Persiapan Mudik Lebaran

Hampers Lebaran X LEKA 7 Persiapan Mudik Lebaran, agar Perjalanan Lancar dan Nyaman

4 menit membaca

Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat Islam di dunia. Di Indonesia, momen ini umumnya dirayakan dengan kumpul bersama sanak saudara. Oleh sebab itu, menjelang datangnya hari raya Idul Fitri terdapat tradisi tahunan, yakni mudik lebaran.

Tradisi mudik telah menjadi bagian penting dalam budaya Indonesia. Para perantau yang bekerja dan menempuh pendidikan di kota-kota besar akan kembali ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan sanak saudara. 

Mudik dapat memakan waktu yang cukup lama diperjalanan, terutama bagi orang-orang yang menempuh perjalanan jauh. Oleh karena itu, supaya perjalanan mudik berjalan lancar dan menyenangkan, persiapan yang matang sangatlah diperlukan. 

Berikut ini ada tujuh tips persiapan mudik lebaran, agar perjalanaan lancar dan terasa nyaman. Namun sebelum itu, simak pula artikel tentang Tips Packing Koper Mudik Agar Muat Banyak di Hari Libur Lebaran. Yuk, disimak!

Tips Persiapan Mudik Lebaran yang Perlu Diperhatikan

Tips Persiapan Mudik Lebaran

Mudik merupakan perjalanan yang panjang, sehingga diperlukan persiapan yang matang (sumber: Pexels)

Mudik akan memakan waktu lama diperjalanan. Oleh sebab itu, selain persiapan fisik ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik. Berikut tujuh tips persiapan mudik lebaran yang perlu Anda perhatikan.

1. Pastikan Keamanan Tempat yang Ditinggalkan

Euforia mudik lebaran kerap kali membuat orang lupa memastikan keamanan tempat yang ditinggalkan. Memastikan keamanan rumah yang ditinggalkan selama beberapa hari, merupakan hal penting. 

Hal tersebut bertujuan agar lebaran dapat berjalan tenang tanpa perlu cemas tentang rumah yang ditinggalkan. Sebelum berangkat, luangkan waktu untuk berbicara dengan petugas keamanan di sekitar tempat tinggal Anda. Mintalah bantuan mereka untuk memantau keamanan dan kondisi rumah Anda selama ditinggalkan. 

2. Siapkan Obat-Obatan dan Alat-Alat Kesehatan untuk Seluruh Anggota Keluarga

Dalam merencanakan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, persiapan yang matang adalah kunci untuk menjaga kenyamanan selama berada di perjalanan. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah obat-obatan dan alat kesehatan.

Baca juga:  10 Kado Anti Mainstream untuk Suami yang Kreatif dan Tak Terduga

Selama perjalanan, tubuh akan merespon berbagai kondisi dengan cara yang berbeda. Misalnya seseorang yang tiba-tiba mabuk perjalanan, akan merasakan pusing dan mual. Kondisi di atas umumnya diatasi dengan pemberian obat anti mual ataupun minyak angin. 

Oleh sebab itu, persiapan obat-obatan dan alat-alat kesehatan selama diperjalanan adalah hal yang penting untuk antisipasi. 

3. Bawa Starter Pack Kebersihan

Saat menempuh perjalanan jauh, umumnya orang akan sering menggunakan toilet umum.. Namun, terkadang banyaknya orang yang datang membuat kebersihan toilet umum menjadi tidak terjaga. 

Oleh sebab itu, demi kenyamanan pribadi Anda disarankan untuk selalu membawa starter pack kebersihan saat melakukan perjalanan jauh. Barang barang tersebut, antara lain tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan. 

Selain itu, Anda juga perlu membawa pocket flosser dari Leka, yang bisa bantu bersihin sisa makanan yang suka nyelip di gigi. Pocket flosser dari Leka sangat traveling friendly, selain mudah dibawa kemana saja, alat ini juga sangat mudah digunakan. Jadi, sekarang Anda ngga perlu takut lagi kalau ada sisa makanan yang nyelip di gigi. 

4. Siapkan Bekal Atau Camilan

Saat menempuh perjalanan jauh, Anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan warung atau tempat makan terdekat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk selalu membawa persiapan bekal makanan ataupun cemilan untuk menempuh perjalanan. 

Adanya stok makanan membuat perut Anda terus teris. Hal tersebut juga dapat meminimalisir terjadinya masuk angin dan mabuk perjalanan akibat perut kosong. 

Makanan di rest area ataupun tempat wisata terkadang lebih mahal dibandingkan tempat biasa, oleh sebab itu membawa makanan dari rumah juga menjadi salah satu langkah tepat meminimalisir budget perjalanan Anda.

Baca juga:  Arti Kata Suvenir dan Manfaatnya dalam Kehidupan

5. Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Sebelum berangkat, buatlah perkiraan biaya selama perjalanan, seperti  akomodasi, makanan, dan pengeluaran lainnya. Siapkan juga uang lebih sebagai dana tiak terduga. 

Walaupun sistem pembayaran saat ini sudah banyak beralih ke digital, namun Anda tetap perlu membawa uang tunai. Disarankan juga untuk Anda membawa uang receh untuk memudahkan pembayaran.

6. Pastikan Baterai Handphone Terisi Penuh Saat Berangkat

Selain memastikan kuota selalu tersedia, penting juga untuk selalu memastikan baterai handphone terisi penuh sebelum berangkat. Hal tersebut bertujuan agar komunikasi Anda dengan keluarga berjalan lancar selama perjalanan. 

Selama perjalanan Anda mungkin akan kesulitan untuk mengisi daya perangkat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memastikan baterai handphone terisi penuh sebelum berangkat. 

7. Pastikan Keamanan Kendaraan Sebelum Berangkat

Tips persiapan mudik Lebaran yang terakhir dan tidak kalah penting adalah memastikan kondisi kendaraan aman sebelum berangkat. Bagi Anda yang mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, penting untuk memastikan kondisi kendaraan beberapa hari sebelumnya. 

Pengecekan kondisi kendaraan beberapa hari sebelum jadwal mudik, meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan pemeriksaan kendaraan secara berkala, perjalanan mudik Anda akan terasa aman dan nyaman.

Tips Hemat Budget Selama Perjalanan Mudik 

Persiapan mudik Lebaran

Selama perjalanan, Anda perlu menyiapkan uang tunai sebagai dana darurat (sumber: pexels)

Walaupun Anda sudah menyiapkan biaya transportasi untuk mudik, namun Anda juga perlu menyiapkan biaya selama perjalanan. Biaya perjalanan kerap menjadi biaya tambahan yang tidak terduga. Oleh sebab itu, diperlukan strategi supaya biaya perjalanan ini tidak membengkak. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Bawa Bekal Makanan dari Rumah

Harga makanan di tempat wisata dan di transportasi umum seringkali lebih mahal dari pada harga di pasaran pada umumnya. Oleh karena itu, untuk menghemat biaya konsumsi Anda disarankan membawa bekal makanan berat ataupun camilan dari rumah. 

Baca juga:  Mengapa Koper 24 Inch dan Koper 20 Inch Banyak Dicari?

2. Hindari Tempat Wisata yang Mahal

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan ingin beristirahat sejenak, hindari tempat wisata yang memerlukan biaya masuk yang tinggi. Pilihlah tempat tempat wisata yang gratis atau biaya masuknya terjangkau seperti taman dan pantai yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

3. Manfaatkan Kartu Diskon atau Program Keanggotaan

Manfaatkan kartu diskon atau program keanggotaan yang Anda miliki untuk mendapatkan potongan harga atau penawaran khusus di berbagai tempat, seperti restoran, toko, ataupun tempat wisata. Pastikan Anda memilih penawaran yang sangat menguntungkan. 

4. Bawa Tumbler Air Minum

Selain makanan, Anda juga disarankan untuk membawa minum sendiri dari rumah untuk menghemat budget. Perjalanan panjang tentunya membuat Anda mudah haus, sehingga membawa tumbler berisi air minum menjadi cara yang solutif untuk menekan biaya perjalanan.

5. Batasi Pengeluaran Di Luar Rencana

Selama perjalanan, hindari pengeluaran tambahan yang tidak diperlukan seperti belanja berlebihan atau makan di restoran mewah. Tetap fokus pada kebutuhan dasar dan hindari godaan untuk membeli barang-barang atau layanan yang tidak direncanakan sebelumnya.

Itu tujuh dia tips persiapan mudik Lebaran yang bisa Anda terapkan. Dengan persiapan yang matang, perjalanan Anda akan terasa aman dan nyaman. Sehingga Anda bisa berlebaran dengan tenang bersama keluarga di kampung halaman. Simak juga 7 Jenis Tas Buat Sambut Hari Raya Lebaran  berikut ini. 

Jika Anda berencana membuat hampers Lebaran untuk teman ataupun sanak saudara, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan  Anda. Apabila berminat, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat