Agar Tidak Repot, Pilih Ukuran Koper Sesuai Kebutuhan Anda

6 menit membaca
Lokasoka menyediakan beragam ukuran koper, mulai dari kecil hingga besar, sesuai kebutuhan
Lokasoka menyediakan beragam ukuran koper, mulai dari kecil hingga besar, sesuai kebutuhan

Bagi kebanyakan orang, menentukan ukuran koper yang pas merupakan suatu keharusan sebelum merencanakan perjalanan. Koper bukan hanya berguna dari segi penyimpanan, namun ukuran yang pas dapat memberikan kemudahan tersendiri bagi penggunanya. Pasalnya, mengemas banyak barang dalam satu wadah besar terasa lebih praktis ketimbang harus membawa beberapa tas sekaligus. Jika anda membutuhkan beberapa rekomendasi travel kit untuk melancarkan perjalanan, Anda bisa membacanya: 10 Travel Kit penting yang harus kamu punya.

Zaman sekarang, ukuran dan desain koper makin beragam. Bahkan, ada standar ukuran koper kabin yang diizinkan untuk masuk ke kabin pesawat dan gerbong kereta. Hal ini dinilai sangat membantu, terutama bagi orang-orang yang enggan menggunakan fasilitas checked baggage yang dinilai cukup memakan waktu.

Selain ukuran, fitur-fitur yang ada pada koper pun sudah makin canggih. Dari mulai bahan koper unggulan yang membuat bobotnya lebih ringan, gembok khusus yang memungkinkan pengecekan isi koper tanpa merusaknya, sampai pengisi daya bawaan untuk gadget. Anda juga dapat membaca menarik lainnya seputar koper yaitu Mengapa Koper 24 Inch dan Koper 20 Inch Banyak Dicari?

Bagi Anda sendiri, apa saja hal yang Anda pertimbangkan dalam memilih ukuran koper yang tepat? Lokasoka sudah merangkum beberapa luggage size dan hal-hal yang mungkin dapat membantu Anda dalam memilih yang pas.

Macam-macam Ukuran Koper Yang Perlu Anda Ketahui

Perbandingan ukuran koper 20 inch dan 24 inch.
Inilah perbandingan koper 20 inch dan 24 inch, bisa langsung pesan di Lokasoka

Bepergian, atau yang saat ini lebih sering disebut traveling, merupakan kegiatan yang menantang sekaligus menyenangkan. Namun, aktivitas ini juga dapat memicu stres jika Anda terpaksa harus meninggalkan barang yang Anda perlukan karena volume koper yang kurang besar.

Menentukan ukuran dan volume koper dapat didasarkan pada jenis aktivitas perjalanan Anda.  Beberapa perjalanan membutuhkan koper besar, sedangkan perjalanan singkat umumnya dapat dilakukan hanya dengan membawa koper kecil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai ukuran yang tersedia dan cara memilih yang tepat.

Baca juga:  7 Tips Memilih Paket Custom Gift dan Custom Hampers Berkualitas Sebagai Media Promosi

1. Ukuran koper 20 inch

Pemilihan koper yang tepat akan membuat aktivitas traveling Anda lebih mulus dan bebas stres. Salah satu ukuran yang cukup populer adalah ukuran koper 20 inch. Dimensinya sekitar 34 x 23 x 53 cm. Ukuran koper kabin yang ringkas ini masuk ke dalam kategori carry-on luggage, yaitu koper yang dapat disimpan di dalam bagasi kabin pesawat.

Koper carry-on sangat ringkas untuk dibawa bepergian.
Meski mungil, koper 20 inch dari Lokasoka harus memiliki handle yang kuat untuk perjalanan

Sebenarnya, ukuran 20 inch adalah ukuran standar bagasi kabin yang disarankan untuk perjalanan domestik dan internasional. Meski begitu, Anda tetap perlu memastikannya dengan maskapai yang Anda pilih sebab beberapa maskapai menerapkan ketentuan bagasi kabin yang berbeda.

Penggunaan ukuran koper 20 inch merupakan pilihan paling populer untuk perjalanan singkat atau liburan. Ukuran ini sangat ideal bagi orang yang menginginkan kelengkapan, namun tetap memberikan ruang gerak yang nyaman. Bukan hanya untuk tujuan berlibur, koper yang praktis ini juga kerap menjadi pilihan orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis singkat.

2. Ukuran koper 24 inch

Meski dimensinya tidak jauh berbeda dengan koper 20 inch, ukuran koper 24 inch tidak termasuk sebagai koper carry-on. Tetap saja, dari segi fungsional, koper ini sangat berguna untuk kegiatan traveling. Dimensi koper yang satu ini sekitar 42 x 27 x 64 cm. Anda dapat mengisinya dengan banyak pakaian dan keperluan lainnya.

Dengan bentuk yang terbilang ringkas, daya tampung ukuran koper 24 inch mencapai 60-75 liter atau sekitar 20 kg. Berat koper dalam keadaan kosong sekitar 3,8 kg. Sayangnya, ukuran ini sudah melebihi ketentuan bagasi kabin pesawat. Lain halnya jika bepergian dengan kereta api. Anda tetap bisa menaruhnya di bagasi gerbong kereta selama ukurannya tidak melebihi 48 x 30 x 70 cm, dengan berat maksimal 20 kg.

Detail koper hardcase ukuran 24 inch
Dapat dilihat, detail koper hardcase ukuran 24 inch dari Lokasoka memiliki permukaan yang glossy

Desain koper 24 inch yang dinamis membuatnya tetap mudah untuk dibawa. Selain itu, Anda juga dapat memilih jenis material yang cocok dengan gaya Anda. Ukuran koper 24 inch sangat ideal bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan selama dua sampai tiga minggu. Jemaah umroh dan haji biasanya memilih ukuran ini sebagai koper haji.

Baca juga:  8 Manfaat Alat Tulis Kantor untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

3. Ukuran koper 32 inch

Ukuran yang ketiga adalah 32 inch. Koper ini dapat menampung barang-barang untuk keperluan solo trip selama satu bulan. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkannya sebagai penyimpanan kolektif dalam perjalanan keluarga.

Ukuran koper 32 inch memiliki dimensi sekitar 57 x 36 x 85 cm. Sangat besar, bukan? Koper ini dapat menampung sekitar 30 kg. Kapasitas yang besar memungkinkan Anda untuk memanfaatkannya dalam liburan panjang, bahkan pindah ke luar negeri.

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli ukuran koper 32 inch adalah bobotnya. Berat kosong koper mungkin tidak seberapa, namun pasca-menampung seluruh barang Anda, bobotnya yang membengkak bisa sangat merepotkan untuk dibawa. 

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Ukuran Koper

Setelah membahas ukurannya, Anda pasti sudah memiliki gambaran mengenai koper yang Anda butuhkan, bukan?  Namun, untuk memilih ukuran yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan guna mendapatkan manfaat maksimal dari koper, yang juga merupakan bentuk investasi pribadi Anda.

Aturan idealnya, selalu pilih ukuran yang Anda butuhkan saat ini, namun juga dapat digunakan untuk perjalanan-perjalanan berikutnya. Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa rugi karena ukuran yang salah. Dengan berbagai pilihan ukuran dan model koper yang Anda jumpai di toko fisik maupun daring, contohnya startup Lokasoka. Inilah beberapa faktor lain yang patut Anda perhatikan saat memilih koper.

1. Lama perjalanan

Mulailah dengan menentukan jumlah hari yang akan Anda habiskan untuk aktivitas traveling Anda. Setelah itu, Anda dapat membuat daftar barang yang mungkin akan Anda perlukan. Mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, gadget, skincare, bahkan aksesoris perjalanan seperti bantal atau selimut. Dari situlah Anda bisa menimbang, kira-kira ukuran koper kabin mana yang dapat memuat seluruh barang yang akan Anda bawa.

Baca juga:  5 Keunggulan Mug Sebagai Strategi Branding Perusahaan

Koper custom Lokasoka
Tampak dekat perbandingan koper 20 inch dan 24 inch yang disediakan oleh Lokasoka

2. Berat kosong koper

Penting untuk mencari tahu bobot koper dalam keadaan kosong. Sebab, bobot koper otomatis melambung setelah diisi dengan barang bawaan Anda. Hal inilah yang dapat menimbulkan kekhawatiran. Terlebih jika berat koper melebihi batas ketentuan bagasi kabin atau bagasi gerbong, bersiaplah untuk merogoh kocek lebih dalam guna membayar layanan bagasi. Jumlahnya akan tergantung pada moda transportasi Anda. Koper yang Anda pilih harus ringan sebab mau tidak mau, Anda tetap harus membawanya dengan tangan. Jika bobot akhir koper terlalu berat, Anda dijamin akan kerepotan.

Berat kosong koper berbeda-beda, tergantung pada ukurannya. Bobot ukuran koper 20 inch biasanya berkisar antara 2,5-2,7 kg, sedangkan koper 24 inch sekitar 3,2-3,8 kg. Bobot koper 32 inch biasanya lebih dari 4 kg.

3. Harga

Untuk mendapatkan harga terbaik, Anda dapat mengawali pencarian koper Anda dengan mencatat fitur yang Anda inginkan. Kemudian, carilah koper yang memiliki fitur-fitur tersebut. Anda bisa mencarinya di toko fisik maupun daring. Bandingkan semuanya dan mulailah menimbang keunggulan dan manfaatnya bagi Anda. Ingat, pilihlah koper dengan harga yang sesuai untuk fitur yang ditawarkan.

Demikian informasi mengenai ukuran koper beserta poin-poin yang mungkin membantu Anda dalam memilihnya. Semoga artikel ini dapat memudahkan Anda yang sedang mencari koper untuk perjalanan yang akan segera Anda lakukan. Ingat, perjalanan yang berhasil dimulai dengan perencanaan yang tepat.

Koper custom Lokasoka sudah tersedia sekarang
Pilihlah koper favorit dari Lokasoka sesuai preferensi dan kebutuhan jalan-jalan Anda

Bagi Anda yang sedang mencari koper custom dalam jumlah besar, Lokasoka punya solusinya. Lokasoka menyediakan pilihan koper hardcase dan softcase. Keduanya dapat menampilkan desain tulisan atau logo yang Anda inginkan. Pada koper hardcase, desain akan dibuat dalam bentuk emblem. Koper softcase akan menampilkan desain dalam bentuk bordiran atau sablon. Anda juga dapat membaca tentang Fungsi Kalender Custom untuk Kantor jika ingin mulai memesannya untuk tahun depan.

Lokasoka memberikan layanan desain gratis untuk semua pelanggannya, bahkan untuk produk paket seperti Paket Seminar dan Corporate Gift. Anda dapat berdiskusi langsung dengan Tim Desain Lokasoka untuk membuat penyesuaian desain.  Jika Anda tertarik, konsultasikan langsung kebutuhan Anda kepada Tim Commerce Lokasoka melalui tombol Whatsapp di pojok kiri bawah halaman ini.

Komentar ditutup.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat