10 Perbedaan Art Paper dan Art Carton, Tukang Cetak Wajib Tahu!

4 menit membaca
Perbedaan art paper dan art carton di Lokasoka sangatlah nampak dan memiliki kualitas berbeda
Perbedaan art paper dan art carton di Lokasoka sangatlah nampak dan memiliki kualitas berbeda (Sumber: Canva)

Art Paper dan Art Carton adalah dua jenis kertas yang umum digunakan saat mencetak sesuatu. Akan tetapi ada 10 perbedaan Art Paper dan Art Carton yang perlu diketahui oleh semua orang, khususnya para tukang cetak. Hal ini untuk menghindari kerugian serta mendapatkan hasil cetak terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel ini bukan hanya membahas perbedaan Art Paper dan Art Carton. Akan tetapi juga membahas berbagai jenis kertas lainnya yang biasa ditemukan di percetakan. Kertas yang digunakan untuk sampul buku catatan, kartu undangan, maupun cetak kalender bisa berbeda-beda. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Bagi Anda yang tertarik dalam dunia percetakan sangat direkomendasikan membaca artikel berikut ini: 15 Tips Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula. Anda bisa mendapatkan informasi seputar jenis-jenis percetakan, keunggulan percetakan online, dan tips memulai usaha ini. Selamat membaca!

10 Jenis Kertas yang Sering Digunakan Tukang Cetak

Perbedaan art paper dan art carton lainnya adalah dapat dijadikan sebagai cetak foto di Lokasoka
Perbedaan art paper dan art carton lainnya adalah dapat dijadikan sebagai cetak foto di Lokasoka (Sumber: Pexels)

Dalam dunia percetakan, pemilihan jenis kertas merupakan langkah krusial. Tiap jenis kertas memiliki karakteristik yang unik, mempengaruhi hasil akhir dari suatu cetakan. Sebelum masuk ke perbedaan Art Paper dan Art Carton, simak ulasan berikut ini:

1. Art Paper

Art Paper adalah pilihan utama untuk mencetak flyer, majalah, katalog, dan brosur. Permukaannya yang licin dan halus menghasilkan cetakan yang tajam. Tersedia dalam berbagai gramatur, mulai dari 85 gr hingga 150 gr.

2. Art Carton

Mirip dengan Art Paper namun dengan ketebalan lebih besar, Art Carton cocok untuk mencetak kartu nama, sampul buku, dan map. Tersedia dalam gramatur mulai dari 190 gr hingga 400 gr.

Baca juga:  Cuaca Panas di Indonesia Meningkat, Miliki Botol Tumbler yang Menjaga Suhu Dingin

3. Ivory

Kertas Ivory hampir serupa dengan Art Carton dalam hal tebal dan kehalusan permukaan. Namun, hanya satu sisi yang dilapisi secara halus. Cocok untuk cetak paper bag atau dus kosmetik, dengan gramatur mulai dari 210 gr hingga 400 gr.

4. Dupleks

Memiliki warna berbeda di kedua sisinya, Dupleks sering digunakan untuk mencetak dus pembungkus makanan atau obat-obatan. Tersedia dalam gramatur 250 gr hingga 500 gr.

5. HVS

Kertas HVS, dikenal luas sebagai kertas untuk mencetak buku atau fotokopi, memiliki permukaan kasar. Gramaturnya bervariasi, mulai dari 60 gr hingga 100 gr.

6. Samson Kraft

Kertas ini dihasilkan dari daur ulang, memberikan warna coklat. Sering digunakan untuk membuat paper bag. Tersedia dalam gramatur 70 gr dan 80 gr.

7. BW, BC, Linen Jepang, dan Concord

Kertas ini memiliki tekstur dan beragam warna. Cocok untuk mencetak kartu nama atau sertifikat. Tersedia dalam gramatur 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

8. Yellow Board

Cocok untuk undangan hard cover, namun tidak cocok untuk cetak di percetakan offset. Memerlukan lapisan tambahan dari kertas Art Paper atau Dupleks. Tersedia dalam gramatur YB 40 dan TB 30.

9. Fancy Paper

Beragam karakteristik, jenis, dan warna membuat Fancy Paper ideal untuk undangan pernikahan. Gramatur yang disediakan meliputi 80 gr, 100 gr, 220 gr, dan 300 gr.

10. Corrugated

Dengan permukaan bergelombang dan warna coklat, kertas ini umum digunakan untuk dus mi instan dan komputer. Memerlukan kertas tambahan jika dicetak di percetakan murah.

Memahami karakteristik masing-masing jenis kertas memungkinkan tukang cetak untuk memilih bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan klien. Dengan pilihan yang tepat, hasil cetakan akan memenuhi standar kualitas yang diinginkan. Berikut akan dijelaskan perbedaan Art Paper dan Art Carton berdasarkan karakteristiknya. Selamat menyimak!

Baca juga:  7 Keuntungan Melakukan Personalisasi Souvenir Perusahaan Sebagai Strategi Branding

5 Karakteristik Art Paper

Produk dari kertas Art Paper yang dapat dicetak di Lokasoka dengan kualitas terbaik
Produk dari kertas Art Paper yang dapat dicetak di Lokasoka dengan kualitas terbaik (Sumber: Pexels)

Pembahasan perbedaan Art Paper dan Art Cartin yang pertama fokus pada jenis kertas pertama. Art Paper adalah jenis kertas berkualitas tinggi dengan permukaan halus, licin, dan cenderung mengkilap. Beberapa karakteristik kunci dari Art Paper meliputi:

  • Art Paper memiliki permukaan yang halus dan licin, serta cenderung mengkilap sehingga memungkinkan tinta untuk menyebar dengan baik dan menghasilkan cetakan yang presisi.
  • Memiliki kemampuan yang memberikan kesan warna yang tajam dan hidup.
  • Karakteristiknya yang sulit menyerap tinta menjadikan hasil cetakan memiliki detail kompleks dan tajam.
  • Art Paper tersedia dalam berbagai varian ketebalan, mulai dari 85 gram hingga 150 gram.
  • Umumnya digunakan untuk mencetak brosur, pamflet, poster, dan karya seni cetak lainnya.

5 Karakteristik Art Carton

Salah satu fungsi kertas Art Carton di Lokasoka sebagai bahan kreativitas anak-anak
Salah satu fungsi kertas Art Carton di Lokasoka sebagai bahan kreativitas anak-anak (Sumber: Pexels)

Apa saja perbedaan Art Paper dan Art Carton selanjutnya? Art Carton adalah kertas tebal dengan permukaan yang juga halus dan licin seperti Art Paper. Yang membedakan adalah ketebalannya yang lebih besar. Berikut adalah karakteristik utama dari Art Carton:

  • Art Carton memiliki ketebalan yang lebih besar dibandingkan dengan Art Paper. Varian ketebalannya berkisar antara 190 gram hingga 320 gram.
  • cenderung lebih tahan lama/awet dan cocok untuk keperluan kemasan.
  • Meskipun tebal, Art Carton tetap memiliki permukaan yang cocok untuk mencetak dengan kualitas tinggi.
  • Ideal untuk mencetak produk dengan desain kemasan yang profesional.
  • Umumnya digunakan untuk mencetak kemasan produk seperti kotak, kardus, dan kemasan display.

Demikianlah artikel tentang perbedaan Art Paper dan Art Carton bagi Anda yang ingin mencetak kebutuhan kemasan maupun brosur. Jangan sampai salah pilih jenis kertas karena akan berakibat fatal terhadap kualitas font dan warna. Bukan hanya itu saja, experience dari penerima brosur jika bahan kertasnya terlalu tebal dan tidak mengilap menjadi berkurang. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung memberikan pengalaman kurang menyenangkan terhadap brand awareness perusahaan Anda.

Baca juga:  10 Alasan Kalender Meja dan kalender cetak Masih Dibutuhkan Daripada Kalender Digital

Salah satu produk percetakan yang akhir-akhir sedang booming adalah kalender. Beragam kalender unik menjadi incaran banyak perusahaan sebagai souvenir kantor. Anda dapat membaca artikel tentang kalender di sini: 7 Rekomendasi Ukuran Kalender yang Ideal untuk Perusahaan. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat