5 Keunggulan Mug Sebagai Strategi Branding Perusahaan

5 menit membaca

Branding merupakan cara atau strategi perusahaan untuk mengenalkan perusahaannya kepada masyarakat luas, dengan tujuan meningkatkan klien dan keuntungan bisnis. Suatu branding dapat dikatakan berhasil apabila perusahaan menerima keuntungan lebih, berkat strategi yang digunakan. 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk memaksimalkan branding. Salah satu cara yang kerap digunakan oleh banyak perusahaan adalah branding dengan menggunakan suvenir.

Strategi ini dilakukan dengan cara membagikan suvenir kepada klien maupun calon klien. Hal ini dilakukan dengan harapan akan semakin banyak orang yang mengenali perusahaan tersebut. Di sisi lain hal ini akan menunjukkan loyalitas perusahaan kepada kliennya.

Ada beberapa barang yang kerap dipilih sebagai suvenir perusahaan. Salah satu barang tersebut adalah mug. Mug adalah wadah minuman yang biasa digunakan untuk menyeduh minuman panas atau dingin, seperti teh, kopi, ataupun susu. 

Sebagai suvenir marketing, mug memiliki banyak keuntungan yang dapat berpotensi mendatangkan lebih banyak klien.

Berikut informasi mengenai lima keunggulan mug sebagai strategi branding. Sebelum itu, sumak juga 7 Ide Souvenir Marketing untuk Strategi Pemasaran. Yuk, disimak!

Keunggulan Mug Sebagai Suvenir untuk Strategi Branding

Harga mug cukup terjangkau, sehingga dapat menghemat anggaran perusahaan untuk pembelian suvenir (sumber: pexels)

Suvenir menjadi salah satu strategi branding perusahaan yang umum digunakan. Barang-barang yang dipilih sebagai suvenir, biasanya adalah barang-barang yang sering digunakan sehari hari, seperti mug. Berikut beberapa keunggulan mug untuk strategi branding perushaan. 

1. Mug Termasuk Suvenir dengan Fungsionalitas Tinggi

Salah satu keunggulan mug sebagai suvenir adalah nilai fungsionalitasnya yang tinggi. Mug adalah barang yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Benda ini biasa digunakan untuk minum kopi atau teh, hingga menyajikan minuman kepada tamu. 

Mug yang dipersonalisasi dengan logo dan nama perusahaan, berpotensi meningkatkan kesadaran merek masyarakat terkait perusahaan, setiap kali mug digunakan. Orang-orang yang menggunakan mug tersebut, secara tidak langsung akan mengenali bahkan mengingat perusahaan Anda. 

Baca juga:  Bahan ID Card dan Lanyard Terbaik Untuk Karyawan Perusahaan

2. Harga Mug Cukup Terjangkau

Selain bernilai fungsionalitas tinggi, mug juga termasuk suvenir yang ramah di kantong. Harga mug custom cukup terjangkau, dibandingkan dengan barang-barang lainnya. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menekan anggaran untuk branding.

Karena harganya yang relatif terjangkau, Anda dapat membuat suvenir dengan jumlah banyak dibandingkan saat menggunakan barang lainnya. Beberapa vendor bahkan akan memberikan harga murah ketika Anda memesan dalam jumlah banyak.

3. Mug Dapat Digunakan Jangka Panjang

Mug adalah benda yang tahan lama, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan mug biasanya terbuat dari bahan yang tahan lama seperti keramik, porselen, atau stainless steel.

Ketahanan mug membuatnya menjadi investasi jangka panjang dalam strategi branding perusahaan Anda. Dengan biaya yang relatif rendah dan umur pakai yang panjang, mug dapat menjadi investasi besar dalam jangka panjang.

4. Mug Memiliki Space yang Lapang untuk Promosi

Keunggulan mug sebagai media branding, juga terdapat pada space promosi yang cukup lapang. Mug memiliki area yang cukup luas untuk mencetak logo, nama, ataupun slogan perusahaan secara jelas. Hal ini memungkinkan nama perusahaan Anda mencolok dan mudah terlihat.

Selain itu, mug adalah benda yang fleksibel untuk didesain. Selain mencantumkan identitas perusahaan, mug juga dapat didesain dengan karakteristik yang melambangkan perusahaan Anda. Pastikan pemilihan desain sesuai dengan latar belakang perusahaan Anda.

5. Mug Dapat Diterima Semua orang

Karena mug adalah benda yang fungsional, hal ini membuat suvenir mug mudah diterima oleh semua orang. Suvenir mug berpotensi tinggi digunakan oleh penerimanya, tidak hanya dijadikan sebagai pajangan di rumah.

Oleh sebab itu, memberikan suvenir mug yang berkualitas adalah langkah yang tepat untuk membuat branding jangka panjang. Selain itu, memberikan mug yang berkualitas menunjukkan bentuk perhatian perusahaan Anda kepada klien. 

Baca juga:  Meriahkan Acara Anda dengan Berbagai Tema Souvenir yang Relavan

Tips Memilih Mug yang untuk Dijadikan Suvenir

Bahan pembuatan mug menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan, karena akan memengaruhi ketahanannya (sumber: pexels) (link gdrive)

Memberikan suvenir yang berkualitas secara tidak langsung hal ini menunjukkan bukti perhatian perusahaan pada klien. Suvenir berkualitas tinggi dapat meningkatkan kepercayaan klien pada perusahaan. Berikut tips memilih mug untuk dijadikan suvenir perusahaan.

1. Perhatikan Kualitas Bahan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih mug untuk suvenir adalah kualitas dari bahan mug yang dipilih. Pastikan mug aman digunakan oleh penerima dan sudah sesuai standar SNI. 

Pastikan mug menggunakan bahan yang kokoh dan tidak mudah pecah. Hal ini bertujuan agar mug dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga tidak mengurangi tujuan dari branding perusahaan.

2. Pilih Tempat Custom yang Terpercaya

Pemillihan tempat custom juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Sebab hal ini akan berpengaruh pada hasil cetakan dan kualitas dari mug yang dibuat. Pilihlah tempat custom yang terpercaya dan sudah teruji kualitasnya. 

Tempat custom yang terpercaya umumnya menggunakan teknologi cetak yang canggih dan bahan berkualitas tinggi untuk mencetak logo atau desain Anda pada mug. Hal ini guna memastikan bahwa cetakan tersebut jelas, tahan lama, dan tidak mudah pudar.

3. Pilihlah desain Mug yang Sederhana

Pemilihan desain mug berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih mug sederhana yang mudah untuk digunakan tanpa banyak detail.

Memilih mug sederhana tanpa banyak detail, akan membuat hasil customan Anda tampak lebih menonjol. Dengan begitu, nama, logo, serta identitas perusahaan lainnya dapat terlihat dengan jelas.

4. Disarankan Memilih Warna terang untuk Warna Dasar Mug

Untuk warna dasar mug, Anda disarankan untuk memilih warna-warna terang, seperti putih, biru muda, kuning, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar tulisan dalam mug terbaca dengan jelas. Dengan begitu, nama serta logo perusahaan Anda akan terlihat jelas.

Baca juga:  7 Arti Seragam Kerja Berdasarkan Warnanya 

Warna terang juga kerap dikaitkan dengan kesan yang ceria, positif, dan energik. Memilih warna dasar yang terang, secara tidak langsung dapat membantu menciptakan perusahaan yang positif dan ceria.

5. Sesuaikan Harga dengan Kualitas Mug

Sebelum membeli mug, lakukan riset pasar terlebih dahulu terkait harga dan kualitas mug. Bandingkan harga mug custom dari beberapa tempat. Perhatikan perbedaan harga berbagai jenis mug, seperti mug keramik, mug stainless steel, atau mug travel.

Tentukan anggaran Anda untuk pembelian mug custom. Hal ini akan membantu Anda mempersempit pilihan dalam menemukan mug yang sesuai dengan anggaran Anda. Jika Anda memesan dalam jumlah banyak, beberapa tempat biasanya akan memberikan diskon yang dapat menghemat anggaran Anda. 

Itu dia informasi mengenai lima keunggulan mug sebagai strategi branding. Karena nilai fungsionalitasnya yang tinggi, mug menjadi suvenir sederhana namun berpotensi dalam menarik perhatian calon klien. Baca juga 7 Ide Souvenir Sederhana untuk Rekan Bisnis.

Jika Anda tertarik untuk membuat suvenir kantor, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir,  termasuk mug yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat