Tidak Perlu Repot! Berikut 5 Cara Bungkus Kado Tanpa Kotak yang Simple Anti Ribet

5 menit membaca

Bungkus kado menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan saat hendak memberikan hadiah pada orang lain. Kemasan yang cantik tidak hanya membuat bangga pemiliknya, tetapi juga dapat menarik perhatian orang yang melihatnya. 

Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat bungkus kado yang rapi. Terlebih lagi, jika isi di dalamnya tanpa kotak, dengan bentuk-bentuk yang abstrak. Jika tidak tahu triknya, bungkus kado akan terlihat berantakan dan tidak rapi. 

Hal tersebut sangat disayangkan, karena bungkus kado menjadi hal yang pertama kali dilihat sebelum penerima mengetahui isi di dalamnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara membungkus kado yang rapi, walaupun tanpa kotak.

Berikut lima cara bungkus kado tanpa kotak yang paling mudah dan anti ribet. Sebelum itu, simak juga 15 Ide Hadiah Doorprize Supaya Gathering Kantor Makin Seru. Yuk, disimak!

Cara Bungkus Kado Tanpa Kotak Anti Ribet

Bungkus kado yang tapi tidak selalu membutuhkan kotak sebagai wadahnya (sumber: freepik)

Membungkus kado akan terasa menyenangkan apabila Anda mengetahui cara yang tepat melakukannya. Bungkus kado yang rapi dapat menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Berikut tujuh cara bungkus kado tanpa kotak yang mudah.

1. Buat Bungkus Kado Menjadi Paper Bag

Salah satu cara bungkus kado terlihat rapi adalah dengan membuat kertas kado menjadi paper bag. 

  • Lipat kertas kado menjadi dua bagian, kemudian lipat bagian tepi kertas ke atas dan tempel dengan lem
  • Dorong ke dalam ke dua sisi bagian kertas yang sudah dilem, kemudian rapikan. 
  • Lem kembali bagian ujung kertas yang sudah dilipat dari dalam, 
  • Lipat bagian atas paper bag, tambahkan pita atau aksesori lainnya agar semakin menarik.
  • Anda juga dapat membolongkan bagian atas kertas, hingga membentuk pegangan 
Baca juga:  15 Produk Toko Olahraga yang Laris Manis dan Banyak Disukai

2. Bungkus Kado Menjadi Bentuk Permen

Jika barang Anda merupakan barang yang lunak dan mudah dibentuk, seperti baju cara bungkus kado yang tepat adalah membentuk menjadi permen. 

  • Letakkan hadiah di tengah kertas
  • Lipat dua sisi kertas kado ke tengah, kemudian selotip bagian ujungnya hingga membentuk silinder
  • Tekuk kertas kado yang tersisa di kedua ujung hadiah. Pastikan lipatan cukup rapat agar kertas kado tidak mudah terlepas.
  • Gunting kertas di ujung secara simetris jika terlalu panjang, sehingga ujungnya tidak terlihat berantakan.
  • Tambahkan pita lalu ikatkan di kedua ujung kertas kado yang sudah dilipat tadi. 

3. Bungkus Kado Bentuk Baju

Jika bosan dengan model bungkus kado yang biasa-biasa saja, Anda dapat mencoba membuat bungkus kado bentuk baju. Cara ini tidak hanya membuat kado Anda terlihat lebih menarik, tetapi juga menunjukkan semangat Anda dalam memberikan kado. 

  • Tempatkan kado di tengah kertas pembungkus dengan sisi yang panjang sejajar dengan panjang kado dan sisinya yang pendek menutupi atas dan bawah kado
  • Lipat kedua sisi kertas pembungkus di sisi kiri dan kanan kado ke tengah, layaknya kado Anda melipat lengan baju. Pastikan ujung kertas terlipat dengan rapi dan tertutup sempurna
  • Lipat bagian atas kertas pembungkus ke bawah, menyerupai leher baju. Pastikan lipatan ini menunjukkan bentuk kerah yang jelas.

4. Bungkus Kado bentuk Kipas

Salah satu model bungkus kado yang sering digunakan adalah bungkus kado model kipas. Walaupun sederhana, namun bungkus kado model ini terlihat rapi dan sangat mudah dibuat.

  • Tempatkan kado di tengah kertas pembungkus dengan sisi yang panjang sejajar dengan panjang kado dan sisinya yang pendek menutupi atas dan bawah kado.
  • Mulai dari salah satu ujung kado, lipat kertas pembungkus menjadi lipatan zigzag. Untuk menciptakan efek kipas, lipat kertas ke depan dan ke belakang secara bergantian dengan lebar yang konsisten
  • Lanjutkan melipat kertas sampai ujung sisi kertas yang lain. Pastikan lipatan kertas cukup rapat sehingga tidak terlalu longgar atau terlalu ketat, satukan dengan lem atau tape
Baca juga:  Berniat Beri Kenang-Kenangan Untuk Teman? Ini Dia 12 Ide Kreatif dan Berkesan

5. Bungkus Kado bentuk Silinder

Cara mudah lainnya untuk membuat bungkus kado tanpa kotak adalah membuat bungkus kado bentuk silinder. Model bungkus kado yang satu ini cocok digunakan saat Anda hanya memiliki waktu terbatas untuk membungkus kado. 

  • Ukur kertas kado agar cukup untuk melingkupi seluruh keliling silinder dan lebih panjang sedikit dari tinggi silinder. Supaya lebih mudah, sisakan kertas lebih panjang beberapa cm dari ukuran barang
  • Gulung kertas kado hingga menutupi seluruh permukaan kado. Berikat lem/ tape di tengah kado atau ujung dari kertas kado untuk menyatukan kedua sisi kertas
  • Untuk bagian bawah, buat lipatan melingkar dengan menekan kertas kado ke arah tengah. Buat beberapa lipatan kecil agar kertas lebih rapi. Setelah semua kertas dilipat, tempel dengan lem/ tape. Lakukan kembali langkah ini pada sisi satunya.
  • Supaya lebih menarik, tambahkan aksesoris berupa pita kado.

Rekomendasi Pembungkus Unik, Selain Kertas Kado

Selain dengan kertas, scarf juga dapat dimanfaatkan sebagai bungkus kado unik (sumber: freepik)

Selain isi kado, hal yang tidak kalah penting dalam proses pembuatan kado adalah menyiapkan kertas pembungkusnya. Pada umumnya orang akan menggunakan kertas kado bergambar sebagai alat untuk membungkus hadiah. Kertas kado inilah yang dapat menjadi nilai tambah dari kado yang diberikan. Berikut rekomendasi pembungkus hadiah selain kertas kado. 

1. Manfaatkan Koran atau Majalah Bekas

Koran atau majalah bekas yang Anda miliki, bisa dimanfaatkan kembali untuk dijadikan sebagai pembungkus unik. Koran memiliki bahan yang tipis, sehingga mudah dibentuk menyesuaikan isi kado. 

Jika Anda takut koran mudah sobek terkena air, Anda bisa memilih alternatif lain berupa majalah yang bahannya lebih tebal. Pilih kertas majalah yang warnanya cerah dan sedikit tulisan, supaya pembungkus terlihat lebih menarik.

2. Gunakan Kalender Bekas

Selain majalah dan koran, kalender bekas juga dapat Anda manfaatkan sebagai pembungkus unik. Ada berbagai jenis bahan kalender yang bisa Anda pilih, namun disarankan Anda menggunakan kalender bekas yang kertasnya tipis supaya mudah dibentuk. 

Baca juga:  17 Bahan Seragam Ramah Lingkungan Beserta Keuntungannya

Beberapa kalender juga memiliki bagian belakang polos, yang bisa Anda manfaatkan untuk pembungkus apabila Anda tidak suka bungkus kado yang terlalu banyak gambar. Kalender dinding juga memiliki area yang cukup luas, sehingga satu kalender cukup untuk satu hadiah ukuran sedang.

3. Bungkus dengan Kain Kanvas

Selain menggunakan kertas, Anda juga dapat menggunakan kain, seperti kain kanvas sebagai ide bungkus kado unik. Pastikan ukuran kain cukup besar untuk membungkus kado dengan mudah. Pastikan ukuran kain tidak terlalu besar, sehingga sulit diatur.

Salah satu kelebihan dari menggunakan kain kanvas adalah bahanya tahan air, sehingga barang di dalamnya aman. Selain itu, bahan yang kuat membuat kain ini  dapat dimanfaatkan kembali oleh pemiliknya. 

4. Gunakan Peta Bekas

Peta yang gambarnya sudah mulai pudar, dapat juga Anda manfaatkan sebagai bungkus kado unik. Memanfaatkan peta sebagai pembungkus kado membuat hadiah Anda terlihat lebih estetik dan anti mainstream. 

Dengan memanfaatkan barang lama sebagai pembungkus kado, secara tidak langsung Anda turut mengurangi limbah sampah kertas. Usahakan Anda menggunakan peta yang kertasnya tebal, supaya tidak mudah sobek. 

5. Bungkus Kado menggunakan Scarf

Cara lain untuk membuat bungkus kado unik ramah lingkungan adalah menggunakan scarf. Memanfaatkan scarf sebagai pembungkus kado membuat hadiah Anda terlihat lebih elegan dan tentunya tahan air.

Sesuaikan ukuran scarf dengan isi kado. Lipat sudut yang berlawanan di atas kado, sehingga kedua sudut bertumpuk di tengah kado. Ambil dua sudut yang tersisa, bawa ke atas kado, dan ikat simpul sederhana.

Itu dia lima cara bungkus kado tanpa kotak yang paling mudah dan anti ribet. Sesuaikan bungkus kado Anda dengan bentuk hadiah yang diberikan. Manfaatkan barang-barang tidak terpakai Anda untuk digunakan sebagai bungkus kado unik.

Baca juga artikel Lokasoka lainnya, Mau Harga Souvenir Pernikahan yang Lebih Murah? Ikuti 8 tips berikut ini.   Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat