4  Jenis Kalender Terlaris untuk Souvenir Kantor

4 menit membaca

Kalender, merupakan sebuah alat sederhana yang memainkan peran besar dalam manajemen waktu organisasi, perencanaan, dan perekonomian. Kalender tidak hanya berguna sebagai penunjuk waktu, tetapi juga penanda hari-hari penting ataupun rencana-rencana besar yang akan dijalankan. Berbagai manfaat kalender tersebut membuatnya menjadi benda yang tak lekang oleh zaman, meskipun kini sudah banyak teknologi canggih. 

Dalam dunia bisnis, kalender kerap kali dimanfaatkan sebagai salah satu souvenir kantor. Hal ini bertujuan agar tidak ada hari-hari penting yang terlewat. Kalender sebagai souvenir kantor, sudah sering digunakan sejak beberapa tahun silam. Oleh sebab itu, ada beberapa jenis kalender terlaris yang kerap digunakan sebagai souvenir kantor setiap tahunnya. 

Design kalender kantor umumnya menggunakan gambar-gambar yang merepresentasikan latar belakang perusahaan. Namun tak jarang pula kalender kantor menampilkan foto-foto pencapaian perusahaan di tahun sebelumnya. 

Biasanya kalender juga dilengkapi dengan kata-kata motivasi, motto perusahaan, serta identitas perusahaan mulai dari alamat nomor telepon dan logo perusahaan. Umumnya souvenir kalender tersebut dibagikan pada klien ataupun karyawan yang bekerja, pada awal tahun atau menjelang tahun baru. 

Buat Anda yang berencana membuat souvenir kantor berupa kalender, berikut ada empat jenis kalender terlaris yang kerap dijadikan souvenir. Namun sebelum itu, baca juga 7 Manfaat Berbagi Souvenir Awal Tahun Pada Rekan Bisnis. Yuk, disimak!

Ragam Kalender yang Umum Digunakan 

Di Indonesia  ada berbagai macam penanggalan yang digunakan, selain penanggalan masehi

Di Indonesia, kalender terdiri atas berbagai macam. Masing-masing kalender atau penanggalan tersebut, memiliki makna tersendiri bagi sekelompok masyarakat tertentu. Walaupun begitu, kalender masehi tetap digunakan sebagai acuan utama dalam sistem penanggalan nasional. Berikut ragam kalender yang umum di gunakan di Indonesia.

1. Kalender Masehi

Kalender masehi merupakan penanggalan yang umum digunakan, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di seluruh dunia. Kalender ini berisi 12 bulan dari Januari sampai Desember, yang kerap digunakan sebagai acuan waktu masyarakat sehari-hari. 

Baca juga:  Ketahui 7 Manfaat Memberikan Hampers Lebaran Kekinian Pada Karyawan dan Klien Bisnis

Sebagai kalender internasional, kalender masehi digunakan untuk keperluan sebagian besar urusan sipil, administratif, dan bisnis di seluruh dunia.

2. Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah adalah kalender Islam yang digunakan oleh umat Muslim di seluruh dunia untuk menentukan waktu peribadatan dan perayaan keagamaan. Nama “Hijriyah” berasal dari kata “Hijrah” yang berarti pemindahan. Sama seperti kalender masehi, kalender hijriyah juga terdiri atas 12 bulan.

Di Indonesia, kalender Hijriyah kerap diguakan dalam perayaan hari-hari besar Islam, seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi, dan lain-lain.

3. Kalender Jawa

Kalender Jawa merupakan sistem penanggalan tradisional, yang digunakan oleh masyarakat suku Jawa di Indonesia. Kalender Jawa juga memiliki penamaan hari tersendiri, yakni Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Penanggalan Jawa memiliki makna tersendiri dalam penentuan hari hari penting seperti pernikahan ataupun kelahiran.

Hingga saat ini, kalender Jawa atau penanggalan Jawa masih digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai bentuk tradisi atau kepercayaan. 

4. Kalender Tionghoa

Kalender Tionghoa juga masih banyak ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Kalender ini juga dikenal sebagai Kalender Imlek atau Kalender Lunar, yakni sistem kalender tradisional yang digunakan oleh masyarakat Tionghoa Karakteristik utama dari kalender ini, yaitu penggunaan siklus bulan dan matahari untuk menentukan waktu.

Kalender Tionghoa yang banyak digunakan di masyarakat, umumnya berbentuk lembaran. Ciri khas kalender Tionghoa adalah merepresentasikan siklus tahunan dalam satu lembar, dengan setiap tahun diwakili oleh simbol binatang dalam Zodiak Tionghoa (seperti Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi).

5. Kalender Bali

Kalender Bali, dikenal juga sebagai Pawukon atau Saka, adalah sistem penanggalan tradisional yang digunakan di Pulau Bali, Indonesia. Kalender ini memiliki ciri khas yang unik dan sangat terkait dengan budaya dan kepercayaan agama Hindu-Bali.

Baca juga:  Tips Memilih Tas Belanja Ramah Lingkungan yang Sesuai Kebutuhan Anda

Kalender ini umumnya digunakan sebagai penanda hari-hari penting di Bali, seperti hari raya Galungan dan Kuningan. Galungan merupakan perayaan kemenangan Dharma atas Adharma, sedangkan Kuningan adalah hari ketika roh leluhur turun kembali ke alam semesta.

Jenis Kalender Terlaris untuk Souvenir Kantor

Kalender meja+ box menjadi souvenir kantor yang komplit untuk diberikan kepada klien ataupun karyawan

Awal tahun identik dengan berbagai souvenir kantor baru, seperti kalender. Souvenir-souvenir tersebut biasanya akan dibagikan kepada para karyawan, ataupun klien sebagai penanda awal tahun yang baru. Ada berbagai jenis kalender yang biasa dijadikan sebagai souvenir kantor. Berikut empat jenis kalender terlaris untuk souvenir kantor.

1. Kalender Dinding

Salah satu jenis kalender yang masih banyak digunakan oleh masyarakat adalah kalender dinding. Jenis kalender ini menjadi salah satu jenis kalender terlaris, yang kerap dijadikan sebagai souvenir kantor. 

Ada berbagai desain yang kerap ditemukan pada kalender dinding, di antaranya adalah kalender dinding yang hanya terdiri atas selembar kertas dan kalender dinding yang dibuat sesuai jumlah bulan. Umumnya kalender dinding menampilkan karakteristik perusahaan dalam gambar, foto foto pencapaian selama satu tahun, dan pesan pesan motivasi.

2. Kalender Meja

Kalender meja menjadi bentuk souvenir yang lebih praktis dibandingan dengan kalender dinding. Jenis kalender ini juga termasuk jenis kalender terlaris, karena ukurannya yang kecil dan mudah untuk diletakkan di atas meja kantor. 

Kalender meja umumnya terdiri atas penanggalan masing-masing bulan, yang dilengkapi di design sesuai dengan karakteristik perusahaan. Kalender meja memudahkan seseorang untuk memberikan penanda pribadi untuk hari-hari pentingnya. 

3. Kalender Meja dengan Notes

Selain kalender meja biasa, kalender meja yang dilengkapi dengan notes juga menjadi salah satu jenis kalender terlaris. Dengan adanya notes, pemilik kalender dapat dengan mudah memberikan penanda hari-hari penting, tanpa perlu mencorat coret tanggal.

Baca juga:  Bagikan Souvenir Eco-Friendly di 15 Acara Berikut Ini untuk Meningkatkan Branding

Kalender yang  bebas coretan akan lebih indah dilihat. Oleh sebab itu, secara tidak langsung penambahan notes juga menambah nilai fungsi dari kalender itu sendiri. Dengan adanya notes pula, penerima dapat merencanakan jadwal harian mereka dan sekaligus menulis catatan atau memo penting tanpa perlu mencari kertas tambahan.

4. Kalender Meja+Box

Salah satu ide souvenir terlaris yang bisa Anda pilih adalah satu set kalender meja, lengkap dengan boxnya. Satu box souvenir terdiri atas kalender meja, notes, pulpen, dan berbagai alat tulis kantor lainnya. 

Memberikan kalender meja dalam kotak sebagai souvenir merupakan pilihan yang elegan dan memberikan kesan ekstra kepada penerima. Mengemas kalender meja dengan baik dalam sebuah kotak menambah nilai estetika dan menjadikannya sebagai hadiah yang lebih eksklusif.

Itu dia empat jenis kalender terlaris untuk souvenir kantor. Hingga saat ini, kalender masih menjadi benda yang relavan untuk dijadikan sebagai souvenir awal tahun yang akan diberikan pada klien atau karyawan. Selain sebagai pengingat waktu, kalender juga bermanfaat sebagai penanda hari hari penting yang akan dijalani. Sebagai tambahan informasi, baca juga artikel 7 Rekomendasi Ukuran Kalender yang Ideal untuk Perusahaan

Buat Anda yang ingin membuat kalender untuk souvenir kantor, Anda bisa memesannya melalui Lokasoka. Lokasoka menawarkan layanan untuk membuat berbagai jenis souvenir sesuai kebutuhan Anda. Layanan Lokasoka buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat