Inilah Tips Memilih Koper yang Tepat untuk Anda First Time Traveler

6 menit membaca
Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan koper karena Lokasoka memberi banyak pilihan
Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan koper karena Lokasoka memberi banyak pilihan

Menilik pentingnya peran koper dalam kegiatan traveling, dibutuhkan tips memilih koper untuk memastikan Anda mendapatkan koper yang tepat. Koper adalah jenis tas yang digunakan untuk bepergian dalam waktu yang cukup lama. Koper lebih disukai karena kapasitasnya yang lebih besar dilengkapi dengan fitur yang membuatnya lebih mudah dibawa daripada tas biasa.

Penemuan koper didorong oleh meningkatnya kegiatan pariwisata di abad ke-19. Dahulu, tidak diperlukan cara memilih koper yang bagus sebab hanya ada dua jenis koper. Fungsi utama koper pun hanya untuk membawa jas dan menjaganya tetap licin selama perjalanan jauh. Improvisasi pada fitur-fiturnya menjadikan koper sebagai barang andalan untuk bepergian. Karena itulah, diperlukan tips memilih koper, terutama bagi Anda first time traveler.

Dalam artikel ini, Lokasoka akan memaparkan tips memilih koper travel yang diharapkan dapat membantu Anda menemukan solusi yang Anda cari. Anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya, apalagi Lokasoka sedang memberikan promo menarik. Anda dapat membacanya di artikel berikut: Beli Travel Religi, Bisa Ikutan Undian Umroh Gratis, Support by Lokasoka x LEKA x HIJUP x Curated by Nimma. Yuk langsung serbu promo menarik ini!

Tips Memilih Koper Travel bagi Para First Time Traveler

Tips memilih koper untuk perjalanan adalah salah satu tugas penting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Koper yang baik akan membuat perjalanan Anda mulus dan ruang gerak Anda lebih nyaman. Jadi, pastikan Anda memilih satu yang cocok dengan budget, tujuan, dan gaya Anda.

Bagi Anda yang first time traveler, cara memilih koper yang bagus mungkin bisa terasa membingungkan sebab Anda tidak tahu harus memulai dari mana. Jangan khawatir, Lokasoka sudah merangkum semua hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam tips memilih koper yang awet di bawah ini.

1. Pilih bahan koper sesuai selera Anda

Koper kulit klasik
Koper klasik dengan material kulit yang tampak elegan disediakan di Lokasoka

Berbeda dari koper zaman sekarang yang cukup ringan, pada awal penemuannya, koper dibuat dari bahan yang berat seperti kulit atau baja. Koper yang beredar saat ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu koper softcase yang berbahan fleksibel atau koper hardcase yang berbahan keras. Kedua jenis material ini memiliki tampilan yang benar-benar berbeda.

Baca juga:  Ketahui 7 Manfaat Memberikan Hampers Lebaran Kekinian Pada Karyawan dan Klien Bisnis

Koper softcase terbuat dari material kain, seperti nylon dan polyester. Jenis koper ini biasanya memiliki beberapa ruang penyimpanan, fleksibel, dan tahan tekanan sehingga mudah dimuat dalam bagasi kabin. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa membuat koper custom yang bagus pada koper softcase. Dengan sablon atau bordir, desain logo Anda dapat ditampilkan pada bagian muka koper.

Dalam hal ketahanan, koper hardcase sangat kuat tiada duanya, terutama jika dipakai untuk membawa barang pecah belah. Koper hardcase atau koper fiber umumnya terbuat dari bahan polycarbonate, polypropylene, dan ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Ketiganya merupakan inovasi plastik berteknologi tinggi.

Koper hardcase memiliki keunggulan antisobek dan mudah tersusun rapi dalam bagasi kabin. Namun, Anda tidak bisa memaksa mengemas terlalu banyak barang di dalamnya, sebab ruang penyimpanan koper ini tidak sefleksibel koper softcase.

Ukuran koper 24 inch
Koper custom ukuran 24 inch dari Lokasoka merupakan koper hardcase yang kuat

Jadi, tips memilih koper yang awet yang pertama adalah tentukan dahulu bahan koper pilihan Anda. Mana yang lebih Anda sukai dan mana yang lebih sesuai dengan gaya Anda?

2. Koper kecil, sedang, atau besar?

Tips memilih koper travel yang kedua adalah menentukan ukuran koper. Anggaplah Anda sudah memiliki itinerary perjalanan, maka Anda perlu memikirkan banyaknya barang yang hendak Anda bawa. Setelah itu, Anda bisa menimbang-nimbang, kira-kira ukuran koper mana yang dapat menampung seluruh bawaan Anda.

Perbandingan ukuran koper
Tips memilih koper travel di Lokasoka, tentukan dulu ukuran koper yang pas untuk perjalanan Anda

Ukuran koper terbagi ke dalam tiga kategori, kecil, sedang, atau besar. Carry-on luggage merupakan ukuran koper paling kecil dan dapat dimuat dalam bagasi kabin pesawat atau kereta api. Ukurannya berkisar antara 20 inch sampai 22 inch dengan kapasitas 7-10 kg.

Baca juga:  7 Tips Melakukan Promosi Ramadhan Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Untuk koper sedang, Anda bisa memuat barang bawaan maksimal 20 kg dengan ukuran 23-26 inch. Jika Anda hendak bepergian cukup lama seperti pergi haji, sebaiknya bawalah koper berukuran besar. Dengan rentang ukuran 27-32 inch, koper besar memiliki daya tampung lebih dari 20 kg.

3. Pastikan koper memiliki fitur yang memudahkan Anda

Selain sebagai wadah penyimpanan, koper memiliki berbagai fitur bawaan yang membuatnya unggul. Umumnya, fitur yang pertama harus dilihat adalah jumlah kompartemen dan kantong di dalamnya. Ini akan memudahkan dalam menentukan barang yang dapat disimpan dalam satu kompartemen. Alhasil, isi koper akan terlihat lebih rapi.

Fitur untuk menjaga keamanan koper
Pastikan koper dari Lokasoka memiliki gembok berstandar TSA jika Anda ingin bepergian ke luar negeri

Untuk menjaga isi koper tetap kering kala bepergian di tengah hujan, Anda patut mempertimbangkan fitur waterproof. Namun, jika Anda tidak dapat menemukan koper waterproof, pertimbangkan untuk membeli sarung koper, biasanya berbahan PVC, guna melindungi koper dari air dan kotoran.

Dalam tips memilih koper yang awet, Anda sangat disarankan untuk memperhatikan keamanan koper, terutama jika hendak bepergian ke luar negeri. Anda memerlukan gembok standar TSA atau TSA lock. Bandara internasional di beberapa negara seperti AS, Belanda, Jerman, Finlandia, Jepang, bahkan Korea Selatan mewajibkan penggunaannya. Dengan TSA lock, petugas pemeriksaan dapat membuka koper tanpa merusak gembok.

4. Carilah koper dengan roda yang kokoh

Tips memilih koper travel yang keempat berfokus pada roda koper yang berperan penting terhadap kelincahan gerakan koper. Pastikan cara memilih koper yang bagus dimulai dengan memeriksa kondisi roda. Pastikan roda koper dapat berputar ke segala arah agar koper mudah dibawa, bahkan pada ruangan yang sempit. Anda dapat memasukkan pakaian ganti hingga tas ransel favorit Anda.

Detail roda koper
Roda koper sangat penting untuk memastikan kelancaran mobilitas koper Lokasoka

Perhatikan kualitas roda koper. Anda harus tahu bahwa medan perjalanan Anda tidak akan selalu mulus. Untuk itulah, Anda perlu mengetahui seberapa kokoh roda koper yang hendak Anda pilih. Bahan roda koper umumnya terbuat dari polyurethane, bahan plastik yang fleksibel dan tahan lama yang membuat roda bergerak dengan luwes tanpa suara.

Baca juga:  15 Tips Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula

Ada juga roda koper yang terbuat dari bahan TPR atau Thermoplastic Rubber, yang harganya lebih murah daripada polyurethane. Roda TPR dirancang untuk menyerupai roda polyurethane dalam hal fleksibilitas dan ketahanannya. Namun, butuh lebih banyak tenaga untuk membuat roda ini menggelinding dengan mulus.

5. Tentukan anggaran belanja koper Anda

Setelah melakukan riset dan pertimbangan sesuai dengan pemaparan dalam empat poin sebelumnya, inilah tips memilih koper travel yang kelima, yaitu menentukan harga yang bersedia Anda bayarkan untuk mendapatkan koper impian Anda. Pilihlah koper kecil yang cukup membawa alat makan dan minum untuk perjalanan nanti.

Sebelum datang ke toko untuk membeli koper dari brand incaran Anda, cobalah untuk menelusuri harganya melalui website toko. Jadikan harga ini sebagai patokan anggaran untuk semua fitur yang Anda cari. Buatlah perbandingan dengan menelusuri koper dengan fitur serupa dari brand lain.

Setelah menimbang-nimbang segala aspek sesuai tips memilih koper yang awet dan menjatuhkan pilihan, Anda bisa datang ke toko untuk memeriksa fitur koper secara langsung. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa wujud koper sudah sesuai dengan gaya Anda.

Koper custom buatan Lokasoka
Koper custom softcase berbahan kain pesanan klien Lokasoka

Itu saja lima tips memilih koper travel versi Lokasoka. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan koper travel, sesuai dengan yang Anda bayangkan. Tentunya yang sesuai dengan gaya Anda.

Jika Anda yang sedang mencari koper yang bisa menampilkan desain atau logo Anda, Lokasoka bisa menjadi solusi Anda. Lokasoka menghadirkan koper fiber dan koper kain untuk pembelian koper dalam jumlah besar.

Pesan koper custom di Lokasoka, Anda akan mendapatkan layanan desain gratis. Pada koper fiber, desain Anda akan ditampilkan dalam bentuk emblem. Jika memesan koper kain, desain Anda akan ditampilkan dalam bentuk bordiran atau sablon. JIka anda berencana untuk memesan koper custom, anda bisa mengunjungi link ini: Promo Koper Custom Lokasoka.

Untuk membuat acara Anda makin berkesan, Lokasoka juga punya aneka souvenir lain, seperti corporate gift, aneka jenis tas, tumbler custom, hampers corporate, cutlery set, jaket custom, paket seminar kit, dan lain-lain. Semuanya dibanderol dengan harga terjangkau, lengkap dengan layanan desain gratis.

Jika Anda tertarik, silakan konsultasikan langsung kebutuhan Anda beserta jumlah pemesanan kepada Tim Commerce Lokasoka melalui tombol Whatsapp di pojok kiri bawah halaman ini.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat