5 Alasan Kalender Dinding Masih Relavan di Era Digital

4 menit membaca

Perubahan kalender dinding menjadi kalender digital, merupakan contoh dari adanya inovasi. Inovasi teknologi yang berkembang pesat di era saat ini, membuat manusia terus melihat perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarnya.

Perubahan teknologi konvensional menjadi digital ini dapat dilihat melalui benda-benda yang ada di sekitar Anda, seperti jam, radio, termometer, hingga alat penanggalan seperti kalender Perubahan benda-benda tersebut, tentunya tak lepas dari peran manusia yang terus berinovasi.

Kalender merupakan salah satu benda penting di hidup manusia. Sejak zaman dahulu, kalender telah membantu manusia untuk mengingat tanggal, mengatur waktu, hingga perencanaan kegiatan. 

Seiring berkembangnya zaman, bentuk kalender juga mulai mengalami perubahan. Di era konvensional, masyarakat masih mengandalkan kalender dinding yang terbuat dari kertas. Namun, kecanggihan teknologi membuat keberadaan kalender dinding mulai bersaing dengan kalender digital.

Walau begitu, kalender dinding hingga saat masih banyak digunakan oleh masyarakat. Jadi, apa hal yang membuat kalender dinding masih relevan di era digital? simak informasinya berikut ini. Sebelum itu, baca juga 4 Jenis Kalender Terlaris untuk souvenir kantor. yuk, disimak!

Alasan Kalender Dinding Masih Relavan di Era Digital

Kalender dinding mudah ditandai, sehingga dapat meminimalisir momen-momen penting terlewat (sumber: freepik)

Di era digital seperti saat ini, kalender dinding masih banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kalender dinding dianggap masih lebih efektif sebagai pengigat, dibandingkan dengan kalender digital. Berikut lima alasan kalender dinding masih relavan di era digital.

1. Kalender Dinding Lebih Efektif untuk Mencatat Hari Penting

Dalam dunia bisnis maupun perkantoran, mencatat hari-hari penting menjadi kegiatan yang sering dilakukan. Oleh sebab itu, di situasi ini kalender dinding dianggap lebih efektif sebagai reminder, dibandingkan kalender digital. 

Baca juga:  101 Ide Hadiah Lomba 17 Agustus Cocok Buat Ibu-Ibu, Anak-Anak, dan Remaja

Kalender dinding dianggap lebih efektif karena setiap kali Anda melintas di depannya, Anda akan melihat acara atau tanggal yang telah ditandai. Hal ini dapat membantu Anda tetap terhubung dengan jadwal, tanpa perlu mengandalkan notifikasi digital. 

2. Lebih Mudah untuk Diakses

Salah satu keunggulan kalender dinding dibandingkan kalender digital adalah aksesnya yang lebih mudah dan cepat untuk dicapai. Tanpa perlu membuka aplikasi atau menyalakan perangkat, Anda sudah dapat melihat jadwal dengan segera.

Hal tersebut membuat Anda tidak perlu bergantung dengan teknologi. Saat Anda melihat tanggal di kalender dinding, Anda juga dapat langsung menandai hari-hari penting dengan mudah.

3. Kalender Dinding Mudah Ditandai

Kalender dinding mudah diakses, sehingga Anda dapat dengan cepat menandai tanggal penting saat Anda ingat. Anda tidak perlu membuka aplikasi atau mencari perangkat elektronik, sehingga meminimalkan risiko terlupa atau kehilangan momen untuk menandai acara penting.

Kalender dinding memungkinkan Anda untuk menulis catatan atau menambahkan detail dengan mudah. Anda dapat menandai tanggal penting, menambahkan catatan, atau mencoret-coret secara langsung di kertas.

4. Menjadi Penanda yang Mudah Dilihat Semua Orang

Kalender dinding sering ditempatkan di lokasi yang strategis, seperti di ruang keluarga, ruang makan, atau area kerja bersama. Hal ini memungkinkan semua orang dapat melihat dan mengingat tanggal-tanggal penting dengan mudah.

Biasanya kalender dinding dibuat dengan ukuran yang cukup besar dan mencolok. Hal tersebut membuat kalender dinding mudah dilihat dari jarak jauh. Tampilan besar ini memungkinkan semua orang di ruangan untuk melihat tanggal-tanggal yang ditandai dengan jelas.

  1. Menambah Estetika Sudut Ruangan

Selain berfungsi sebagai pengingat waktu, kalender dinding juga dapat menjadi elemen dekoratif yang menarik dan menambah estetika sudut ruangan. Sebab saat ini banyak kalender dinding yang didesain menarik, mulai dari gaya yang minimalis, modern hingga yang lebih tradisional dan artistik.

Baca juga:  5 Alasan Tote bag Polos Perlu Dipertimbangkan untuk Dibeli

Dengan menempatkan kalender dinding di posisi yang tepat, hal ini dapat menciptakan visual ruangan yang menarik. Selain itu, kalender dinding juga dapat menambah warna dalam ruangan, yang dapat meningkatkan nilai estetika. 

Kelebihan Kalender Dinding Dibandingkan Kalender Digital

Salah satu keunggulan kalender dinding adalah desainnya dapat dicustom sesuai keinginan (sumber: freepik)

Selain lima alasan di atas, kalender dinding juga memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya kerap terlihat lebih unggul dibandingkan kalender digital. Berikut beberapa keunggulan dari kalender dinding.

1. Kalender Dinding Mudah Digunakan

Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai pengingat tanggal, kalender fisik lebih mudah untuk digunakan sebagai penanda hari-hari penting. Bentuknya yang terlihat jelas, membuat kalender dinding dapat dengan mudah dicoret-coret ataupun diberi catatan penting terkait suatu peristiwa.

Tanggalan-tanggalan penting yang sudah ditandai tersebut, dapat dilihat oleh banyak orang ketika kalender tersebut diletakkan di lokasi yang strategis. Hal ini dapat meminimalisir hari-hari penting terlewat.

2. Kalender Dinding Dapat Digunakan Sebagai Media Branding

Hingga saat ini, kalender dinding masih kerap digunakan sebagai bahan souvenir kantor ataupun seminar. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang menggunakan kalender dinding di rumah ataupun di tempat kerja. 

Dengan masih banyaknya penggunaan kalender sebagai souvenir, hal ini membuktikan bahwa kalender masih sangat layak digunakan sebagai media untuk branding. Anda dapat membuat personalisasi kalender dengan menambahkan nama, nomer telepon, dan logo perusahaan yang mudah dilihat banyak orang. 

3. Kalender Dinding dapat Dicustom Sesuai Keinginan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalender dinding dapat dengan mudah dicustom sesuai dengan kreatifitas Anda. Selain dijadikan sebagai media branding atau promosi, Anda juga dapat mengcustom kalender Anda sendiri guna mempercantik ruangan.

Baca juga:  10 Kado Anti Mainstream untuk Suami yang Kreatif dan Tak Terduga

Anda dapat menentukan desain kalender Anda sendiri. Kalender yang dibuat sesuai dengan keinginan pribadi dapat menciptakan kepuasan tersendiri. Anda juga dapat menyesuaikan desain kalender sesuai dengan tema ruangan.

4. Kertas dari Kalender Dinding dapat Digunakan Kembali

Salah satu keunggulan dari kalender dinding adalah kertasnya dapat dimanfaatkan kembali. Kertas kalender dinding yang sudah tidak terpakai, dapat dimanfaatkan kembali untuk beberapa hal, seperti pembungkus hadiah. Dengan cara ini, Anda dapat meminimalisir penumpukan limbah kertas.

Bagian belakang kertas kalender juga dapat dimanfaatkan untuk mencatat daftar belanjaan Anda atau daftar tugas harian. Tempelkan di lemari es atau tempat lain yang mudah dilihat sehingga Anda selalu ingat apa yang perlu dilakukan.

5. Kalender Dinding Memuat Tanggal-Tanggal Penting

Kalender dinding memiliki keunggulan karena memuat tanggal-tanggal penting yang mungkin tidak selalu ada di kalender digital, seperti hari libur lokal, acara kelompok, atau perayaan pribadi. 

Dengan kalender dinding, tanggal-tanggal penting ditampilkan secara visual dan nyata setiap kali Anda melintasinya. Hal ini memberikan pengingat yang lebih kuat dibandingkan dengan notifikasi digital yang mungkin terabaikan.

Itu dia informasi mengenai alasan kalender dinding masih relevan di era digital. Walaupun teknologi sudah semakin canggih, namun karena keefektifan dan kepraktisannya kalender dinding masih digunakan sampai saat ini. Baca  juga 10 Komponen Penting dalam Desain Kalender yang Wajib Diketahui

Jika Anda berencana membuat kalender custom, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan  Anda. Apabila berminat, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya.  

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat