15 Bahan Tumbler yang Bagus untuk Dijadikan Souvenir

5 menit membaca
Lokasoka menyediakan aneka botol tumbler sesuai kebutuhan perusahaan Anda, mulai dari stainless hingga keramik
Lokasoka menyediakan aneka botol tumbler sesuai kebutuhan perusahaan Anda, mulai dari stainless hingga keramik (Sumber: Canva)

Air merupakan salah satu sumber pemberi cairan tubuh manusia, yang mudah didapatkan akhir-akhir ini. Dengan tersedianya air, tubuh tidak akan mengalami dehidrasi yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Karena itu penting membawa botol tumbler kemana pun, namun juga penting untuk memperhatikan bahan tumbler yang digunakan.

Apakah bahan tumbler tersebut mengandung bahan-bahan yang membahayakan atau tidak. Selain berfungsi bagi kesehatan, botol tumbler bahan digunakan sebagai souvenir bermanfaat. Karena pada bagian luarnya bisa dicetak logo maupun kata-kata untuk mengingatkan penerima souvenir ini kepada perusahaan Anda. Simak artikel ini untuk mencari tahu berbagai bahan tumbler favorit yang aman digunakan.

Bagi yang masih pemula di bidang souvenir kantor bisa membaca artikel berikut: 7 Tips Branding Perusahaan dengan Souvenir Kantor dan Media Sosial. Anda akan mengetahui apa itu branding perusahaan, fungsi souvenir dan media sosial dalam branding, serta ide-ide souvenir yang menarik. Selamat membaca!

Apa Bedanya Tumbler dan Botol Minum?

Botol tumbler sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, Lokasoka menyediakan aneka bahan favorit Anda (Sumber: Pexels)

Sebelum kita memulai, alangkah baiknya Anda memahami dulu apa bedanya tumbler dan botol minum? Menurut sejarah, istilah tumbler mengacu pada sebuah gelas dengan bagian bawah berbentuk cembung atau lancip, sehingga gelas tersebut harus dipegang agar tidak tergelincir ketika diletakan di atas meja. Gagasan penamaan tumbler yang berarti jatuh/tergelincir mengacu pada penggunaan tanduk sebagai wadah minum pada abad pertengahan, karena ketika tanduk wadah minum tersebut diletakan di atas meja, maka tanduk itu akan jatuh/tergelincir serta menumpahkan airnya.

Semakin berkembangnya zaman, istilah tumbler pun mengalami pergeseran makna menjadi “wadah minum yang bukan botol, tapi juga bukan gelas pada umumnya”. Selain dari namanya, bentuk wadah minum yang dinamai tumbler ini pun menjadi berbeda bentuk. Jadi tumbler bukanlah botol minum, karena tumbler merupakan gelas tanpa gagang tapi memiliki penutup sederhana.

Baca juga:  17 Ide Corporate Gift Eksklusif dan Unik Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

8 Bahan Tumbler yang Bagus untuk Dijadikan Souvenir

Tumbler saat ini memiliki pilihan bahan yang banyak, Lokasoka menyediakan semua jenis botol ini
Tumbler saat ini memiliki pilihan bahan yang banyak, Lokasoka menyediakan semua jenis botol ini (Sumber: Pexels)

Setelah memahami definisi perbedaan dari tumbler dan botol minum, tentu Anda mulai tertarik karena tumbler cenderung lebih sederhana dan berbentuk trendi dibandingkan botol minum yang begitu-begitu saja. Berikut telah tersaji delapan bahan tumbler yang bisa Anda gunakan untuk souvenir.

1. Bambu

Tumbuhan dengan nama latin Bambusoideae ini bisa menjadi bahan tumbler murah karena mudah didapatkan, bambu juga bisa memberi nilai keindahan tradisional dan cinta alam. Menjadikan bambu sebagai bahan tumbler cocok bagi para orang tua atau dewasa muda yang kangen suasana kampong halaman.

2. Stainless steel

Bahan tumbler yang cukup populer ada di stainless steel. Unsurnya yang tahan karat, mudah didaur ulang menjadikannya bahan ramah lingkungan. Bahan tumbler stainless steel juga dapat mengisolasi suhu minuman tanpa risiko melarutkan bahan kimia berbahaya.

3. Plastik Tahan Bocor

Siapa yang tak kenal plastik? Material yang terbuat dari getah pohon ini menjadi populer karena mudah dicetak dalam berbagai bentuk serta tahan bocor. Menjadikan plastik sebagai bahan tumbler tentu menjadi pilihan murah dan mudah, asalkan Anda cermat memilih bahan plastik yang aman sekaligus ramah lingkungan.

4. Tritan

Tritan merupakan bahan plastik yang baru dikembangkan dengan harapan bisa menjadi lebih baik dan sehat dari bahan plastik lainnya. Menggunakan tritan sebagai bahan tumbler tentu menjadi rekomendasi dari kalangan medis karena tritan bebas dari BPA, juga lebih ramah lingkungan dan bahkan tahan panas.

5. Silikon Lipat

Bahan tumbler selanjutnya ada silikon lipat yang dapat memberikan kemudahan ketika tidak digunakan, Anda bisa melipatnya dengan mudah tanpa harus takut bahannya sobek. Selain keefisiensinya, bentuk tumbler dari silikon juga bervariasi, trendi, dan juga lucu.

Baca juga:  15 Ide Souvenir Karyawan untuk Simbol Apresiasi Perusahaan

6. Alumunium

Memilih alumuniun sebagai bahan tumbler memiliki keuntungan menjaga panas lebih lama, hampir sama dengan stainless steel, aluminium juga tahan karat, mudah dibersihkan, kuat dan tidak mudah pecah. Tampilan dari tumbler aluminium lebih sporty cocok digunakan untuk menemani Anda berkegiatan di luar seperti olahraga.

7. Kaca

Kaca bisa menjadi bahan tumbler yang elegan dengan sifatnya yang transparan dapat memberikan kesan higienis karena air bisa dipastikan kemurniannya. Ruang penggunaan yang lebih luas pun bisa menjadi nilai tambah dari tumbler berbahan kaca, selain itu kaca cenderung tidak terpengaruh ketika perubahan cuaca.

8. Keramik

Dengan sifatnya yang mudah dibentuk dan logo-logo yang bisa dicetak permanen menjadikan keramik cocok untuk bahan tumbler sebagai souvenir khusus. Keramik mampu memberikan kesan elegan dan juga mewah, serta menjaga kemurnian air di dalamnya.

7 Tips Memilih Bahan Tumbler yang Sesuai

Botol minum stainless steel dari Lokasoka memiliki kualitas yang bersaing dan disukai banyak klien
Botol minum stainless steel dari Lokasoka memiliki kualitas yang bersaing dan disukai banyak klien (Sumber: Pexels)

Setelah membaca deretan bahan tumbler yang baik, ada baiknya Anda memperhatikan juga hal-hal lain seperti efisiensi, kerentanan terkontaminasi, ramah lingkungan dan kriteria lain untuk memilih bahan tumbler Anda. Berikut tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih bahan tumbler yang sesuai.

1. Tidak Beracun

Hal paling pertama yang harus Anda pastikan adalah bahan tumbler yang Anda pilih tidak beracun, ramah lingkungan, dan juga aman digunakan berkali-kali. Sebab akan sangat berbahaya jika souvenir yang Anda bagikan malah menyebabkan penyakit menahun, jangan sebab murahnya Anda abai akan diri sendiri.

2. Aman Digunakan

Bahan tumbler dari kaca dan keramik memang bagus, secara tampilan memberikan kesan elegan yang kuat dan mewah karena cenderung lebih mahal, tapi amat disayangkan tidak begitu efisien karena sifatnya yang berat dan mudah pecah, sehingga dapat memberi risiko terluka. Maka amat sangat dianjurkan untuk memilih bahan tumbler yang lebih ringan dan tahan banting.

Baca juga:  Lingkungan Kerja yang Baik Seperti Apa? 10 Tips Bagi HRD yang Wajib Diketahui

3. Ringan, Mudah Dibawa Kemana pun

Fungsi utama tumbler adalah sebagai wadah minum praktis, maka memilih bahan tumbler yang ringan tentu menjadi nilai tambah dari souvenir yang Anda bagikan. Bahan tumbler dari plastik, tritan, dan silikon lipat tentu bisa dimasukan ke kategori ringan dan bagus untuk dibawa kemana-mana, cocok juga untuk Anda yang suka membawa banyak barang agar tidak menambah beban tambahan.

4. Warna yang Memanjakan Mata

Kini media percetakan sudah makin canggih dalam bidang tinta dan percetakannya, memilih warna yang memanjakan mata, seperti warna-warna pastel sebagai bahan tumbler akan memberikan kenyamanan tiap kali Anda melihat tumbler yang sudah Anda pilih. Selain itu, Anda diharuskan untuk memilih bahan warna dengan jeli agar tidak membahayakan kesehatan.

5. Ukuran Tidak Menjadi Kendala

Selain bobotnya yang harus ringan, ukuran tumbler juga harus sesuai dengan ukuran tas yang digunakan. Jangan sampai ukuran tumbler terlalu besar dan menyulitkan ketika hendak menutup tas yang memungkinkan risiko kecurian, atau malah merusak tas ransel atau tas selempang Anda.

6. Bentuk Tidak Terlalu Rumit

Memiliki selera memang bagus sebagai tanda identitas keunikan, hanya saja tidak selalu tumbler berbentuk rumit dan lain daripada yang lain menjadi pilihan tepat, bisa saja Anda malah mendapat kesulitan ketika membuka tutupnya atau airnya tidak sampai ke mulut Anda. Ingat, fungsi tumbler sekarang ini adalah memberikan keefisiensian untuk membawa air minum.

7. Murah di Kantong

Tips terakhir tentu adalah bahan tumbler harus murah agar membagikan souvenir tidak menjadi beban. Anda juga akan takut tiba-tiba bokek hanya karena salah menilai harga tumbler di pasaran. Penting diingat bahwa harga tumbler tergantung dengan bahannya. Semakin bagus kualitas bahan botol tumbler, maka semakin mahal harganya.

Demikianlah artikel tentang berbagai bahan tumbler yang bagus dijadikan souvenir. Banyak rekomendasi artikel mengenai souvenir, salah satunya 10 Daftar Toko Souvenir Jakarta Selatan dengan Peringkat Terbaik. Anda tidak perlu bingung-bingung lagi untuk mencari tempat membeli souvenir terbaik. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat