutip oleh Thinkwise, bahwa proses onboarding yang efektif dapat memengaruhi secara positif maupun negatif bagi seorang karyawan baru. Jika kesan yang dihasilkan positif, maka mereka akan mampu beradaptasi dengan organisasi dan meningkatkan motivasi kerja dalam 90 hari pertama.

Pada intinya, memberikan onboarding kit kepada karyawan baru yang berisi berbagai hadiah perusahaan pada hari pertama kerja akan membantu perusahaan Anda mendapatkan berbagai manfaat positif. Lantas, hadiah apa saja yang dapat Anda berikan kepada karyawan baru di perusahaan Anda. Berikut beberapa rekomendasi hadiah untuk karyawan Milenial dan Gen Z.

Sebelum itu, jika Anda sedang mencari inspirasi souvenir untuk peserta magang di perusahaan Anda, bacalah artikel berikut ini: 10 Rekomendasi Souvenir Magang Anti Mainstream dan Kreatif. Anda akan mendapat ide souvenir magang yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan tren terkini. Selamat membaca!

1. Paket informasi

Pilihan hadiah yang pertama adalah paket informasi sebagai panduan atau kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh seorang karyawan baru. Anda dapat menyiapkan paket berisi semua informasi penting, mencetak, dan meletakkannya dalam map berkualitas tinggi untuk dimasukkan ke dalam onboarding kit.

Paket yang satu ini dapat mencakup welcoming letter, informasi tentang kontrak kerja dan formulir HR lainnya, struktur organisasi perusahaan atau informasi kontak untuk orang-orang penting, informasi jadwal, agenda untuk beberapa hari atau minggu pertama kerja, hingga buku panduan karyawan

2. Paket mug dan notebook

Paket mug dan notebook untuk karyawan baru di perusahaan Anda (Sumber: pinterest.com)

Paket mug dan notebook dapat menjadi cara yang cerdas dan berguna untuk menciptakan hadiah selamat datang yang unik dan berkesan bagi karyawan baru. Saat mereka menggunakan mug, baik di meja kerja atau di rumah, mereka akan merasa terhubung dengan identitas merek perusahaan dan merupakan cara praktis untuk mempromosikan perusahaan secara organik, baik di dalam maupun di luar kantor.

Sementara itu, notebook dapat menjadi alat yang berguna bagi karyawan baru untuk mencatat catatan, tujuan, dan pengalaman mereka selama proses onboarding dan setelahnya. Secara keseluruhan, menggabungkan mug dan notebook perusahaan ke dalam onboarding kit adalah cara yang efektif dan merupakan investasi yang berharga dalam membangun keterlibatan karyawan jangka panjang dan meningkatkan retensi karyawan.

Baca juga:  101 Ide Hadiah Lomba 17 Agustus Cocok Buat Ibu-Ibu, Anak-Anak, dan Remaja

3. Set kopi dan minuman coklat

Jika karyawan baru Anda gemar minum kopi atau coklat, paket kopi dan coklat seduh dapat menjadi pilihan yang sempurna. Paket ini dapat berisi berbagai jenis kopi dan coklat seduh berkualitas tinggi, seperti biji kopi lokal yang dipanggang secara artisanal atau coklat gourmet.

Anda juga dapat melengkapinya dengan instruksi penyeduhan yang jelas dan sederhana, serta beberapa tambahan seperti gula, krim, atau marshmallow untuk menyesuaikan minuman mereka. Bila perlu, tambahkan beberapa item tambahan yang akan meningkatkan pengalaman minum mereka, seperti cangkir atau gelas khusus dengan logo perusahaan, sendok pengaduk yang ramah lingkungan, atau kartu ucapan kecil dengan ucapan selamat datang.

4. Buku atau materi terkait bidang pekerjaan

Sebagai bagian dari paket onboarding untuk karyawan baru, Anda dapat menyertakan buku terkait bidang pekerjaan yang relevan dengan peran mereka di perusahaan. Dengan memberikan sumber daya tambahan ini karyawan baru akan terbantu dalam memahami peran mereka dengan lebih baik dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan mereka dalam bidang tersebut.

Buku-buku tersebut harus dipilih dengan cermat dan dapat mencakup berbagai topik yang relevan. Buku-buku ini nantinya dapat menjadi sumber inspirasi dan wawasan yang berharga bagi karyawan baru saat mereka memulai perjalanan mereka di perusahaan Anda.

5. Commuter Tumbler & Snack Gift Set

Bagi karyawan yang berkomuter setiap hari, tumbler adalah pilihan yang tepat untuk diberikan sebagai onboarding kit. Jenis tumbler stainless berkualitas baik untuk menjaga minuman pilihan mereka pada suhu yang sempurna selama perjalanan mereka berkomuter.

Agar semakin lengkap, Anda dapat menambahkan camilan atau snack dalam paket tersebut. Bila perlu, tambahkan pula kartu ucapan untuk sentuhan emosional tambahan. Hadiah semacam ini mampu memberikan sedikit kemudahan bagi mereka karena dirancang untuk karyawan yang selalu sibuk.

6. Paket peralatan eco-friendly

Saat ini, gaya hidup berkelanjutan dan kesadaran lingkungan bukan hanya menjadi tren, tetapi mulai menjadi gaya hidup atau norma baru, terutama di kalangan Milenial dan Gen Z. Sejalan dengan hal ini, Anda dapat menyiapkan barang-barang barang-barang yang tidak hanya fungsional, tetapi juga berkelanjutan seperti satu set penyimpanan makanan. Dengan begitu, perusahaan menunjukkan komitmen mereka terhadap praktik-praktik berkelanjutan.

Baca juga:  Mau Pesan Mug Souvenir? Cek 6 Jenis Mug yang Cocok Untuk Dijadikan Sebagai Souvenir Kantor

Paket ini dapat terdiri dari berbagai barang, misalnya sebuah mug dan mangkuk keramik, botol minum, peralatan makan stainless steel yang dapat digunakan berulang kali, dan sebuah tas penyimpanan. Dengan memberikan onboarding kit yang satu ini akan memudahkan karyawan baru membawa bekal makan siang mereka ke tempat kerja dengan gaya hidup yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

7. Paket camilan

Hadiah yang satu ini akan mampu memberi energi kepada karyawan baru sejak hari pertama mereka bekerja. Hari-hari pertama bekerja di tempat baru mungkin akan terasa lebih panjang dan melelahkan. Onboarding kit ini dapat diletakkan di meja kerja mereka untuk langsung mereka terima di hari pertama kedatangan mereka di perusahaan Anda.

Paket yang diberikan dapat berisi camilan yang tahan lama, seperti bar granola, kacang-kacangan, biskuit, dan buah kering. Jika di daerah perusahaan Anda terdapat makanan khas, Anda dapat menyertakannya pula untuk memberi sentuhan lokal. Jangan lupa untuk mempertimbangkan potensi alergi yang dimiliki karyawan saat memilih camilan.

8. Kit aksesoris teknologi

Bukan hanya kebutuhan teknologi atau perangkat dasar seperti komputer atau laptop, kit aksesoris teknologi juga memberikan dukungan yang sempurna bagi karyawan Milenial dan Gen Z. Dengan menyediakan perangkat dan aksesori teknologi yang diperlukan sejak awal, perusahaan mampu membantu memastikan bahwa karyawan dapat mulai bekerja secara produktif tanpa hambatan serta menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan dan kebutuhan karyawan. Kit ini dapat berisi mouse, alas mouse, kacamata blue light, headphone, atau laptop sleeve.

9. Mental Wealth Box

Mental Wealth Box merupakan hadiah yang sangat berharga untuk onboarding kit perusahaan, khususnya dalam menghadapi tantangan kesejahteraan mental di lingkungan kerja saat ini. Dalam Mental Wealth Box, perusahaan Anda dapat menyertakan berbagai item seperti buku atau jurnal tentang kesehatan mental, panduan meditasi atau latihan pernapasan untuk mengelola stres, sumber daya tentang manajemen waktu dan keseimbangan kehidupan kerja-pribadi, serta informasi tentang layanan kesehatan mental yang tersedia untuk karyawan.

10. Perlengkapan kesehatan dan kebugaran

Self-care dan kesehatan merupakan salah satu prioritas utama karyawan, termasuk karyawan Milenial dan Gen Z. Bagi mereka, hadiah semacam ini dapat membantu mendorong keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi bagi karyawan.

Baca juga:  Rekomendasi Bahan Souvenir Terbaik Untuk Kebutuhan Anda

Ketika menerima onboarding kit yang mendukung gaya hidup, mereka akan merasakan kehangatan dan perhatian perusahaan Anda. Contohnya termasuk matras yoga, kartu keanggotaan gym, botol air, atau perangkat fitness digital.

11. Produk perusahaan

Jika perusahaan Anda menjual produk fisik, seperti kosmetik, peralatan rumah tangga, atau makanan ringan, pertimbangkan untuk menyertakan sampel produk tersebut dalam kit onboarding. Hal ini memberi kesempatan kepada karyawan baru untuk menggunakan produk tersebut secara langsung dan mendapatkan pengalaman langsung dengan merek perusahaan.

12. Merchandise perusahaan

Merchandise perusahaan untuk onboarding kit perusahaan Anda dapat dipesan di Lokasoka

Merchandise berlogo perusahaan, seperti kaos, kalender, tumbler, atau tote bag, dapat menjadi pilihan terbaik untuk diberikan sebagai kit onboarding sebagai cara untuk memperkenalkan identitas merek perusahaan kepada karyawan baru. Dengan memberikan hadian ini, perusahaan Anda dapat memberikan kesan positif tentang budaya perusahaan dan meningkatkan rasa kebanggaan karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

13. Work from home kit

Terdapat banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya secara online. Apakah perusahaan Anda juga memberlakukan sistem work from home? Jika iya, kit ini akan membantu karyawan baru Anda merasa siap dan nyaman saat bekerja dari rumah. Dengan menyediakan semua perlengkapan yang mereka butuhkan untuk bekerja secara efisien dan produktif dari rumah, Anda menunjukkan perhatian dan dukungan perusahaan terhadap kesejahteraan dan keberhasilan mereka, bahkan di lingkungan kerja yang berbeda.

14. Hiasan di kantor

Hadiah ini merupakan salah satu pelengkap di kantor yang akan meningkatkan kenyamanan karyawan selama bekerja. Tunjukkan kepada karyawan baru bahwa Anda peduli dengan menyediakan sesuatu yang istimewa, misalnya dengan memberikan tanaman. Tanaman dapat menambahkan nuansa alami yang menyambut di kantor dan membantu mereka sedikit rileks sejak hari pertama bekerja.

Namun, tidak semua orang menyukai tanaman atau mungkin kantor tidak mendapatkan cukup cahaya alami untuk tanaman berkembang. Anda bisa menawarkan tanaman tiruan atau hiasan yang lainnya. Beberapa ide untuk dekorasi meja misalnya bingkai foto, lampu meja, jam meja, atau benda seni seperti lukisan, poster, atau patung kecil.

15. Gift card

Gift card dapat diberikan sebagai onboarding kit jika Anda kesulitan untuk mengetahui hal apa yang karyawan baru Anda sukai. Hal ini karena gift card memberikan kebebasan bagi penerimanya untuk memiliki hadiah yang mereka inginkan.

Selain itu, hadiah ini juga memungkinkan karyawan Anda untuk menikmati pengalaman berbelanja yang meningkatkan faktor kebahagiaan. Pada akhirnya, hadiah ini tidak ribet, mudah didistribusikan, serta memiliki manfaat yang sangat banyak.

Jadi, hadiah apa yang akan Anda berikan untuk karyawan Milenial dan Gen Z yang baru bergabung di perusahaan Anda? Pertimbangkan segala hal dengan baik agar onboarding tersebut dapat mendukung proses adaptasi dan produktivitas karyawan!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat