Ingin Promosi Dengan Merchandise Semakin Efektif? Ketahui Waktu yang Tepat Untuk Membagikan Berikut Ini!

5 menit membaca
Waktu yang Tepat Untuk Membagikan Merchandise

Pemberian merchandise promosi merupakan salah satu strategi yang efektif untuk menarik hati konsumen dan memperkuat citra merek. Terlebih lagi, terdapat penelitian telah menunjukkan bahwa merchandise memiliki pengaruh besar pada persepsi konsumen terhadap suatu merek, bahkan dapat berdampak positif pada penjualan.

Oleh karena itu, strategi pembagian merchandise perlu direncanakan dengan cermat agar dapat memberikan dampak yang signifikan bagi brand bahkan perusahaan Anda. Salah satunya adalah merencanakan serta memperhatikan waktu yang tepat untuk membagikan merchandise promosi agar tujuan promosi dapat tercapai dengan maksimal. Berikut ini akan dijelaskan secara detail tentang merchandise dan momen-momen yang paling tepat untuk menyebarkan merchandise.

Apa Itu Merchandise?

Merchandise adalah barang atau produk yang dihasilkan atau didistribusikan oleh suatu perusahaan atau merek. Tujuan utama dari merchandise adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan mempromosikan produk atau layanan kepada khalayak luas.

Merchandise sering kali dibagikan secara gratis kepada karyawan, pelanggan, atau masyarakat umum sebagai bentuk promosi atau apresiasi. Dalam beberapa kasus, merchandise adalah barang yang bisa juga dijual kepada konsumen sebagai cara tambahan untuk memperoleh pendapatan atau untuk meningkatkan citra merek.

Merchandise biasanya mencakup berbagai jenis barang, mulai dari pakaian, aksesori, barang elektronik, alat tulis, hingga barang-barang promosi lainnya seperti payung, gantungan kunci, atau mug yang diberi identitas atau logo perusahaan.

Berbeda dengan souvenir kantor, merchandise adalah barang yang dibuat lebih relevan dengan brand serta dirancang dengan desain dan logo khas dari brand tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan souvenir kantor dan merchandise kantor sekaligus mendapat ide souvenir kantor, Anda dapat menyimak artikel berikut ini: 12 Ide Souvenir Kantor Kekinian untuk Karyawan dan Bedanya Souvenir dengan Merchandise. Selamat membaca!

Baca juga:  7 Ide Anniversary Kantor Paling Seru dari BRI, Krakatau Posco, Xiaomi, dan Lokasoka

Waktu yang Tepat Untuk Menyebarkan Merchandise

1. Bursa Kerja atau Job Fair

job fair sebagai ajang membagikan merchandise kantor
Jadikan job fair sebagai ajang membagikan merchandise kantor (sumber: freepik.com)

Tempat pertama yang paling baik untuk menyebarkan dan memiliki penerimaan merchandise tertinggi adalah bursa kerja atau job fair. Sebuah survei menghasilkan fakta, yakni sebanyak 50% responden menyatakan bahwa membagikan merchandise kantor di acara bursa kerja dinilai paling efektif dan memiliki penerimaan tertinggi dari para pengunjung, yakni sebesar

Dalam acara semacam itu, para peserta biasanya berbondong-bondong untuk mencari kesempatan kerja, sehingga menjadi kesempatan yang bagus bagi perusahaan untuk memperkenalkan diri dan menonjolkan merek mereka. Dengan memberikan merchandise seperti pulpen, memo pad, atau gantungan kunci yang berlogo perusahaan, perusahaan dapat memastikan bahwa logo mereka akan terus terlihat oleh calon karyawan bahkan setelah acara selesai.

2. Promosi Kampus atau Campus Expo

Di samping acara bursa kerja, waktu yang tepat untuk membagikan merchandise yang selanjutnya adalah ketika acara promosi kampus atau campus expo. Campus expo adalah acara promosi yang diselenggarakan oleh berbagai kampus di berbagai daerah. Pada campus expo, kampus dapat memamerkan dan mendemonstrasikan produk dan layanan terbaru mereka, mempelajari aktivitas pesaing, dan mengikuti tren dan kesempatan baru.

Dari survei yang sama, 47% responden menyatakan bahwa promosi kampus menjadi tempat paling efektif untuk memberikan merchandise. Kampus dapat menjual merchandise untuk mengenalkan personal branding mereka kepada masyarakat. Selain itu, kampus juga dapat memberikan merchandise kepada peserta expo yang aktif mengajukan pertanyaan.

3. Peluncuran Produk atau Pembukaan Venue

Waktu yang tepat untuk membagikan merchandise di urutan ketiga adalah ketika acara peluncuran produk atau pembukaan venue. Masih berdasarkan data dari survei sebelumnya, sebanyak 41% responden setuju bahwa membagikan merchandise di acara pembukaan sebuah venue seperti cafe atau toko mampu menjamin efektivitas promosi.

Selain peluncuran venue, acara khusus lain untuk memperkenalkan produk baru mereka atau memperingati momen tertentu seperti ulang tahun perusahaan atau perayaan pencapaian tertentu juga direkomendasikan. Saat meluncurkan produk baru atau mengadakan acara khusus, Anda dapat menyertakan merchandise custom sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda untuk menarik perhatian dan meningkatkan kesan positif.

Baca juga:  10 Inspirasi Office Look Gaya Zaman Now, Mulai dari Kaos Polo Hingga Goodie Bag

4. Acara Internal Perusahaan Sendiri

Pesan merchandise custom di Lokasoka
Pesan merchandise custom di Lokasoka untuk kebutuhan acara internal perusahaan Anda (sumber: freepik.com)

Data terakhir yang diperoleh dari survei sebelumnya adalah tentang pemberian souvenir di tempat kerja sendiri. Sebanyak 33% responden menilai bahwa pemberian merchandise di tempat kerja mereka sendiri cukup efektif untuk menyukseskan promosi perusahaan. Bagaimana tidak? Karyawan pada dasarnya dapat menjadi agen promosi andalan saat mengenakan topi, seragam ,atau pernak-pernik dengan logo brand yang tercetak jelas.

Selain promosi, beragam manfaat lain juga didapat dari pemberian merchandise kepada karyawan di saat acara internal perusahaan. Sebanyak 58% responden survei merasa lebih dihargai dan sebanyak 49% menilai bahwa rasa kebersamaan akan meningkat. Itulah sebabnya, membagikan merchandise di acara internal perusahaan dinilai sangat menguntungkan perusahaan.

5. Aneka Event Sosial atau Amal

Menjadi bagian dari acara sosial atau amal merupakan kesempatan yang baik untuk memperluas jangkauan promosi sambil memberikan dukungan kepada komunitas. Acara seperti ini seringkali menarik banyak orang dan menciptakan lingkungan yang hangat dan ramah, yang merupakan latar yang sempurna untuk memperkenalkan produk atau layanan Anda kepada masyarakat.

Dengan memberikan aneka barang promosi seperti sampel produk, merchandise custom yang berlogo, atau bahan promosi lainnya, Anda dapat memperkenalkan merek Anda kepada orang-orang yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu, berpartisipasi dalam acara sosial atau amal juga dapat membantu membangun hubungan yang lebih erat dengan masyarakat dan memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

6. Pameran atau Konferensi

Pameran atau konferensi merupakan platform yang sangat efektif bagi para pebisnis untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka kepada target pasar. Di tengah persaingan dan kompetisi di pameran, strategi pemasaran yang cerdas sangat diperlukan untuk menonjolkan merek Anda di antara pesaing.

Baca juga:  10 Perbedaan Art Paper dan Art Carton, Tukang Cetak Wajib Tahu!

Pemberian merchandise custom sebagai promosi adalah salah satu strategi yang dapat menarik perhatian pengunjung dan membedakan stand Anda dari yang lain. Selain itu, berpartisipasi dalam acara pameran atau konferensi yang terkait dengan industri atau bidang Anda juga dapat memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan, berinteraksi dengan pelanggan potensial, dan mendapatkan wawasan tentang tren terbaru dalam industri Anda.

7. Seminar

merchandise sebagai seminar kit
Bagikan merchandise sebagai seminar kit (sumber: freepik.com)

Seminar menjadi salah satu waktu yang tepat untuk membagikan merchandise didasari oleh beberapa alasan. Peserta seminar pada umumnya memiliki ketertarikan dan kebutuhan yang sesuai dengan topik atau tema seminar tersebut. Dengan begitu, promosi dapat menjadi lebih efektif karena peserta cenderung lebih terbuka terhadap informasi yang relevan dengan minat dan kebutuhan mereka.

Selain itu, kehadiran Anda dalam acara seminar juga dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan peserta, memperluas jaringan, dan membangun hubungan yang lebih erat dengan calon pelanggan. Dengan menyajikan produk atau layanan Anda dalam bentuk merchandise kepada peserta seminar, Anda dapat meningkatkan kepercayaan dan minat mereka terhadap merek Anda.

Acara seminar identik dengan pembagian goodie bag. Ternyata, goodie bag sebagai merchandise kantor menyimpan banyak manfaat. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini: 12 Keuntungan Memesan Goodie Bag Custom sebagai Merchandise. Selamat membaca!

8. Kontes atau Giveaway di Media Sosial

Berbagi merchandise saat mengadakan kontes atau giveaway di media sosial merupakan strategi pemasaran yang populer dan efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengikut Anda dan memperluas jangkauan merek Anda di era yang serba digital ini. Melalui kontes atau giveaway, Anda dapat mendorong interaksi pengguna, meningkatkan kesadaran merek, dan memperoleh basis pengikut yang lebih besar.

Dengan menetapkan syarat-syarat partisipasi yang melibatkan penggunaan tagar tertentu, berbagi konten, atau mengundang teman, Anda dapat mendorong pengguna untuk membagikan konten Anda kepada jaringan mereka sendiri, yang pada gilirannya dapat meningkatkan visibilitas dan eksposur merek Anda di platform sosial.

Demikian ulasan lengkap mengenai 8 waktu yang paling cocok untuk membagikan merchandise, mulai dari acara eksternal hingga acara internal perusahaan. Jika perusahaan Anda tengah mencari merchandise custom, wujudkanlah bersama Lokasoka yang telah terjamin kualitas dan kredibilitasnya.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat