5 Starter Kit Pameran yang Wajib Dipersiapkan untuk Kesuksesan Acara

4 menit membaca

Pameran merupakan sebuah strategi untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat. Dengan mengikuti sebuah pameran perusahaan bisa mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya menjangkau klien baru, kemitraan, investasi, hingga pemasaran produk perusahaan. Bahkan tak jarang pula expo dan pameran digunakan untuk merekrut karyawan baru.

Adanya expo dan pameran juga dapat kesempatan untuk membangun dan meningkatkan kesadaran merek. Dengan menyajikan booth yang menarik, perusahaan dapat menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung untuk meningkatkan citra perusahaan.

Oleh sebab itu, sebelum mengadakan pameran, setiap perusahaan harus mengatur strategi agar booth terlihat menarik di mata pengunjung.

Salah satu bentuk strategi yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan berbagai starter kit pameran sebelum acara dimulai. Berikut lima barang starter kit pameran yang wajib dipersiapkan demi kesuskesan acara. Namun sebelumnya, baca juga Bagikan Souvenir Eco Friendly di 15 Acara Berikut Ini untuk Meningkatkan Branding. Yuk, disimak!

Tips Sukses Mengadakan Expo/ Pameran

Brosur menjadi bagian dari komponen marketing sebuah perusahaan yang dibutuhkan dalam starter kit pameran (sumber: freepik)

Sebelum mengadakan sebuah expo atau pameran, alangkah baiknya Anda mempersiapkan strategi, agar expo dapat berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Ada beberapa hal yang bisa Anda persiapkan untuk kesuksesan pameran Anda. Berikut beberapa tips sukses mengadakan expo atau pameran.

1. Sesuaikan background perusahaan dengan pameran atau expo yang diikuti

Sebelum mengikuti sebuah pameran, Anda perlu mengetahui tema dari  pameran atau expo tersebut. Jangan sampai pameran atau expo yang Anda ikuti tidak sesuai dengan background perusahaan Anda.

Sebab hal tersebut dapat membuat pameran Anda sepi pengunjung, lantaran kurang peminatnya. Oleh sebab itu, Anda  disarankan melakukan riset dulu mengenai tema serta tujuan dari pameran atau expo tersebut.

2. Pilih Lokasi Booth yang Strategis

Salah satu kunci dari booth yang ramai dikunjungi adalah memilik lokasi booth pada tempat yang strategis. Lokasi booth yang strategis memudahkan pengunjung untuk mengunjungi booth Anda.

Baca juga:  15 Rekomendasi Seminar Kit untuk Berbagai Tema Seminar

Dengan begitu, booth Anda berpotensi ramai pengunjung. Booth yang berada dekat pintu masuk memiliki keuntungan besar karena peserta biasanya melewati area ini pertama kali. Ini memberikan peluang besar untuk menarik perhatian sejak awal.

3. Datang Lebih Awal

Datang lebih awal ke lokasi acara juga menjadi salah satu tips sukses sebuah pameran. Dengan datang lebih awal, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan kebutuhan booth Anda.

Selain itu, datang lebih awal juga membuat booth Anda dapat buka tepat waktu. Booth yang terlihat lebih siap dari yang lainnya, memungkinkan pengunjung untuk datang. Pastikan juga semua kebutuhan dalam keadaan normal, tanpa suatu kendala. 

4. Gencarkan Promosi

Setelah booth siap, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menggencarkan promosi agar booth Anda ramai oleh pengunjung. Anda harus aktif menawarkan pengunjung untuk datang ke booth perusahaan Anda. Sebab booth yang terlihat aktif cenderung lebih menarik minat pengunjung dibandingkan dengan booth yang pasif.

Berikan informasi yang edukatif mengenai perusahaan Anda pada pengunjung yang datang, sehingga pengunjung lain yang melihat interaksi tersebut tertarik untuk bergabung. 

5. Gunakan Media Promosi

Memanfaatkan souvenir sebagai media promosi dapat menjadi strategi yang efektif untuk menarik pengunjung ke booth pameran Anda. Souvenir tidak hanya memberikan kesan positif kepada pengunjung, tetapi juga dapat menjadi alat pengingat tentang kehadiran booth Anda.

Selain sovenir, Anda juga perlu memberikan penanda perusahaan lainnya, seperti kartu nama supaya perusahaan Anda lebih mudah dihubungi saat diperlukan.

Starter Kit Pameran yang Wajib Dipersiapkan

Lanyard dan notebook merupakan beberapa benda penting dalam pameran strater kit (sumber: Pexels) (link gdrive)

Sebelum membuka booth pameran atau expo, ada beberapa barang yang perlu Anda siapkan. Barang-barang ini biasanya digunakan sebagai penunjang dalam promosi perusahaan Anda. Selain itu, barang-barang penunjang ini juga dapat membantu Anda dalam memperkenalkan perusahaan kepada pengunjung. Berikut beberapa starter kit pameran atau expo yang wajib Anda persiapkan.

Baca juga:  5 Persiapan untuk Perayaan Tahun Baru Imlek di Kantor

1. Kartu Nama

Kartu nama menjadi salah satu benda penting dalam persiapan pamran atau expo. Adanya kartu nama memudahkan pengunjung untuk mengenali perusahaan Anda. Kartu nama juga berpotensi memperluas jangkauan klien, sebab jika sewaktu-waktu penerima kartu nama tersebut membutuhkan perusahaan Anda, maka mereka akan menghubunginya. 

Pastikan desain kartu nama Anda mencerminkan citra merek perusahaan dan menarik perhatian. Sertakan informasi kontak yang jelas dan lengkap, seperti nama, jabatan, nomor telepon, alamat email, dan alamat kantor. Pastikan informasi ini mudah dibaca dan dipahami.

2. Lanyard

Lanyard atau tali pengikat leher memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna sebagai bagian dari starter kit untuk pameran atau expo. Benda ini sering kali berfungsi sebagai tanda pengenal kru yang berjaga di booth perusahaan. Adanya lanyard memudahkan pengunjung mengetahui posisi dari penjaga booth pada pameran atau expo.

Lanyard dapat menjadi alat branding yang efektif untuk pameran atau expo. Dengan mencetak logo acara, sponsor, atau peserta utama, lanyard dapat membantu membangun kesadaran merek dan menciptakan identitas visual yang konsisten.

3. Brosur

Brosur memainkan peran penting dalam mempromosikan perusahaan, produk, atau layanan di booth pameran atau expo. Brosur memberikan ruang untuk menyampaikan informasi rinci tentang produk atau layanan perusahaan Anda. Hal tersebut dapat mencakup fitur, spesifikasi, manfaat, dan keunggulan yang ingin Anda komunikasikan kepada pengunjung.

Selain itu, brosur juga dapat berfungsi sebagai panduan produk atau layanan, membantu pengunjung untuk lebih memahami katalog produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ini dapat membantu mereka membuat keputusan informasi yang lebih baik.

4. Souvenir

Souvenir memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tarik sebuah booth pameran atau expo. Pemberian souvenir pada pengunjung di akhir sesi tanya jawab, berpotensi untuk menarik banyak pengunjung datang ke booth Anda. Hal ini disebabkan karena pengunjung cenderung lebih tertarik untuk mengunjungi booth yang menawarkan souvenir menarik. 

Baca juga:  Tips Memilih Tas Belanja Ramah Lingkungan yang Sesuai Kebutuhan Anda

Jika souvenir yang diberikan memuat logo atau nama perusahaan Anda, hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Setiap kali souvenir digunakan atau dilihat, itu adalah pengingat tentang perusahaan Anda.

5. Notebook

Notebook atau buku catatan yang diberikan kepada pengunjung di booth pameran atau expo memiliki beberapa fungsi yang penting untuk meningkatkan interaksi dan memberikan informasi pada pengunjung. Adanya notebook dapat memudahkan pengunjung untuk menuliskan informasi mengenai perusahaan Anda. 

Notebook dapat mendukung materi pameran dengan mencantumkan informasi lebih rinci tentang produk atau layanan. Hal ini memberikan pengunjung sumber referensi yang berguna setelah pameran berakhir.

Itu dia lima lima barang dalam pameran starter kit yang wajib dipersiapkan. Sebelum membuka booth pada pameran, pastikan Anda telah menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan sebagai materi promosi perusahan Anda. Untuk ide souvenir marketing, Anda dapat membaca artikel 7 Ide Souvenir Marketing untuk Strategi Pemasaran.

Buat Anda yang ingin costome souvenir kantor, Anda bisa memesannya melalui Lokasoka. Lokasoka menawarkan layanan untuk membuat berbagai jenis souvenir sesuai kebutuhan Anda. Layanan Lokasoka buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat