Bahan ID Card dan Lanyard Terbaik Untuk Karyawan Perusahaan

6 menit membaca

Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat ID card, termasuk desain, kualitas, hingga bahan baku pembuatannya. Hal ini penting karena ID card yang dilengkapi dengan lanyard digunakan oleh karyawan perusahaan bukan sekadar tanda pengenal, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai media branding.

Tidak heran, berbagai pertimbangan perlu dilakukan agar kesan positif pada ID card perusahaan Anda mampu menciptakan kesan positif pula terhadap perusahaan itu sendiri. Semakin baik kualitas bahan bakunya, semakin baik pula penilaian terhadap perusahaan Anda, bukan?

Selain menggunakan ID card dan lanyard, banyak pula perusahaan yang membuat seragam kantor. Tidak jauh berbeda dengan penggunaan ID card, seragam ini juga ternyata mampu mendukung promosi perusahaan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui beragam manfaat yang dimiliki oleh seragam kantor: 10 Manfaat Seragam Kantor jadi Media Promosi Branding Perusahaan. Selamat membaca!

Apa Itu ID Card dan Lanyard?

ID card atau kartu tanda pengenal biasanya digunakan oleh panitia sebuah acara hingga karyawan perusahaan untuk menunjukkan identitas pemakainya, termasuk nama, jabatan, hingga logo perusahaan. Selain sebagai tanda pengenal, ID card juga memiliki fungsi yang lebih luas. Misalnya untuk mendukung formalitas kerja, memberikan nilai tambah bagi penggunanya, hingga menjadi sebuah bentuk promosi perusahaan agar lebih dikenal oleh orang banyak.

Barang yang erat kaitannya dengan ID card adalah lanyard. Lanyard adalah tali yang berfungsi untuk menggantungkan tanda pengenal atau ID card. Saat ini, banyak perusahaan yang membuat lanyard khusus untuk dipakai oleh karyawan mereka.

Bukan tanpa alasan, lanyard juga mendukung upaya promosi perusahaan melalui logo dan identitas yang dituliskan di permukaan lanyard itu sendiri. Sama seperti ID card, jika para karyawan mengenakan lanyard tersebut ditempat umum, secara tidak langsung ia tengah mengenalkan perusahaan tempat ia bekerja kepada orang disekitarnya.

Baca juga:  15 Rekomendasi Kotak Pensil Bagus dan Terbaik untuk Anak Sekolah

Terdapat berbagai jenis bahan ID card dan lanyard untuk kebutuhan perusahaan Anda. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Jenis Bahan ID Card

1. Bahan PVC

PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan bahan ID card yang terbuat dari campuran plastik dan kertas. Bahan ini memiliki cenderung licin dan keras. Selain itu, kertas ini memiliki lapisan atas dan bawah yang bisa dicetak di kedua sisinya. Proses pencetakannya pun lebih mudah dan akan tampak lebih profesional serta tahan lama.

Tak heran, kertas ID card juga banyak digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk cetak ID card dan kartu-kartu lainnya. Mencetak ID card dengan kertas PVC ID Card sebaiknya menggunakan Tinta Pigment China yang akan membuat hasil cetak menjadi lebih tajam, anti luntur, dan tahan lama.

2. Bahan Art Paper

Selain PVC, bahan lain yang juga bisa digunakan untuk cetak ID card ialah Art Paper. Kertas ini memiliki permukaan yang halus, licin, dan mengkilap dengan gramatur mulai dari 85 gram, 100 gram, 120 gram, hingga 150 gram.Meskipun tidak sekuat PVC, Art Paper juga masih banyak dipilih untuk keperluan mencetak kartu.

Karena tidak terlalu tahan lama, bahan jenis ini lebih banyak digunakan untuk membuat ID card yang bersifat sementara atau tanda pengenal acara-acara tertentu saja, seperti seminar, konser, dan sebagainya. Selain itu, bahan ID card yang satu ini juga lebih sulit menyerap tinta, maka disarankan untuk menggunakan tinta dengan formula khusus seperti Tinta Art Paper China. Hal ini akan membuat hasil cetak menjadi lebih cepat kering, anti luntur, elegan, dan lebih tajam.

3. Jenis Laminasi Glossy dan Doff

Selain bahan kertas untuk mencetak ID card, jenis finishing juga perlu dipertimbangkan. Terdapat pilihan laminasi untuk ID card Anda agar terlihat lebih profesional, yakni glossy dan doff.

Baca juga:  10 Rekomendasi Souvenir Magang Anti Mainstream dan Kreatif

Laminasi glossy memberikan hasil akhir yang mengkilap saat terkena cahaya sehingga memberi kesan modern. Sementara itu, laminasi doff akan membuat kartu terlihat klasik tetapi tetap ada sisi elegan.

Mengenal Jenis Bahan Lanyard

1. Polyester Tissue

Lanyard yang terbuat dari bahan polyester tissue dari Lokasoka

Jenis bahan lanyard yang pertama adalah polyester tissue. Lanyard tissue adalah jenis lanyard yang paling familiar dan banyak diminati oleh konsumen karena memiliki berbagai pilihan warna yang sangat variatif.

Bahan yang satu ini memiliki permukaan yang sangat rata, halus, dan terlihat glossy. Inilah yang membuatnya dinamakan sebagai polyester tissue. Jika dilihat secara lebih detail, permukaannya padat dengan ikatan serat yang rapat.

Dengan permukaan halus dan serat rapat inilah bahan polyester tissue mampu memberikan hasil cetak full color yang paling cantik melalui metode digital printing. Karena kelebihannya yang banyak tersebut, harga lanyard tissue ini relatif lebih mahal daripada bahan lainnya. Selain itu, warnanya juga cenderung lebih cepat pudar.

2. Polyester Sarung

Sesuai namanya, bahan polyester sarung memiliki serat penyusun yang mirip dengan bahan sarung dan banyak yang mengatakan mirip dengan sedotan karena mengembang. Meskipun permukaannya terlihat kasar dengan adanya bentuk sulaman yang membulat, tali ini memiliki kekuatan yang bagus.

Sayangnya, serat pada bagian tepinya mudah tertarik keluar atau sobek sehingga membuat lanyard dari bahan ini lebih mudah rusak. Karena teksturnya yang sedikit kasar, lanyard untuk bahan ini hanya bisa dicetak dengan menggunakan teknik sablon saja.

3. Polyester Nilon

Pada dasarnya, polyester nilon ini memiliki serat penyusun yang sama dengan polyester sarung. Hanya saja, bahan polyester nilon berbentuk lebih pipih sementara bahan polyester sarung berbentuk sedikit mengembang dan lebih bervolume.

Baca juga:  Rekomendasi Bahan Souvenir Terbaik Untuk Kebutuhan Anda

Dari segi tekstur, bahan ini juga memiliki permukaan yang agak kasar dengan ikatan antar serat yang sangat kasat mata. Karena itulah, lanyard dengan bahan ini lebih umum dibuat dengan menggunakan metode cetak sablon dan tidak menghasilkan warna yang full.

Lanyard dengan bahan ini kuat menahan beban sehingga Anda tidak perlu takut tali akan putus meski tersangkut atau mengaitkannya dengan benda berat sekalipun.

4. Reflektif (Kilap)

Jenis bahan lanyard yang satu ini menjadi yang paling beda dan spesial dibandingkan bahan lanyard yang lain. Hal ini karena bahannya yang dapat mengkilap saat terkena cahaya atau reflektif. Sesuai namanya, bahan ini berbahan dasar benang reflektif dari campuran bahan polyester dengan bahan filamen.

Karena kemampuannya untuk merefleksikan cahaya dan mengkilap, bahan ini sering disebut juga scotchlite. Tali ini memiliki tekstur tali yang padat dan lebih kuat. Dengan berbagai kelebihan dan keunikannya ini, harga bahan reflektif justru cenderung lebih murah dibandingkan jenis tali lainnya.

5. Polyester Doff

Meskipun dinamai polyester, jenis bahan ini berbeda dari bahan polyester pada umumnya. Polyester doff terbuat dari bahan yang tidak dicampur dengan filamen atau bahan lainnya sehingga menghasilkan tampilan doff dan tidak mengkilap.

Dibandingkan dengan bahan polyester yang lain, polyester doff biasanya memiliki warna yang lebih gelap, seperti hitam, biru tua, biru dongker, dan berbagai warna gelap lainnya.

6. Kulit

Jenis bahan lanyard yang satu ini termasuk bahan baru yang lebih awet serta tahan lama. Hal ini membuat lanyard berbahan baku kulit dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama. Selain itu, bahan kulit juga menciptakan kesan elegan dan berkelas.

Di samping kelebihannya tersebut, lanyard berbahan kulit memerlukan perawatan lebih untuk mempertahankan warna dan tekstur kulit. Penggunanya perlu memperhatikan kebersihannya. Misalkan, jangan sampai terkena air atau zat yang merusak permukaan kulit dan sebagainya. Selain itu, lanyard kulit juga memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

Itu dia jenis bahan ID card dan jenis bahan lanyard untuk referensi Anda. Jadi, apakah perusahaan tempat Anda bekerja berniat melakukan pengadaan untuk atribut kerja satu ini? Segera pesan dan bila perlu konsultasikan kebutuhan ID card dan lanyard perusahaan Anda di Lokasoka!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat