7 Ide Souvenir Marketing untuk Strategi Pemasaran

4 menit membaca

Souvenir marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan sebuah perusahaan untuk membranding dirinya. Marketing atau pemasaran merupakan tahapan penting dalam mencapai kesuksesan suatu bisnis. Suatu perusahaan perlu menggunakan strategi marketing yang tepat agar produknya mudah dikenali masyarakat, sehingga dapat bertahan jangka panjang. Ada banyak strategi marketing yang bisa anda terapkan, salah satunya adalah memanfaatkan souvenir marketing. 

Souvenir bukan sekadar cindera mata, akan tetapi juga dapat menjadi alat yang efektif untuk branding perusahaan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pada souvenir marketing umumnya tercantum identitas perusahaan, seperti logo, nama perusahan, dan  alamat perusahaan. Hal tersebut dapat membuat perusahaan Anda mudah diingat oleh penerima souvenir tersebut.

Untuk merealisasikannya, ada banyak barang yang bisa dijadikan sebagai ide souvenir marketing untuk perusahaan Anda. Beberapa barang yang dipilih dapat berupa barang kebutuhan sehari-hari, supaya lebih bermanfaat dan tujuan marketing lebih mudah tercapai. Anda juga bisa mempelajari cara branding perusahaan melalui souvenir pada artikel berikut 7 Tips Branding Perusahaan dengan Souvenir Kantor dan Sosial Media Sosial. Yuk, disimak!

MANFAAT SOUVENIR MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN

Souvenir marketing merupakan salah satu cara memperkenalkan perusahaan kepada calon klien (sumber: Freepik)

Strategi marketing atau pemasaran dilakukan oleh tiap-tiap perusahaan dengan cara yang berbeda-beda. Walau dilakukan dengan cara yang berbeda, namun tujuan utama dari sebuah marketing adalah memperkenalkan perusahaan kepada calon klien untuk meningkatkan keuntungan. Salah satu cara yang kerap dilakukan oleh perusahaan adalah memberikan souvenir kepada calon klien. Berikut manfaat souvenir sebagai strategi marketing.

1. Ajang Memperkenalkan Perusahaan Kepada Calon Klien

Mengenalkan sebuah perusahaan kepada calon klien, dapat dilakukan dengan strategi souvenir marketing. Umumnya sebuah souvenir terdiri atas beberapa komponen di dalamnya, seperti nama perusahaan, logo, dan alamat perusahaan. Komponen-komponen tersebut memudahkan calon klien untuk mengingat perusahaan Anda. 

Baca juga:  Custom Kalender 2024: Fungsi dan Jenis-Jenisnya untuk Kantor

Agar strategi dapat berjalan lebih lancar, Anda dapat memilih souvenir berupa barang kebutuhan sehari-hari yang sering digunakan. Semakin sering barang tersebut digunakan, potensi klien mengingat  perusahaan Anda akan semakin tinggi.

2. Memberikan Citra Positif

Souvenir yang diberikan secara gratis kepada calon klien dapat memberikan citra positif perusahaan. Memberikan souvenir kepada klien dapat menimbulkan kesan bahwa perusahaan Anda menghargai hubungan bisnis yang terjalin. Souvenir yang berkualitas dapat meningkatkan kepuasan dan kesetiaan klien.

Souvenir yang berkualitas juga dapat meningkatkan loyalitas klien. Hal ini juga mencerminkan profesionalisme perusahaan. Calon klien cenderung lebih percaya pada perusahaan yang menunjukkan kepedulian terhadap kualitas dan detail.

3. Meningkatkan Brand Awarness

Manfaat souvenir marketing yang tidak kalah pentingnya, yaitu dapat meningkatkan brand awarness. Souvenir marketing memiliki potensi besar untuk meningkatkan brand awarness atau kesadaran merek.

Ketika calon klien membawa souvenir yang diberikan oleh perusahaan Anda, secara tidak langsung calon klien juga membawa logo perusahaan ke berbagai tempat. Secara tidak langsung hal ini menciptakan peluang untuk menarik perhatian lebih banyak orang.

7 IDE SOUVENIR MARKETING UNTUK PEMASARAN

Tumbler merupakan souvenir multifungsi yang dapat digunakan sebagai souvenir marketing (sumber: pexels)

Dengan souvenir marketing perusahaan Anda akan mendapat atensi lebih dari calon klien. Souvenir yang berkualitas mampu menarik loyalitas pelanggan dan meningkatkan brand awarness, yang bisa menarik lebih banyak calon klien.

Anda dapat memilih souvenir berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari yang sering digunakan oleh masyarakat. Berikut tujuh ide souvenirnya.

1. Tumbler

Tumbler termasuk barang kebutuhan sehari-hari yang banyak digunakan oleh masyarakat. Memberikan souvenir marketing berupa tumbler, meningkatkan potensi perusahaan Anda dikenal lebih banyak orang. Hal ini dikarenakan tumbler merupakan benda yang kerap dibawa bepergian.

2. Powerbank

Powerbank merupakan benda yang sangat fungsional. Souvenir marketing pengisi daya ini sangat berguna bagi calon klien untuk dibawa saat bepergian. Badan powerbank dipersonalisasi dengan logo dan nama perusahaan, sehingga setiap kali benda ini digunakan calon klien teringat dengan perusahaan Anda. 

Baca juga:  5 Produk Training Kit untuk Acara Kantor yang Bisa Selesai Dalam 3 Hari

3. Cermin

Benda kebutuhan sehari-hari lainnya yang cocok jadi ide souvenir marketing, yakni cermin. Walau terlihat sederhana benda satu ini sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari, terutama bagi kaum wanita. Cermin berpotensi menjadi benda yang selalu dibawa bepergian, sehingga calon klien akan mudah ingat dengan perusahaan Anda setiap kali bercermin. 

4. Notebook

Note book dengan desain yang eksklusif memungkinkan calon klien untuk menciptakan ide yang cemerlang. Fungsionalitas notes menjadikannya sebagai souvenir yang bermanfaat bagi calon klien.

5. Kalender

Alat penanda waktu yang tak lekang oleh zaman. Kalender merupakan salah satu souvenir marketing yang paling sering digunakan oleh banyak perusahaan. Di setiap lembar souvenir kalender, umumnya terdapat logo, nama perusahaan, bahkan foto perusahaan yang memungkinkan calon klien terus ingat dengan perusahaan Anda. 

6. Payung

Alat pelindung diri dari hujan dan panas matahari ini juga menjadi benda yang cocok dijadikan sebagai souvenir marketing. Payung dapat menjadi simbol kepedulian dan perlindungan perusahaan kepada para calon kliennya. 

7. Totebag

Benda multifungsi ini menjadi souvenir marketing yang sangat bermanfaat bagi calon klien. Totebag dapat digunakan untuk membawa barang belanjaan, menaruh pakaian kotor,  ataupun menyimpan benda-benda tak terpakai. Memberikan souvenir marketing berupa totebag kepada klien, dapat menunjukkan bahwa perusahaan Anda memperhatikan hal-hal kecil yang dibutuhkan oleh calon klien. 

Itu dia tujuh ide souvenir sebagai strategi marketing. Souvenir marketing bukan sekadar ajang promosi semata. Akan tetapi hal ini juga menjadi cara untuk membangun citra positif perusahaan Anda di mata calon klien. Apabila citra perusahaan sudah baik, maka calon klien tidak segan-segan untuk menaruh kepercayaan pada perusahaan Anda. 

Untuk ide souvenir kantor bank, Anda bisa mencari inpsirasi melalui artikel 7 Ide Souvenir Kantor untuk Bank Negara dan Bank Swasta. Selamat membaca!

Baca juga:  5 Starter Kit Pameran yang Wajib Dipersiapkan untuk Kesuksesan Acara
Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat