7 Ide Cendera Mata Terbaik untuk Pengisi Acara Seminar 

5 menit membaca

Cendera Mata atau yang biasa disebut juga dengan cinderamata, sangat identik dengan barang simbolis atau kenang-kenangan. Namun, pada dasarnya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang tepat adalah Cendera Mata, bukan cinderamata atau cenderamata.

Cendera mata dapat menjadi barang yang sakral dalam suatu acara resmi, seperti seminar. Biasanya cendera mata ini akan dibagikan kepada pengisi acara seminar, sebagai simbolis rasa terima kasih sekaligus kenang-kenangan dari panitia acara.

Ada banyak barang yang bisa dijadikan sebagai cendera mata. Barang-barang tersebut dapat disesuaikan dengan tema acara, karakteristik perusahaan penyelenggara, atau minat dari pengisi acara tersebut.

Berikut tujuh ide cendera mata terbaik untuk pengisi acara seminar. Namun, sebelum itu simak juga  Sejarah Souvenir yang Sudah Ada Sejak Zaman Kuno di Eropa . Yuk, disimak!

7 Ide Barang yang Bisa Jadi Cendera Mata Terbaik untuk Pengisi Acara Seminar

Memberikan kain batik sebagai cendera mata bisa menjadi cara untuk memperluas keindahan budaya lokal (Sumber: freepik)

Pemilihan barang untuk cendera mata haruslah diperhatikan dengan baik, terutama dari segi kualitas. Sebab, cendera mata yang diberikan pada pengisi acara seminar, menunjukkan bentuk profesionalitas dari penyelenggara acara. Berikut tujuh ide barang yang bisa jadi inspirasi Anda.

1. Plakat

Plakat sering kali dianggap sebagai cenderamata yang istimewa untuk pengisi acara. Selain menjadi simbol penghargaan, plakat juga memiliki nilai sentimental yang tinggi karena mewakili kenangan dan pencapaian yang berharga bagi penerima.

Menerima plakat sebagai cenderamata bisa menjadi sumber motivasi yang besar bagi para penerima. Ini tidak hanya mengakui kerja keras mereka, tetapi juga memicu dorongan untuk terus berprestasi.

Baca juga:  Cuaca Panas di Indonesia Meningkat, Miliki Botol Tumbler yang Menjaga Suhu Dingin

2. Set Alat Tulis Eksklusif

Alat tulis menjadi barang yang cukup penting bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan alat tulis digunakan hampir setiap hari untuk beraktivitas. Alat tulis berkualitas tinggi dapat memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Oleh sebab itu, saat menjadikan alat tulis sebagai cendera mata, kualitas sangat penting untuk diperhatikan.

Satu set alat tulis dapat berupa pulpen, buku catatan, highlighter, penanda, dan lain-lain. Selain menjadi kenang-kenangan, cendera mat aini juga menjadi barang yang sangat bermanfaat bagi pemakainya.

3. Kain Batik

Kain batik adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni, sejarah, dan keindahan yang tinggi. Menjadikan kain batik sebagai cendera mata secara tidak langsung menunjukkan rasa cinta terhadap budaya lokal.

Kain batik merupakan hadiah yang bermanfaat. Sebab batik termasuk kain yang multifungsi, sehingga dapat dijadikan berbagai macam model baju atau barang lainnya.

4. Tote Bag Custom

Tote bag custom juga dapat menjadi cendera mata yang tidak kalah menarik dari barang lainnya. Tote bag berkualitas tinggi, dapat menjadi hadiah yang sangat bermanfaat bagi penerimanya. Sebab, tote bag dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Memberikan sentuhan lokal, seperti batik dapat menambah kesan mewah pada cendera mata yang diberikan. Hadiah yang menarik, berpotensi akan terus dikenang oleh penerimanya. 

5. Mug

Mug custom telah menjadi salah satu cinderamata yang populer dalam berbagai acara dan kesempatan. Baik itu sebagai hadiah pernikahan, souvenir perusahaan, ataupun sebagai cendera mata bagi seseorang. Hal ini dikarenakan mug merupakan benda yang bernilai fungsionalitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari.

Mug dapat dipersonalisasi dengan nama acara dan karakteristik perusahaan penyelenggara sehingga penerima akan terus teringat dengan pemberi.

6. Jam Tangan

Sebagai pembicara seminar, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Memberikan jam tangan sebagai hadiah adalah cara untuk menghargai waktu dan usaha yang mereka berikan dalam menyampaikan materi kepada para peserta seminar.

Sebagian besar jam tangan memiliki desain yang elegan dan profesional, yang cocok dengan citra seorang pembicara seminar. Memberikan jam tangan yang cantik dan berkualitas tinggi akan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan detail dan menghargai penampilan mereka di atas panggung.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Eco-Friendly untuk Kantor dan Pernikahan

7. T shirt

Walau terbilang sederhana, namun memberikan cendera mata berupa Tshirt dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat. Tentunya t shirt yang diberikan harus berkualitas tinggi, supaya cendera mata tersebut bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk memperkuat identitas, tshirt dapat didesain sesuai tema acara, nama acara, serta tempat dan tanggal acara diselenggarakan. Setiap kali t shirt digunakan, pemiliknya akan selalu teringat dengan momen yang pernah terlewati di hidupnya.

Alasan Pentingnya Pemberian Cendera Mata Kepada Seseorang

Pemberian cendera mata pada seseorang menjadi bentuk apresiasi terhadap karya dan prestasinya (Sumber: Pexels)

Pemberian cendera mata dapat menjadi bentuk apresiasi kepada seseorang atas jasa yang telah diberikan. Dengan adanya apresiasi, seseorang akan merasa kerja kerasnya dihargai oleh orang lain. Berikut lima alas an pentingnya pemberian cendera mata.

1. Pemberian Cendera Mata dapat Menjadi Cara Mempererat Hubungan

Pemberian cendera mata tidak hanya sekadar memberikan barang, tetapi juga menjadi cara yang efektif untuk mempererat hubungan antara pemberi dan penerima. Saat seseorang memberikan cendera mata kepada orang lain, itu adalah tanda dari perhatian dan apresiasi yang mendalam terhadap hubungan tersebut.

Cendera mata dapat menjadi cara agar penerima tetap akan terhubung dengan pemberi, walaupun terbatas dengan jarak. Sebab, setiap kali melihat cendera mata tersebut, penerima akan teringat dengan momen-momen penting yang telah dilalui.

2. Simbolis Penyampaian Pesan yang Mendalam

Dalam banyak kasus, pemberian cendera mata tidak hanya sekadar memberikan barang, tetapi juga menjadi cara yang kuat untuk menyampaikan pesan yang mendalam. Melalui cendera mata, seseorang dapat mengungkapkan perasaan, nilai, dan harapan secara simbolis.

Dengan adanya pemberian cendera mata pada pembicara seminar, diharapkan cendera mata tersebut dapat menjadi motivasi agar penerima terus berkembang lebih baik. Pemberian cendera mata juga dapat menjadi semangat penerimanya untuk lebih banyak menorehkan prestasi. 

Baca juga:  5 Cara Memilih Gift Hampers Box Murah dan Menarik Bagi Keluarga dan Rekan Kerja

3. Menjadi Kebanggan Bagi Penerimanya

Ketika seseorang diberi cendera mata, itu adalah bentuk pengakuan atas kontribusi, prestasi, atau hubungan yang dimiliki penerima. Perasaan diakui dan dihargai ini menciptakan rasa kebanggaan dalam diri penerima, karena mereka menyadari bahwa apa yang mereka lakukan diakui oleh orang lain.

Cendera mata sering kali memiliki nilai simbolis yang tinggi, yang bisa meningkatkan prestise penerima di mata orang lain. Misalnya, sebuah plakat penghargaan atau sertifikat kehormatan bisa menjadi bukti konkret dari pencapaian seseorang yang diakui secara resmi.

4. Ajang Pembuktian Prestasi

Pemberian cendera mata sering kali menjadi ajang pembuktian prestasi, baik bagi penerima maupun pemberi. Cendera mata dapat menjadi simbol pencapaian, pengakuan, dan penghargaan atas usaha dan dedikasi seseorang dalam berbagai bidang kehidupan.

Ketika seseorang menerima cendera mata sebagai pengakuan atas prestasi mereka, itu adalah bentuk penghargaan yang berharga. Misalnya, pemberian trofi, sertifikat penghargaan, atau hadiah khusus lainnya dapat menjadi bukti konkret dari pencapaian seseorang yang diakui secara resmi oleh pihak lain.

5. Bukti Dukungan Pemberi Terhadap Penerima

Cendera mata dapat menjadi simbolis dukungan pemberi terhadap penerima. Bagi seorang pembicara, adanya cendera mata dapat menjadi bukti nyata dari perjalanan prestasi yang telah dilalui.

Dengan memberikan cendera mata, penyelenggara secara tidak langsung  memberikan bukti telah menjadi bagian dari perjalanan pembicara tersebut. Cendera mata inilah yang menjadi salah satu jalan pembuka bagi penerimanya untuk perjalanan yang lebih tinggi.

Itu dia tujuh ide cendera mata terbaik untuk pengisi acara seminar. Walau terlihat sepele, namun pemberian cindera mata dapat memiliki arti besar bagi penerimanya. Oleh sebab itu, cendera mata penting untuk diberikan walaupun dalam bentuk yang paling sederhana. Baca juga Arti Kata Suvenir dan Manfaatnya dalam Kehidupan. 

Jika Anda berminat untuk custom cendera mata ataupun suvenir, Anda dapat memesannya melalui Lokasoka. Lokasoka menyediakan berbagai jenis merchandise, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya. 

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat