Pengertian Bahan Blacu dan Manfaatnya di Kehidupan Sehari-Hari

5 menit membaca

Perkembangan zaman membawa inovasi yang terus berkembang dalam berbagai industri, termasuk dalam industri tekstil. Berbagai jenis tekstil baru terus muncul dengan ragam karakteristiknya. 

Masing-masing jenis tekstil memiliki fungsinya tersendiri dalam kehidupan. Tidak hanya sebagai pakaian, tetapi beberapa jenis tekstil juga digunakan dalam dekorasi rumah untuk membuat gorden, tirai, taplak meja, hiasan dinding, dan lain-lain. 

Salah satu jenis tekstil yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan adalah bahan blacu. Bahan blacu adalah jenis kain yang terbuat dari serat kain yang kasar, biasanya dari serat kapas atau serat sintetis. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahan blacu, berikut penjelasan tentang bahan blacu yang bisa Anda simak. Sebelum itu, baca juga Rekomendasi Bahan Souvenir Terbaik untuk Kebutuhan Anda. Yuk, disimak!

Pengertian Bahan Blacu

Tekstur kasar pada bahan blacu berasal dari serat alami kain berupa kapas (sumber: freepik)

Bahan blacu merupakan jenis tekstil yang terbuat dari bahan alami, yakni kapas. Berdasarkan asal usulnya, bahan ini merupakan jenis tekstil yang awalnya terbuat dari kain mori. 

Salah satu keunggulan bahan blacu adalah kemampuannya untuk menyerap keringat dengan baik. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang nyaman untuk digunakan dalam pembuatan pakaian, terutama dalam cuaca hangat atau saat beraktivitas fisik. 

Kain blacu dibuat dari benang-benang yang sudah terbentuk. Benang-benang tersebut kemudian digulung menjadi sebuah pintalan. Jika bahan sudah dipintal, maka tahap selanjutnya adalah penenunan. Hasil tenunan tersebutlah yang nantinya akan berubah jadi kain blacu.

Warna dasar dari bahan blacu sendiri cenderung putih keruh kekuning-kuningan. Hal ini terjadi karena bahan ini terbuat dari bahan alami, yakni kapas. Warna bahan yang berbeda ini membuat bahan blacu mudah dikenali masyarakat.

Tekstur bahan blacu sendiri cenderung kasar. Walau begitu, tekstur kasar dari bahan ini membuatnya tidak mudah kusut. Selain itu, kekasaran dari bahan blacu juga membuatnya memiliki daya tahan tinggi, sehingga tidak mudah sobek.

Baca juga:  7 Cara Mengoptimalkan Manfaat Seminar Kit dalam Workshop Perusahaan Anda

Karakteristik Bahan Blacu

Blacu memiliki karakteristik bahan yang kuat, sehingga kerap dimanfaatkan untuk membuat banyak barang (sumber: freepik)

Sama seperti jenis tekstil lainnya, bahan blacu juga memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jenis tekstil lain. Berbagai keunggulan dari bahan blacu inilah yang membuatnya dianggap sebagai salah satu material bahan multi fungsi. Berikut karakteristik dari bahan blacu yang perlu Anda ketahui.

1. Blacu Tidak Berwarna Putih Bersih

Bahan blacu memiliki warna yang agak kekuningan atau keabu-abuan karena serat kain yang digunakan untuk membuatnya. Warna alami ini sering kali berasal dari serat kapas yang tidak diolah secara khusus untuk membuatnya berwarna putih bersih. 

2. Bahan Blacu Ramah Lingkungan

Bahan blacu merupakan bahan yang ramah lingkungan, karena terbuat dari serat alami kapas. Sifat ramah lingkungan ini membuat bahan blacu kerap dijadikan sebagai material tote bag, pengganti kantong belanja sekali pakai. Penggunaan serat alami dalam produksi dari bahan ini dapat mengurangi dampak lingkungan dibandingkan dengan penggunaan serat sintetis yang memerlukan proses kimia 

3. Bahan Blacu Tidak Menyebabkan Iritasi Kulit

Bahan blacu terutama yang terbuat dari serat alami seperti kapas, yang  cenderung lebih ramah terhadap kulit daripada beberapa jenis kain sintetis. Namun, perlu diingat bahwa sensitivitas kulit dapat berbeda pada tiap individu. 

4. Bahan Blacu Memiliki Ketahanan yang Baik

Bahan blacu umumnya dikenal memiliki ketahanan yang baik. Hal ini karena kain blacu terbuat dari serat alami yang kuat, seperti kapas. Serat-serat ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik terhadap penggunaan sehari-hari serta pencucian berulang. 

5. Bahan Blacu Mudah Dibersihkan

Bahan blacu  pada umumnya mudah untuk dibersihkan, karena sifatnya yang tahan terhadap kotoran dan noda. Bahan blacu cenderung memiliki permukaan yang tahan terhadap penyerapan noda dibandingkan dengan beberapa jenis kain sintetis.

Baca juga:  Sejarah Alat Tulis Kantor dan Perkembangannya

Manfaat Bahan Blacu dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bahan blacu ramah lingkungan, sehingga kerap dijadikan sebagai tote bag multifungsi (sumber: Freepik)

Karena memiliki daya tahan tinggi, kain blacu biasa dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam kebutuhan. Selain memiliki daya tahan yang tinggi, bahan blacu juga ramah lingkungan. Oleh sebab itu, bahan blacu banyak dipilih masyarakat.

Berikut beberapa manfaat dari bahan blacu dalam kehidupan sehari.

1. Pembuatan Celemek Dapur

Salah satu benda yang kerap memanfaatkan bahan blacu sebagai materialnya adalah celemek  atau apron. Bahan blacu terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya. Oleh sebab itu, bahan blacu dapat memberikan perlindungan terhadap noda kotoran dan tidak mudah robek.

Celemek dari bahan blacu tidak hanya kuat, tetapi juga mudah dirawat. Kain blacu cenderung tidak mudah kusut dan dapat dicuci dengan mudah, membuatnya menjadi pilihan praktis untuk pemakaian sehari-hari. 

2. Sebagai Bahan Tote Bag Pengganti Plastik

Blacu termasuk dalam bahan yang ramah lingkungan, karena terbuat dari material alami. Oleh sebab itu, bahan blacu kerap dipilih sebagai material pembuatan totebag, guna mengurangi penggunaan plastik kantong belanja sekali pakai. 

Selain itu, blacu juga memiliki ketahanan yang sempurna. Sehingga ketika dijadikan sebagai material totebag, bahan blacu dapat menahan beban berat dari isi totebag tersebut. 

3. Bahan untuk Gorden

Gorden adalah elemen penting dalam dekorasi rumah yang tidak hanya berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk, tetapi juga memberikan sentuhan estetika. Ketebalannya bahan blacu dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap cahaya matahari yang masuk. 

Gorden berbahan blacu memberikan sentuhan natural yang hangat dan mengundang dalam setiap ruangan. Warna-warna natural yang sering ditemukan dalam kain blacu memberikan nuansa yang tenang dan menenangkan, menciptakan atmosfer yang nyaman dan bersahaja dalam ruangan. 

Baca juga:  Rekomendasi Bahan Souvenir Terbaik Untuk Kebutuhan Anda

4. Material Taplak Meja

Kain blacu terbuat dari serat yang kuat dan tahan lama, sehingga kerap digunakan sebagai taplak meja. Kekuatannya membuatnya mampu menahan gesekan, tumpahan cairan, dan abrasi dari benda-benda yang diletakkan di atasnya.

Kain blacu mudah dibersihkan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk material taplak meja sehari-hari. Anda dapat mencuci taplak meja berbahan blacu secara teratur tanpa khawatir merusak teksturnya

5. Bahan untuk Membuat Sarung Bantal

Walau tekstur dari kain ini cenderung kasar, namun bahan ini kerap dijadikan material pembuatan sarung bantal karena kekuatannya. Kekuatan bahan blacu membuat sarung bantal tidak mudah sobek, saat terjadi gesekan ataupun pemakaian dalam waktu yang lama. 

Dibandingkan dengan bahan lain seperti linen atau sutra, harga kain blacu cenderung lebih terjangkau namun tetap menawarkan kualitas yang baik. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk sarung bantal.

Itu dia penjelasan tentang bahan blacu beserta karakteristik dan manfaatnya. Blacu menjadi salah satu jenis kain yang banyak dimanfaatkan masyarakat, karena sifat bahannya yang kuat dan mudah untuk dibersihkan. Ketahui pula 17 Bahan Seragam Ramah Lingkungan Beserta Keuntungannya.

Lokasoka merupakan platform kustomisasi hadiah yang dapat memberikan solusi tepat untuk pembuatan souvenir Anda. Jika berencana membuat kustom hadiah, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya.  

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat