Tukar Kado Tidak Perlu Mahal, Intip 10 Ide Berkesan Berikut Ini

4 menit membaca
Tukar kado dengan hadiah menarik dari Lokasoka bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda
Tukar kado dengan hadiah menarik dari Lokasoka bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda (Sumber: Canva)

Kata siapa tukar kado harus menyiapkan barang-barang yang mahal? Dalam artikel ini akan dibeberkan 10 ide berkesan untuk dijadikan barang tukar kado. Bukan hanya itu saja, berbagai makna mendalam tentang sejarah tukar kado juga akan dijelaskan.

Kegiatan ini sangatlah berkesan bagi sebagian orang karena tukar kado bisa menjadi kegiatan yang mempererat pertemanan maupun kebersamaan antar karyawan. Sebagai pelaksana, Anda perlu menyiapkan momen tertentu untuk kegiatan ini. Misalnya saat weekend maupun hari libur nasional.

Salah satu kado yang ditunggu-tunggu adalah saat momen Natal. Baca artikel berikut untuk mendapatkan inspirasi: 20 Inspirasi Memilih Kado Natal untuk Keluarga dan Sahabat, Simpel namun Berkesan. Pertama-tama akan dijelaskan tips dalam memilih kado. Setelah itu ide kado menarik yang bisa dibeli untuk orang-orang terdekat. Selamat membaca!

Makna Mendalam Sejarah Tukar Kado

Sejarah tukar kado dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Bangsa Romawi, misalnya, memiliki sebuah festival bernama “Saturnalia” yang diselenggarakan pada bulan Desember. Festival ini merupakan perayaan musim dingin yang diisi dengan pesta pora, pertunjukan seni, dan penukaran hadiah. Orang-orang Romawi pada masa itu meyakini bahwa memberikan hadiah-hadiah kecil kepada sesama akan membawa keberuntungan di masa depan.

Di Jepang, terdapat tradisi serupa yang disebut “Oseibo” dan “Ochugen”. Pada Oseibo, orang memberikan hadiah sebagai ungkapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu mereka selama setahun, sementara Ochugen adalah momen di mana orang memberikan hadiah sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua atau orang yang lebih tua.

Tradisi tukar kado terus berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat. Di beberapa negara, khususnya di Barat, tukar kado sering menjadi bagian integral dari perayaan Natal. Pada malam Natal, keluarga dan teman-teman berkumpul untuk saling memberikan hadiah dengan harapan dapat memberikan kebahagiaan dan kehangatan di musim liburan.

Baca juga:  Arti Kata Suvenir dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Di tempat kerja atau dalam komunitas sosial, pertukaran hadiah juga menjadi cara untuk mempererat hubungan antaranggota kelompok. Acara seperti ini dapat menghilangkan hambatan komunikasi dan menciptakan ikatan yang lebih kuat di antara individu-individu yang terlibat.

10 Ide Kado Berkesan yang Tidak Perlu Mahal

Cutlery set kayu dari Lokasoka dapat menjadi hadiah unik bagi orang yang suka memasak
Cutlery set kayu dari Lokasoka dapat menjadi hadiah unik bagi orang yang suka memasak (Sumber: Unsplash)

Beragam ide kado berkesan bisa Anda dapatkan di bawah ini. Rentang harganya mulai dari Rp10 ribuan hingga Rp50 ribuan saja. Sangat terjangkau bukan?

1. Cutlery & straw set

Set alat makan dan sedotan ramah lingkungan terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Cutlery & straw set membantu mendorong gaya hidup berkelanjutan tanpa mengorbankan kepraktisan.

2. Buku agenda kalender

Agenda kalender yang cantik dan fungsional, membantu penerima untuk mengatur jadwal dengan lebih efisien. Buku agenda dengan desain menarik, setiap hari akan terasa lebih teratur dan terencana.

3. Gantungan kunci unik

Gantungan kunci dengan desain yang unik dan kreatif, memberikan sentuhan personal pada barang-barang sehari-hari. Tak hanya memudahkan dalam mencari kunci, tapi gantungan kunci unik juga memberikan kesan gaya yang unik.

4. Sling bag goni

Sling bag goni dari Lokasoka menjadi salah satu hadiah ramah lingkungan yang menarik
Sling bag goni dari Lokasoka menjadi salah satu hadiah ramah lingkungan yang menarik (Sumber: Unsplash)

Tas goni yang nyaman digunakan sehari-hari. Material ramah lingkungan dan desain yang modis membuat tas goni ini menjadi pilihan kado yang ramah bumi dan tetap fashionable.

5. Mug enamel

Mug dengan lapisan enamel yang tahan lama dan memberikan sentuhan vintage pada minuman kesukaan. Mug enamel sangat cocok untuk teman minum teh atau kopi yang penuh gaya.

Baca juga:  6 Barang Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bertemu Klien

6. Coaster set

Set alas gelas yang elegan dan bergaya, melindungi meja dari noda dan memberikan sentuhan estetika pada ruangan. Coaster set tersedia dalam berbagai desain yang mengagumkan.

7. Kaos bambu

Kaos berkualitas tinggi terbuat dari serat bambu alami yang lembut dan ramah lingkungan. Kaos bambu ini memberikan kenyamanan tanpa mengorbankan gaya.

8. Payung lipat

Lokasoka menyediakan beragam payung lipat dengan banyak jenis yang unik untuk kebutuhan souvenir
Lokasoka menyediakan beragam payung lipat dengan banyak jenis yang unik untuk kebutuhan souvenir (Sumber: Unsplash)

Payung lipat ringan dan mudah dibawa, melindungi dari hujan tiba-tiba atau matahari terik. Desain payung lipat yang kompak membuatnya praktis untuk dibawa kemanapun.

9. Pulpen bambu

Pulpen elegan terbuat dari bambu alami, memberikan nuansa alami pada saat menulis. Selain itu, pulpen bambu ini juga ramah lingkungan dan dapat diisi ulang.

10. Phone holder

Holder multifungsi untuk ponsel yang memungkinkan tampilan hands-free yang nyaman. Phone holder cocok untuk menonton video atau video call dengan lebih leluasa.

Demikianlah berbagai ide berkesan untuk tukar kado di momen-momen spesial. Tukar kado tidak perlu barang-barang mahal. Anda bisa mendapatkan barang-barang dengan harga terjangkau namun tetap berkesan. 

Salah satu nilai tambah dari rekomendasi barang tukar kado di atas adalah banyak barang ramah lingkungan. Barang yang terbuat dari bambu, goni, dan kayu menjadi bentuk kampanye menjaga lingkungan secara tidak langsung. Berikan barang-barang bermakna serta berharga ini kepada orang-orang terdekat Anda.

Bacaan menarik lainnya bisa Anda dapatkan di link berikut: 15 Ide Kado Natal untuk Pasangan yang Simpel, Berkesan, dan Mudah Diingat. Bagi Anda yang masih bingung ingin memberikan hadiah apa pada pasangan, sangat direkomendasikan membaca artikel ini. Ada pakaian, tas, aneka alat makan dan minum yang unik dan berkesan. Selamat membaca!

Baca juga:  7 Ide Souvenir Eco-Friendly untuk Kantor dan Pernikahan
Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat