Ingin Memeriahkan Acara Perpisahan Sekolah? Ini 10 Ide Souvenir Perpisahan Sekolah Untuk Guru dan Teman

5 menit membaca

Perpisahan di sekolah merupakan momen yang berharga untuk melepas para siswa yang lulus. Tidak hanya itu, ini juga merupakan saat untuk merayakan pencapaian mereka, mengenang kenangan indah, dan menghargai hubungan yang telah terjalin di antara mereka, guru, dan teman-teman sekelas.

Dalam menghadapi perpisahan ini, banyak sekolah memilih untuk merayakannya dengan berbagai cara, seperti pertunjukan seni, upacara wisuda, atau kegiatan rekreasi bersama. Salah satu tradisi yang umum dilakukan dalam perpisahan sekolah adalah pemberian souvenir sebagai kenang-kenangan.

Namun, apakah Anda benar-benar memahami makna di balik souvenir perpisahan ini? Artikel ini akan mengulasnya lebih lanjut beserta ide souvenir yang cocok untuk diberikan di momen perpisahan sekolah.

Makna Souvenir Perpisahan Sekolah

Istilah ”souvenir” berasal dari bahasa Perancis yang berarti ‘mengingat’. Secara umum, souvenir artinya suatu objek atau barang yang biasanya dibeli atau diberikan kepada seseorang sebagai kenang-kenangan dari suatu tempat, peristiwa, atau pengalaman tertentu.

Souvenir dalam bahasa Indonesia secara baku disebut suvenir. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suvenir atau souvenir artinya tanda mata, kenang – kenangan, cenderamata.

Dalam konteks perpisahan sekolah, souvenir menjadi simbol yang kuat dalam merayakan hubungan antara siswa, guru, dan teman sekelas. Pemberian souvenir bukan hanya sebagai tanda kenang-kenangan, tetapi juga sebagai ungkapan rasa terima kasih atas kontribusi dan dukungan yang telah diberikan selama masa sekolah.

Dengan pemberian souvenir perpisahan sekolah, siswa dapat mengabadikan momen-momen berharga selama masa sekolah dan mengenangnya sebagai bagian tak terpisahkan dari perjalanan hidup mereka. Souvenir juga menjadi cara yang indah untuk mempererat ikatan antara siswa, guru, dan teman sekelas, serta membangun hubungan yang berkelanjutan di luar lingkungan sekolah.

Pilihan souvenir yang tepat akan memberikan kesan yang mendalam dan berkesan bagi penerima. Oleh karena itu, penting untuk memilih souvenir yang relevan dengan tema perpisahan dan dapat memberikan kesan yang positif bagi semua pihak yang terlibat.

Ide Souvenir Perpisahan Sekolah Untuk Guru

1. Album Kenangan

Hal yang identik dengan perpisahan sekolah salah satunya adalah album kenangan atau sering juga disebut sebagai yearbook. Album kenangan ini merupakan salah satu item yang umum diberikan saat acara perpisahan sekolah. Isinya terdiri dari foto-foto dan informasi pribadi siswa seperti nama, tanggal lahir, dan nomor telepon.

Baca juga:  Ide Souvenir Pernikahan yang Unik, Menarik dan Berkesan

Yearbook dapat digunakan untuk mengenang kembali momen-momen berharga sekaligus memungkinkan siswa yang sudah lulus untuk tetap terhubung satu sama lain melalui telepon yang tercantum dalam yearbook tersebut. Selain itu, yearbook juga dapat diisi dengan pesan atau cerita pribadi kepada teman-teman atau guru, sehingga membuatnya lebih bermakna.

2. Tumbler

Tumbler dapat dibuat menjadi lebih personal sebagai souvenir perpisahan sekolah (sumber: freepik.com)

Tumbler atau botol minum merupakan pilihan souvenir yang tepat untuk acara perpisahan sekolah. Selain harganya yang terjangkau, tumbler juga sangat bermanfaat dan dapat digunakan sehari-hari oleh penerimanya. Untuk membuatnya lebih berkesan, Anda dapat memesan custom desain tumbler secara khusus yang mencerminkan identitas sekolah atau angkatan tertentu yang sedang merayakan acara kelulusan.

Jika ingin dijadikan sebagai hadiah untuk para guru, Anda juga bisa memesan tumbler dengan inisial nama mereka untuk meningkatkan kesan personalisasi. Anda dapat memilih jenis dan desain tumbler sesuai dengan preferensi dan selera masing-masing penerima souvenir perpisahan tersebut.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih jenis souvenir tumbler, berikut adalah artikel yang akan memaparkan jenis-jenis souvenir tumbler yang menjadi pilihan favorit dari konsumen di Lokasoka: 11 Souvenir Tumbler Terlaris di Lokasoka. Selamat membaca!

3. Karya DIY

Salah satu hadiah atau souvenir perpisahan yang cocok untuk diberikan kepada guru oleh siswa adalah karya DIY. Karya DIY (Do It Yourself) ini merupakan suatu bentuk souvenir yang sangat berharga bagi seorang guru. Meskipun mungkin tidak memiliki nilai material yang tinggi seperti barang mewah, karya DIY memiliki nilai yang tak ternilai bagi para penerimanya.

Para siswa dapat bekerja sama untuk membuat berbagai jenis karya, seperti taplak meja, bingkai foto, atau kerajinan tangan lainnya. Mereka juga dapat membuat buku kenangan sederhana yang berisi foto-foto kenangan bersama guru, serta ucapan terima kasih dan kesan-kesan dari setiap siswa untuk sang guru sebagai souvenir perpisahan sekolah yang bermakna.

Baca juga:  Sejarah Alat Tulis Kantor dan Perkembangannya

4. Gelang

Gelang merupakan pilihan souvenir yang tepat untuk perpisahan sekolah, karena dapat menjadi kenang-kenangan yang tahan lama dan dapat langsung digunakan selama acara perpisahan berlangsung. Selain itu, gelang juga memiliki nilai sentimental yang kuat, yang akan membuat siapapun teringat akan masa-masa sekolah saat menggunakannya. Agar lebih bermakna, gelang dapat didesain dengan tambahan nama sekolah atau inisial siswa serta tahun kelulusannya.

5. Mug

Desain mug sebagai souvenir dapat dibuat sekreatif mungkin sesuai preferensi Anda (sumber: freepik.com)

Sebagai souvenir, mug memiliki sifat yang universal sehingga bisa diberikan kepada teman, guru, atau staf pendidikan lainnya. Selain itu, mug juga sangat bermanfaat bagi penerima karena dapat digunakan dalam waktu yang lama. Dengan luasnya media yang dimiliki oleh mug, Anda dapat mendesainnya dengan sekreatif mungkin sehingga menjadikannya sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan bagi para penerimanya. Mug dapat di-custom sesuai keinginan, mulai dari logo sekolah, tahun kelulusan, foto, hingga tulisan tertentu.

6. Tas

Tas merupakan pilihan souvenir yang sangat bermanfaat dan dapat diberikan kepada siswa, siswi, serta guru saat perpisahan sekolah. Tas memiliki beragam model, mulai dari tas jinjing hingga tas ransel, sehingga Anda memiliki fleksibilitas dalam memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera penerima.

Selain itu, custom desain pada tas juga penting untuk menunjukkan bahwa tas tersebut merupakan souvenir kelulusan. Anda dapat menambahkan tulisan nama sekolah dan tahun lulus, serta mengkreasikan desain lainnya yang menggambarkan semangat dan kenangan indah selama masa sekolah.

7. Gantungan Kunci

Jika Anda mencari pilihan souvenir perpisahan sekolah yang sederhana dan terjangkau, gantungan kunci dapat menjadi solusi yang tepat. Bahan yang digunakan untuk membuat gantungan kunci sangat bervariasi sehingga Anda bebas untuk memesan sesuai dengan kebutuhan dan selera, misalnya kombinasi bahan seperti karet, akrilik, atau kain untuk memberikan tampilan yang lebih unik dan menarik.

Baca juga:  7 Rekomendasi Kue Kering Lebaran Kekinian dengan Harga Terjangkau

Meskipun ukurannya kecil, gantungan kunci memiliki potensi untuk memiliki makna yang dalam. Anda dapat menyesuaikan gantungan kunci dengan desain logo sekolah, simbol yang mewakili sekolah, atau bahkan inisial siswa untuk memberikan sentuhan personal.

8. Dekorasi Rumah

Dekorasi rumah yang cocok digunakan sebagai souvenir perpisahan sekolah terdiri dari banyak pilihan mulai dari jam dinding, vas bunga, guci keramik, rak dinding gantung, hingga hiasan lainnya.

Jika Anda ingin memberikan souvenir yang sedikit berbeda dan lebih personal, Anda juga dapat memesan lukisan wajah atau karikatur wajah guru. Ini adalah pilihan yang unik dan akan dihargai dengan sangat baik oleh guru sebagai penerima.

9. Plakat

Hal selanjutnya yang identik dan tidak terlepas dari momen perpisahan sekolah adalah plakat. Plakat bukan hanya sekadar barang, tetapi juga simbol penghargaan atas pencapaian dan perjalanan siswa selama berada di sekolah.

Plakat bisa diukir dengan nama siswa serta tahun kelulusan. Selain itu, logo sekolah, simbol keberhasilan, atau gambar yang mewakili momen-momen penting selama masa sekolah, hingga pesan terima kasih atau motivasi untuk masa depan juga bisa dimasukkan.

10. Medali

Medali tidak hanya merupakan simbol penghargaan, tetapi juga menunjukkan rasa terima kasih dan penghormatan kepada orang-orang yang berarti bagi Anda selama di sekolah. Desain medali bisa disesuaikan dengan tema acara perpisahan sekolah atau simbol-simbol yang penting bagi siswa. Misalnya, di bagian depan, Anda bisa menempatkan logo sekolah, tahun kelulusan, atau gambar yang mencerminkan tema perpisahan. Di bagian belakang medali, bisa diberikan grafir nama siswa atau pesan motivasi yang dapat menginspirasi mereka untuk masa depan.

Itulah 10 pilihan suvenir perpisahan yang dapat Anda pertimbangkan untuk diberikan kepada guru atau teman-teman Anda. Jika berminat untuk memberikan souvenir perpisahan sekolah yang mengesankan, Anda dapat memesankannya di Lokasoka.

Lokasoka telah diakui sebagai tempat yang selalu menjamin pembuatan suovenir dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik. Oleh karena itu, mari bersama-sama menciptakan kenang-kenangan perpisahan yang berharga dengan produk souvenir dari Lokasoka!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat