Pengertian dan Manfaat Doorprize untuk Kesuksesan Acara Kantor

5 menit membaca

Ada banyak indikator yang menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah acara, beberapa di antaranya adalah partisipasi peserta dalam acara dan kemeriahan acara. Oleh sebab itu, sebuah acara dapat dikatakan sukses apabila acara tersebut berjalan dengan meriah dan peserta turut aktif dalam rangkaian acara. 

Untuk mencapai target tersebut, panitia acara harus berusaha untuk membuat acara terasa meriah. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk meramaikan sebuah acara adalah mengadakan doorprize.

Doorprize biasanya disiapkan di akhir acara, untuk menjaga semangat peserta hingga rangkaian acara berakhir. Adanya doorprize meningkatkan potensi peserta untuk mengikuti rangkaian acara hingga akhir.

Jadi apa itu doorprize? dan apa keuntungan mengadakan doorprize dalam sebuah acara? simak informasi berikut ini. Sebelum itu, simak juga 15 Ide Hadiah Doorprize Supaya Gathering kantor makin seru. Yuk, disimak!

Apa Itu Doorprize?

Doorprize merupakan hadiah kejutan yang kerap diberikan pada suatu acara (sumber: pexels)

Doorprize dapat diartikan sebagai tiket berhadiah atau hadiah kejutan yang merujuk pada pemberian hadiah yang dilakukan secara acak kepada peserta. Hadiah kejutan ini akan diberikan pada peserta sebagai syarat mengikuti undian untuk mendapatkan hadiah.

Peserta akan diundi secara acak untuk mendapat hadiah. Undian biasanya dilakukan melalui nomor undian yang diberikan kepada setiap peserta, atau dengan cara lain yang ditentukan oleh penyelenggara acara. 

Proses pengundian doorprize ini kerap menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu dalam acara, karena setiap peserta memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah dari penyelenggara. 

Manfaat Doorprize dalam Mendukung Kesuksesan Sebuah Acara

Doorprize bermanfaat untuk meningkatkan semangat peserta untuk turut aktif dalam acara (sumber: freepik)

Dalam sebuah acara, doorprize dapat membantu panitia untuk mensukseskan acara. Hal ini dapat terjadi karena doorprize dapat membuat peserta acara lebih antusias dalam mengikuti setiap rangkaian acara. Berikut beberapa manfaat doorprize dalam mendukung kesuksesan acara kantor.

Baca juga:  Mau Harga Souvenir Pernikahan yang Lebih Murah? Ikuti 8 Tips Berikut Ini!

1. Menarik Minat Orang untuk Berpartisipasi dalam Acara

Tujuan awal diadakannya doorprize dalam sebuah acara adalah menarik minat orang untuk berpartisipasi dalam acara. Sebab banyaknya jumlah peserta yang hadir dapat memengaruhi kesuksesan acara. Semakin banyak peserta, potensi kesuksesan suatu acara juga semakin tinggi. 

Doorprize memiliki daya tarik yang kuat untuk meningkatkan partisipasi orang dalam acara. Orang-orang cenderung lebih tertarik untuk hadir dan berpartisipasi ketika ada kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik.

2. Mendorong Antusiasme Peserta Saat Acara Berlangsung

Selain mampu meningkatkan jumlah peserta, manfaat doorprize lainnya adalah mendorong antusiasme peserta selama acara berlangsung. Antusiasme peserta sangat penting untuk kelancaran dan kemeriahan acara. 

Dalam hal ini panitia tidak hanya bertanggung jawab untuk mendapatkan banyak peserta, tetapi juga perlu memastikan peserta aktif dalam setiap sesi acara. Adanya doorprize berpotensi untuk meningkatkan antusiasme peserta, karena ada hadiah menarik yang menanti. 

3. Dapat Menjadi Media untuk Promosi

Manfaat doorprize lainnya adalah menjadi media yang efektif untuk melakukan promosi. Doorprize yang menarik dapat menarik perhatian peserta. Hadiah-hadiah dalam konteks ini dapat berupa produk atau layanan dari sponsor acara, ataupun produk dari perusahaan penyelenggara.

Melalui doorprize, suatu perusahaan dapat memperkenalkan produk atau layanannya kepada audiens yang lebih luas. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan kesan positif terhadap perusahaan di mata konsumen.

4. Acara Semakin Meriah

Manfaat doorprize yang sering dirasakan oleh peserta maupun penyelenggara adalah acara semakin meriah. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, doorprize dapat mendorong peserta untuk aktif dalam rangkaian acara. Keaktifan peserta tersebut dapat membuat acara semakin meriah.

Adanya doorprize juga dapat menciptakan energi yang positif selama acara berlangsung. Hal ini disebabkan karena peserta akan lebih banyak berinteraksi dengan peserta lain atapun pembicara. Dengan begitu, akan tercipta suasana acara  yang menyenangkan.

Baca juga:  7 Rekomendasi Hampers Lebaran Ramah Lingkungan, Kebaikan untuk Alam di Hari Raya

5. Kesempatan untuk Memberikan Apresiasi

Mengadakan doorprize dapat menjadi cara bagi penyelenggara untuk menunjukkan apresiasi kepada peserta. Apresiasi tersebut diberikan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada peserta yang telah berpartisipasi dalam acara.

Dengan begitu peserta akan merasa lebih dihargai. Hal ini secara tidak langsung juga dapat meningkatkan citra perusahaan di mata peserta bahkan masyarakat luas. Hadiah doorprize dapat menjadi motivasi bagi peserta untuk terlibat aktif dalam acara.

5 Rekomendasi  Hadiah untuk Doorprize 

Umumnya doorprize juga menjadi strategi dalam mempromosikan perusanaan (summber: pexels)

Ada banyak rekomendasi hadiah yang bisa jadi inspirasi Anda saat berencana mengadakan doorprize. Biasanya hadiah untuk doorprize terdiri atas beberapa kategori, seperti hadiah utama dan hadiah hiburan. Berikut beberapa rekomendasi hadiah untuk dooprize.

1. Peralatan Elektronik

Alat elektronik sering menjadi hadiah yang digunakan dalam doorprize. Hadiah berupa alat elektronik ini biasanya menjadi hadiah hiburan dalam sebuah doorprize, di luar hadiah utama. Beberapa alat elektronik yang kerap dijadikan sebagai hadiah doorprize, antara lain handphone, laptop, tv, kulkas, mesin cuci, dan lain-lain. 

2. Voucher Belanja

Voucher belanja juga kerap dijadikan sebagai hadiah dalam pembagian doorprize. Biasanya hadiah berupa voucher belanja diadakan apabila ada kerja sama antara panitia dengan tempat tujuan. Nominal voucher belanja yang diberikan juga beragam, mulai dari 200 ribu, 500 ribu, 1 juta bahkan 5 juta rupiah.

3. Alat Transportasi

Alat transportasi juga kerap digunakan sebagai hadiah dalam acara doorprize. Biasanya alat transportasi ini dijadikan sebagai hadiah utama, yang banyak dinantikan oleh para peserta acara. Untuk mendapatkan hadiah yang satu ini tentunya tidak mudah. Sebab hadiah ini diperebutkan oleh banyak orang dan terkadang syarat yang diberikan pun juga tidak semudah hadiah-hadiah lainnya. 

Baca juga:  10 Barang Wajib Dinas Luar Kota, Mulai Dari Travel Kit Hingga Lunch Box

4. Voucher Tiket Liburan

Selain voucher belanja, voucher tiket liburan juga kerap menjadi hadiah dalam sebuah acara doorprize. Hadiah ini biasanya berupa tiket destinasi liburan ke suatu tempat terkenal, tiket konser, tiker dinner, ataupun voucher menginap di hotel bintang lima. Nominal yang diberikanpun berbeda-beda pada tiap penyelenggara. 

5. Merchandise

Selain hadiah-hadiah di atas, merchandise juga kerap menjadi hadiah dalam sebuah acara doorprize. Biasanya merchandise ini merupakan barang-barang promosi dari pihak penyelenggara ataupun sponsor dari acara tersebut. Beberapa merchandise yang kerap digunakan sebagai hadiah, antara lain tumbler, mug, tas, kaos, dan lain-lain.

Itu dia definisi dari doorprize dan manfaat menyelenggarakannya. Doorprize menjadi cara yang cukup efektif untuk mengundang masa, hadir ke dalam suatu acara. Bahkan adanya doorprize juga berpotensi meningkatkan atmosfer acara menjadi lebih hidup, berkat keaktifan dari para pesertanya. Baca juga 15 Ide Produk Ramah Lingkungan untuk Bisnis dan Hadiah.

Jika Anda berencana mengadakan doorprize dalam acara kantor dan membutuhkan custom merchandise, Anda dapat mengcustomnya melalui Lokasoka.

Lokasoka menyediakan berbagai jenis merchandise, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat