Jangan Asal Pesan, Anda Wajib Mengenal 7 Bahan Seragam Kantor Berdasarkan Jenis Tempat Bekerja Berikut Ini

5 menit membaca

Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan di berbagai perusahaan. Di antara berbagai jenis pakaian, seragam kerja menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan. Dengan menggunakan bahan seragam kantor yang tepat, seragam tersebut digunakan untuk mendukung aktivitas di tempat kerja, kantor, atau instansi lainnya.

Setiap perusahaan atau instansi memiliki beragam model dan desain seragam yang khas, yang menjadi ciri identitas mereka. Oleh karena itu, seragam kantor tidak hanya sekadar pakaian, tetapi juga mencerminkan identitas dari suatu perusahaan atau instansi.

Selengkapnya, Anda dapat mengetahui ragam manfaat seragam kantor dalam artikel berikut: Ini Dia Pengertian dan Manfaat Seragam Kerja Karyawan Perusahaan yang Penting Diketahui. Selamat membaca!

Lantas, apa saja jenis seragam kantor dan bahan kain yang sering digunakan untuk pembuatan pakaian kerja di berbagai perusahaan atau instansi? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Perlu Memperhatikan Bahan Seragam Kantor Sesuai Jenis Tempat Kerja?

Baju kerja dengan bahan sesuai jenis tempat kerja
Baju kerja dengan bahan sesuai jenis tempat kerja dapat dipesan di Lokasoka (Sumber: freepik.com)

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang berbagai jenis kain untuk seragam, penting untuk memahami betapa pentingnya pemilihan bahan yang sesuai untuk seragam kantor. Pada dasarnya, seragam kantor memang berbeda dengan pakaian pada umumnya. Pakaian kerja ini lebih mementingkan kenyamanan dan ketahanan yang disesuaikan dengan profesi serta tempat kerja pemakainya.

Sangatlah penting untuk mempertimbangkan lingkungan kerja karyawan sebelum memutuskan jenis kain yang akan digunakan. Jenis kain seragam bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan pastinya akan berbeda dengan para pekerja di luar ruangan. Untuk pekerja di luar ruangan, disarankan untuk memilih tekstil berkualitas yang dapat bertahan dalam berbagai kondisi. Sementara bagi pekerja di dalam ruangan, kain yang lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik mungkin merupakan solusi yang lebih tepat.

Baca juga:  15 Tips Memilih Jenis-Jenis Tas yang Tepat untuk Setiap Acara

Tidak hanya itu, jenis kain seragam haruslah kuat, tidak mudah kusut, dan tahan terhadap kerusakan karena akan digunakan sepanjang hari. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus mempertimbangkan dengan cermat pilihan bahan yang akan digunakan sebagai seragam kerja para karyawannya.

Jenis Bahan Seragam Kantor dan Jenis Tempat Kerja yang Sesuai

1. Katun

Katun merupakan salah satu bahan yang umum digunakan untuk seragam kantor karena memiliki beberapa keunggulan. Bahan katun biasanya nyaman dipakai, cukup tahan lama, mudah diatur, serta memberikan kesan profesional dan rapi. Ditambah lagi, kain berbahan dasar serat kapas ini juga mudah disablon sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Sayangnya, bahan katun tergolong cukup tipis sehingga ketahanannya dianggap kurang baik. Untuk itu, penting untuk memilih katun berkualitas tinggi yang memiliki ketahanan yang baik terhadap kerutan dan aus.

Seragam kantor yang terbuat dari katun cocok untuk berbagai jenis pekerjaan, terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan mobilitas dan aktivitas yang cukup intensif. Misalnya, pekerjaan di bidang administrasi, penjualan, pelayanan pelanggan, atau pekerjaan kantor umum lainnya

2. Kanvas

Tipe tekstil yang masih termasuk jenis katun ini memiliki ketahanan yang cukup kuat. Hal inilah yang membuat kanvas sering kali digunakan untuk seragam kerja dalam lingkungan yang membutuhkan ketahanan ekstra, melibatkan aktivitas luar ruangan, pekerjaan di lapangan, atau pekerjaan yang memerlukan perlindungan ekstra terhadap elemen luar seperti kotoran atau cuaca. Beberapa jenis pekerjaan yang mungkin cocok untuk seragam kantor berbahan kanvas meliputi pekerjaan di konstruksi, pekerjaan teknis, petugas lapangan, atau bahkan untuk tim keamanan.

Di sisi lain, material kanvas memiliki tekstur yang relatif tebal, kaku, agak berat. Untuk itu, perlu dipastikan bahwa desain dan pemilihan model seragam tetap mempertimbangkan kenyamanan bagi para penggunanya.

3. Ripstop

Sekilas, kain ripstop terlihat serupa dengan bahan kanvas karena memiliki karakteristik yang tebal dan kuat. Perbedaannya terletak di motif yang terdapat pada permukaannya. Ripstop memiliki motif berbentuk kotak-kotak kecil yang samar, sementara bahan kanvas sama sekali tidak memiliki motif atau polos.

Baca juga:  10 Kado Anti Mainstream untuk Suami yang Kreatif dan Tak Terduga

Jenis kain ripstop ini pada awalnya dirancang untuk keperluan militer karena kekuatannya yang tinggi dan ketahanannya terhadap sobekan. Namun, karena sifatnya yang tahan lama dan kokoh, ripstop juga dapat cocok untuk beberapa jenis pekerjaan di luar militer yang melibatkan aktivitas luar ruangan yang intensif. Beberapa contoh pekerjaan yang mungkin cocok untuk seragam kantor berbahan ripstop adalah pekerjaan di bidang konstruksi, pemeliharaan properti, teknisi lapangan, atau petugas keamanan.

4. Drill

Jenis kain drill tidak kalah populer dari katun sebagai bahan pembuat seragam kantor. Hal ini karena drill merupakan jenis kain yang kuat, tahan lama, mampu menahan kerutan, dan biasanya terbuat dari katun atau campuran katun dengan serat sintetis. Karena beberapa keunggulannya tersebut, seragam yang terbuat dari drill cocok untuk berbagai jenis pekerjaan, terutama untuk pekerjaan yang memerlukan mobilitas dan aktivitas yang cukup intensif di dalam maupun di luar ruangan.

Material drill terdiri dari tiga varian, yaitu twist drill, japan drill, dan american drill. Twist drill memiliki serat yang kecil sehingga tahan air, seringkali digunakan untuk membuat jaket almamater. Sebaliknya, japan drill memiliki serat yang lebih besar, sehingga lebih kuat dan tebal. Keunggulan lainnya adalah warnanya yang tahan lama meskipun sering dipakai.

Sementara itu, american drill, yang memiliki serat sedang, menawarkan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan twist drill dan japan drill. Awalnya, american drill banyak digunakan sebagai seragam untuk perusahaan otomotif.

5. Tropical Drill

Sesuai namanya, jenis kain ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dalam cuaca tropis yang panas dan lembab sehingga cocok untuk lingkungan kerja di daerah dengan iklim yang serupa. Meskipun harganya cenderung lebih tinggi daripada jenis kain lain, nilainya sepadan dengan kualitas dan keunggulannya. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan besar memilih menggunakan kain Tropical Drill untuk seragam pegawainya.

Keunggulan lain dari kain Tropical Drill adalah kekuatan warnanya yang sangat baik, tidak mudah pudar atau kusam meskipun sering digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, ketebalannya yang sesuai juga memberikan kenyamanan saat dipakai. Kain Tropical Drill sering digunakan dalam seragam pegawai pemerintahan atau PNS.

Baca juga:  Manfaat Mengisi Buku Kegiatan Ramadhan Selama Bulan Puasa

6. Oxford

Bahan untuk seragam yang selanjutnya adalah oxford. Jenis kain ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni serat benangnya yang kecil dan lebih tipis ketimbang kain drill karena biasanya terbuat dari katun dan memiliki tekstur yang cukup halus dengan pola anyaman yang khas. Itulah mengapa material oxford lebih ringan dan terasa sejuk saat digunakan. Namun, karena teksturnya yang halus, perlu diperhatikan bahwa kain ini mungkin lebih rentan terhadap kerutan dibandingkan dengan kain yang lebih tebal seperti drill atau ripstop

Oxford umumnya digunakan untuk pembuatan pakaian formal dan semi-formal. Karena teksturnya yang halus dan tampilannya yang elegan, Oxford cocok untuk pekerjaan di bidang administrasi, manajemen, keuangan, atau bahkan untuk acara formal di dalam maupun di luar kantor.

7. Twill

Twill adalah jenis kain yang memiliki pola diagonal yang khas dan biasanya terbuat dari serat katun, wol, atau campuran serat sintetis. Keunggulan dari kain ini terdapat pada kekuatan dan ketahanannya yang baik, serta lebih tahan terhadap kerutan sehingga memberikan tampilan yang bersih dan rapi. Oleh karena itu, seragam berbahan twill cocok untuk berbagai jenis pekerjaan di lingkungan kantor yang memerlukan penampilan yang profesional dan terawat.

Meskipun demikian, karena teksturnya yang agak tebal, twill mungkin kurang cocok untuk lingkungan kerja yang sangat panas atau aktif secara fisik. Untuk itu, seragam berbahan twill lebih sesuai untuk pekerjaan di dalam ruangan atau di lingkungan kantor yang lebih formal.

Lokasoka merupakan solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan pengadaan seragam kantor berkualitas. Dengan bahan kain premium serta harga yang bisa disesuaikan dengan budget, konveksi seragam kerja Lokasoka mampu menciptakan busana kantor yang nyaman dipakai.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera pesan seragam kantor serta aneka souvenir kantor di Lokasoka dan raih banyak kelebihannya!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat