10 Komponen Penting Dalam Desain Kalender yang Wajib Diketahui

4 menit membaca
Cetak desain kalender yang menarik di Lokasoka untuk membuat klien bisnis Anda terkesan
Cetak desain kalender yang menarik di Lokasoka untuk membuat klien bisnis Anda terkesan

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata “kalender”? Apakah Anda memikirkan desain kalender kertas tradisional dengan bulan-bulan ditampilkan dalam banyak kotak? Kisah seperti itu sudah berlalu!

Karena kalender kini merupakan alat pemasaran yang hebat untuk promosi bisnis dan tersedia dalam berbagai desain kalender unik. Anda dapat memilih di antara kalender poster, kalender dinding, kalender kartu, kalender jahitan sisi, maupun kalender wire-o-coil. Setiap perusahaan memiliki preferensi dan kebutuhannya masing-masing sehingga desainnya favoritnya dapat berbeda.

Jika Anda berencana mengirimkan kalender kepada mitra bisnis dan klien, ingatlah bahwa ini memberikan kesempatan luar biasa. Anda dapat meningkatkan branding Anda untuk selalu ada di benak mereka sepanjang tahun. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat desain kalender yang mencuri perhatian dan berbeda dari yang lain, bacalah artikel ini dari awal hingga akhir!

Selain desain, ukuran kalender pun perlu dipertimbangkan. Kalender yang kecil dapat memperindah meja kantor. Sedangkan kalender yang besar dapat dipajang di ruangan rapat agar lebih mudah dilihat. Baca selengkapnya di sini: 7 Rekomendasi Ukuran Kalender yang Ideal untuk Perusahaan.

Apa Pentingnya Desain Kalender Elegan?

Berbagai desain kalender unik dari Lokasoka, bisa kalender meja maupun kalender dinding
Berbagai desain kalender unik dari Lokasoka, bisa kalender meja maupun kalender dinding

Seperti yang telah dibahas sedikit sebelumnya, kalender dalam keperluan bisnis dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Oleh karena itu, desain kalender elegan dan merepresentasikan perusahaan menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Beberapa hal seperti bahan, ukuran, desain, warna, dan sebagainya perlu dipikirkan baik-baik sebelum mencetak kalender dalam jumlah massal.

Dalam artikel ini akan dibahas desain kalender secara spesifik. Mulai dari tema, jumlah halaman, hingga teknik percetakan perlu disesuaikan juga dengan budget perusahaan. Beberapa divisi yang berkaitan dengan souvenir kantor perlu bekerja sama, seperti Human Resources, Finance, dan Graphic Design.

10 Komponen Penting Kalender yang Wajib Diketahui Percetakan

Tentukan tema, pesan, dan gambar untuk kalender custom dan cetak di Lokasoka
Tentukan tema, pesan, dan gambar untuk kalender custom dan cetak di Lokasoka

Fokuslah pada 10 komponen penting untuk desain dan percetakan kalender agar Anda dapat menciptakan kalender terbaik untuk tahun mendatang! Bagikan souvenir kalender ini kepada karyawan, rekan bisnis, kolaborator, maupun masyarakat umum yang mengikuti kegiatan kantor. Semakin nama perusahaan Anda dikenal orang, maka potensi mendapatkan leads akan semakin meningkat.

Baca juga:  Bagikan Corporate Gift di 7 Momen Ini Untuk Meraih Manfaat yang Optimal!

Menentukan Tema

Usahakan untuk menciptakan sejumlah konsep atau tema untuk kalender dan dapatkan umpan balik dari rekan-rekan Anda. Entah itu sesuai dengan tema keseluruhan perusahaan atau Anda membuat konsep yang lebih menarik yang menarik bagi target audiens Anda, pastikan tema tersebut konsisten, menarik, dan jelas.

Pertimbangkan Jumlah Bulan per Halaman

Ada beberapa pilihan kalender, termasuk 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan per halaman. Tak peduli mana yang Anda pilih, pastikan mudah dibaca. Bisnis kecil, menengah, dan besar lebih suka kalender dengan 1 bulan ditampilkan pada setiap halaman. Ini memungkinkan mereka untuk menyampaikan pesan mereka dengan baik serta menampilkan gambar yang berbeda untuk setiap bulan dalam setahun.

Tentukan Jumlah Halaman

Setelah Anda memutuskan berapa banyak bulan yang ingin Anda tampilkan per halaman, Anda juga harus mempertimbangkan apakah akan memilih pencetakan dua sisi atau tidak. Jika Anda melakukannya, Anda akan menyediakan pelanggan dengan jumlah halaman yang memadai pada kalender.

Pikirkan Tentang Pesan

Setelah tema dipilih, konsep harus diperkuat dengan pesan menarik yang menyampaikan layanan dan/atau produk unggulan bisnis Anda. Pesan hebat akan membantu menonjolkan perusahaan Anda dengan cara yang unik dan menjadi sinonim dengan branding Anda.

Pilih Gambar Berkualitas Tinggi

Setelah Anda memutuskan pesan dan konsep kalender, langkah berikutnya adalah mencari gambar-gambar berkualitas tinggi yang melengkapi tema Anda. Meskipun mencarinya dapat memakan waktu dan melelahkan, semua usaha keras tersebut akan terbayar di akhir. Hasil akhirnya adalah kalender dengan gambar-gambar yang mencolok.

Gunakan Ruang dengan Baik

Perhatikan setiap komponen agar souvenir kalender Anda dari Lokasoka memberikan impact besar
Perhatikan setiap komponen agar souvenir kalender Anda dari Lokasoka memberikan impact besar

Baik Anda mendesain kalender ukuran saku, dinding, atau meja, Anda ingin pesan dan gambar Anda disampaikan dalam ruang dengan tepat. Di atas segalanya, Anda ingin penerima kalender Anda menemukannya menarik. Jangan lupa untuk menyisakan ruang untuk halaman pengantar yang menyoroti perusahaan Anda, seperti prestasi, pelayanan masyarakat, dan atribut-atribut lainnya.

Baca juga:  15 Perlengkapan Sekolah yang Wajib Dimiliki Agar Anak Berprestasi

Pilih Tampilan Tanggal yang Fungsional

Jika Anda mencoba mendesain kalender yang unik, pastikan itu menarik sekaligus mudah dibaca. Karena akan digunakan sepanjang tahun, Anda harus memilih tampilan tanggal yang fungsional dan menyenangkan di mata.

Pastikan untuk Memasukkan Promosi Perusahaan Anda

Kalender umumnya digunakan untuk mengingat janji dan fungsi bisnis penting. Dengan itu diingat, langkah cerdas adalah menyertakan promosi dan acara mendatang perusahaan Anda, sehingga pelanggan Anda mengetahui penjualan dan produk baru serta dapat memanfaatkan penawaran eksklusif.

Jadikan Kalender Anda Sebagai Portofolio

Jika Anda menggunakan kalender untuk mewakili karya yang dilakukan bisnis Anda, jadikanlah itu portofolio yang mengagumkan! Setiap bulan adalah kesempatan besar untuk memamerkan desain, layanan, dan/atau produk terbaik Anda. Misalnya, perusahaan yang menyediakan souvenir kantor bisa menampilkan produk favorit para klien serta layanan eksklusif yang dimiliki.

Pikirkan Tentang Teknik Percetakan

Setelah kalender didesain, langkah terakhir dalam proses ini adalah produksi dan percetakan. Adakan pertemuan dengan percetakan online Anda untuk membahas teknik percetakan yang paling sesuai dengan pesan atau tema kalender yang mudah digunakan. Pastikan untuk memutuskan kertas matte atau glossy dan jenis ikatan: jahitan sisi tradisional, wire-o-coil, atau jepit.

Semoga semua informasi di atas dapat membantu Anda dalam meramu desain kalender terbaik. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah kalender personal yang berbeda dari company lainnya. Jangan lupakan budget yang Anda miliki karena desain kalender yang eksklusif biasanya membutuhkan biaya yang lebih besar.

Sebagai referensi untuk Anda tentang kalender, bacalah artikel berikut: 15 Ide Desain Kalender yang Unik dan Menarik Sebagai Souvenir Kantor. Anda akan mengetahui 11 macam kalender, seperti kalender meja dan kalender dinding yang sangat umum. Juga rekomendasi desain berdasarkan warna, ukuran, bentuk/jenis, serta bahan kertas. Selamat membaca!

Baca juga:  Apa itu Gathering Kantor? Ini dia 5 Manfaat dan Persiapannya
Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat