Arti Kata Suvenir dan Manfaatnya dalam Kehidupan

5 menit membaca

Apresiasi merupakan cara seseorang untuk membalas atau berterima kasih kepada orang lain atas apa yang telah dilakukan. Mengapresiasi orang lain dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah dengan memberikan hadiah.

Hadiah apresiasi tidak harus selalu berupa barang mewah. Sebab, hadiah apresiasi pada dasarnya bertujuan untuk memperkuat hubungan antar individu. Hadiah sederhana, seperti pemberian suvenir, juga dapat menjadi kenang-kenangan yang berarti.

Pemberian suvenir sebagai bentuk apresiasi biasa ditemukan pada acara-acara formal ataupun resmi, seperti pernikahan, seminar,  ataupun perusahaan kepada kliennya. Pemberian suvenir bisa memiliki beberapa tujuan tergantung pada konteks dan kebutuhan acara. 

Jadi, apa sebenarnya makna memberikan suvenir dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari? berikut penjelasan tentang arti kata suvenir dan maknanya dalam kehidupan bermasyarakat. Sebelum itu, simak dulu Sejarah Souvenir yang Ada Sejak Zaman Kuno Dari Eropa. Yuk, disimak!

Arti Kata Suvenir

“Suvenir” merupakan konotasi kata yang tepat sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (sumber: freepik)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata “souvenir” merupakan bentuk tidak baku dari kata “suvenir”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konotasi atau penyebutan yang sebenarnya adalah “suvenir”.

Kata suvenir sendiri memiliki arti tanda mata, kenang-kenangan, ataupun cendera mata. Suvenir menjadi bukti bahwa seseorang pernah berada di suatu tempat, menjalani suatu kegiatan, serta  memperkuat ikatan kita dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. 

Pemberian suvenir tidak hanya menjadi hadiah ataupun pengingat atas suatu peristiwa yang pernah dilakukan. Sebab dalam hal ini pemberi suvenir mengungkapkan perhatian, kasih sayang, atau rasa terima kasih mereka kepada penerima yang telah berperan dalam hidupnya. Di sisi lain, penerima suvenir juga menerima ungkapan terima kasih tersebut dari pemberi yang menunjukkan rasa hangat dan kasih sayang.

Baca juga:  15 Rekomendasi Kotak Pensil Bagus dan Terbaik untuk Anak Sekolah

Makna Pemberian Suvenir

Suvenir dapat menjadi simbolis dari rasa terima kasih, atas dedikasi seseorang yang telah diberikan (sumber: freepik)

Suvenir lebih dari sekadar hadiah ataupun cindera mata yang diberikan  sebagai bentuk terima kasih seseorang. Walau terlihat sederhana, namun suvenir dapat menunjukkan bentuk perhatian, kasih sayang, dan rasa hormat pemberi kepada penerimanya. Berikut beberapa makna  dari pemberian suvenir. 

1. Ungkapan Kasih Sayang

Pemberian suvenir merupakan salah satu cara sederhana untuk mengungkapkan perhatian dan kasih sayang. Suvenir dapat menyimpan memori terkait hal-hal yang pernah dilalui bersama. 

Adanya suvenir juga menjadi pengingat akan pentingnya hubungan dan koneksi yang kita miliki dalam hidup. Hubungan yang baik dengan orang lain, akan menciptakan berbagai keuntungan dalam kehidupan, terutama dalam masyarakat.

2. Simbol Penghargaan dan Ucapan Terima Kasih

Penerimaan suvenir juga menjadi tanda penghargaan dan terima kasih seseorang atas kebaikan yang telah didapatkannya. Ketika Anda menerima suvenir dari orang lain, Anda akan merasakan apresiasi yang mendalam atas hubungan yang telah dibangun bersama. 

Suvenir menjadi simbol dari kehadiran dan dukungan yang berarti dan tak ternilai harganya dalam setiap langkah perjalanan kehidupan bermasyarakat. Sebab berkat kehadiran dan dukungan dari orang lain, setiap perjalanan akan terasa lebih mudah.

3. Simbol Apresiasi Atas Dedikasi

Suvenir kerap diberikan sebagai bentuk pengakuan terhadap pencapaian atau dedikasi seseorang. Benda ini bisa menjadi hadiah atas pekerjaan keras, prestasi, atau kontribusi yang luar biasa yang pernah dilakukan. 

Dengan memberikan suvenir, Anda tidak hanya menghargai apa yang telah dilakukan seseorang, tetapi juga menghargai  mereka sebagai individu. Suvenir dapat menjadi penghargaan atas kehadiran dan dukungan seseorang dalam kehidupan.

Baca juga:  Apa itu Gathering Kantor? Ini dia 5 Manfaat dan Persiapannya

4. Bentuk Koneksi Emosional

Suvenir lebih dari sekadar barang. Sebab suvenir merupakan simbol dari hubungan emosional antara penerima dengan pemberi. Ketika Anda menerima suvenir dari seseorang, Anda akan merasakan kehangatan dan koneksi emosional yang mendalam. 

Suvenir menjadi bukti bahwa Anda diingat, dipikirkan, dan dihargai oleh orang lain. Oleh sebab itu, suvenir yang telah didapat perlu disimpan sebaik mungkin supaya dapat menjadi pengingat yang baik.

5. Pengingat Momen Penting

Suvenir merupakan benda yang dapat menyimpan memori terkait momen-momen penting. Hal ini dikarenakan suvenir biasa dibagikan pada momen-momen penting, seperti pernikahan, pelantikan, seminar, dan lain-lain. 

Adanya suvenir menjadi pengingat bahwa Anda pernah terlibat dalam momen penting tersebut. Keberadaan Anda sedikit banyak membantu dalam kelancaran acara, oleh karena itu suvenir menjadi apresiasi atas dukungan Anda.

Jenis-Jenis Suvenir

Jenis suvenir dapat berbeda-beda, tergantung pada konteks dan tujuan dari pemberian suvenir itu sendiri (sumber: freepik)

Suvenir kerap dianggap sebagai sebuah hadiah apresiasi untuk seseorang. Jenis suvenir bervariasi tergantung pada konteksnya, dan ada banyak faktor yang mempengaruhi jenis suvenir yang dipilih. Berikut beberapa jenis suvenir yang umum ditemukan.

1. Suvenir Pernikahan

Suvenir pernikahan menjadi salah satu jenis suvenir yang sering ditemukan di masyarakat. Jenis suvenir ini biasa dibagikan pada acara resepsi pernikahan, sebagai bentuk terima kasih penyelenggara terhadap tamu undangan. Bentuk suvenir pernikahan dapat bermacam macam. Namun beberapa yang paling umum adalah kipas, gantungan kunci, dompet, dan lain-lain.

2. Suvenir Seminar

Di beberapa acara seminar, panitia acara biasanya menyiapkan suvenir yang akan diberikan pada peserta. Suvenir ini bertujuan untuk kenang-kenangan kepada peserta seminar sekaligus simbolis rasa terima kasih karena telah menghadiri acara seminar yang diadakan. Bentuk suvenir seminar dapat bermacam-macam, mulai dari gantungan kunci, tumbler, hingga alat tulis.

Baca juga:  8 Manfaat Alat Tulis Kantor untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

3. Suvenir Kantor

Saat ini banyak perusahaan yang menyiapkan suvenir untuk diberikan kepada klien maupun karyawannya. Suvenir ini tidak hanya bertujuan untuk kenang-kenangan, tetapi juga bentuk penghargaan dan pengakuan atas kontribusi mereka. Suvenir kantor yang berkualitas dapat meningkatkan citra perusahaan di mata karyawan, klien, dan masyarakat.

4. Suvenir Marketing

Berbeda dengan suuvenir lainnya yang bertujuan untuk hadiah apresiasi,  jenis suvenir ini justru dibuat untuk menarik perhatian masyarakat. Suvenir adalah cara efektif untuk meningkatkan kesadaran merek di antara target pasar. Dengan mencantumkan logo dan nama perusahaan pada suvenir, perusahaan dapat memperkenalkan merek mereka kepada calon pelanggan.

5. Suvenir Wisuda

Di beberapa acara wisuda, seperti wisuda sekolah ataupun universitas biasanya terdapat suvenir wisuda sebagai kenang-kenangan. Suvenir ini juga kerap bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada siswa atas pencapaian yang telah diraih. Jenis suvenir ini biasanya menggunakan plakat sebagai bendanya.

Itu dia informasi mengenai arti kata suvenir dan maknanya dalam kehidupan bermasyarakat. Pada dasarnya sebagian besar suvenir dibuat sebagai simbolis apresiasi rasa terima kasih seseorang terhadap orang lain. Walau begitu, fungsi suvenir tetap berbeda-beda tergantung pada konteks dan tujuan pembuatan dari suvenir itu sendiri.

Untuk inspirasi pembuatan suvenir, Anda dapat membaca 11 suvenir tumbler terlaris di Lokasoka. Jika Anda tertarik membuatnya, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Apabila berminat, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya. 

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat