7 Keuntungan Melakukan Personalisasi Souvenir Perusahaan Sebagai Strategi Branding

3 menit membaca

Personalisasi souvenir merupakan bagian dari pembuatan souvenir. Hingga saat ini souvenir perusahaan masih kerap digunakan sebagai cindera mata, simbolis, ataupun bentuk kenang-kenangan kepada klien. Selain sebagai bentuk kenangan-kenangan, souvenir juga memiliki berbagai manfaat lain, seperti strategi marketing, pendekatan terhadap klien, bentuk apresiasi, dan lain-lain. 

Untuk menunjukan citra baik perusahaan, Anda dapat memilih souvenir berkualitas tinggi untuk diberikan kepada klien. Souvenir berkualitas tinggi dapat mencerminkan citra perusahaan yang berkualitas dan berorientasi pada kepuasan klien. Hal ini memberikan kesan positif terhadap standar dan nilai-nilai perusahaan.

Supaya tujuan pemberian souvenir perusahaan dapat tercapai dengan baik, Anda dapat memberikan personalisasi souvenir. Souvenir yang dipersonalisasi dengan hati dapat menjadi alat pemasaran yang kuat, serta membangun hubungan yang erat dengan klien. Anda juga dapat mencari ide souvenir untuk kantor melalui artikelĀ 7 Ide Souvenir Eco Friendly untuk Kantor dan Pernikahan. Yuk, disimak!

Apa Itu Personalisasi Souvenir?

Personalisasi souvenir merupakan penambahan unsur identitas perusahaan, seperti nama, logo, slogan, dan lain-lain (sumber: Freepik)

Personalisasi berasal dari kata personal, yang berarti pribadi atau perseorangan. Souvenir yang diberikan sentuhan personalisasi memiliki nilai tambah, bukan sekadar barang biasa. Nilai tambah tersebut membuat souvenir menjadi lebih istimewa dan berarti bagi penerimanya. 

Personalisasi souvenir perusahaan merujuk pada proses penambahan beberapa elemen pendukung, seperti logo, nama perusahaan, hingga alamat perusahaan. Hal tersebut membuat souvenir menjadi lebih istimewa dan mampu memberikan sentuhan mendalam bagi kliennya. Secara tidak langsung, personalisasi souvenir perusahaan juga meningkatkan citra positif dan brand awarness perusahaan. 

Selain penambahan logo dan nama perusahaan, di beberapa souvenir perusahaan juga terdapat komponen nama penerima souvenir. Hal itu bertujuan untuk menarik simpati klien, sebab secara tidak langsung hal tersebut menunjukkan bentuk perhatian perusahaan kepada kliennya.

Baca juga:  10 Tips Memilih Bahan Seragam Kantor yang Tepat di Konveksi Pakaian Terpercaya

Personalisasi souvenir juga dapat dilakukan dengan menyesuaikan jenis souvenir dengan background dan identitas perusahaan Anda. Misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang perhutanan, maka Anda dapat memberikan souvenir berupa barang-barang yang Eco Friendly. 

7 Keuntungan Personalisasi Souvenir Perusahaan

Personalisasi souvenir dapat menguatkan branding perusahaan sekaligus meningkatkan loyalitas klien (sumber: Freepik)

Personalisasi souvenir dapat memberikan makna lebih mendalam pada setiap benda yang diberikan. Benda-benda tersebut kini tidak lagi hanya barang fisik semata, namun juga memiliki nilai tambah yang menunjukkan bentuk perhatian kepada penerimanya. Berikut tujuh keuntungan melakukan personalisasi souvenir!

1. Membangun Relasi yang Kuat dengan Klien

Personalisasi souvenir perusahaan dapat menjadi kunci untuk membangun relasi yang lebih kuat dengan klien. Penambahan elemen untuk personalisasi souvenir seperti nama atau pesan khusus, dapat bantu membentuk ikatan emosional dengan klien. Hal ini juga dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam dari sekadar hubungan bisnis. 

2. Menguatkan Branding Perusahaan

Personalisasi souvenir perusahaan dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun branding perusahaan Anda. Souvenir yang dipersonalisasi akan mencakup elemen logo, nama perusahaan, dan elemen perusahaan yang menciptakan konsistensi visual yang memperkuat identitas perusahaan. 

3. Meningkatkan Loyalitas Klien

Personalisasi souvenir perusahaan dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun branding perusahaan Anda. Souvenir yang dipersonalisasi akan mencakup elemen logo, nama perusahaan, dan elemen perusahaan yang menciptakan konsistensi visual yang memperkuat identitas perusahaan. 

4. Menciptakan Hubungan Jangka Panjang

Keuntungan lainnya dari personalisasi souvenir adalah mampu menciptakan hubungan jangka panjang dengan klien. Personalisasi souvenir dapat berperan sebagai simbol penghargaan kepada klien, yang menyatakan bahwa kontribusi dan kesetiaan mereka dihargai oleh perusahan Anda. Dengan begitu, klien tidak ragu untuk meneruskan hubungan kerja sama dengan perusahaan Anda. 

Baca juga:  7 Cara Seru Merayakan Imlek di Kantor

5. Sebagai Pembeda Perusahaan

Komponen-komponen yang terdapat dalam personalisasi perusahaan, seperti  nama perusahaan, logo, dan alamat perusahaan termasuk dalam identitas perusahaan. Hal tersebut dapat menjadi penanda sekaligus pembeda perusahaan Anda dengan kompetitor. Souvenir yang dipersonalisasi dengan ciri khas perusahaan, semakin memperkuat identitas perusahaan yang berpotensi perusahaan Anda semakin diingat oleh klien. 

6. Memperluas Jangkauan Perusahaan

Souvenir perusahaan yang dipersonalisasi juga memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan klien. Penggunaan souvenir oleh penerima atau klien secara tidak langsung menciptakan promosi alami, yang berpotensi menciptakan jangkauan yang lebih luas. Souvenir yang menarik juga memungkinkan klien untuk mempostingnya di media sosial, yang mencipatakan efek viralitas.

7. Menciptakan Kesan Positif Perusahaan

Personalisasi souvenir dapat menciptakan kesan positif perusahaan di mata klien. Hal ini dikarenakan souvenir yang dipersonalisasi dapat membuat klien  merasa dihargai. Ketika klien melihat upaya perusahaan untuk menyediakan sesuatu yang unik, hal itu menciptakan rasa dihargai dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Jika klien sudah merasa terhubung secara emosional dengan perusahaan Anda, maka berpotensi klien akan mempertahankan hubungan bisnis jangka panjang.

Itu dia tujuh keuntungan dari personalisasi souvenir perusahaan. Melakukan personalisasi pada souvenir perusahaan memiliki banyak keuntungan. Salah satunya sebagai strategi marketing, yang memungkinkan perusahaan Anda untuk memperluas jangkauan.

Personalisasi juga dapat menciptakan citra positif perusahaan, yang membuat klien merasa dihargai, diakui, dan diapresiasi oleh perusahaan Anda. Untuk ide souvenir perusahaan, Anda dapat mencari inspirasi melalui artikel 15 Ide Souvenir Akhir Tahun untuk Klien Bisnis Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat