Intip Sejarah Hampers Imlek dan Angpao yang Wajib Ada Saat Imlek!

4 menit membaca

Tahun Baru Imlek atau disebut juga Lunar New Year adalah salah satu perayaan terpenting di China yang kaya akan budaya dan sejarah. Bertepatan dengan perayaan tersebut, terdapat hari libur yang dimanfaatkan oleh orang-orang China untuk berkumpul dengan keluarga, teman, maupun kolega mereka.

Perayaan tersebut adalah momen spesial yang hanya ada sekali dalam satu tahun kalender China. Oleh karena itu, pemberian angpao atau hampers Imlek memiliki arti yang besar di Tahun Baru Imlek.

Namun, tahukah Anda makna di balik pemberian angpao yang identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek? Sebelum mengetahuinya lebih lanjut, Anda perlu mengetahui apa itu angpao imlek berikut:

Apa Itu Angpao Imlek?

Angpao merupakan hampers Imlek yang berupa uang dalam bungkusan amplop berwarna merah. Angpao telah menjadi tradisi dan hal wajib saat perayaan Imlek. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah angpao dikenal dengan sebutan angpau yang diartikan sebagai amplop kecil berisi uang yang diberikan kepada anak-anak kecil, orang yang belum menikah, atau orang tua (oleh anak-anak yang telah menikah) pada hari raya Imlek.

Sementara itu, menurut situs Badan Perpustakaan Nasional Singapura, angpao adalah hadiah uang yang dikemas dalam paket merah. Angpau atau Hongbao berasal dari bahasa Hokkien, ang (merah) dan pow (amplop).

Amplop merah yang digunakan sebagai pembungkus angpao Imlek memiliki makna sebagai simbol keberuntungan, kehidupan, dan kebahagiaan. Maka dari itu, angpao diberikan sebagai tanda harapan baik selama perayaan atau acara keberuntungan, termasuk Tahun Baru Imlek atau pernikahan.

Untuk membuat pemberian angpao di momen Tahun Baru Imlek semakin bermakna dan berkesan, Anda dapat melengkapinya dengan gift hampers box. Baca artikel berikut ini: 5 Cara Memilih Gift Hampers Box Murah dan Menarik Bagi Keluarga dan Rekan Kerja. Anda akan mendapat penjelasan lengkap terkait cara memilih hadiah yang tepat untuk keluarga dan kerabat dekat di berbagai kesempatan, termasuk saat Imlek.

Baca juga:  10 Rekomendasi Kemasan Hampers Lebaran Sesuai Isinya

Lalu, bagaimana sejarah pemberian angpao atau hampers Imlek? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Sejarah Pemberian Hampers Imlek dan Perkembangannya

Pemberian Hampers Imlek yang telah berkembang sejak masa Dinasti Qing di Tiongkok (Sumber: freepik.com)

Pemberian hampers Imlek dimulai sejak abad masa Dinasti Qing (sekitar 221-206 SM) di China. Pada masa itu, terdapat sebuah legenda tentang sosok iblis bernama Sui yang akan mencari dan menyerang anak-anak yang tertidur di malam tahun baru.

Jika tertidur, anak-anak akan disentuh oleh Sui dan mengalami sakit hingga meninggal keesokan harinya. Karena hal ini, para orang tua harus menjaga anak-anak mereka tetap terjaga pada malam tahun baru.

Pada suatu masa, seorang anak diberi 8 koin oleh orang tuanya pada malam tahun baru agar tidak tertidur. Namun, anak tersebut tetap saja tertidur. Orang tuanya kemudian melilit koin tersebut dengan benang merah dan diletakkan di dekat tempat tidur anaknya. Koin yang diikat dengan benang merah ini disebut yā suì qián yang berarti uang keberuntungan untuk mengusir roh jahat.

Ketika iblis Sui muncul dan hendak menyentuh anak tersebut, delapan koin yang ada di dekat anak tersebut menjelma menjadi dewa dan memunculkan cahaya untuk menghalau Sui. Legenda ini kemudian tersebar ke seluruh penduduk desa dan dimulailah tradisi memberikan koin dengan amplop merah kepada anak-anak mereka di malam Tahun Baru Imlek.

Seiring berjalannya waktu, para orang tua mulai memberikan paket uang atau li shi yang terbuat dari sutra atau kain kepada anak-anak mereka pada malam Tahun Baru Imlek. paket tersebut berisi 100 koin yang melambangkan 100 tahun kehidupan. Biasanya, koin-koin tersebut digunakan untuk membeli pakaian atau ditabung.

Baca juga:  10 Ide Hampers Imlek Kekinian, Unik, dan Anti Mainstream

Menuju akhir abad ke-19, masyarakat China mulai menggunakan paket berwarna merah dan menyebutnya sebagai hangbao. Istilah tersebut kemudian dikenal sebagai angpao.

Perkembangan tradisi pemberian angpao tidak berhenti sampai di sini. Migrasi besar-besaran masyarakat China ke seluruh dunia turut serta membawa tradisi angpao ke berbagai belahan dunia. Tradisi angpao sendiri juga berbaur dengan budaya di berbagai wilayah tersebut dan membentuk sesuatu yang baru.

Angpao kini dikemas dengan bentuk yang beragam dan tidak hanya berupa uang. Sebagai pelengkap, masyarakat mulai membagikan angpao dalam balutan hampers Imlek yang dapat dilengkapi dengan berbagai jenis hadiah spesial lainnya.

Apa Makna Memberi Angpao Saat Imlek?

Pada perayaan Tahun Baru Imlek, pembagian angpao adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Angpao pada umumnya diberikan oleh orang dewasa yang lebih tua kepada orang yang lebih muda, biasanya anak-anak atau generasi muda yang belum menikah.

Pemberian angpao ini bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa makna memberi angpao saat Imlek:

1. Sebagai wujud penghargaan terhadap orang lain

Pemberian angpao di tahun baru dalam bentuk hampers imlek merupakan ekspresi penghargaan atas pencapaian orang lain selama satu tahun penuh. Hal ini mampu membangkitkan semangat baru bagi penerimanya.

2. Menjadi cara untuk mempererat hubungan

Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan momen spesial untuk berkumpul dengan kerabat yang hanya ada satu kali dalam satu tahun. Tidak sedikit dari mereka yang hanya bisa bertemu pada momen Imlek saja. Maka dari itu, dengan memberi angpao atau hampers Imlek, hubungan antarkerabat tersebut diharapkan menjadi semakin erat.

3. Berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat

Berkumpul bersama keluarga atau orang terdekat adalah salah satu momen yang paling ditunggu dalam perayaan Imlek. Dalam momen spesial ini, para orang tua atau orang yang lebih dewasa akan menciptakan kebahagiaan yang berlebih melalui pemberian angpao. Tidak hanya penerimanya yang berbahagia, pemberi angpao juga akan merasa senang karena bisa memberi kebahagiaan kepada orang terkasihnya.

Baca juga:  25 Jenis Bahan Kaos Polos yang Adem, Cocok untuk Kulit Sensitif, dan Terlengkap

4. Simbol kepedulian terhadap satu sama lain

Angpao merupakan bentuk kepedulian. Tidak semua orang memiliki keadaan finansial yang baik. Selain menjadi ucapan rasa syukur atas rezeki yang didapat selama satu tahun lebih, memberi angpao kepada orang lain juga dimaksudkan untuk membantu mereka yang lebih membutuhkan.

5. Menciptakan asosiasi positif antara pemberi dengan penerima

Tindakan memberi dan menerima hadiah dapat membentuk hubungan emosional positif dan kuat satu sama lain. Begitu pula dengan memberi angpao atau hampers Imlek. Penerimanya akan merasa dirinya adalah orang yang spesial dan dicintai oleh pemberinya. Selain itu, asosiasi positif lainnya juga dirasakan oleh pemberi. Pemberi angpao akan merasa dihargai atas kerja keras mereka selama ini.

Demikianlah sejarah angpao atau hampers Imlek dan makna di balik pemberiannya. Untuk menciptakan hubungan emosional positif yang lebih kuat dengan keluarga atau kerabat terdekat, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melengkapi hampers Imlek Anda dengan kartu ucapan. Berikut adalah panduan untuk mengetahui berbagai jenis kartu ucapan terbaik yang dapat Anda pilih kebutuhan hampers Imlek Anda: 15 Jenis Kartu Ucapan Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat