Mau Pesan Souvenir Tas? Begini 11 Tahapan Pembuatannya di Pabrik Tas Terpercaya

5 menit membaca

Sebagai salah satu strategi promosi, souvenir kantor haruslah menunjukan profesionalitas perusahaan melalui kualitasnya. Hal ini juga berlaku untuk pengadaan souvenir tas. Dalam konteks tersebut, pembuatan tas di pabrik tas yang terpercaya menjadi langkah yang strategis untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda akan souvenir yang berkualitas.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara mendalam mengenai langkah-langkah pembuatan tas di pabrik tas yang dapat diandalkan, serta bagaimana proses ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda. Dari pemilihan bahan hingga desain akhir, setiap tahapan akan dijelaskan secara rinci untuk memastikan Anda mendapatkan souvenir yang sesuai dengan standar tinggi dan memenuhi ekspektasi branding perusahaan.

Tahapan Pembuatan Tas di Pabrik Tas

1. Mencari ide atau referensi

Mencari ide atau referensi untuk desain tas yang ingin dibuat merupakan langkah awal yang penting dalam proses pembuatan. Referensi ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan atau memperbaiki fitur produk yang sudah ada, tetapi juga berperan penting dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

Ada berbagai sumber ide yang dapat digunakan seperti riset pasar, kunjungan dan konsultasi dengan vendor terpercaya, hingga menjelajah media sosial. Dengan memanfaatkan berbagai sumber ide ini, Anda dapat mengumpulkan informasi yang cukup untuk mengembangkan desain tas yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan dan brand

Menentukan kategori tas yang tepat akan membantu menyesuaikan preferensi tas dengan kebutuhan dan preferensi konsumen yang dituju. Selain itu, menyelaraskan ide desain souvenir tas dengan tujuan atau kebutuhan merek merupakan hal yang penting. Pada intinya, hal ini bertujuan untuk membuat produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar, tetapi juga mencerminkan identitas merek dan nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Apakah merek ingin fokus pada tas selempang yang praktis untuk digunakan sehari-hari atau tas ransel yang multifungsi dan dapat menampung banyak barang saat bepergian? Apakah para penerimanya ingin menawarkan tas clutch bag atau pouch bag yang elegan dan cocok untuk menyimpan barang penting dengan gaya yang modis?

Baca juga:  Apa itu Koper Custom untuk Bisnis? Punya 5 Manfaat Bagi Perusahaan Anda

Jika Anda berniat untuk membuat totebag sebagai souvenir, Anda mungkin bingung dalam menentukan desain yang paling cocok. Artikel berikut ini akan memberikan rekomendasi jenis totebag dengan harga yang terjangkau sebagai opsi souvenir terbaik untuk perusahaan Anda: 7 Rekomendasi Tas Souvenir Totebag Murah dan Tips Memilih Konveksi Tas Terbaik. Selamat membaca!

3. Pembuatan desain

Setelah konsep-konsep awal tersebut selesai dirancang, tahapan selanjutnya adalah mengembangkan konsep tersebut lebih lanjut menjadi desain yang lebih detail. Tahapan ini mencakup eksplorasi berbagai elemen desain seperti bentuk, ukuran, warna, dan detail-detail lainnya.

4. Persiapan bahan

Berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya, pabrik tas atau pihak produsen dapat menentukan jenis bahan yang akan digunakan. Pemilihan bahan harus mempertimbangkan kualitas, kekuatan, dan kesesuaian dengan desain tas yang akan dibuat. Bahan tas harus benar-benar berkualitas tinggi agar tas yang dihasilkan kuat dan tahan lama.

Selain bahan utama untuk pembuatan tas, diperlukan juga bahan-bahan pendukung atau aksesori seperti resleting, kancing, tali pegangan, dan lain sebagainya. Semua bahan pelengkap ini harus dipersiapkan sejak awal dan disesuaikan dengan model tas yang direncanakan. Penting untuk dicatat bahwa proses persiapan bahan ini akan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan modal atau biaya.

5. Pembuatan pola

Langkah berikutnya dalam proses pembuatan souvenir tas di pabrik tas adalah menentukan pola atau pattern tas yang akan dibuat. Membuat pola tas melibatkan beberapa langkah, termasuk pengukuran dan perencanaan desain secara detail. Pengukuran dilakukan untuk menentukan ukuran yang tepat untuk setiap bagian tas, sedangkan perencanaan desain melibatkan penentuan letak dan ukuran gambar atau tulisan jika ada.

Setelah pola tas selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mentransfer pola tersebut ke bahan yang akan digunakan dengan pensil khusus untuk kain atau alat penanda khusus lainnya.

Baca juga:  Souvenir Payung Untuk Perusahaan dan Top 6 Pesanan Souvenir Payung di Lokasoka

6. Pemotongan Pola

Proses ini bertujuan untuk menyesuaikan bentuk kain agar lebih mudah dijahit dan dibentuk sesuai dengan desain tas yang diinginkan. Pemotongan pola ini dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan gunting kain, atau menggunakan alat cutting yang lebih canggih

Hal terpentingnya adalah tahap pemotongan harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena kualitas pemotongan sangat memengaruhi hasil akhir dari tas yang akan dibuat. Meskipun pola tas telah dibuat dengan baik, jika proses pemotongan tidak dilakukan dengan tepat, hasil akhirnya mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan.

7. Penjahitan tas

Pada tahapan ini, pola-pola yang telah dipotong sebelumnya disatukan untuk membentuk tas secara keseluruhan. Seperti halnya dalam proses pemotongan, tingkat kesulitan dalam proses penjahitan juga akan bervariasi tergantung pada model atau pola tas yang akan dibuat. Selain ketepatan, kekuatan jahitan juga sangat penting agar tas dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, sementara kerapian jahitan akan meningkatkan nilai estetika dan daya tarik produk.

8. Pemasangan logo pada souvenir tas

Tahapan yang satu ini sangat penting bila tujuan produksi tas adalah untuk keperluan pemasaran, seperti memberikan tas promosi, tas laptop, atau tas souvenir sebagai hadiah. Hal ini karena menambahkan logo acara atau logo merek pada tas tersebut dapat meningkatkan kesadaran merek. Branding logo pada tas dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dicetak, dijahit, atau menggunakan label khusus.

9. Review dan evaluasi sampel

Tahap review dan evaluasi merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa produk tas yang dihasilkan memenuhi standar kualitas dan desain yang diinginkan. Jika hasil review awal menunjukkan bahwa ada kekurangan atau ketidaksesuaian dengan standar yang ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan pada sampel tersebut.

Proses ini akan dilakukan secara berulang hingga produk yang dihasilkan telah mencapai tingkat kualitas yang dianggap memadai dan layak untuk dipasarkan kepada konsumen.

Baca juga:  12 Ide Souvenir Kantor Kekinian untuk Karyawan dan Bedanya Souvenir dengan Merchandise

10. Finishing dan Quality Control

Finishing dalam pembuatan tas sering kali melibatkan pemasangan aksesoris atau kebutuhan sejenisnya sesuai desain tas. Jika tidak membutuhkan pemasangan aksesoris semacam itu, tahapan finishing tidak selamanya diperlukan.

Setelah finishing, langkah selanjutnya adalah quality control. Quality control merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses pembuatan tas untuk memastikan bahwa kualitas tas sudah memenuhi standar yang ditetapkan dan layak untuk dipasarkan. Perlu diketahui bahwa kegagalan dalam melakukan quality control dapat berdampak buruk pada citra merek dan menyebabkan ketidakpuasan pelanggan.

11. Produksi massal

Setelah melewati tahapan iterasi dan memastikan kualitas tas yang dihasilkan memenuhi standar yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah memasuki tahap produksi massal. Proses ini memerlukan perencanaan yang matang, termasuk pengaturan produksi yang efisien, manajemen persediaan bahan baku yang tepat, dan pengelolaan tenaga kerja yang efektif.

Selama proses produksi massal, quality control juga tetap menjadi faktor yang sangat penting. Meskipun kualitas tas telah diverifikasi selama tahapan iterasi sebelumnya, tetap diperlukan pengawasan dan pengujian berkala untuk memastikan bahwa setiap produk yang diproduksi memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Pesan Souvenir Tas di Lokasoka yang Terpercaya

Pesan berbagai souvenir custom di Lokosoka, termasuk souvenir tas yang dibuat di pabrik tas terpercaya

Jika Anda mencari pilihan terpercaya untuk memesan souvenir tas, Lokasoka adalah pilihan yang tepat. Lokasoka menawarkan layanan kustomisasi terbaik untuk memenuhi permintaan klien, menjadikannya sebagai Indonesia’s Customized Corporate Gift Platform yang unggul.

Salah satu keunggulan Lokasoka adalah fokusnya pada kualitas. Dengan kerja sama bersama UMKM dari 20 kota di Indonesia, produk yang tersedia di Lokasoka telah diakurasi dengan standar tertentu. Dengan demikian, Anda dapat memiliki keyakinan bahwa setiap produk yang diterima akan memenuhi harapan Anda.

Sebagai pioneer dalam platform yang menghubungkan penjual dan pembeli, terutama dalam transaksi B2B, Lokasoka memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mendapatkan souvenir tas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kunjungi Lokasoka sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan personalisasi souvenir Anda segera!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat