Meriahkan Kemerdekaan 17 Agustus di Kantor dengan Ragam Kegiatan dan Dekorasi Ini!

6 menit membaca

Perayaan hari kemerdekaan di Indonesia identik dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, salah satunya adalah perlombaan. Selain perlombaan, ternyata ada banyak juga kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.

Jika biasanya berbagai kegiatan dilaksanakan pada lapangan terbuka, tentu akan berbeda dengan kegiatan 17 agustus di kantor. Meskipun dengan ruangan yang terbatas, Anda dan rekan kerja tetap bisa membuat perayaan hari kemerdekaan menjadi meriah. Penasaran, apa saja kegiatan 17 Agustus di kantor untuk merayakan hari kemerdekaan! Yuk, simak selengkapnya!

Ide Kegiatan 17 Agustus di Kantor

1. Mengikuti upacara kemerdekaan

Mungkin Anda sudah terbiasa dengan upacara-upacara serupa setiap hari Senin di masa sekolah dulu. Jika kantor Anda dilengkapi dengan fasilitas lapangan, tidak ada salahnya untuk menyelenggarakan upacara kemerdekaan. Namun, jika situasi tidak memungkinkan untuk hadir langsung dalam upacara tersebut, Anda masih bisa merasakan semangatnya dengan menyaksikan siaran langsung upacara kemerdekaan bersama-sama di kantor. Walaupun hanya melalui layar televisi, rasa khidmat dan penghormatan terhadap peringatan kemerdekaan tetap dapat dirasakan.

2. Mengadakan lomba 17 Agustus

lomba agsutusan di kantor
Lakukan lomba agsutusan di kantor untuk menambah kemeriahan hari kemerdekaan (sumber: google.com)

Di tengah berbagai pilihan kegiatan 17 agustus di kantor, lomba antar karyawan menjadi primadona kegiatan khas yang tidak boleh terlewatkan dalam perayaan kemerdekaan. Selain menambahkan semarak pada suasana, perlombaan ini juga menjadi momentum berharga untuk mempererat ikatan kebersamaan di antara seluruh karyawan di kantor.

Meskipun tradisinya diadakan di lapangan terbuka, ternyata masih banyak jenis perlombaan 17 Agustus yang tetap dapat diselenggarakan di lingkungan kantor. Dengan tetap menjaga kemeriahan dan menghindari kerumitan, perlombaan ini dapat menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan bagi semua yang terlibat.

Baca juga:  10 Tips Mempersiapkan Presentasi Seminar di Kantor untuk Meningkatkan Karir Anda

Untuk menambah kemeriahan lomba agustusan di kantor, tidak ada salahnya untuk menyiapkan hadiah bagi para pemenang lomba. Anda dapat mencari inspirasi hadiah menarik untuk lomba agustusan di kantor pada artikel berikut ini: 101 Ide Hadiah Lomba 17 Agustus Cocok Buat Ibu-Ibu, Anak-Anak, dan Remaja. Selamat membaca!

Ingin menambah kemeriahan perayaan kemerdekaan 17 Agustus di kantor dengan membagikan hadiah khusus, seperti souvenir custom? Yuk, kunjungi Lokasoka dan dapatkan penawaran khusus untuk pembelian pertama!

3. Mengadakan kerja bakti di kantor

Momen kerja bakti juga menjadi salah satu ciri khas perayaan hari kemerdekaan sehingga mengadakan kerja bakti di kantor dapat menjadi salah satu cara yang sangat bermakna. Meskipun kantor biasanya sudah memiliki staf cleaning service yang bertugas membersihkan lingkungan kerja, tidak ada salahnya untuk menciptakan momen spesial setahun sekali dengan kegiatan gotong royong. Seluruh karyawan dapat bersatu untuk membersihkan dan merapikan lingkungan kerja, seperti membersihkan meja kantor, loker, atau lemari arsip.

4. Menonton film patriotisme bersama

Menonton film bersama merupakan kegiatan yang sangat cocok untuk mengenang jasa para pahlawan dalam perjuangan kemerdekaan. Di kantor, kamu bisa mengadakan sesi menonton film bersama sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan. Terdapat banyak judul film dengan tema patriotisme yang sangat sesuai untuk momen kemerdekaan, seperti “Soekarno” (2013), “Jenderal Soedirman” (2015), “Merah Putih” (2009), dan masih banyak lagi.

Kegiatan menonton film ini dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan 17 Agustus di kantor yang mudah dilakukan karena tidak memerlukan persiapan yang rumit. Selain sebagai hiburan, menonton film bersama juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan nilai-nilai patriotisme di antara seluruh karyawan.

5. Mengadakan lomba dress code

Jika kondisi lingkungan kantor Anda tidak memungkinkan untuk mengadakan lomba 17 Agustus secara meriah, lomba dress code bisa menjadi kegiatan alternatif yang tidak kalah menarik. Tema dress code dapat bervariasi selama masih berhubungan dengan momen kemerdekaan. Misalnya, tema dress code merah putih, gaya vintage tahun 1945, kebaya, atau pakaian tradisional lainnya.

Baca juga:  Jangan Bilang Totebag Batik Ketinggalan Zaman, Ini 7 Inspirasi Desain Terbaiknya Untuk Souvenir Kantor

Melalui lomba ini, karyawan dapat berpartisipasi dengan cara yang kreatif dan menunjukkan semangat patriotisme mereka melalui busana. Pemenang dapat dipilih melalui voting untuk kategori dress code terbaik, terfavorit, dan kategori lainnya yang menarik.

6. Mendekorasi ruangan kantor

Mendekorasi kantor di hari kemerdekaan
Mendekorasi kantor mampu menciptakan suasana khas kemerdekaan (sumber: google.com)

Ide kegiatan terakhir untuk menambah semaraknya perayaan kemerdekaan adalah mendekorasi ruangan kantor bersama-sama. Selain akan memperindah lingkungan kerja, menghias dengan dekorasi hari kemerdekaan di kantor ini juga dapat melatih kreativitas dan meningkatkan kerja tim serta kolaborasi di antara karyawan dengan menjadikannya sebagai perlombaan. Dengan cara ini, semua orang akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dan berlomba-lomba menciptakan dekorasi hari kemerdekaan kantor yang terbaik.

Dekorasi Hari Kemerdekaan di Kantor

1. Gapura merah putih di depan pintu masuk

gapura bernuansa merah putih di kantor
Kreasikan pintu utama kantor dengan gapura bernuansa merah putih (sumber: google.com)

Dekorasi gapura merah putih di depan pintu masuk adalah ide yang sangat bagus untuk menambah semaraknya perayaan kemerdekaan di kantor. Kamu dapat membuat gapura tersebut dengan menggunakan bahan seperti triplek atau karton yang dihias dengan tulisan tentang “HUT RI” dan warna merah putih.

Selain menggunakan triplek atau karton, pilihan bahan lainnya adalah balon. Anda dapat menggunakan balon berwarna merah putih dan membuatnya terlihat seperti gapura. Untuk lebih menonjolkan sisi nasionalisme, tambahkan pula bendera merah putih.

2. Balon merah putih untuk photobooth

Balon memang kerap menjadi pilihan favorit banyak kantor dan gedung perkantoran karena mampu memberikan sentuhan meriah dan patriotis dengan mudah. Selain ditempatkan di depan pintu masuk atau ruangan, balon merah putih juga dapat disusun dengan rapi sebagai bagian dari photobooth.

Photobooth dengan tema 17 Agustus menawarkan kesempatan bagi karyawan untuk mengabadikan momen kebersamaan mereka setelah berpartisipasi dalam berbagai lomba dan kegiatan. Untuk menciptakan photobooth yang unik dan instagramable, Anda dapat menggunakan kertas mengkilap dengan warna merah putih sebagai latar belakang atau hiasan tambahan seperti tanaman hias di kanan dan kiri photobooth untuk memberikan nuansa alami yang menyegarkan.

Baca juga:  Ide Souvenir Pernikahan yang Unik, Menarik dan Berkesan

3. Kertas krep di langit-langit kantor  

Hiasan kemerdekaan berupa kertas krep di langit-langit kantor
Hiasan berupa kertas krep di langit-langit kantor menambah kesan yang lebih meriah (sumber: google.com)

Setelah sukses menghias pintu masuk dan photobooth, lengkapi dekorasi hari kemerdekaan ke bagian langit-langit ruangan untuk memberikan kesan menyeluruh yang lebih meriah. Menghias langit-langit ini memang membutuhkan sedikit lebih banyak usaha dan keterampilan, tetapi hasilnya akan memberikan efek visual yang luar biasa. Misalnya, menggantung hiasan kertas krep merah putih yang membentuk gelombang di sepanjang langit-langit akan menciptakan suasana yang ceria dan penuh semangat kemerdekaan. Selain itu, ide-ide lain seperti memasang balon di bagian tengah langit-langit akan menambah semaraknya suasana kantor.

4. Rangkaian bendera merah putih

Inspirasi yang sempurna untuk dekorasi perayaan 17 Agustusan yangs selanjutnya adalah rangkaian bendera merah putih yang diatur dalam pola segitiga seperti dekorasi pada pesta ulang tahun. Dengan memodifikasi pola warna menjadi hanya merah dan putih, suasana patriotisme akan terasa mengisi ruangan meskipun dalam lingkungan tertutup

Untuk membuatnya, Anda bisa melibatkan seluruh tim dalam proses DIY (Do It Yourself). Bila perlu, motif bendera merah putih bisa dipesan dari percetakan. Kemudian, Anda dan karyawan perusahaan lainnya bisa merangkainya menjadi rangkaian segitiga yang menggantung di atas ruangan. Proses ini tentu tidak hanya akan menciptakan dekorasi yang indah, tetapi juga memperkuat ikatan tim dan semangat kebersamaan dalam merayakan kemerdekaan.

5. Poster bertema hari kemerdekaan

Tidak kalah menariknya dengan dekorasi agustusan sebelumnya, hiasan berupa poster kemerdekaan juga dapat diciptakan dengan tingkat kreativitas yang tinggi dan dapat dibuat sendiri. . Dengan kreativitas yang tinggi, Anda dan rekan kerja aNDA dapat membuat poster sendiri sesuai dengan tema kemerdekaan yang diinginkan.

Desain-desain poster kemerdekaan ini bisa mencakup berbagai elemen patriotisme, seperti bendera merah putih, gambar pahlawan, lambang Garuda, dan kata-kata inspiratif yang menggugah semangat nasionalisme. Anda dapat memajangnya di berbagai sudut kantor sesuai dengan tema yang diinginkan, mulai dari ruang rapat hingga ruang istirahat.

Demikian ide-ide kreatif untuk merayakan kemerdekaan di kantor dari ide kegiatan meriah hingga dekorasi di lingkungan kantor. Semoga artikel tersebut memberikan inspirasi bagi Anda yang tengah merencanakan perayaan 17 Agustus di tempat kerja. Dengan menerapkan beberapa ide dari artikel tersebut, diharapkan suasana kemerdekaan akan semakin terasa di kantor dan momen perayaan ini akan menjadi berkesan dan meriah bagi seluruh karyawan.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat