10 Tips Jaga Kesehatan Bagi yang Bekerja di Bulan Puasa Ramadhan

6 menit membaca
Bekerja saat bulan puasa merupakan tantangan, Lokasoka memberikan beragam tips
Bekerja saat bulan puasa merupakan tantangan, Lokasoka memberikan beragam tips

Kesehatan Anda selama bulan puasa ini tidak boleh diabaikan. Khususnya bagi Anda yang bekerja aktif di luar rumah maupun di dalam rumah, perlu mengetahui tips jaga kesehatan di bulan puasa ramadhan. Apalagi masa-masa pasca pandemi saat ini, gaya hidup lebih sehat seharusnya bisa mulai terbentuk. Meskipun puasa bagi umat Muslim artinya menahan haus dan lapar hingga 14 jam, nyatanya ibadah puasa banyak memberikan manfaat bagi kesehatan lho!

Lokasoka menyediakan paket alat-alat kesehatan berupa New Normal Kit, hand sanitizer, hingga Alat Pelindung Diri sebagai bagian dari tips jaga kesehatan terbaik. Harganya bervariasi mulai dari 5000 rupiah saja. Langsung cek saja disini ya! Paket alat-alat kesehatan ini dapat digunakan oleh perusahaan yang karyawannya banyak terjun ke lapangan maupun beraktivitas di luar ruangan.

Pembahasan artikel tips jaga kesehatan ini mulai dari manfaat puasa bagi kesehatan hingga rekomendasi makanan sehat di bulan puasa yang dilansir dari berbagai sumber, salah satunya Kementerian Agama. Ada juga pembahasan tentang olahraga yang cocok dilakukan di masa-masa seperti ini agar puasa tidak batal akibat kelelahan maupun kehausan. Tidak luput juga pembahasan tentang efek samping puasa agar Anda selalu waspada. Yuk simak ulasan tips jaga kesehatan di bawah ini!

Sebelum pembahasan tips jaga kesehatan dimulai, penting untuk mengetahui bahwa momen-momen saat berpuasa tidak boleh dilewatkan. Pada umumnya, momen bulan ramadhan digunakan untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat maupun membangun pertemanan baru dengan orang lain. Sisihkan waktu dan uang Anda untuk berbuka puasa bersama dan saling menukar hadiah, salah satunya saling menukar hadiah pakaian untuk orang terkasih.

Manfaat Puasa

Hampers Lebaran berisikan aneka kue gluten-free sangat baik untuk kesehatan
Hampers Lebaran dari Lokasoka berisikan aneka kue gluten-free dukung tips jaga kesehatan

Puasa merupakan sebuah ritual yang kerap dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Namun, selain memiliki nilai religius, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Berikut ini 7 manfaat puasa bagi kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber, seperti Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama. Mengetahui manfaat puasa menjadi bagian dari pengetahuan tips jaga kesehatan! Anda juga dapat membaca artikel tentang manfaat memberikan hampers lebaran kepada karyawan dan klien bisnis Anda disini: Manfaat Memberi Hampers Lebaran Kekinian Untuk Klien Bisnis.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa yang pertama adalah menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh berkurang setidaknya 50% dari total kalori pada umumnya. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang secara tidak langsung dapat mengurangi berat badan. Inilah tips jaga kesehatan pertama berdasarkan manfaat puasa.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Sederhana untuk Rekan Bisnis

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa selama sekitar satu bulan dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi, dibandingkan orang yang tidak menjalani puasa. Hal ini dikarenakan pola makan yang berubah menjadi lebih sehat, salah satunya mengurangi makanan yang tinggi lemak. Selain itu, mengonsumsi teh selama berpuasa dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena teh mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan. Inilah tips jaga kesehatan kedua yang penting diketahui!

3. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Puasa diklaim dapat menurunkan risiko diabetes karena puasa dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh serta meningkatkan kinerja insulin, yakni hormon yang mengatur kadar gula darah. Selain itu, puasa juga dapat membantu mencegah resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

4. Meningkatan Kesehatan Jaringan Otak

Sebuah studi menunjukkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan konsentrasi, kejelian, serta kecepatan dalam pemrosesan informasi. Selain itu, puasa juga dapat merangsang produksi hormon yang baik untuk kesehatan otak, seperti hormon pertumbuhan dan hormon saraf. 

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama puasa, tubuh akan membersihkan sel-sel yang rusak dan sel-sel yang tidak diperlukan sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yakni sel yang bertanggung jawab dalam melawan infeksi dan penyakit.

6. Memperbaiki Kualitas Tidur

Berpuasa dapat membantu tubuh untuk mengatur ritme sirkadian, yaitu ritme alami tubuh yang mengatur tidur dan bangun. Selain itu, puasa juga dapat membantu tubuh untuk melepaskan hormon melatonin, hormon yang membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Hal ini membuat kualitas tidur Anda jadi lebih meningkat!

7. Meningkatkan Kesehatan Mental

Bukan hanya meningkatkan kesehatan secara fisik, namun puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Dimana ketika sedang berpuasa biasanya tubuh terangsang untuk mengeluarkan hormon endofrin yakni hormon mood bahagia. Sehingga manfaat puasa juga diklaim salah satunya dapat mengurangi kecemasan. Catat semua tips jaga kesehatan di atas ya!

Olahraga yang Cocok di Bulan Puasa

Tips jaga kesehatan di bulan puasa selanjutnya adalah olahraga. Orang-orang yang bekerja selama puasa ramadhan perlu menjaga agar tubuh senantiasa fit agar berkonsentrasi selama bekerja. Namun, tidak semua jenis olahraga direkomendasikan ketika sedang berpuasa. Lengkapi peralatan Sport Kit Anda dengan membeli Tumbler Stainless dari Lokasoka.

Baca juga:  10 Alasan Kalender Meja dan kalender cetak Masih Dibutuhkan Daripada Kalender Digital

Dilansir dari MedicalNewsToday, ada dua jenis olahraga yang disarankan yaitu aerobik dan anaerobik. Olahraga aerobik atau yang biasa disebut ‘cardio’ merupakan olahraga yang dilakukan dalam waktu yang lama seperti berlari, berjalan, dan bersepeda. Sedangkan olahraga anaerobik membutuhkan usaha maksimum dalam waktu singkat seperti angkat beban atau lari cepat. Akan tetapi untuk jangka waktu berolahraganya perlu disesuaikan kembali dengan kondisi masing-masing.

Efek Samping Puasa

Tips jaga kesehatan yang tidak kalah penting adalah mewaspadai efek-efek samping ketika berpuasa. Penuhi kebutuhan nutrisi vitamin Anda dengan mengonsumsi Paket Health Kit. Puasa sendiri terbagi bermacam-macam tergantung ajarannya. Dimana puasa selama bulan ramadhan adalah puasa dari imsak hingga salat magrib tiba. Berpuasa selama 12 jam lebih memiliki risikonya tersendiri. Simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari Harvard Health.

1. Puasa Dapat Membuat Anda Merasa Sakit

Seseorang mungkin mengalami sakit kepala, kelelahan, mudah marah, dan sembelit selama periode puasa. Untuk mengurangi beberapa efek samping yang tidak diinginkan ini, Anda disarankan untuk menggunakan waktu luang untuk beristirahat. Tips jaga kesehatan ini penting untuk diingat. Jangan memaksakan diri untuk berpuasa jika kondisi tubuh sedang tidak baik ya.

2. Puasa Dapat Menyebabkan Anda Makan Terlalu Banyak

Setelah melakukan periode puasa selama 12 hingga 14 jam, hormon nafsu makan dan pusat lapar di otak akan bekerja lebih keras ketika Anda berbuka puasa. Dr. Frank Hu, ketua departemen nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health berpendapat bahwa manusia secara alamiah ingin memberi hadiah pada diri mereka sendiri setelah melakukan pekerjaan yang sangat keras, termasuk periode puasa yang panjang.

3. Puasa Dapat Menyebabkan Kehilangan Terlalu Banyak Berat Badan

Pada umumnya puasa bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi, jika Anda tidak mengontrol dengan baik asupan gizi Anda, maka kehilangan terlalu banyak berat badan menjadi risikonya. Kemudian hal ini membuat Anda kesulitan beraktivitas sehari-hari, seperti bekerja maupun beraktivitas di luar.

Rekomendasi Makanan Sehat di Bulan Puasa

Tips jaga kesehatan bagi Anda dan keluarga tidak terlepas dari rekomendasi makanan sehat. Setidaknya ada 3 rekomendasi makanan sehat di bulan puasa, seperti kurma, teh, dan madu hutan. Ketiga makanan ini tidak sulit untuk didapat, bahkan tersedia dalam paket hampers lebaran bernama Daisha Special Tea. Simak ulasannya di bawah ini!

Hampers Lebaran Berisi Aneka Kue Kering, Premium Artisan Tea, Kurma Organik, dan Madu Hutan
Hampers Lebaran Lokasoka berisi aneka kue kering, premium artisan tea, kurma organik, dan madu hutan

1. Kurma

Kurma memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain menjadi menu tambahan dalam diet, kurma mampu mencukupi kebutuhan gizi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, kandungan seratnya juga mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

Baca juga:  7 Tips Mudik Lebaran agar Perjalanan Aman dan Nyaman Bersama Keluarga

Kurma juga mampu mencegah penyakit kronis karena mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan kandungan gula alaminya, kurma juga bisa menjadi pengganti gula yang lebih sehat dan dapat menstabilkan gula darah. Kandungan nutrisinya yang lengkap, seperti vitamin, zat besi, magnesium, dan potassium, membuat kurma menjadi sumber energi instan yang bisa dimakan langsung atau dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya.

2. Teh

Teh memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, yakni melawan radikal bebas, membantu menurunkan berat badan, membuat kulit lebih sehat, meningkatkan kesehatan jantung, membuat gigi lebih kuat, memperbaiki kualitas tidur, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Teh mengandung berbagai zat bermanfaat, seperti polifenol, vitamin E, vitamin C, dan vitamin A. Polifenol berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Vitamin E menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus. Vitamin C berfungsi sebagai imunitas dan antioksidan, sedangkan vitamin A membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Oleh karena itu, mengonsumsi teh secara teratur dapat menjadi alternatif minuman yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.

3. Madu Hutan

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah nilai kalorinya yang tinggi dimana setiap 1 kg madu mengandung 3.280 kalori. Selain itu, madu juga kaya akan nutrisi seperti vitamin, asam, mineral, dan enzim yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional, pembentukan antibodi, serta penghambat pertumbuhan sel kanker.

Madu juga mengandung asam organik dan asam amino bebas yang berguna bagi metabolisme tubuh dan membantu penyembuhan penyakit. Kandungan mineral dalam madu bervariasi tergantung pada asal sari bunga yang dihisap oleh lebah. Madu juga mengandung asam organik dan asam amino yang bermanfaat untuk pembentukan protein tubuh dan melancarkan peredaran darah serta mengurangi tekanan darah.

Selain paket spesial hampers lebaran, Anda juga bisa memesan paket Healthy Kit yang berisikan multivitamin, susu Bear Brand, dan lain-lain. Untuk menemani Anda mengonsumsi makanan sehat di atas, Anda bisa memesan alat makan dan minum yang terbuat dari berbagai bahan, salah satunya kayu mahoni. Anda juga bisa membagikan pakaian sebagai hadiah lebaran bagi keluarga, teman, dan rekan kerja.

Demikianlah ulasan mengenai 10 tips jaga kesehatan sebagai dasar pengetahui bagi Anda yang sedang menjalani ibadah puasa. Tips jaga kesehatan selama bulan puasa ramadhan ini diawali dengan manfaat puasa dan diakhiri dengan rekomendasi makanan sehat. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan melalui hampers lebaran yang berisikan kurma, teh, dan madu hutan sekaligus, dapat langsung menghubungi Lokasoka melalui WhatsApp di bawah ini.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat